Resi adalah Tanda Terima yang Krusial pada Jasa Ekspedisi, Apa Fungsinya?

Share this Post

Resi-adalah-Tanda-Terima
Table of Contents

Resi adalah tanda terima yang biasa kita dapatkan setelah melakukan suatu transaksi. Ketika bertransaksi di e-commerce, resi biasanya identik dengan jasa ekspedisi.

Nomor yang tertera pada resi ketika kamu mengirim barang melalui jasa ekspedisi dapat digunakan untuk melacak barang.

Dari pelacakan tersebut, kamu tahu posisi paket ada di mana. Jika status paket sedang dalam perjalanan bersama kurir, artinya paket tersebut akan segera sampai ke tujuan.

Nomor resi adalah keterangan pada jasa ekspedisi yang jadi nyawa bagi banyak pelaku e-commerce. Nomor tersebut harus dimasukkan ke sistem tracking e-commerce agar dapat menenangkan pelanggan bahwa produk mereka sedang dalam perjalanan.

Pelanggan cenderung waswas atau khawatir jika tidak bisa melihat status paket mereka di sistem tracking. Jika kamu dapat melakukan pengiriman dengan cepat, pelanggan pun cenderung akan meminta resi bagi tokomu.

Sebab, biasanya update status pengiriman barang die-commerce sering mengalami keterlambatan.

Baca Juga: Contoh Resi Pengiriman Barang, Ini Dia Manfaatnya!

Pengertian Resi

pengertian resi adalah
(Foto dokumen pembayaran. Sumber: Medium.com)

Resi sebenarnya memiliki arti luas. Dari segi definisi umumnya, resi adalah pengakuan tertulis bahwa sesuatu yang berharga telah ditransfer dari satu pihak ke pihak lain. Tanda terima ini biasanya didapatkan konsumen dari penjual atau penyedia layanan.

Resi juga dibuat dalam transaksi antara bisnis dan bisnis, bahkan pada transaksi pasar saham. Namun, dengan berkembangnya penjualan secara online, resi sering kali dikonotasikan dengan tanda terima pengiriman barang dari jasa ekspedisi.

Selain sebagai tanda terima, resi juga berfungsi sebagai bukti. Ketika kita mau melakukan pengembalian barang, salah satu bukti yang diminta adalah resi.

Menurut Salodoo, resi memiliki dua arti yang berbeda. Pertama, terkait pergerakan barang atau bahan baku ke gudang.

Kedua, terkait dokumen yang berfungsi sebagai konfirmasi penerimaan bahan baku ke gudang atau penerimaan barang dari vendor atau pabrikan.

Pada jasa ekspedisi, nomor resi yang tertera dapat diinput di sistem pelacakan agar terlihat posisi paket sudah sampai mana. Jadi, ketika menerima resi, sebaiknya tidak langsung dibuang sebelum jasa atau produknya benar-benar kamu dapatkan.

Baca Juga: Cek Resi, Cara Periksa Status Pengiriman Pesanan

Fungsi Resi Bagi Bisnis

fungsi resi adalah
(Foto dokumen pengiriman. Sumber: globaltranz.com)

Dalam dunia jasa ekspedisi, resi memiliki fungsi yang sangat penting, baik bagi pelaku e-commerce maupun konsumen.

Resi adalah salah satu aspek penting dalam bisnis e-commerce  yang tak bisa diremehkan. Hal ini karena bisnis e-commerce sangat bergantung pada jasa ekspedisi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, resi ekspedisi memiliki banyak kegunaan. Mari kita bahas secara mendetail satu per satu.

1. Bukti bahwa Paket Telah Dikirim

Ketika kita sudah melakukan pembayaran kepada jasa ekspedisi, mereka tentu akan memberikan resi sebagai bukti kita sudah menggunakan jasa mereka.

Biasanya, nomor resi akan dicetak dan ditempelkan pada barang yang dikirimkan. Dengan begitu, barang akan masuk dalam proses pengiriman hingga ke alamat tujuan.

Membagikan nomor resi kepada pelanggan pun penting untuk dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang mereka pesan sudah kamu kemas dan kirim ke alamat mereka.

Dalam membagikan nomor resi, kamu dapat menginformasikannya secara manual. Bisa juga terupdate otomatis dalam sistem.

Jadi, pelanggan juga bisa langsung melacaknya. Mereka pun dapat mengetahui sudah sampai mana barang yang dipesan.

2. Melacak Posisi Paket

Inilah pentingnya untuk tidak segera membuang resi atau setidaknya mencatat nomor resinya. Nomor ini dapat digunakan untuk melakukan pelacakan barang.

Apakah paket yang kamu kirimkan masih di gudang jasa ekspedisi atau sudah dikirim oleh kurir, bisa dilacak melalui nomor resi?

Marketplace biasanya sudah bekerja sama dengan sejumlah jasa ekspedisi untuk memasang tracking paket di sistem mereka.

Jadi, pelanggan bisa langsung mengecek posisi paket mereka dari aplikasi atau website milik marketplace tersebut secara otomatis. Tanpa harus menuliskan dan melacaknya manual.

Jika memiliki toko online sendiri, maka kamu perlu bekerja sama dengan ekspedisi yang ada kemudian memasang API  (application programming interface) sistem pelacakan tersebut pada toko online. Bisa juga menggunakan pihak ketiga yang menyediakan plugin cek resi.

Dengan begitu, pelanggan bisa melakukan pengecekan posisi paket secara lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Ini 6 Cara Cetak Resi Tokopedia Lewat HP, Praktis!

3. Memantau Kondisi Barang

Dari sistem pelacakan, kamu bisa tahu di mana posisi paket secara berkala. Kamu pun bisa tahu jika paketmu ternyata gagal kirim dan dikembalikan ke gudang.

Kamu langsung tahu jika terjadi sesuatu terhadap paketmu. Jika sudah begitu, kamu bisa langsung sigap menghubungi jasa ekspedisi untuk menanyakan kendala apa yang terjadi.

Jadi, fungsi lain dari nomor resi adalah untuk mengecek kondisi barang secara berkala agar hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Memberikan resi adalah cara yang digunakan untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Sebab, pelanggan tidak akan mau jika hanya disuruh menunggu, tetapi tidak ada jaminan bahwa kamu sudah melakukan tugasmu sebagai penjual.

Membagikan nomor resi kepada pelanggan atau memasukkan ke dalam sistem tracking, adalah jaminan bahwa produk sudah dikemas dan dikirim.

Tidak hanya penjual yang bisa melacak barang, tetapi pelanggan juga bisa ikut memantau kondisi barang. Pelanggan pun akan merasa aman dan tumbuh rasa percayanya ketika bisa melihat informasi terbaru pengiriman paketnya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan update nomor resi jika pesanan pelanggan sudah diproses ke ekspedisi pengiriman barang.

Baca Juga: Cara Cetak Resi Shopee, Mudah Dilakukan di Desktop atau HP!

Cara Melacak Nomor Resi

invoice adalah
(Foto invoice. Sumber: Freepik.com)

Melacak nomor resi adalah perkara mudah. Berbagai marketplace sudah menyediakan sistem tracking. Bagi yang memiliki e-commerce sendiri, sudah ada plugin cek resi yang bisa dipasangkan di situs.

Namun, jika terpaksa harus melacak secara manual, kamu bisa melacaknya langsung di situs masing-masing jasa ekspedisi. Situs-situs yang menawarkan jasa cek resi pun sudah mudah ditemukan di mesin pencari.

Berikut ini tautan untuk melacak nomor resi sesuai dengan jasa ekspedisi yang kamu gunakan:

Selain mengecek nomor resi dari situs resmi jasa ekspedisi, kamu juga bisa mengeceknya melalui situs lain seperti cekresi.com. Kamu hanya perlu masuk ke situs tersebut kemudian memasukkan nomor resi dan memilih jenis ekspedisi.

Nantinya, situs tersebut akan menampilkan status pengiriman paketmu dengan rinci. Resi adalah dokumen yang bisa digunakan untuk mencari status pengiriman barang. Mengingat nomor resi yang ada di dalamnya memang adalah kumpulan angka unik.

Demikian pengertian resi secara keseluruhan dan kegunaannya dalam dunia jasa ekspedisi. Bisa disimpulkan bahwa resi adalah bukti pengiriman untuk melacak barang. Kamu pun sudah tahu bagaimana cara melacaknya. Semoga bermanfaat!