Bukan Hanya Entertainment, Ini 7 Manfaat TikTok untuk Bisnis

Share this Post

Table of Contents

Tahukah kamu apa saja manfaat TikTok untuk bisnis?

Tak hanya berguna untuk berbagi informasi atau hiburan melalui video pendek, TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Apa saja manfaat TikTok untuk bisnis?

TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Aplikasi milik ByteDance ini bahkan menjadi media sosial yang paling banyak diunduh oleh masyarakat pada 2021.

Oleh sebab itu, TikTok menjadi media sosial yang berpotensi baik untuk bisnis setelah Instagram dan Facebook.

Akan rugi jika kamu melewatkan platform TikTok untuk mempromosikan bisnis. Pasalnya, ada banyak manfaat TikTok untuk bisnis.

Baca Juga: Kapan Jadwal FYP TikTok 2022? Ini Tips Agar Kontenmu Viral!

Manfaat TikTok untuk Bisnis

manfaat tiktok untuk bisnis
Foto: Aplikasi TikTok (unsplash.com)

Berikut beberapa manfaat TikTok untuk bisnis yang bisa menjadi pertimbanganmu dalam menggunakan TikTok sebagai media promosi usaha.

1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Sejak aplikasi TikTok diluncurkan pada 2016, media sosial berbasis konten video ini telah diunduh lebih dari 2 miliar kali di App Store dan Google Play.

Itu artinya, ada banyak sekali pengguna TikTok dari berbagai negara di dunia. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi brand, karena kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens melalui TikTok.

Terlebih lagi, TikTok telah diunduh oleh pengguna dari berbagai kelompok usia, jenis kelamin, hingga profesi. Dengan begitu, brand kamu dapat dipromosikan kepada berbagai jenis audiens.

2. Memiliki Engagement yang Besar

Manfaat TikTok untuk bisnis yang selanjutnya adalah memiliki engagement yang besar. Engagement atau keterlibatan pengguna TikTok sangat luar biasa, sehingga bisa membantu brand untuk meningkatkan penjualan.

Dikutip dari laman Ignite Visibility, rata-rata pengguna TikTok menghabiskan waktu selama 52 menit per hari untuk mengakses aplikasi.

Dengan kata lain, waktu layar para pengguna cukup lama sehingga mereka berpotensi terekspos berbagai macam iklan saat menggunakan TikTok.

Tingkat keterlibatan pengguna yang besar itu pun dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan visibilitan produk atau layanan mereka.

Baca Juga: 7 Tips Memaksimalkan TikTok Bisnis, Bisa Untung Besar!

3. Buat Konten Lebih Menarik dan Kreatif

manfaat tiktok
Foto: Cara Kerja TikTok (unsplash.com)

Konten yang kreatif biasanya akan mudah menarik perhatian audiens. Itulah salah satu manfaat TikTok lainnya bagi bisnis.

Brand kamu bisa menghasilkan konten yang menarik dengan TikTok. Ini karena TikTok memiliki fitur pembuatan video yang didukung dengan fitur lain, seperti efek kamera hingga suara.

Kamu juga bisa membuat duet video atau video reaksi dengan TikTok yang pada akhirnya dapat meningkatkan engagement pengguna.

Strategi pemasaran melalui video terbukti sebagai marketing yang paling ampuh karena menurut Iconosquare, sebanyak 86% orang ingin melihat lebih banyak video dari brand.

Oleh sebab itu, TikTok menjadi platform yang tepat untuk membantu brand kamu dalam membuat video pemasaran yang menarik.

4. Membuat Bisnis Tetap Relevan dengan Tren

TikTok menjadi media sosial yang memiliki banyak tren, sehingga pengguna bisa menjelajah berbagai konten video.

Jika dilihat dari manfaat TikTok untuk bisnis, brand dapat sangat terbantu karena bisa membuatnya relevan dengan tren yang menyebar di kalangan pengguna.

Selama tren terus ada, kamu pun tak akan kehabisan ide untuk membuat konten promosi bisnis.

Oleh karena itu, brand sebaiknya selalu up to date dengan tren atau konten-konten viral. Lalu, manfaatkan momen tersebut untuk membuat konten yang kreatif sehingga audiens tertarik.

TikTok juga telah menerapkan algoritma yang efektif untuk menampilkan video yang sedang tren kepada pengguna yang relevan dengan minat mereka.

Dengan begitu, video brand kamu bisa lebih mudah untuk menjangkau target audiens yang sesuai.

Baca Juga: Ini Dia Cara Kerja Algoritma TikTok Di Tahun 2021-2022

5. Menyediakan Banyak Pilihan Format Iklan

manfaat tiktok
Foto: Video Tiktok (unsplash.com)

Manfaat TikTok bagi bisnis berikutnya ialah memiliki berbagai pilihan format untuk beriklan. Berikut jenis-jenis iklan TikTok yang perlu kamu ketahui:

  • TopView Ads

Penempatan iklan TikTok ini bisa dibilang sebagai spot terbaik yang tidak bisa dilewatkan. TopView Ads muncul selama 5 detik setelah pengguna membuka aplikasi.

Kamu dapat menampilkan video berdurasi hingga 60 detik dan layar secara penuh dengan suara yang dilengkapi fitur putar otomatis.

Menariknya lagi, kamu bisa memberi tautan dalam iklan sehingga dapat meningkatkan traffic di halaman internal maupun eksternal.

  • In-Feed Ads

Ini merupakan jenis iklan TikTok yang mirip dengan iklan feeds Instagram, yakni muncul pada laman “For You”.

Iklan video ini bisa berdurasi 9-15 detik yang bisa kamu tambahkan CTA (Call to Action) atau tautan ajakan bertindak untuk pengguna.

Jadi, kamu bisa menarik pengguna untuk berbelanja, mengunduh aplikasi, atau mengunjungi website brand.

Selain itu, In-Feed Ads juga memungkinkan para audiens untuk meninggalkan likes, komentar, atau membagikan video pada pengguna lain.

  • Brand Takeover Ads

Jenis iklan TikTok yang satu ini biasanya langsung muncul ketika pengguna membuka aplikasi.

Iklan ini memang hampir mirip TopView Ads, tetapi memiliki tampilan statis atau dinamis dengan layar penuh yang memberikan dampak visual yang lebih kuat.

Brand Takeover Ads tidak bisa dilewatkan oleh pengguna, sehingga mereka harus menonton video hingga selesai.

Dalam iklan ini, pengguna tidak bisa memberikan feedback berupa likes ataupun komentar.

  • Branded Hashtag Challenge

Iklan ini memanfaatkan hashtag untuk promosi brand. Biasanya, dapat pengguna temukan pada fitur pencarian di TikTok.

Sesuai namanya, Branded Hashtag Challenge memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dengan membuat konten seputar tema campaign tertentu.

Ketika pengguna mengklik hashtag yang disponsori brand, mereka segera diarahkan ke halaman arahan yang menampilkan logo sponsor, tautan situs web, deskripsi tantangan, dan video paling populer yang saat ini menggunakan hashtag terkait.

6. Influencer TikTok Bisa Membantu Promosi Bisnis

Manfaat TikTok untuk bisnis selanjutnya adalah memiliki berbagai influencer yang dapat diajak kerja sama dalam mempromosikan usaha.

Kehadiran TikTok membuat siapa pun bisa menjadi terkenal, sehingga ada banyak sekali influencer yang dapat kamu pilih untuk membantu promosi bisnis.

Namun, pastikan influencer yang kamu pilih memiliki followers yang sesuai dengan target audiens kamu, ya.

Baca Juga: TikTok vs Instagram, Mana yang Menguntungkan Bisnismu?

7. Hemat Biaya Iklan

manfaat tiktok
Foto: Aplikasi TikTok (unsplash.com)

TikTok menjadi platform media sosial yang memiliki biaya iklan rendah, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran promosi.

Jadi, kamu bisa mempromosikan brand dengan anggaran iklan berapa pun di TikTok.

Selain itu, TikTok dapat membantu brand baru atau brand yang masih kurang dikenal untuk memperoleh jangkauan organik tanpa biaya besar.

Itulah penjelasan mengenai manfaat TikTok untuk bisnis. Semoga informasi ini bisa membantumu mengembangkan bisnis yang sedang dibangun!