8 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Tertarik?

Share this Post

bisnis sederhana
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Apakah kamu ingin memiliki usaha, tetapi hanya memiliki modal terbatas dan masih awam tentang menjalankan bisnis? Mungkin bisa mencoba beberapa ide bisnis sederhana di bawah ini.

Membangun sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali pertimbangan, seperti modal, jenis usaha, lokasi usaha, dan lainnya.

Oleh sebab itu, memilih jenis bisnis tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu perlu memiliki persiapan yang matang sehingga dapat menjalankan usaha dengan baik.

Bagi kamu yang baru memulai usaha, mungkin akan lebih cocok untuk memilih bisnis sederhana. Selain bisa dimulai dengan modal kecil, bisnis sederhana juga akan lebih mudah untuk dijalani.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis? Miliki 10 Sifat Entrepreneur Ini

Ide Bisnis Sederhana

bisnis sederhana
(Foto pebisnis online. Sumber: Pexels.com)

Kira-kira, apa saja ya, ide bisnis sederhana yang bisa kamu jadikan pilihan usaha? Berikut daftar usaha sederhana yang bisa kamu coba:

1. Jual Pulsa dan Kuota

Berjualan pulsa dan kuota internet bisa menjadi salah satu ide bisnis sederhana yang dapat kamu coba. Kamu pun bisa memulainya dengan mudah hanya dari rumah.

Bisnis pulsa dan kuota dinilai mudah untuk dijalankan, tetapi memiliki peluang keuntungan yang cukup besar jika dijalankan dengan konsisten.

Usaha pulsa dan kuota internet akan tetap diminati oleh pelanggan, selagi masyarakat masih menggunakan ponsel untuk aktivitas sehari-hari.

Bisnis yang satu ini akan lebih menguntungkan jika kamu membuka usaha pulsa dan kuota di lingkungan yang belum banyak pengguna internet banking.

Jadi, masyarakat akan mendatangi gerai pulsa dan kuota secara langsung.

Baca Juga: Ingin Coba Usaha Home Industri? Berikut 6 Ide Bisnis yang Bisa Diintip!

2. Jual Barang Preloved

8 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Tertarik?
(Foto barang preloved. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Ide bisnis sederhana yang bisa kamu coba lainnya, yaitu menjual barang-barang preloved atau bekas pakai, tetapi masih layak sehingga tetap memiliki nilai jual.

Kamu bisa memulai usaha preloved ini tanpa modal, lho. Cukup cari barang-barang bekas pakai yang sekiranya masih memiliki nilai jual.

Jenis preloved yang kamu tawarkan bisa berupa pakaian atau barang-barang antik.

Selain bisa menghasilkan keuntungan, usaha preloved juga akan membantu kamu untuk merapikan barang-barang yang sudah tak terpakai di rumah.

Penjualan barang preloved bisa kamu lakukan langsung dari rumah, dengan membuka stand atau garage sale. Bisa juga menawarkannya melalui media sosial atau platform jual beli barang bekas.

Mengingat barang yang dijual biasanya bekas pakai, maka kamu perlu berhati-hati dalam menetapkan harga jual bisnis sderhana.

Jangan memasang harga yang terlalu mahal karena bisa membuat kamu kehilangan pelanggan.

3. Jual Frozen Food

Jika kamu ingin mulai membuka bisnis sederhana dan bisa dimulai dari rumah, menjual makanan beku atau frozen food bisa jadi pilihan.

Ada berbagai jenis frozen food yang bisa kamu pasarkan. Kamu pun tak harus memproduksinya sendiri karena ada banyak distributor makanan olahan beku yang bisa kamu ajak kerja sama.

Minat masyarakat terhadap frozen food cukup tinggi, terutama di kota-kota besar karena dinilai lebih praktis, cepat dimasak, dan rasanya pun lezat.

Makanan beku memiliki berbagai variasi. Mulai dari olahan ayam, daging sapi, ikan, hingga sayuran.

Hal yang paling penting untuk kamu perhatikan jika ingin membuka usaha frozen food, yaitu menyediakan tempat penyimpanan yang tepat.

Frozen food perlu disimpan dalam freezer dengan suhu tertentu sehingga kualitas makanannya tetap terjaga dan tahan lama.

Baca Juga: Perhatikan 8 Cara Packing Makanan Basah Berikut Ini

4. Usaha Cuci Motor

8 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Tertarik?
(Foto usaha cuci motor. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Kamu yang tertarik untuk mencoba menjalankan usaha sendiri, mungkin bisa mencoba bisnis sederhana cuci motor.

Bisnis sederhana yang satu ini bisa kamu mulai dari rumah, tanpa modal yang terlalu besar.

Seperti yang kamu ketahui, pengguna sepeda motor di Tanah Air sangat banyak jumlahnya. Oleh sebab itu, usaha cuci motor merupakan peluang yang sangat bagus karena banyak diminati.

Jasa cuci motor ini biasanya banyak digunakan oleh masyarakat yang mungkin tidak bisa mencuci sepeda motornya sendiri.

Atau mungkin, mereka tidak memiliki waktu luang sehingga membutuhkan jasa cuci motor yang praktis.

Sebagai modal usaha, kamu perlu memiliki peralatan cuci motor yang memadai. Misalnya, alat penyemprot, sampo motor, dan kain lap pengering.

Sediakan juga sumber air untuk mencuci motor yang cukup dan mudah untuk diakses sehingga proses pengerjaannya lebih cepat.

Selain menggunakan peralatan cuci motor, kamu juga harus menjalani bisnis ini dengan penuh ketelatenan.

Jadi, usahakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal dengan mencuci motor sebersih mungkin sehingga pelanggan puas dan kembali lagi menggunakan jasamu.

5. Usaha Jahit Pakaian

Bagi kamu yang mahir menjahit pakaian, bisa mencoba bisnis sederhana yang satu ini. Usaha jahit pakaian cukup banyak dicari oleh pelanggan.

Kamu bisa membuka usaha jahit mulai dari rumah.

Meski tidak harus menyewa tempat usaha, tetapi kamu perlu mengeluarkan modal yang cukup untuk berinvestasi mesin dan alat-alat jahit lainnya.

Dibutuhkan juga ketelatenan dan kesabaran dalam bisnis menjahit ini. Jadi, kamu mungkin membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai kesuksesan.

Namun, hal tersebut tidak boleh mematahkan semangatmu. Jika dijalankan sungguh-sungguh, maka jasa jahit kamu bisa berkembang hingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Hijab Kekinian, Keuntungannya Sepanjang Masa!

6. Cuci dan Reparasi Sepatu

8 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Tertarik?
(Foto usaha cuci sepatu. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Jenis usaha sederhana selanjutnya yang bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis ialah jasa cuci dan reparasi sepatu.

Sepatu merupakan alas kaki yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Ada berbagai jenis sepatu sesuai fungsi dan bahan baku pembuatannya.

Penggunaan bahan baku untuk membuat sepatu inilah yang biasanya membuat sepatu tidak boleh dicuci secara sembarangan.

Bahkan, memerlukan perawatan khusus sehingga lebih tahan lama.

Untuk membuka jasa cuci dan reparasi sepatu, kamu tak perlu modal besar. Membeli alat cuci dan reparasi sepatu bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Selain itu, keterampilan untuk mencuci dan mereparasi sepatu juga bisa kamu dapatkan hanya dengan melihat video tutorial di internet.

Jika kamu menjalankan bisnis ini dengan gigih, usahamu pasti akan semakin berkembang.

7. Bisnis Camilan

Bagi kamu yang memiliki keterampilan memasak dan ingin mencoba peruntungan di bisnis kuliner, bisa coba berjualan aneka makanan ringan atau camilan.

Ada berbagai jenis camilan yang bisa kamu coba buat di rumah dan mulailah untuk memasarkannya pada orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Bungkuslah camilan tersebut menggunakan kemasan yang menarik sehingga banyak orang yang mau membelinya.

Perhatikan juga cara pembuatan camilan, pastikan bersih dan aman. Selain itu, gunakanlah bahan baku yang berkualitas, rasa yang lezat, dan tahan lama.

Jika kamu kehabisan ide camilan apa yang bisa dibuat untuk dijual, coba cari referensi makanan ringan di internet.

Kini, kamu bisa menemukan aneka resep dan cara membuatnya dengan lebih mudah.

Baca Juga: 10 Aneka Minuman Segar untuk Usaha, Yuk Coba!

8. Jadi Dropshiper

Menjadi dropshiper juga bisa jadi salah satu solusi bagi kamu yang ingin berbisnis dengan modal minimal mulai dari rumah.

Dropshiper merupakan cara berjualan yang sangat mudah dan siapa saja bisa melakukannya. Kamu hanya perlu mempromosikan produk milik penjual.

Ketika ada pelanggan yang ingin membeli, kamu bisa meneruskan pesanan tersebut kepada penjual. Kemudian, pihak penjual yang akan mengurus pesanan pelanggan.

Bisnis ini dinilai minim risiko karena kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk stok barang.

Proses pengemasan dan pengiriman pun sudah ditangani oleh penjual sehingga kamu hanya perlu promosi.

Keuntungan bisa kamu dapatkan jika berhasil menjual produk. Semakin banyak pesanan yang bisa kamu teruskan ke penjual, maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan.

Namun, kamu perlu mencari penjual yang terpercaya dan produk yang sudah terbukti berkualitas sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

Kamu bisa memasarkan produkmu melalui WhatsApp Business API dengan menggunakan layanan Chat Commerce dari SIRCLO Store.

Dengan menggunakan layanan SIRCLO Store, kamu bisa menggunakan fitur dasbor untuk memudahkan penjualan melalui WhatsApp. Selain itu, kamu bisa langsung memproses pesanan, merekomendasikan produk dari katalog, tersedia fitur chatbot, notifikasi pengiriman, hingga Multiple Admin.

Penasaran dengan layanan Chat Commerce SIRCLO Store? Cek di sini untuk informasi lebih lanjut.

Itu dia ide bisnis sederhana yang bisa kamu pilih. Apakah kamu tertarik untuk membuka salah satu dari bisnis sederhana di atas?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X