Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Sedang mencari font keren yang cocok untuk website dan desain logo? Berikut rekomendasinya!

Pemilihan jenis font merupakan hal yang amat penting, namun seringkali disepelekan.

Padahal, penggunaan font atau disebut juga sebagai tipografi, memiliki pengaruh penting terhadap psikologi pembaca.

Setiap hari, kamu meihat jutaan jenis font, mulai dari media berita, iklan di stasiun kereta, hingga tulisan yang muncul di layarmu saat ini. Akan tetapi, apa yang membuat font menjadi begitu penting?

Menurut 99designs, dikenal sebuah istilah bernama psikologi font, yang artinya terdapat reaksi emosional dan visual yang terhubung melalui jenis font yang kamu pilih untuk menyampaikan sesuatu. 

Dalam tulisan Rule of Personal Communication, sekitar 93% koneksi emosional terjadi secara non-verbal, yang berarti ide dan nilai perlu disampaikan dengan cara sesederhana mungkin. 

Artinya, pemilihan jenis font yang sederhana, menarik, dan enak dibaca, bisa mempengaruhi emosi pembaca ketika menerima sebuah informasi.

Untuk kepentingan website, desain grafis, dan logo, ada beberapa jenis font keren yang bisa kamu pilih. Ingin tahu apa saja jenis font-nya? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 8 Syarat Iklan yang Baik, Bagaimana Membuatnya?

Rekomendasi Font Keren Untuk Website

font keren
Foto: Font Keren (Freepik.com)

Seperti elemen desain lainnya, jenis font memengaruhi cara pembaca memahami teks, produk, atau seluruh isi situs web. 

Oleh karena itu, penggunaan font yang tepat dapat mendorong pengalaman pengguna situs web yang lebih baik dan pada akhirnya memengaruhi sisi desain dan pengoptimalan traffic web.

Berikut rekomendasi font keren yang cocok untuk website, catat ya!

1. Arial

Arial merupakan jenis font keren yang paling banyak digunakan oleh media online dan media cetak. Jenis font ini juga merupakan font default Google Docs yang cocok digunakan untuk berbagai tulisan.

2. Times New Roman

Font Times New Roman termasuk jenis font Serif yang memiliki tampilan professional. Oleh sebab itu, jenis font ini banyak digunakan untuk menyajikan informasi yang lebih formal.

3. Helvetica

Jenis font keren Helvetica cocok digunakan untuk semua kebutuhan konten dan desain. Selain itu, jenis font ini juga enak dipandang mata dan terlihat lebih santai dan tidak kaku.

4. Times

Jenis font ini lebih banyak digunakan untuk media cetak seperti koran dan surat kabar. Namun, jenis font ini juga banyak digunakan untuk kepentingan jurnalisme dan situs web yang menampilkan informasi formal dan lebih serius.

5. Courier New

Jenis font Courier atau Courier New memiliki karkater yang lebih ramping dan kaku, menyerupai gaya tulisan typewriter.

Jenis font ini lebih cocok untuk situs web yang menerapkan template old-school atau bergaya klasik lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Instagram Ads Sebagai Medium Beriklan

6. Verdana

Font keren Verdana cenderung lebih mudah dibaca meskipun ukurannya kecil. Oleh karena itu, font ini lebih disukai untuk memuat informasi yang cukup banyak dan memiliki area teks yang terbatas.

7. Candara

Font Candara pertama kali diperkenalkan oleh Vista, sebuah sistem operasi buatan Microsoft. Jenis font ini mendukung sistem rendering teks Windows ClearType yang dapat meningkatkan readability teks pada layar.

8. Geneva

Jenis font keren ini dibuat oleh Apple. Geneva memberikan tampilan yang bersih, sederhana, nyaman dipandang mata, dan terlihat lebih kasual sehingga cocok digunakan untuk situs web dan aplikasi.

9. Optima

Jenis font ini terinspirasi dari huruf-huruf Roman Capital. Tipe font ini juga bisa digunakan untuk konten blog, teks navigasi, deskripsi produk, dan judul tulisan karena mudah dibaca dan terkesan tegas.

10. Monaco

Jika kamu sedang mencari jenis font yang terdiri atas kotak-kotak pixel ala video game, maka jenis font Monaco ini bisa jadi pilihan.

Monaco cocok untuk situs web bertemakan koding atau teknologi yang ingin menunjukkan kesan klasik.

Baca Juga: 6 Jenis Native Advertising, Iklan Berbayar Paling Fleksibel!

Rekomendasi Font Keren Untuk Desain Logo

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Desainer Grafis (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Selain untuk kepentingan situs web, berikut beberapa font keren yang cocok untuk desain. Catat, ya!

1. Sirukota

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Sirukota (dafont.com)
shopee pilih lokal

Jika kamu sedang mencari font keren yang bagus untuk desain poster konser atau acara seni lainnya, Sirukota bisa jadi pilihan pertama. Jenis font ini memiliki bentuk yang menarik dan kasual.

2. Neon

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Neon (dafont.com)
shopee pilih lokal

Jenis font ini memiliki karakter yang ramping dan tegak lurus. Jenis font ini tampak cukup futuristik, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan desain bergaya tekno modern.

3. Retro Race

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Retro Race (Dafont.com)
shopee pilih lokal

Jika kamu memiliki usaha bengkel atau otomotif, kamu bisa menggunakan jenis font ini untuk media promosi dan desain logo. Sesuai dengan namanya, jenis font ini mampu mewakili konsep anak racing dan moge!

4. Ocean

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Ocean (Dafont.com)
shopee pilih lokal

Jika kamu sedang membuat desain atau logo yang bertemakan lautan dan pantai, jenis font Ocean bisa jadi pilihan terbaik.

Jenis font keren ini memiliki bentuk menyerupai hempasan ombak laut yang sangat menarik dan natural.

5. Nostalgia

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Nostalgia (Dafont.com)

Jenis font ini cocok digunakan untuk pembuatan desain poster klasik bertemakan retro atau vintage. Font Nostalgia juga terlihat sangat khas jika digunakan dalam penulisan nama bisnis atau logo usaha, sebab memiliki bentuk karakter yang mudah diingat.

Baca Juga: Contoh Iklan Makanan yang Menarik untuk Dijadikan Referensi

6. London

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font London (Dafont.com)

Jika kamu sedang mencari font 3D dengan bentuk kaku dan mengotak, font London patut kamu coba. Jenis font ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan desain, baik desain bergaya retro, klasik, bahkan modern dan futuristik.

7. Puasa Ramadhan

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Puasa Ramadhan (Dafont.com)

Jenis font ini cocok untuk kebutuhan desain bertema Islami, seperti ucapan Lebaran, poster promosi Ramadan, dan hari besar agama Islam lainnya. Jenis font ini memiliki bentuk yang sederhana, padat, dan memiliki lekukan khas Arabic.

8. Bamboo

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Bamboo (Dafont.com)

Bamboo termasuk jenis font keren yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan desain grafis, terutama poster kampanye acara.

Jenis font ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu terdapat banyak lekukan tumpang tindih dan adanya gradasi warna sehingga terlihat 3D.

9. Pad Thai

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Pad Thai (Dafont.com)

Apakah kamu sedang mencari jenis font keren bergaya tulisan Thailand? Jika iya, jenis font Pad Thai ini bisa jadi pilihan utama.

Jenis font ini bisa kamu gunakan untuk kepentingan media promosi dan penulisan nama bisnis jika kamu memiliki usaha minuman khas Thailand seperti Thai Tea.

10. Semar

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Font Semar (dafont.com)

Semar memiliki karakter menyerupai huruf-huruf Jawa kuno yang biasa kita temui dalam pertunjukkan wayang maupun buku-buku tentang kerajaan.

Jenis font etnik ini sangat cocok untuk kebetuhan media promosi acara atau pameran yang berhubungan dengan kebudayaan Jawa dan Indonesia.

Baca Juga: Ini Pengertian Serta Contoh Iklan Baris yang Unik!

Website Penyedia Font Gratis

Rekomendasi Font Keren Gratis Untuk Website dan Desain Logo
Foto: Situs Penyedia Font (Freepik.com)

Setelah mendapat inspirasi beberapa jenis font keren untuk web dan kebutuhan desain, lantas, di mana font tersebut dapat diunduh?

Berikut beberapa situs penyedia font yang bisa kamu unduh untuk kebutuhan desainmu.

1. Dafont

Dafont merupakan situs penyedian ribuan font terpopuler yang bisa kamu unduh secara gratis. Ada banyak sekali pilihan font yang dibagi dalam beberapa kategori, mulai dari techno, foreign look, script, fancy, dingbats, dan lain-lain.

2. Font Squirrel

Font Squirrel menyediakan banyak pilihan font keren yang bisa kamu unduh. Menariknya, terdapat fitur font identifier untuk mengetahui jenis font apa yang digunakan dalam sebuah gambar.

3. Google Fonts

Google Fonts menawarkan banyak aset font yang bisa kamu unduh secara gratis. Font yang tersedia sangat ramah untuk situs web, karena dapat diakses dengan cepat dan tidak membutuhkan loading yang lama.

4. FontSpring

Jika kamu sedang mencari jenis font premium, situs FontSpring cocok untukmu.

Kamu bisa mencari dan membeli banyak jenis font berdasarkan klasifikasi, tag, tipe lisensi, dan lain-lain. Bahkan, kamu juga bisa mencari jenis font yang digunakan oleh sebuah situs!

5. Behance

Behance menyediakan banyak sekali pilihan font keren untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan desain, logo, media promosi, hingga isi konten situs web. Namun, jangan lupa mengecek lisensi font yang akan kamu gunakan, ya!

Itulah rekomendasi jenis font keren yang cocok untuk situs web dan desain grafis. Pastikan kamu memilih jenis font yang dapat mewakili identitas bisnismu, ya!

Sumber:

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X