Kisah Sukses Sec Bowl, Ubah Tren Jadi Peluang Bisnis!

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Geliat bisnis kuliner memang semakin diminati setiap harinya, salah satunya adalah Sec Bowl. Ingin tahu rahasia sukses bisnis yang satu ini?

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis terseksi yang sangat menarik minat para pengusaha. Bisnis F&B ini memang selalu dicari dan tak pernah berhenti berinovasi. Usaha kuliner berangkat dari keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan dasarnya yang tak terbatas.

Artinya, usaha kuliner juga tidak kenal batas dalam hal kreativitas dan pengembangan rasa. Makanan dan minuman kini tak hanya untuk mengusir lapar dan dahaga, namun juga sebagai media untuk menghibur diri.

Banyak orang merasa bahagia dengan menyantap kuliner tertentu. Makanan juga menjadi media yang dapat menyatukan orang-orang dan berinteraksi dalam satu meja.

Salah satu perkembangan dalam industri kuliner yang sangat diminati adalah rice bowl. Menu ini dikenal praktis, mengenyangkan, dan mudah dibawa kemana-mana. Sec Bowl adalah salah satu resto spesialisasi menu rice bowl kekinian yang cocok di lidah kaum muda.

Penasaran seperti apa perjalanan bisnis dan kisah suksesnya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Rahasia Sukses Mie Gacoan, Mie Pedas No 1 di Indonesia

Sosok Kunci Dibalik Kesuksesan Sec Bowl

sec bowl
Foto: Rius Vernandes (instagram.com/rius.vernandes)

Berbicara tentang perjalanan suatu bisnis, tentu tak lepas dari sosok kunci yang memegang peranan penting di baliknya. Bagi Sec Bowl, Rius Vernandes adalah tokoh penting yang menahkodai bisnis ini hingga sukses seperti sekarang ini.

Rius Vernandes adalah salah satu lulusan sekolah kuliner di Australia yang bercita-cita mempunyai restoran sendiri. Ia juga merupakan seorang YouTuber yang aktif membagikan konten masak melalui kanal pribadinya.

Sebelum sukses dengan bisnisnya, Rius terlebih dahulu bekerja sebagai seorang waiters di sebuah restoran cepat saji di Sydney, Australia. Pengalamannya inilah yang mengawali karirnya dalam dunia F&B.

Selain itu, Rius Vernandes juga pernah menjadi asisten Chef Arnold yang merupakan salah satu juri Master Chef Indonesia.

Rius menjadi asisten Chef Arnold selama di Australia, hingga saat ini keduanya masih menjalin keakraban dan pernah membuat konten bersama.

Rius merintis bisnis kulinernya dari nol. Ia bahkan sampai berbelanja ke pasar dan melayani pelanggan sendiri. Kerja kerasnya ini tentu membuahkan hasil, yaitu Sec Bowl yang kini sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis Rice Bowl Rumahan? Begini 4 Caranya

Mengawali Bisnis Sec Bowl

Kisah Sukses Sec Bowl, Ubah Tren Jadi Peluang Bisnis!
Foto: Gerai Sec Bowl (instagram.com/rius.vernandes)
shopee pilih lokal

Dalam beberapa tahun terakhir, salted egg chicken atau ayam saus telur asin ini memang sedang trending. Kuliner khas Singapura ini banyak dijadikan menu andalan di banyak restoran dan kafe.

Uniknya, setiap resto berlomba-lomba menciptakan variasi menu salted egg chicken andalannya agar menjadi ciri khas dari resto itu sendiri.

Tak ketinggalan, Sec Bowl pun mengawali bisnisnya dari menu khas Singapura ini. Bahkan, nama “Sec” adalah singkatan dari salted egg chicken.

Resto ini merupakan usaha kuliner yang mengusung konsep sajian rice bowl atau makanan di dalam mangkuk. Semua lauk, saus, dan nasi digabung dalam satu wadah yang membuatnya jadi lebih praktis saat dibawa dan disimpan.

Tak mengherankan mengapa Rius memilih menu tersebut sebagai menu andalannya. Pasalnya, Rius memang pernah mengenyam pendidikan di Singapura dan langsung jatuh cinta dengan salted egg chicken.

Berawal dari bisnis rumahan, semua proses mulai dari belanja, memasak, hingga pengemasan Ia lakukan sendiri. Ternyata, bisnisnya ini semakin dikenal masyarakat dan jadi salah satu resto rice bowl favorit pelanggan.

Baca Juga: Rahasia Sukses Eatlah Jadi Brand Rice Box Terpopuler!

Perjalanan Bisnis Sec Bowl

Kisah Sukses Sec Bowl, Ubah Tren Jadi Peluang Bisnis!
Foto: Menu Sec Bowl (instagram.com/secbowl)
shopee pilih lokal

Bermula dari usaha rumahan yang hanya memiliki satu pegawai, kini Rius sukses membuka beberapa cabang Sec Bowl di Jabodetabek dan Bandung. Tepatnya di Tanah Sereal, Cikajang, Gading Serpong, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, dan BEC Bandung.

Pengusaha muda yang juga merupakan seorang YouTuber ini kini sudah memiliki puluhan karyawan yang membantu menjalankan bisnisnya. Rius sukses mengubah tren menjadi bisnis yang tak lekang oleh waktu.

Berawal dari pengalamannya menempun pendidikan di Singapura, Ia melihat ada banyak orang Indonesia yang menyukai salted chicken egg. Sebenarnya warga asli Singapura justru biasa saja dengan makanan tersebut.

Pada tahun 2015, Rius mengawali bisnisnya dengan nama Shiok yang merupakan ungkapan kagum yang sering diucapkan orang Singapura.

Agar pelanggan tidak salah kaprah dan menggapnya sebagai makanan khas Singapura, Rius mengganti namanya menjadi Sec Bowl.

Awalnya, resto ini memiliki banyak menu bertema salted egg dan memiliki nama awal Sec Diner. Namun, sebagian besar pelanggannya memilih membawa pulang mkanan dan menggunakan layanan pesan antar.

Akhirnya konsep Sec Diner diubah menjadi Sec Bowl. Jumlah menunya dikurangi dan lebih fokus menyajikan makanan dalam satu wadah atau mangkuk. Kekuatan salted edd dan menu lain di resto ini adalah kelezatan rasa.

Kini, salted egg chicken bukan hanya sekedar tren. Menu ini terus berkembang dan dapat diterima oleh lidah orang Indonesia.

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta, Bisa Cepat Balik Modal!

Tips Berbisnis Ala Sec Bowl

Kisah Sukses Sec Bowl, Ubah Tren Jadi Peluang Bisnis!
Foto: Salted Egg Chicken (instagram.com/secbowl)
shopee pilih lokal

Setelah membaca perjalanan bisnisnya, tentu ada beberapa tips bisnis yang bisa kamu ambil dari Sec Bowl. Untuk memudahkan, berikut beberapa tipsnya.

1. Ubah Tren Jadi Peluang Bisnis

Seperti kamu ketahui, Rius mampu memanfaatkan tren salted egg chicken pada saat itu menjadi menu andalan dalam bisnis kulinernya.

Alhasil, hingga kini usahanya menjadi salah satu pioneer restoran rice bowl dengan menu salted egg chicken di Indonesia.

2. Manfaatkan Layanan Pesan Antar

Usaha kuliner saat ini banyak dibeli oleh pelanggan melalui aplikasi online. Artinya, bisnismu juga perlu menjalin kemitraan dengan layanan pesan antar untuk mengakomodasi dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Kamu juga perlu memerhatikan aspek ergonomis dalam mengemas makanan.

3. Pertahankan Orisinalitas

Alih-alih memodifikasi menu salted egg chicken dengan olahan mie dan sebagainya, Rius memilih mempertahankan cita rasa dari kuliner itu sendiri.

Ia berpendapat bahwa mempertahankan keaslian makanan yang timeless akan lebih baik ketimbang menciptakan menu baru yang tren sesaat.

Nah, itulah perjalanan bisnis Sec Bowl yang inspiratif dan menarik untuk dijadikan pelajaran untuk pengusaha muda.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X