4 Cara Cek Resi Pengiriman Dari Luar Negeri, Mudah Kok!

Share this Post

cara cek resi pengiriman dari luar negeri
Table of Contents

Resi merupakan tanda terima transaksi dan bukti pengiriman barang. bagaimana cara cek resi pengiriman dari luar negeri?

Resi memiliki arti luas. Secara umum, resi adalah pengakuan tertulis atas transaksi yang terjadi dari satu pihak ke pihak lain. Tanda terima ini biasanya didapatkan konsumen dari penjual atau penyedia layanan.

Resi juga dibuat dalam transaksi antara bisnis dengan bisnis, termasuk transaksi pasar saham. Namun, dengan berkembangnya penjualan secara online, resi seringkali dikonotasikan dengan tanda terima pengiriman barang dari jasa ekspedisi.

Dewasa ini, pertumbuhan e-commerce memang menggeser pola konsumsi masyarakat. Banyak orang lebih memilih belanja online karena tersedia lebih banyak pilihan barang, promo yang menarik, dan adanya pilihan pembayaran paylater.

Jika kamu sering melakukan transaksi secara online, tentu sudah tak asing dengan resi. Pasalnya, melalui nomor yang tertera pada resi kita dapat melacak status pengiriman barang.

Tak hanya untuk produk-produk dalam negeri, resi pengiriman juga akan kita dapatkan ketika membeli produk dari luar negeri. Tentunya, jasa ekspedisi yang digunakan pun merupakan ekspedisi internasional.

Ingin tahu cara cek resi pengiriman dari luar negeri? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan E-Business Dan E-Commerce, Ini Penjelasannya!

Cara Cek Resi Pengiriman Dari Luar Negeri

cek resi
Foto: Resi Pengiriman (Freepik.com)

Ada empat cara cek resi pengiriman dari luar negeri yang bisa kamu coba. Berikut langkah-langkahnya.

Cara 1: Cek Resi Pengiriman via Laman beacukai.go.id

  1. Buka laman https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.
  2. Masukkan nomor resi, tracking, consignment note, atau airway bill (AWB) pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan keycode sesuai yang tertera pada layar.
  4. Klik Submit untuk melihat status pengiriman barang.

Cara 2: Cek Resi Pengiriman via Laman cekresi.com

  1. Buka laman https://cekresi.com/cek-resi-standard-express-lwe.php.
  2. Masukkan nomor resi, tracking, consignment note, atau airway bill (AWB) pada kolom yang tersedia.
  3. Klik Cek Resi untuk melihat status pengiriman barang.

Cara 3: Cek Resi Pengiriman via parcelsapp.com

  1. https://parcelsapp.com/id.
  2. Masukkan nomor resi, tracking, consignment note, atau airway bill (AWB) pada kolom yang tersedia.
  3. Klik Cek Resi untuk melihat status pengiriman barang.

Cara 4: Cek Resi Pengiriman via Laman cekpengiriman.com

  1. Buka laman https://www.cekpengiriman.com/cek-resi.  
  2. Masukkan nomor resi, tracking, consignment note, atau airway bill (AWB) pada kolom yang tersedia.
  3. Pilih jasa ekspedisi yang kamu gunakan.
  4. Klik Cek Resi untuk melihat status pengiriman barang.

Baca Juga: 10 Manfaat Website E-Commerce, Jualan Tambah Laku!

Informasi Apa Saja yang Tertera Dalam Resi?

4 Cara Cek Resi Pengiriman Dari Luar Negeri, Mudah Kok!
Foto: Cek Resi Pengiriman (Freepik.com)

Seperti disinggung di awal, resesi memiliki arti yang luas, begitu pun dengan informasi yang tercatat di dalamnya. Resi pengiriman memuat beberapa informasi penting seputar transaksi yang kamu lakukan.

Oleh karenanya, disarankan untuk menyimpan resi pengiriman. Sebab, terdapat beberapa informasi penting dan bersifat pribadi, seperti:

  • Nama pengirim dan penerima: resi pengiriman memuat informasi mengenai nama pengirim dan penerima barang, termasuk username akun jika kamu berbelanja melalui e-commerce.
  • Nomor resi: resi pengiriman tentu saja berisi nomor resi. Nomor tersebut digunakan untuk melacak status pengiriman dan informasi lain yang berhubungan dengan pesanan barang.
  • Jenis barang: di dalam kertas resi, terdapat detail jenis dan nama barang yang kamu beli. Hal ini bertujuan agar kamu dapat memastikan bahwa barang yang kamu pesan sudah benar, termasuk variasinya. Bahkan, resi juga berlaku untuk produk lain seperti kamar hotel, tiket pesawat, dan lain-lain.
  • Detail barang: resi berisi informasi mengenai detail produk yang kamu pesan, termasuk berat produk, jumlah, hingga kategori produk (termasuk barang mudah pecah atau tidak).
  • Alamat penerima: sebagai bukti transaksi dan pengiriman, di dalam resi juga terdapat alamat penerima sesuai dengan yang kamu cantumkan saat pembelian. Oleh karenanya, resi sebaiknya disobek dicoret dahulu sebelum dibuang.
  • Metode pembayaran: kertas resi berisi informasi metode pembayaran yang kamu gunakan, misalnya COD, transfer, paylater, dan lain-lain.

Berbagai informasi penting yang terdapat dalam kertas resi tentu perlu dijaga kerahasiaannya. Setelah cek resi pengiriman, kamu perlu menyobek atau mencoret beberapa informasi penting agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Baca Juga: 15 Ide Konten YouTube Modal HP, Dijamin Banyak Views!

Fungsi Resi Barang

4 Cara Cek Resi Pengiriman Dari Luar Negeri, Mudah Kok!
Foto: Fungsi Resi Pengiriman (Freepik.com)

Fungsi resesi yang kita ketahui selama ini adalah sebagai bukti pengiriman barang. Nomor resi juga bisa digunakan untuk melacak posisi paket. Bagi bisnis, resi memiliki beberapa fungsi lain, yaitu:

1. Memantau Kondisi Barang

Ketika cek resi pengiriman, kamu bisa mengetahui kondisi paket. Apakah paket tersebut gagal dikirim, dikembalikan kepada pengirim, atau terbawa ke lokasi yang salah.

Jika terjadi kendala dengan paket yang kamu kirim, kamu bisa langsung menghubungi jasa ekspedisi terkait untuk memastikan kondisi paket dan solusi terbaik yang bisa diberikan.

Pada akhirnya, cek resi pengiriman dapat membantu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan demikian, pemberian nomor resi pengiriman tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, tetapi juga memberikan keuntungan bagi penjual atau pengirim. Informasi yang diperoleh dari pelacakan resi memungkinkan untuk respons yang cepat terhadap situasi yang memerlukan perhatian khusus.

Hal ini dapat membantu mengurangi potensi kerugian akibat kesalahan pengiriman atau kerusakan barang, sehingga meningkatkan efisiensi dan keandalan proses pengiriman secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Memberikan resi pengiriman adalah cara terbaik untuk membangun kepercayaan pelanggan. Pasalnya, resi menjadi bukti sah bahwa transaksi sudah berlangsung dan barang pesanan pembeli sudah diproses.

Dengan membagikan nomor resi kepada pelanggan, kamu memberikan kesempatan kepada pemilik barang untuk memastikan status pengiriman barang dan memberikan ketenangan kepada pelanggan.

Menyediakan informasi pengiriman yang transparan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mengetahui secara jelas kapan barang akan tiba, pelanggan dapat merencanakan penerimaan barang dengan lebih baik.

Hal ini juga membantu mengurangi kecemasan dan ketidakpastian yang mungkin dirasakan oleh pelanggan terkait proses pengiriman.

Sebagai hasilnya, pemberian nomor resi pengiriman bukan hanya menjadi tindakan administratif semata, tetapi juga menjadi bagian penting dalam membangun hubungan yang kuat antara penjual dan pelanggan.

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Tingkatkan Retensi Pelanggan Untuk Bisnis E-Commerce

3. Bukti Transaksi yang Sah

Bagi penjual, mencatat setiap transaksi yang terjadi merupakan hal yang penting. Catatan transaksi menjadi salah satu elemen dalam pembukuan yang perlu kamu susun.

Pasalnya, catatan transaksi ini membantumu menghitung laporan keuangan. Dalam beberapa kasus, laporan keuangan perlu dibuktikan dengan lampiran bukti transaksi yang sah.

Resi bisa digunakan sebagai tanda bukti transaksi yang sah dan bisa dijadikan sebagai bagian dari laporan keuangan bisnismu.

Menyimpan dan mengelola catatan transaksi dengan baik juga dapat membantu dalam mengidentifikasi tren penjualan, menghitung laba dan rugi, serta mengevaluasi kinerja bisnis secara keseluruhan.

Dengan memiliki data yang akurat dan terperinci tentang setiap transaksi yang dilakukan, penjual dapat membuat keputusan yang lebih tepat mengenai strategi bisnis yang akan diambil di masa mendatang.

Itulah beberapa cara cek resi pengiriman dari luar negeri yang bisa kamu coba.