Untung Rugi Bisnis Sepak Bola, Bagaimana Prospeknya?

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Beberapa waktu ke belakang, investasi bisnis sepak bola cukup banyak dibicarakan. Seberapa untung bisnis yang satu ini?

Bagi kamu pecinta sepak bola, tentu sudah familiar dengan beragam berita terbaru seputar sepak bola. Salah satu berita yang cukup hangat adalah banyaknya artis yang membeli saham beberapa klub bola.

Di antaranya ada yang banting profesi menjadi manajemen klub bola. Sebut saja artis Raffi Ahmad dan pengusaha Rudy Salim yang membeli klub Cilegon United dan kini berganti nama menjadi RANS Nusantara FC.

Jauh sebelum terkenal seperti sekarang, sebenarnya investasi dalam klub sepak bola sudah ada sejak lama. Contohnya Menteri BUMN Erick Thohir yang pernah membeli sebagian besar saham klub Inter Milan.

Ketertarikan artis dan public figure lain untuk mencoba bisnis sepak bola nampaknya semakin tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya artis yang mulai mengakuisisi beberapa klub sepak bola tanah air.

Lantas, seberapa untung bisnis sepak bola? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Bisnis Gibran Rakabuming Raka, Dari Kuliner Hingga Startup

Mengamati Tren Bisnis Sepak Bola

bisnis sepak bola
Foto: Permainan Sepak Bola (freepik.com)

Bisnis sepak bola lebih dari sekedar hobi. Bisnis yang satu ini bukanlah bisnis biasa, untung rugi yang didapatkan juga bisa tak terduga.

Bisnis sepak bola pada dasarnya merupakan investasi jangka panjang.

Menurut Investopedia, investasi adalah aset atau barang yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan di kemudian hari. Pendapatan ini mengacu pada peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu.

Sebelum bisnis sepak bola seterkenal sekarang, pengusaha sukses yang kini menjadi Menteri BUMN Erick Thohir pernah membeli klub Inter Milan.

Ia memiliki mayoritas saham di klub asal Italia tersebut dan menjadi pemegang saham terbesar. Namun, pada 2019 Erick Thohir menjual 31,05% sahamnya kepada perusahaan asal Hong Kong.

Dikutip dari media Italia Il Sole 24 Ore, Erick Thohir setidaknya mendapat keuntungan 150 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun.

Keuntungan tersebut didapatkan dari berbagai sumber. Misalnya dari pendapatan di setiap pertandingan, hasil penjualan tiket, hadiah juara kompetisi, pihak sponsor, dan penjualan merchandise.

Hal tersebut menandakan bahwa bisnis sepak bola merupakan ladang investasi yang sangat menjanjikan. Tak hanya klub sepak bola, hal tersebut juga berlaku untuk klub olah raga lainnya.

Namun, apakah klub sepak bola lokal juga sama untungnya? Mengingat beberapa waktu lalu Liga 1 Indonesia sempat diberhentikan karena alasan pandemi.

Ditambah lagi, klub sepak bola dalam negeri terlihat kurang stabil secara performa.

Faktanya, investasi dalam bentuk bisnis sepak bola dalam negeri juga bisa menguntungkan. Sebab, klub lokal juga selalu mendapatkan pemasukan dari sponsor, penjualan tiket, pendapatan pertandingan, dan sumber pemasukan lain.

Namun, perbedaannya tentu terlihat dari seberapa besar keuntungan yang didapat durasi investasi, dan level klubnya. Hal ini menyebabkan bisnis sepak bola mulai banyak dilirik oleh artis dan tokoh publik.

Baca Juga: 8 Cara Sinkronisasi Bisnis Digital agar Usahamu Relevan Sesuai Zaman

Artis dan Public Figure yang Memiliki Bisnis Sepak Bola

Untung Rugi Bisnis Sepak Bola, Bagaimana Prospeknya?
Foto Piala Sepak Bola (freepik.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui keuntungan bisnis sepak bola, tentu kamu semakin penasaran. Siapa saja artis dan public figure yang terkena “demam” investasi yang satu ini?

1. Raffi Ahmad

Nama Raffi Ahmad tentu sudah tak asing lagi. Artis papan atas satu ini memang dikenal memiliki kekayaan yang luar biasa. Channel Youtube-nya saja sudah memiliki jutaan subscriber, bahkan Ia juga memiliki program TV sendiri.

Di bawah naungan RANS, Raffi Ahmad bersama dengan Rudi Salim mengakuisisi klub bola Cilegon FC yang sebelumnya berlaga di Liga 2. Musim ini, klubnya tampil di Liga 1 dan berganti nama menjadi RANS Nusantara FC.

Tak hanya bisnis sepak bola, Raffi Ahmad dan Rudi Salim juga memiliki deretan bisnis lainnya yang tak kalah terkenal.

2. Atta Halilintar

Yup! Siapa yang tak kenal dengan artis sekaligus Youtuber satu ini? Atta Halilintar memiliki jutaan subscriber di kanal Youtube-nya dan memiliki pendapatan yang sangat besar.

Suami dari Aurel Hermansyah ini juga ikut terjun ke bisnis sepak bola. Atta secara resmi mengakuisisi klub bola PSG Pati dan mengubah namanya menjadi AHHA PS Pati FC. Namun, baru-baru ini namanya diubah lagi menjadi Bekasi FC.

Sebelumnya, Atta sempat ingin mengakuisisi klub Sriwijaya FC, tetapi gagal mencapai kesepakatan.

Baca Juga: Wajib Tahu 5 Tips Ampuh Bisnis Saham, Dijamin Cuan!

3. Kaesang Pangarep

Untung Rugi Bisnis Sepak Bola, Bagaimana Prospeknya?
Foto: Kaesang Pangarep (Instagram.com/kaesangp)
shopee pilih lokal

Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu dari orang nomor satu di Indonesa, Joko Widodo. Kaesang secara resmi mengakuisisi klub bola Persis Solo yang berlaga di Liga 1 musim ini.

Kaesang mengakuisisi klub bola kebanggaan warga solo dan nampak serius mencoba investasi satu ini.

4. Gilang Widya

Tentunya kamu sudah cuku familiar dengan istilah Crazy Rich Malang bukan? Yup, Gilang Widya adalah pengusaha sukses asal kota Malang yang mempunyai gurita bisnis sangat besar.

Sebut saja Juragan 99, MS Glow, Kosme, armada bus, kos-kosan, vape, dan lain-lain dengan pendapatan yang fantastis. Ia juga memiliki pesawat jet pribadi.

Selain itu, dia berinvestasi di klub Arema FC sekaligus menjadi presiden dari klub tersebut.

Baca Juga: Ini 10 Peluang Bisnis Halal yang Bikin Usahamu Berkah!

5. Prilly Latuconsina

Untung Rugi Bisnis Sepak Bola, Bagaimana Prospeknya?
Foto: Prilly Latuconsina (Instagram.com/prillylatuconsina)
shopee pilih lokal

Tak hanya pria, rupanya bisnis sepakbola juga diminati oleh artis terkenal Prilly Latuconsina. Artis serba bisa ini baru saja membeli sejumlah saham klub Persikota Tangerang. Namun, Ia bukanlah pemegang saham mayoritas.

Selain terjun ke dunia sepak bola, Prilly diketahui juga memiliki bisnis lain. Salah satunya adalah bisnis di bidang kosmetik dan kecantikan.

Modal yang dibutuhkan untuk mengakuisisi klub bola tentunya berbeda. Semuanya tergantung pada level klub, jumlah lembar saham, dan biaya operasional klub.

Nah, itulah penjelasan tentang untung rugi bisnis sepak bola yang saat ini semakin digandrungi. Apakah kamu tertarik terjun ke dunia sepak bola?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X