10 Bisnis Gibran Rakabuming Raka, Dari Kuliner Hingga Startup

Share this Post

Table of Contents

Putra dari orang nomor satu di Indonesia tersebut kerap jadi sorotan karena kiprahnya di dunia politik. Bisnis Gibran Rakabuming juga tak lepas dari perhatian.

Sosok Gibran Rakabuming merupakan Walikota Surakarta yang dilantik pada tahun 2021 lalu. Sebelum terjun menjadi politisi, putra sulung Presiden RI Joko Widodo tersebut dikenal sebagai pengusaha sukses dengan sederet bisnisnya.

Ayah satu anak tersebut memang sudah menjadi pebisnis sejak muda, tepatnya pada usia 23 tahun. Tak heran, bisnisnya kian bertumbuh. Mulai dari bisnis kuliner hingga startup.

Baca Juga: 17 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula, Bisa Tambah Pemasukan!

Bisnis Gibran Rakabuming

bisnis gibran rakabuming
Foto: Gibran Rakabuming Bisnis Katering Chilli Pari (chilliparicatering.com)

Lantas, apa saja ya, bisnis Gibran Rakabuming Raka? Berikut daftarnya, barangkali bisa menjadi ide usaha bagi kamu yang ingin menjadi pebisnis:

1. Chilli Pari

Bisnis Gibran Rakabuming yang pertama ialah katering makanan bernama Chilli Pari. Usaha kuliner ini berdiri pada tahun 2010 silam.

Chilli Pari menyediakan makanan katering untuk keperluan pesta pernikahan. Bisnis tersebut beroperasi di Solo.

Katering milik Gibran menyediakan menu-menu tradisional dengan rasa modern. Dengan fokus pada makanan Jawa, tetapi juga tersedia menu makanan Italian, Japanese, Chinese, hingga Western yang dijamin kehalalannya.

Tak hanya katering, Gibran juga menyediakan Wedding Organizer. Jadi, pelanggan bisa mendapatkan katering, sekaligus gedung pernikahan, dekorasi, rias pengantin, souvenir, MC, undangan, hiburan, dan lainnya.

2. Markobar

Masih di bidang kuliner, bisnis Gibran Rakabuming yang selanjutnya adalah Markobar. Dengan menu makanan utama berupa martabak.

Markobar pertama kali hadir di Solo. Hingga saat ini, Markobar sudah memiliki cabang di berbagai kota. Mulai dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Banjarmasin, dan kota lainnya.

Nama merek kuliner yang merupakan singkatan dari Martabak Kota Barat tersebut ternyata sudah ada sejak tahun 1996. Kemudian, Gibran mengembangkan bisnis ini pada tahun 2015.

Berbeda dengan sajian martabak lainnya, Markobar merupakan martabak yang memiliki tampilan seperti pizza. Dengan berbagai pilihan topping dan rasa, serta cara penyajiannya tidak dilipat seperti martabak pada umumnya.

Pilihan toppingnya premium dengan rasa kekinian. Misalnya, cokelat Toblerone, cokelat Ovomaltine, cokelat KitKat, green tea matcha, Silverqueen, Tim Tam red velvet, Nutella, hingga oreo.

Baca Juga: 10 Cara Jualan Online untuk Pemula, Yuk Terapkan!

3. Pasta Buntel

bisnis gibran rakabuming - pasta buntel
Foto: Pasta Buntel (instagram.com)

Sesuai dengan namanya, Pasta Buntel merupakan bisnis Gibran Rakabuming berupa pasta yang disajikan dalam “buntelan” atau bungkusan dari daun pisang.

Ini merupakan sajian pasta yang dibumbui sesuai dengan selera masyarakat Tanah Air. Jadi, memiliki cita rasa khas tradisional.

Beberapa bumbu tradisional yang digunakan untuk mengolah pasta, yakni bumbu rendang, bumbu matah Bali, bumbu opor, ayam original, hingga sapi.

Pasta yang telah dibumbui tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Kuliner yang merupakan perpaduan antara makanan Italia dan Indonesia ternyata cukup diminati masyarakat.

Sebab, sajian pasta yang unik ini memiliki aroma khas saat disajikan. Bumbu rempah khas Indonesianya pun cukup kuat. Cocok untuk lidah masyarakat Nusantara.

Kini, pasta buntel mengubah namanya menjadi pesta buntel. Jadi, menu yang disajikan tak hanya pasta. Melainkan merambah ke makanan lain yang semuanya dibungkus daun pisang dan dibakar.

4. Goola

Goola merupakan bisnis kuliner lainnya yang dikelola oleh Gibran Rakabuming. Ini adalah usaha di bidang minuman kekinian yang baru berdiri di tahun 2018 lalu.

Jenis minuman yang dijual adalah es doger, khas tradisional dengan kemasan kekinian sehingga lebih menarik.

Tak hanya es doger, Goola juga menyediakan minuman tradisional berkemasan modern, seperti kacang hijau dan es goola aren.

Goola didirikan oleh Gibran bersama dengan rekannya, Kevin Susanto. Beberapa waktu lalu, Goola dikabarkan berhasil mendapat suntikan dana hingga Rp70 miliar dari Alpha JWS Ventures.

Dengan jumlah modal yang besar tersebut, Goola siap melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia sehingga usahanya kian berkembang.

Baca Juga: 15 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Perlu Pebisnis Pemula Ketahui

5. Mangkokku

Bisnis yang dirintis oleh Gibran Rakabuming tampaknya memang banyak yang bergerak di industri kuliner.

Salah satunya, yakni Mangkokku yang didirikan bersama sang adik Kaesang, chef ternama Indonesia Arnold Poernomo, serta rekan lainnya Randy Julius Kartadinata.

Mangkokku merupakan bisnis rice bowl kekinian yang dibuka pada tahun 2019. Menu-menu yang ditawarkan Mangkokku merupakan hidangan lokal dengan cita rasa lezat.

Dengan strategi bisnisnya yang menarik, kini Mangkokku berhasil menjadi brand makanan populer di wilayah perkotaan. Tepatnya DKI Jakarta dan sekitarnya.

6. Siap Mas

bisnis gibran rakabuming - siap mas
Foto: Kemripik dan Ngedrink (instagram.com)

Siap Mas merupakan bisnis Gibran Rakabuming yang didirikan bersama sang adik laki-lakinya, Kaesang Pangarep.

Ini merupakan nama merek untuk camilan. Untuk makanan ringannya, dinamakan Kemripik dan Ngedrink untuk minumannya.

Kedua produk makanan ringan tersebut bisa dibeli masyarakat di minimarket terdekat dengan harga yang terjangkau.

Kemripik sendiri adalah keripik yang dibuat dari campuran tepung terigu, sagu, minyak sawit dengan varian bumbu menarik yakni original, nasi goreng seafood, dan seblak Bandung.

Sementara Ngedrink ialah produk minuman hangat siap seduh yang mengusung konsep tradisional. Beberapa varian rasa Ngedrink, yakni kacang ijo, jahe kacang, dan jahe susu yang dikemas di gelas karton.

Baca Juga: 40+ Quotes Bisnis untuk Meningkatkan Motivasi Usaha

7. Madhang Indonesia

Meski bergerak di bidang kuliner juga, tetapi Madhang Indonesia tidak menyajikan menu makanan atau minuman untuk pelanggan.

Madhang Indonesia merupakan aplikasi yang melayani pesan antar masakan rumahan. Lagi-lagi, Gibran merintis bisnis bersama sang adik, Kaesang Pangarep.

Aplikasi pemesanan makanan ini memiliki tujuan utama untuk para UMKM. Misalnya, ibu rumah tangga yang ingin membuka bisnis kuliner dari rumah. Kini, mereka bisa berjualan online tanpa harus memiliki restoran atau cafe.

Hingga saat ini, aplikasi Madhang Indonesia telah berhasil melayani lebih dari 60.000 pengguna. Dengan jumlah transaksi harian sebanyak 300 dari penggunanya.

Pelanggan maupun pembeli bisa langsung mengunduh aplikasi Madhang Indonesia melalui smartphone Android maupun iOS.

8. Tugas Negara Bos

Selain sukses dengan bisnis kuliner, Gibran Rakabuming juga memiliki usaha di bidang konveksi. Bisnis Gibran Rakabuming tersebut bernama Tugas Negara Bos.

Produk utamanya ialah jas hujan dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan transparan. Dengan tulisan keren “Tugas Negara Bos!!!”.

Melalui slogan tersebut, Gibran ingin menunjukkan bahwa semua masyarakat bisa memiliki peranan penting untuk membangun negara.

Selain jas hujan, bisnis Gibran Rakabuming ini juga menjual t-shirt dengan desain menarik berbahan nyaman.

Pelanggan bisa mendapatkan produk-produknya melalui marketplace yang dapat dipesan secara online.

Baca Juga: 22 Nama Toko yang Bermakna Sukses, Bisa Jadi Inspirasi Buat Online Shop-mu 

9. Kerjaholic

bisnis gibran rakabuming - kerjaholic
Foto: Pencari Kerja Online (pexels.com)

Kerjaholic merupakan bisnis Gibran Rakabuming berupa startup. Bisnis yang satu ini, Gibran rintis bersama rekannya bernama Leonard Hidayat, Josh Chng, Michael, dan Daniel Hidayat.

Ini adalah aplikasi untuk mencari kerja. Jadi, masyarakat yang sedang mencari pekerjaan bisa terhubung langsung dengan para penyedia pekerjaan.

Aplikasi mencari pekerjaan ini bisa diunduh melalui smartphone. Tak hanya untuk mendapatkan pekerjaan, pengguna Kerjaholic juga bisa memeroleh kenalan untuk memperluas relasi.

10. iColor

Bisnis Gibran Rakabuming lainnya, yakni bergerak di bidang jasa. Tepatnya, jasa service iPhone, iPad, Macbook, iMac dengan harga yang terjangkau.

Bisnis yang dirintis Gibran bersama rekannya, Adi Suryajaya tersebut sudah beroperasi sejak tahun 2010. Dengan fokus menangani produk-produk Apple.

iColor memiliki teknisi-teknisi yang berpengalaman di bidang service. Sparepart yang digunakan untuk service juga terjamin kualitasnya.

Pelanggan yang menggunakan jasa service panggilan dari iColor pun akan mendapatkan garansi hingga 90-360 hari.

Layanan service produk Apple tersebut telah tersedia di berbagai wilayah. Mulai dari Jakarta, Tangerang, Bekasi Bogor, Bandung, dan Surabaya.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis? Miliki 10 Sifat Entrepreneur Ini

Itu dia daftar bisnis Gibran Rakabuming Raka yang sukses di Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi untukmu!