4 Jenis Digital Platform dan Manfaatnya untuk Bisnis

Share this Post

digital platform adalah
Table of Contents

Di era digital saat ini, digital platform merupakan salah satu hal yang dibutuhkan masyarakat dan terbukti membantu kehidupan masyarakat itu sendiri.

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram, Facebook atau Spotify? Masyarakat di zaman yang sudah serba terdigitalisasi seperti saat ini telah banyak menggunakan berbagai aplikasi yang mudah untuk diunduh pada ponsel pintar.

Berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja maupun orang dewasa sudah dapat mengakses dengan mudah berbagai aplikasi yang diunduh dalam ponsel pintar tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut termasuk dalam digital platform.

Apakah kamu sudah memahami secara pasti pengertian, fungsi dan jenis-jenisnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini supaya kamu bisa mengetahui platform digital lebih jauh lagi.

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing, Wajib Tahu!

Pengertian Digital Platform

digital platform
(Foto aplikasi. Sumber: Pixabay.com)

Dilansir dari BMC Blogs, digital platform adalah suatu fasilitas untuk menjalankan sebuah sistem yang dijalankan dengan program yang telah direncanakan dan dibuat dalam bentuk digital atau aplikasi.

Pengertian lainnya, digital platform adalah merupakan suatu wadah atau sarana untuk mempertemukan suatu individu atau kelompok untuk saling bertukar informasi, berdagang, atau menawarkan suatu jasa.

Ada baiknya sarana atau aplikasi tersebut kegiatan dapat dilakukan pada satu tempat. Misalnya, pembeli dapat bertemu langsung dengan penjual. Guru dapat mengajarkan pelajaran dengan muridnya dan sebagainya.

Selain itu, penerima informasi juga dapat dengan mudah menerima informasi yang super cepat serta kemudahan lainnya yang dapat diakses secara digital.

Kekuatan dari digital platform adalah memiliki dan membuat juga berbagai informasi sehingga dapat memudahkan kegiatan masyarakat.

Dengan digunakannya digital platform secara tepat akan menghasilkan suatu hal yang baik dan positif bagi kehidupan masyarakat.

Seorang pedagang pakaian dengan hanya mengandalkan berjualan di toko saja. Omset yang dihasilkan akan bertambah ketika penjual mencoba menggunakan aplikasi seperti Shopee.

Hal tersebut sangat bernilai positif terlebih bagi para pedagang usaha kecil menengah. Oleh sebab itu, bila dioptimalkan dengan baik, kamu akan mendapatkan hasil yang tentunya sangat menguntungkan sekali.

Baca juga: 5 Contoh Transaksi Digital dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Fungsi, Manfaat, dan Jenis Digital Platform

4 Jenis Digital Platform dan Manfaatnya untuk Bisnis
(Foto media sosial. Sumber: Pixabay.com)

Fungsi digital platform adalah sebagai suatu sarana untuk menjalankan sistem yang telah direncanakan. Biasanya, untuk pedagang pakaian akan menjual barang dagangannya seperti di platform atau e-commerce.

Bisa juga sebagai contoh seorang tenaga pengajar pasti memerlukan cara melakukan pembelajaran untuk mengajar seperti aplikasi Zoom atau aplikasi Google Classroom.

Memang banyak sekali fungsi yang dapat dimanfaatkan bagi kamu dengan digital platform. Digitalisasi pada saat ini dapat bermanfaat baik dan dapat meningkatkan iklim ekonomi di Indonesia.

Selain peluang bisnis yang bertambah, misalnya, membuka lowongan pekerjaan dan produktivitas pekerja pun meningkat.

Oleh karena itu, kamu sangat perlu memanfaatkan sebaik mungkin, yang ada saat ini dan juga kamu perlu mengikuti terus teknologi yang berkembang dan yang akan datang, agar kamu tidak tergerus oleh zaman.

Baca Juga: 5 Karakteristik Service Marketing, Berikut Strateginya!

Lantas apa saja manfaatnya yang bisa dirasakan dengan adanya platform digital ini? Simak penjelasannya di bawah ini,

  • Mempermudah pekerjaan, terutama untuk bisnis.
  • Proses untuk merekrut karyawan dapat dijalankan lebih mudah dan secara online.
  • Mempermudah proses pencarian lowongan kerja, menjadi lebih efektif dan efesien.
  • Informasi akan lebih mudah tersampaikan dan lebih luas diketahui.
  • Mempercepat akses dan lebih efisien.
  • Promosi secara online dapat lebih menghemat anggaran.
  • Informasi lebih akurat tersampaikan.

Setelah mengetahui fungsinya, kamu juga perlu tahu jenis-jenisnya juga yang akan dibahas di bawah ini, yuk.

Jenis digital platform memiliki beberapa macam, karena didasarkan dengan fungsinya tersebut. Ini beberapa di anataranya.

1. Sosial Media

Contoh dari digital platform jenis ini adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Sebagai contoh dalam digital platform adalah kita dapat mengetahui semua informasi sosial yang terjadi saat ini dengan cepat.

Contohnya, kamu bisa mengetahui bagaimana meriahnya Citayam Fashion Week. Kemudian contoh lainnya dalam digital platform adalah tren di tahun 2020, yaitu kopi dalgona.

Akhirnya, banyak masyarakat untuk mengisi kejenuhannya dengan membuat kopi dalgona yang resepnya hanya melihat dari TikTok saja.

Pengaruh dari sosial media tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan masyarakat saat ini. Bahkan, media sosial sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarkat saat ini.

2. E-Commerce,

Contoh digital platform e-commerce adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Zalora. Dalam aplikasi tersebut pembeli dapat menikmati berbelanja yang mudah, aman dan tentunya banyak pilihan.

Penjual pun bisa diuntungkan dengan memanfaatkan aplikasi tersebut. Contoh kecilnya adalah ketika kamu membutuhkan earphone untuk ponsel kamu.

Kamu hanya perlu mencari di aplikasi digital platform adalah Shopee atau Tokopedia. Apapun barang yang kamu butuhkan, sebagian besar mudah sekali ditemukan di e-commerce tersebut. Kehadiran e-commerce terbukti sangat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Edukasi

Aplikasi Google Scholar, Google Classroom, Ruangguru, dan Zenius adalah contoh platform digital edukasi. Aplikasi edukasi digital platform adalah aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam kebutuhan hal akademik.

Ketika seorang siswa SMA memerlukan bimbingan belajar tambahan pada saat pandemi COVID-19, bayak yang bergabung dengan aplikasi Ruangguru untuk menambah wawasan mereka.

Hal tersebut, merupakan terobosan baru karena membuat kegiatan suatu siswa SMA menjadi lebih efektif. Terlihat pada masa tersebut, apliaksi atau platform pendidikan sangat membantu proses belajar yang terganggu.

4. Platform Audio-Visual

YouTube, Spotify, Resso dan Apple Music adalah conoth dari platform digital jenis ini. Dalam aplikasi tersebut, kamu bisa menikmati berbagai video, musik, film dan sebagainya dengan mudah dan tentunya praktis.

Misalnya, pada saat kamu ingin mendengar lagu dari Yura Yunita yang berjudul, Dunia Tipu-Tipu. Kamu tinggal cari dan muncul lagu tersebut dengan mudah, tidak seperti dulu ketika ingin mendengar lagu perlu beli kaset atau CD-nya baru bisa mendengar musik tersebut.

Contoh lainnya adalah aplikasi Spotify yang bisa menenamani kamu saat kamu jenuh di kendaraan baik di mobil, motor, kereta atau bus dengan mudah kamu tinggal akses lagu apapun di salah satu aplikasi digital platform adalah Spotify.

Bahkan kehadiran platform audio-visual bahkan mengancam media hiburan seperti televisi dan radio yang telah lama mengisi kebutuhan hiburan masyarakat.

Baca Juga: Contoh Transaksi Digital dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Semudah itu kamu hidup di zaman sekarang, serba digital dan mudah diakses. Oleh karena itu, sangatlah berguna bagi kamu yang dapat memanfaatkannya dengan baik. Jadi, jangan lupa manfaatkan digital platform untuk kegiatan positif, yaa!