10 Crazy Rich Indonesia yang Mendunia, Siapa Saja Mereka?

Share this Post

crazy rich indonesia
Table of Contents
shopee gratis ongkir

The real sultan! Daftar crazy rich Indonesia berikut sampai masuk dalam deretan orang terkaya di dunia. Siapa saja mereka?

Mendengar kata crazy rich tentu identik dengan mereka yang memiliki harta berlimpah dan tajir tujuh turunan. Para orang kaya itu biasa disebut sebagai konglomerat. Kebanyakan dari mereka memiliki bisnis yang stabil dan menguasai pasar.

Uniknya, kebanyakan crazy rich Indonesia ini justru kurang populer namanya. Yup, the real sultan ini memang jarang memperlihatkan kekayaannya. Beberapa diantaranya bahkan sering tampil sederhana dan merakyat.

Meskipun jarang diliput media, para konglomerat ini memiliki sumber pemasukan yang stabil melalui bisnis, investasi, dan aset lain yang mereka miliki. Beberapa diantaranya bahkan ada yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia, lho.

Adapun kekayaan agregat individu yang masuk dalam daftar ini diukur berdasarkan aset yang dimiliki, seperti nilai perusahaan, real estat, koleksi mobil, permata, dan pesawat terbang. 

Ingin tahu siapa saja crazy rich Indonesia dan darimana sumber kekayaannya? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 10 Atlet Terkaya di Dunia Dengan Penghasilan Fantastis!

Daftar Orang Terkaya di Indonesia

crazy rich indonesia
(Foto Hartono bersaudara. Sumber: Urbanasia.com)

Berikut daftar crazy rich Indonesia versi The Asian Affairs dan Forbes, simak artikelnya sampai akhir, ya!

1. Budi Hartono & Michael Hartono – $42.6 B

Robert Budi Hartono, crazy rich Indonesia yang menempati peringkat pertama ini adalah miliarder tembakau keturunan Tionghoa-Indonesia. 

Ia adalah satu-satunya pemilik perusahaan swasta Djarum, yang merupakan produsen rokok kretek terbesar ketiga di dunia. 

Bersama saudaranya Michael Bambang Hartono, Budi Hartono memiliki sebagian saham dari Bank Central Asia yang merupakan salah satu lembaga keuangan terpenting di Indonesia. Saat ini ia merupakan orang terkaya di Indonesia.

2. Keluarga Widjaja – $9,7 B

Keluarga Widjaja merupakan crazy rich Indonesia yang menempati urutan kedua. Eka Tjipta Widjaja yang meninggal dunia pada Januari 2019 di usia 98 tahun mewarisi kerajaan bisnisnya, Sinas Mas Group.

Adapun penerusnya yaitu Teguh, putra tertua Eka yang kini menjalankan salah satu sektor bisnisnya. 

Saat ini, Sinar Mas mencatatkan sejumlah kepemilikan saham di berbagai industri, termasuk kertas, real estat, jasa keuangan, perawatan kesehatan, agribisnis, dan telekomunikasi.

Baca Juga: 20 Klub Bola Terkaya di Dunia, Ada Dari Indonesia?

3. Anthoni Salim – $8.5 B

10 Crazy Rich Indonesia yang Mendunia, Siapa Saja Mereka?
(Foto Anthoni Salim. Sumber: Berkarirmedia.com)
shopee pilih lokal

Keluarga Salim merupakan keluarga terkaya ketiga di Indonesia. Anthoni Salim adalah CEO Salim Group yang memiliki aset di industri makanan dan ritel, perbankan, dan telekomunikasi, serta sektor energi. 

Keluarga Salim memiliki sebagian saham dari perusahaan investasi First Pacific, yang terdaftar di bursa saham Hong Kong dan mengelola aset senilai $27 miliar di enam negara. 

Salah satu produsen mie instan paling signifikan di dunia, Indofood memiliki pendapatan tahunan sebesar $5,8 miliar, Salim adalah CEO perusahaan tersebut.

4. Sri Prakash Lohia – $6.2 B

Sri Prakash Lohia adalah seorang pengusaha yang lahir di India dan saat ini tinggal di Indonesia. Ia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation yang merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil yang terdiversifikasi. 

Meskipun Lohia lahir di India, Ia sudah tinggal di Indonesia sejak 1974. Pada 1970-an, Ia dan ayahnya melakukan perjalanan dari India ke Indonesia, dimana mereka mendirikan toko sebagai produsen benang pintal dan ikut mendirikan Indorama Corporation. 

Saat ini perusahaannya juga memiliki unit usaha di sektor pembangkit tenaga listrik di industri petrokimia, memproduksi berbagai macam barang industri seperti pupuk, poliolefin, bahan baku tekstil, dan perlengkapan tangan medis.

Baca Juga: Profil Michael Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia!

5. Prajogo Pangestu – $6.1 B

Crazy rich Indonesia selanjutnya adalah Prajogo Pangestu. Ia merupakan pendiri sekaligus pimpinan PT Barito Pacific yang bergerak di bidang petrokimia paling sukses di Indonesia. 

Perusahaan yang berbasis di Jakarta itu dilaporkan menghasilkan pendapatan sebesar $2,3 miliar pada tahun 2020. Aset yang dimilikinya termasuk pembangkit listrik dan fasilitas produksi plastik. Salah satu divisi dari perusahaan ini bernama Chandra Asri Petrochemical yang juga merupakan perusahaan publik.

6. Chairul Tanjung – $5.5 B

10 Crazy Rich Indonesia yang Mendunia, Siapa Saja Mereka?
(Foto Chairul Tanjung dan Putrinya. Sumber: Instagram.com/putri_tanjung)
shopee pilih lokal

Crazy rich Indonesia berikutnya adalah Chairil Tanjung. Namanya tentu cukup terkenal dibandingkan orang kaya lainnya. Ia merupakan pendiri dan pemiliki CT Corp, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia kartu kredit, swalayan, dan stasiun TV.

Carrefour dan Transmart merupakan supermarket yang dimiliki oleh perusahaan Trans Retail-nya. Selain itu, korporasinya juga merupakan pemilik waralaba Jimmy Choo, Versace, dan Mango, serta mengoperasikan jaringan restoran Wendy’s di Indonesia.

Baca Juga: Sempat Gagal, Kini Mark Zuckerberg Sukses Jadi Orang Terkaya di Dunia

7. Susilo Wonowidjojo & Keluarga – $4.8 B

Gudang Garam, produsen kretek yang diperjualbelikan secara publik, menyumbang kontribusi terbesar atas kekayaan Susilo Wonowidjojo dan keluarganya. 

Gudang Garam memproduksi 90 miliar batang rokok pada 2019. Gudang Garam didirikan pada tahun 1958 oleh ayahnya, Surya, yang diyakini telah memulai karirnya di industri ini dengan bekerja untuk bisnis tembakau pamannya. 

Pada 2019, Gudang Garam beralih ke infrastruktur, termasuk pembangunan dan pengembangan jalan tol. Selain itu, perusahaan sedang dalam proses membangun Bandara Dhoho di Kediri, yang berlokasi di Jawa Timur.

8. Boenjamin Setiawan & Keluarga – $4.2 B

Crazy rich Indonesia berikutnya adalah Boenjamin Setiawan, Ia memiliki gelar di bidang farmakologi dan bersama kelima saudaranya memulai bisnis Kalbe Farma pada tahun 1966.

Boenjamin Setiawan merupakan salah satu pendiri perusahaan. Saat ini, Kalbe Farma merupakan bisnis farmasi dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia. 

Setiawan dan saudara-saudaranya secara kolektif mengendalikan saham yang cukup besar di perusahaan yang awalnya go public di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1991.

9. Jogi Hendra Atmadja & Keluarga – $4.1 B

10 Crazy Rich Indonesia yang Mendunia, Siapa Saja Mereka?
(Foto Jogi Hendra Atmadja.. Sumber: Voi.id)
shopee pilih lokal

Salah satu orang terkaya Indonesia adalah miliarder Indonesia Jogi Hendra Atmadja. Ia adalah pemimpin perusahaan Mayora yang merupakan salah satu perusahaan makanan paling sukses di Indonesia. 

Mayora mendistribusikan berbagai makanan, termasuk kopi, sereal, permen, biskuit, dan banyak lagi. Lebih dari seratus negara yang berbeda menyediakan produk yang menyandang nama grup Mayora, seperti Kopiko, Danisa, dan Roma.

Baca Juga: Profil Bisnis Juragan 99 Bos Arema FC, Mau Tahu?

10. Bachtiar Karim & Keluarga – $3,5 B

Crazy rich Indonesia yang menempati urutan ke-10 adalah keluarga Bachtiar Karim. Ia mengelola Musim Mas, sebuah perusahaan kelapa sawit terintegrasi dengan proyeksi penjualan sebesar $6,9 miliar pada tahun 2020, bersama dengan saudara-saudaranya Burhan dan Bahari. 

Pabrik sabun Nam Cheong didirikan pada tahun 1932 oleh mendiang ayahnya, Anwar. Bisnis ini dioperasikan oleh keluarga dan terus memproduksi sabun dan margarin. 

Pada tahun 1970, keluarga ini memulai bisnis kilang minyak sawit pertama di Indonesia. Setelah dua tahun, Musim Mas resmi berdiri.

Itulah daftar crazy rich Indonesia dengan kekayaan fantastis. Meskipun jarang diliput media, para konglomerat ini rupanya menjadi suksesor dibalik perusahaan besar yang merajai pasar Indonesia!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X