10 Manfaat Newsletter, Pemasaran Lewat Email yang Patut Dicoba

Share this Post

newsletter
Table of Contents

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang email newsletter untuk bisnis.

Menurut Forbes, newsletter adalah email yang umumnya digunakan dalam campaign pemasaran.

Biasanya, isi newsletter atau buletin email adalah berita baru yang sekiranya penting untuk membuat audiens mengetahui merek, produk atau layanan yang ditawarkan, dan informasi penting lainnya.

Email merupakan cara campaign bisnis yang dinilai paling hemat biaya, akan tetapi cukup efektif untuk menciptakan prospek sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu, tujuan lain dari penggunaan newsletter adalah dapat membantu brand dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang.

Dalam sebuah riset oleh Nielsen Norman Group yang dikutip dari laman Chron, sebanyak 90% orang lebih suka mendapatkan pembaruan tentang sebuah perusahaan dari buletin.

Sementara 10% lainnya lebih memilih untuk mendapatkan informasi terbaru dari brand melalui media sosial.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Jenis dan Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Online

Manfaat Email Newsletter

Sudahkah bisnis kamu menggunakan buletin yang dikirimkan melalui email?

Jika belum, mungkin bisa melihat beberapa manfaat dari buletin email berikut ini sehingga bisa mempertimbangkannya sebagai salah satu saluran pemasaran bisnismu.

1. Memperluas Jangkauan Audiens

manfaat email newsletter adalah
Foto: Pixabay.com

Salah satu manfaat newsletter adalah membantu brand kamu menjangkau lebih banyak audiens. Karena seperti yang kamu ketahui, setiap orang yang memiliki smartphone pasti sudah mempunyai email.

Setiap hari, orang tersebut pun menggunakan emailnya untuk menunjang aktivitas sehari-hari dengan smartphone.

Selain untuk berkomunikasi, email juga bisa membantu mereka untuk memeroleh informasi terkini yang relevan.

Nah, ini merupakan kesempatan bagi kamu untuk meningkatkan prospek. Buatlah email newsletter yang singkat, jelas, dan menarik untuk dikirimkan kepada calon pelanggan kamu.

Nantinya, mereka akan menemukan email kamu di dalam kotak masuk dan melihat isi konten maupun penawaran yang ada di dalamnya.

Apabila mereka menyukai konten dan penawaran yang kamu berikan, maka kamu pun telah sukses mendapatkan calon pelanggan baru.

Meski tidak semua calon pelanggan dari email marketing langsung melakukan pembelian, tetapi setidaknya mereka telah mengetahui keberadaan merek, produk, dan layanan bisnis kamu.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat dan Cara Buat Email Blast untuk Bisnismu

2. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Manfaat lain dari menggunakan buletin email adalah bisa membantu kamu dalam meningkatkan kredibilitas usaha atau kepercayaan pelanggan.

Kepercayaan pelanggan terhadap merek kamu bisa dilakukan dengan cara mengirimkan email newsletter yang menarik secara rutin.

Ketika kamu konsisten menyajikan konten dan penawaran yang menarik, serta membantu audiens mendapatkan wawasan baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka, kepercayaan audiens terhadap merek kamu pun meningkat.

Dikutip dari laman compose.ly, email buletin informatif yang ditulis dengan baik akan mengarahkan pelanggan untuk percaya dan mengandalkan perusahaan kamu sebagai sumber pengetahuan, produk, dan layanan bagi mereka.

Dengan memberikan konten yang informatif dan menghibur kepada audiens melalui penyajian newsletter berkualitas, kamu pun bisa menunjukkan kepada mereka bahwa merek kamu berpengetahuan luas dan penuh perhatian kepada pelanggan.

3. Bagus untuk Promosi

Email newsletter juga dapat menjadi salah satu saluran pemasaran yang bagus untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan bisnismu.

Perlu kamu ketahui bahwa, tidak setiap orang rutin mengecek media sosial suatu merek untuk mendapatkan informasi terbaru.

Namun dengan buletin email, kamu bisa menyuguhkan berita terkini secara lebih personal kepada audiens.

Ketika audiens mengetahui bahwa ada sesuatu yang baru dari merek kamu, mereka mungkin saja langsung mengunjungi situs web, media sosial, platform e-commerce untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Karena sifatnya lebih personal, audiens juga akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Personalisasi melalui email newsletter ini bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan karena merasa lebih diperhatikan oleh merek.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Newsletter untuk Keperluan Bisnis

4. Meningkatkan Traffic Situs Web

cara membuat website amp
Foto: Unsplash.com

Manfaat berikutnya dari penggunaan email newsletter adalah bisa membantu brand kamu dalam meningkatkan jumlah traffic situs web.

Di era digital seperti saat ini, penggunaan situs web untuk menunjang bisnis sangatlah populer. Bahkan, menjadi salah satu tolok ukur kredibilitas bisnis.

Namun, tidaklah mudah untuk menarik audiens agar mereka betah berlama-lama mengeksplor situs web toko online kamu.

Di sinilah buletin berperan.

Caranya pun cukup mudah, ketika kamu menyajikan konten yang menarik dalam email newsletter, jangan lupa untuk menambahkan tautan situs web kamu di dalamnya.

Dengan begitu, audiens yang membaca email bisnis kamu pun bisa langsung terhubung dengan situs web.

Doronglah audiens untuk melakukan kunjungan pada situs web kamu. Misalnya, dengan memberikan berbagai informasi yang bermanfaat dari postingan blog.

Kemudian, dorong juga mereka untuk memelajari lebih banyak tentang produk atau layanan bisnis yang kamu tawarkan sehingga menghasilkan penjualan.

Untuk mendorong audiens mengunjungi situs web bisnis kamu melalui email, kamu bisa menggunakan CTA (Call to Action) yang kuat.

5. Bantu Pelanggan Menemukan Media Sosial Bisnismu

Dengan email newsletter, kamu juga bisa membantu pelanggan menemukan akun media sosial bisnismu secara lebih mudah.

Caranya sama seperti menambahkan traffic situs web tadi, kamu hanya perlu menambahkan tautan yang mengarah ke berbagai platform media sosial bisnsimu.

Gunakan juga Call to Action yang kuat pada email newsletter sehingga audiens benar-benar mengunjungi akun media sosial bisnis kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa, email yang berisi tombol berbagi di media sosial memiliki rasio klik-tayang yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak.

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan email newsletter sebaik mungkin untuk membantu perkembangan akun bisnis di media sosial.

Dengan buletin email, kamu bisa membangun komunitas online dengan lebih cepat dan mudah.

Tariklah perhatian mereka melalui email newsletter dan pandu audiens untuk mengunjungi media sosial bisnismu.

Di platform media sosial tersebut, kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens melalui postingan konten yang menarik.

Libatkanlah para pengguna media sosial untuk menghasilkan interaksi antara brand dengan pelanggan potensial.

Baca Juga: 7 Jenis Marketing Channel yang Bisa Bantu Kembangkan Bisnis

6. Edukasi Merek pada Pelanggan

Tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness, kredibilitas usaha, dan meningkatkan penjualan usaha, email newsletter juga bisa membantu kamu untuk mengedukasi pelanggan terkait merek bisnismu.

Dalam hal ini, buletin bisa berisi informasi terkait merek, produk, dan layanan.

Namun, hindari untuk melakukan promosi yang berlebihan karena hal ini bisa membuat audiens berhenti berlangganan email newsletter bisnismu.

Jadi, sajikanlah konten yang lebih bermanfaat. Misalnya, cara penggunaan produk, tips penyimpanannya, dan hal-hal lain yang sekiranya dibutuhkan oleh pelanggan.

Kamu juga bisa menunjukkan bahwa bisnismu merupakan ahli di bidang industri tersebut, dengan coba mengangkat isu-isu yang relevan dengan kondisi pasar saat ini.

Audiens yang membacanya pun akan terkesan dan tertarik untuk mencari tahu merek, produk, atau layanan bisnis kamu secara lebih lanjut.

7. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

apa itu loyalitas pelanggan
Foto: SIRCLO Photo Stock

Manfaat berikutnya dari menggunakan buletin email adalah bisa membantu brand untuk membangun hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang.

Email newsletter adalah media komunikasi yang dapat membantu kamu dalam menciptakan kepercayaan antara bisnis dengan pelanggan.

Ketika pelanggan sudah percaya terhadap suatu merek, produk atau layanan yang ditawarkan, mereka pun cenderung menjadi loyal sehingga lebih memilih merek tersebut dibanding pesaingnya.

Tentu saja, hubungan seperti ini sangat menguntungkan bagi sebuah merek. Sebab, mereka mendapatkan pelanggan yang setia melakukan pembelian.

Hubungan brand dengan pelanggan yang baik juga bisa meningkatkan pengalaman dan kenyamanan saat berbelanja.

Pengalaman positif ini bisa saja dibagikan oleh pelanggan kamu kepada lebih banyak orang dan secara tidak langsung, membantu bisnis kamu dalam mendapatkan pelanggan baru.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Call to Action untuk Bisnis

8. Hemat Biaya

Email newsletter merupakan salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif bagi bisnis, akan tetapi sangat hemat biaya.

Dengan strategi pemasaran email yang tepat, daftar email yang potensial, dan konten berkualitas, kamu pun dapat berinvestasi sangat sedikit dan mendapatkan banyak imbalan.

Jika berhasil, orang akan mengunjungi situs web jualan online dan melakukan beberapa tindakan tertentu yang diharapkan setelah mereka membaca pesan yang kamu kirim melalui email.

Selain hemat biaya, pemasaran yang dilakukan melalui email juga cenderung memiliki risiko yang lebih rendah.

Pasalnya, target audiens yang akan kamu kirimkan newsletter biasanya merupakan orang-orang yang memang memiliki ketertarikan yang besar dengan bisnis kamu.

Mereka juga bisa merupakan orang yang telah melakukan interaksi dengan brand kamu sebelumnya.

Oleh karena itu, pemasaran email ini memiliki presentase keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan audiens di media sosial atau mesin penelusuran.

Jadi, pastikan kamu menggunakannya dengan sebaik mungkin agar hasilnya benar-benar maksimal seperti yang diharapkan.

9. Hasilnya Mudah untuk Diukur

Hasil pemasaran yang dilakukan melalui email cenderung lebih mudah untuk diukur dan dianalisis.

Hal ini karena sebagian besar platform email marketing sudah menawarkan fitur analitik bawaan yang dapat kamu gunakan untuk melacak kinerja bisnis kamu.

Melakukan analisis dan pengukuran dari setiap campaign yang kamu buat adalah hal yang wajib untuk kamu lakukan.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah strategi pemasaran yang dirancang dan digunakan bisa mencapai tujuan atau memiliki hasil yang diharapkan.

Selain itu, pengukuran keberhasilan campaign juga bisa membantu kamu dalam mengetahui bagian mana yang mungkin menjadi kesalahan pemasaran.

Kamu pun bisa langsung memperbaikinya sehingga bisa melakukan campaign pemasaran yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

Baca Juga: Cara Cek Traffic Website Gratis, Yuk Analisis Kinerja Bisnismu!

10. Meningkatkan Penjualan Usaha

Manfaat lainnya dari penggunaan pemasaran melalui email adalah bisa membantu kamu dalam meningkatkan penjualan sehingga mencapai keuntungan yang ditargetkan.

Setiap konten dalam newsletter yang sifatnya menarik, menghibur, dan informatif, bisa menarik perhatian audiens dan memengaruhi mereka untuk melakukan pembelian.

Apabila kamu menggunakan buletin email ini dengan baik, hasilnya pun akan maksimal, seperti yang telah diharapkan.

Kamu bisa meningkatkan penjualan dengan memberi penawaran produk atau layanan terbatas berbasis waktu.

Misalnya, mengadakan diskon besar-besaran dengan tenggat waktu tertentu. Penawaran seperti ini bisa menciptakan urgensi sehingga audiens merasa terpacu untuk segera membeli.

Jadi, cobalah untuk menggunakan email newsletter ini untuk meningkatkan penjualan usaha.

Itu dia pengertian email newsletter beserta manfaatnya bagi bisnis. Apakah kamu sudah menggunakan saluran pemasaran yang satu ini?