Pengertian Ecoprint dan 6 Keunggulannya untuk Bisnis

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Ecoprint adalah teknik mencetak dan pewarnaan dengan menggunaakan bahan alami.

Saat ini, banyak teknik ecoprint mulai dilirik dan berkembang. Pasalnya, ecoprint adalah teknik pewarnaan dengan menggunaan bahan alami. Penggunaan bahan alami ini berkaitan dengan lingkungan.

Hal tersebut yang menjadikan teknik ecoprint adalah hal yang penting. Karena kondisi alam dan lingkungan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, kesadaran melestarikan lingkungan semakin meningkat.

Kesadaran tersebut yang mendorong banyak perusahaan untuk menerapkan ecoprint dalam segi bisnisnya. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari ecoprint itu sendiri?

Apakah kamu berniat menggunakan teknik ini? Cari tahu sebelum mencobanya, yuk!

Baca Juga: Cara Membuat Paper Bag untuk Kemasan Ramah Lingkungan!

Apa Itu Ecoprint?

ecoprint adalah
Foto: Daun Mapel (unsplash.com)

Menurut Sharlene Bohr, ecoprint adalah sebuah teknik mencetak yang berkaitan dengan bahan-bahan alami. Misalnya, tumbuhan, dedaunan, dan bunga-bunga.

Di telinga masyarakat Indonesia, istilah ecoprint adalah istilah yang asing.

Namun di dunia fashion, istilah ecoprint adalah yang sangat akrab. Berasal dari kata eco  dan print. Secara harafian, ecoprint adalah teknik mencetak, mewarnai dan membuat produk dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Dalam dunia fashion, ecoprint adalah teknik yang membutuhkan banyak media berupa tumbuhan, seperti daun, bunga dan ranting hingga akar.

Motif-motif yang dibuat pasti berkaitan dengan lekuk dan bentuk dari tumbuhan yang digunakan.

Keunggulan Teknik Ecoprint

ecorpint
Foto: Daun Hijau (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Ecoprint merupakan teknik yang terbatas. Artinya, hanya dapat digunakan pada media seperti kain. Itu pun kain yang berasal dari serat alami. Namun, banyak keunggulan dari penggunaan teknik ecoprint.

Keunggulan dari ecoprint bisa dimanfaatkan dalam dunia bisnis untuk menghilangkan stigma negatif kepada pelaku bisnis yang seringkali mengabaikan kelestarian lingkungan.

Memang tidak semua pebisnis yang mengabaikan lingkungan, namun proses bisnis (terutama dalam hal ini yang berkaitan dengan pembuatan produk) dari hulu ke hilirnya, sering kali menimbulkan masalah-masalah lingkungan.

Agar hal tersebut dapat diatasi, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan memanfaatkan teknik ecoprint untuk kepentingan bisnis itu sendiri. Lantas, apa saja keunggulannya?

1. Ramah Lingkungan

Keunggulan pertama dari ecoprint adalah ramah lingkungan. Tentu saja ini merupakan kelebihannya, secara istilah saja, ecoprint sangat berkaitan dengan lingkungan itu sendiri.

Dari pengertian tersebut, kamu bisa menyimpulkan bahwa ecoprint  bisa menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Ini supaya lingkungan bisa terjaga dengan baik dan tidak menyebabkan tercemar yang menganggu kesehatan masyarakat.

Penggunaan teknik ecoprint bisa jadi pertimbangan bagi perusahaan pabrik tekstil, yang bukan hanya menghasilkan sebuah produk. Namun, juga menghasilkan sebuah limbah yang membahayakan.

2. Memiliki Motif Unik dan Menarik

Dari keunggulan pertama yang telah dijelaskan di atas, kita bisa tahu bahwa teknik ecoprint adalah solusi bagi perusahaan tekstil dan bagi bisnis fashion.

Bagi perusahaan tekstil, penggunakan teknik ini akan mengurangi produksi lingkungan.

Sementara itu, bagi bisnis fashion, menggunaan ecoprint dapat memberikan motif unik dan menarik. Karena hal ini juga berkaitan dengan penggunaan daun, ranting dan bunga-bunga.

Ini bisa menjadi pilihan, terutama bagi kamu yang menjalankan bisnis fashion, untuk membuat motif unik dan menarik.

Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan produk yang menarik dan berbeda dengan kompetitor lainnya.

Proses pewarnaan hingga pembuatan motif dengan menggunakan dedaunan serta bunga, membuat kain ecoprint memiliki motif yang variatif.

Dalam setiap kain ecoprint, memiliki motif dan warna yang berbeda. Sekali pun kain tersebut memakai tanaman yang sama.

3. Motif yang Beragam

Selain motif yang unik dan menarik, kamu juga bisa membuat motif yang beragam dengan menggunakan teknik ecoprint ini. Pasalnya, motif ecoprint menggunakan bahan dasar tetumbuhan yang sangat berlimpah.

Kamu juga bisa menggunakan tumbuhan-tumbuhan tersebut dan berkreasi menghasilkan motif baru yang sangat beragam. Selanjutnya, kamu bisa membuat motif khusus yang menjadi andalan produkmu.

Ini sangat dapat dimanfaatkan sebagai keunggulan untuk bisnis fashion. Untuk bisnis secara umum, terutama yang menghasilkan produk, bisa dimanfaatkan dalam pembuatan packaging yang unik dan berbeda.

4. Nilai Seni yang Tinggi

Selain kesadaran akan lingkungan, masyarakan saat ini juga memiliki kesadaran yang tinggi akan nilai seni. Oleh karena itu, ecoprint ini dapat digunakan untuk meningkatkan nilai seni sebuah produk.

Keuntungannya tidak hanya untuk lingkungan, namun untuk nilai seni dari sebuah produk itu sendiri. Selain itu, setiap barang yang dibuat dengan ketelitian dan suatu teknik tertentu, bisa memberikan hasil dengan nilai seni yang tinggi.

Jangan heran jika produk dengan penggunakan teknik ecoprint akan menghasilkan nilai seni yang tinggi, terutama dalam segi visual. Ini tentu saja sebuah peluang serta kelebihan.

5. Nilai Jual yang Tinggi

Nilai seni yang tinggi seiring sejalan dengan nilai jual yang tinggi. Coba kamu pikirkan, memang apa yang menyebabkan sebuah lukisan memiliki harga yang mahal?

Bahkan lukisan dari seniman terkenal dilelang dengan harga yang tidak pernah dapat kita bayangkan.

Semua itu disebabkan oleh nilai seni yang terdapat didalamnya, nilai seni tersebut yang menyebabkan nilai jual menjadi meningkat.

Ditambah lagi, proses pembuatannya yang langsung menggunakan tangan (hand made), hal ini bisa memberikan keunggulan pada nilai jual itu sendiri.

6. Cocok untuk Berbagai Bisnis

Dari penjelasan sebelum-sebelumnya, telah disinggung bahwa ecoprint sangat tepat untuk bisnis teksil dan fashion. Namun faktanya, teknik ecoprint dapat digunakan untuk berbagai bisnis.

Dalam hal ini terutama bisnis yang menghasilkan sebuah produk. Teknik ecoprint akan sangat bermanfaat jika digunakan untuk packaging.

Ini juga bisa sebagai alternatif pilihan packaging agar tidak menggunakan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan dan merusak alam.

Kaitan Ecoprint dengan Bisnis Ramah Lingkungan

ecoprint adalah
Foto: Kumpulam Daun Warna Warni (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Lantas apa sebenarnya kaitan ecoprint dengan bisnis? Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, teknik ecoprint adalah hal yang sangat berkaitan untuk bisnis.

Terutama bisnis yang memang fokus dalam kelestarian lingkungan.

Dalam penerapannya, teknik ecoprint dapat digunakan untuk packaging dan membuat produk yang ramah lingkungan. Dalam praktiknya, bisnis yang dapat memanfaatkan teknik ecoprint adalah bisnis fashion itu sendiri.

Banyak bahan dan motif yang bisa digunakan dengan menggunakan teknik ecoprint itu sendiri. Ini juga dapat semakin mendukung lingkungan yang lebih sehat.

Selain fashion, bisnis apa pun sebenarnya bisa menerapkan ecoprint. Ini karena teknik ecoprint adalah penggunaan bahan alami. Kamu bisa menggunakan packaging dengan teknik tersebut.

Ini tentu dapat membuat packaging produkmu lebih unik dan menarik. Packaging produk biasanya yang menyebabkan sampah menumpuk. Karena penggunaan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan.

Ecoprint bisa digunakan sebagai solusi agar bisnis bisa menunjang lingkungan yang ramah. Hal ini sejalan dengan sistem pemasaran green marketing.

Ecoprint dan green marketing merupakan solusi cerdas untuk membuat dunia bisnis tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan.

Baca Juga: Lingkungan Bisnis: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya

Ecoprint adalah teknik yang baru dan menyegarkan bagi dunia bisnis.

Sebagaimana yang bisa kamu baca dalam penjelasan di atas, teknik tersebut bisa berkaitan dengan bisnis.

Bahkan bisa turut meningkatkan kesadaran lingkungan serta turut menjaga kelestarian lingkungan itu sendiri, lho.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X