Peluang Bisnis Coworking Space dan 5 Tips Memulainya

Share this Post

Table of Contents

Tertarik menjalankan bisnis coworking space? Kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Beberapa tahun belakangan ini, kamu mungkin senang mengerjakan sesuatu, atau kerja kelompok bersama teman-teman di coworking space? Iya, betul. Sebagai sebuah bisnis, penyediaan tempat kerja ini berhasil mencuri perhatian para pengusaha.

Bagi kamu yang memang tertarik menjalankan bisnis coworking space atau sekadar penasaran bagaimana caranya berjalan. Kamu bisa menyimak artikel kali ini hingga tuntas.

Untuk memulai pembahasan, kita akan membahas bersama terkait pengertiannya terlebih dahulu.

Baca Juga: 8 Tips Bisnis Refill Sabun untuk Dukung Gerakan Zero Waste

Apa Itu Coworking Space?

bisnis coworking space
Foto: Pengertian Coworking Space (unsplash.com)

Dilansir dari Go-Work, coworking space merupakan ruang kerja bersama yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Bukan hanya untuk mengerjakan tugas bagi para mahasiswa, atau menyelesaikan pekerjaan bagi para karyawan startup.

Namun, sebuah tempat yang menyediakan layanan kantor atau tempat kerja bagi beberapa perusahaan. Ini merupakan sistem perkantoran yang cenderung baru dan berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan startup itu sendiri.

Banyak keuntungan bagi perusahaan atau startup yang menggunakan coworking space. Selain biaya operasional yang lebih murah, juga lingkungan kerja yang sehat dapat meningkatkan pengetahuan dan pergaulan bagi sesama pekerja.

Memang tidak semua perusahaan menerapkan sistem coworking space. Namun, beberapa yang menerapkan sistem ini karena dianggap lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Tas Kulit, Yuk Coba!

Peluang Bisnis Coworking Space

bisnis coworking space
Foto: Peluang Bisnis Coworking Space (unsplash.com)

Dengan banyaknya perusahaan yang menerapkan bisnis ini, sudah cukup sebagai bukti bahwa bisnis penyediaan tempat bekerja ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Semakin berkembangnya startup, membuat banyak pengusaha mulai menjalankan bisnis coworking space dengan sistem berbagi ruang kerja bersama dengan pekerja dari kantor atau perusahaan lain.

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan yang menerapkan sistem coworking space:

  • Dapat menghemat biaya operasional perusahaan, seperti biaya listrik, internat dan konsumsi. Karena sebuah biaya operasional ditanggung oleh pengusaha yang menjalankan bisnis coworking space.
  • Bisa mendapatkan inspirasi saat bekerja, dan waktu kerja yang fleksibel.
  • Mudah untuk berjejaring dan berkolaborasi bagi setiap pekerja yang ada di coworking space yang sama.
  • Memberikan konsentrasi kerja yang tinggi bagi pekerja, karena fasilitas dan lingkungan yang sehat dan menyenangkan.

Namun, bagi kamu yang pemula dalam bisnis ini, adakah halhal yang perlu diperhatikan? Kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Keramik dan Ketahui Peluangnya

Tips Memulai Bisnis Coworking Space

bisnis coworking space
Foto: Tips Memulai Bisnis Coworking place (unsplash.com)

Bagi yang tertarik untuk mulai bisnis coworking place, kamu bisa menyimak beberapa tips di bawah ini. Terutama bagi kamu yang belum memiliki referensi.

1. Temukan Properti yang Tepat

Tips pertama untuk memulai bisnis coworking space adalah dengan memilih properti yang tepat untuk digunakan. Kamu perlu tahu perlengkapan yang wajib disediakan di coworking space.

Pilih properti yang ukurannya sesuai. Luas dari tempat harus cukup untuk menampung anggota yang terdaftar bekerja di tempat milikmu.

Idealnya, kamu bisa menyewa ruangan dengan ukuran sekitar 500 m2 ke atas. Namun, kamu tetap harus tetap menghitung tingkat penyewaan dan mempertimbangkan margin profit yang dihasilkan. Pastikan keuntungan yang didapat lebih tinggi lagi.

2. Tetapkan Visi Bisnis yang Jelas

Tips yang perlu kamu pertimbangkan selanjutnya dalam menjalankan bisnis coworking space adalah visi yang jelas dan terukur.

Jika hal ini tidak dipertimbangkan, maka yang akan datang ke tempat coworking space adalah pelanggan acak dengan tujuan yang tidak jelas.

Bisnis coworking space yang kamu bangun harus merangkum nilai yang menarik komunitas kerja untuk mendaftar menjadi anggota.

Dalam menjalankan bisnis, perubahan tentu akan selalu terjadi. Jika kamu telah menentukan visi yang jelas, setiap ada perubahan yang terjadi tidak akan pernah meleset dari visi usaha.

3. Lakukan Rencana Keuangan

Dalam setiap menjalankan bisnis, rencana keuangan merupakan hal yang penting untuk dipikirkan. Begitu pula dalam menjalankan bisnis coworking space.

Dalam menghitung rencana keuangan, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

  • Jumlah modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis coworking space.
  • Alokasi uang yang akan dihabiskan dalam jalannya bisnis.
  • Tanggal-tanggal di setiap bulan yang akan mendatangkan keuntungan.
  • Hitung pendapatan rata-rata bulanan yang diharapkan.
  • Perhitungan potensi kerugian yang akan didapat.
  • Susun rencana darurat atau rencana alternatif.

Dalam menghitung modal misalnya, angka yang kamu dapat hanya merupakan estimasi saja. Tidak sepenuhnya tepat. Namun, tentu perhitungan dilakukan berdasarkan data dan riset yang dilakukan.

Perencanaan penting dilakukan untuk menarik investor dan pertumbuhan modal. Ini karena kamu sebagai pebisnis memiliki visi dan sistem yang jelas dalam menjalankan bisnis dengan melakukan perencanaan yang matang.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Tempe dan Tips Memulainya

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Dalam menjalankan bisnis coworking space, lokasi yang strategis merupakan harga mati. Jangan pernah tergiur dengan harga sewa properti yang murah atau terjangkau. Jangan sembarangan melakukan tanda tangan perjanjian, namun pastikan terlebih dahulu lokasinya.

Kamu harus memiliki strandar yang tinggi terkait lokasi coworking space. Seperti lokasi yang mudah dijangkau anggota coworking space, ketersediaan kendaraan umum, dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka tidak ada alasan untuk kamu menggunakan lokasi tersebut. Lokasi yang mudah dijangkau dan akses transportasi merupakan hal yang dapat membuat bisnis coworking space terjangkau.

Kamu harus memiliki angka 80% untuk tingkat penyewaan dalam menjalankan bisnis coworking space pada tahap awal. Jangan sampai mengabaikan tingkat keuntungan yang akan didapat dalam beberapa bulan awal.

5. Bangun Tim Ideal

Kamu tidak bisa sendirian dalam menjalankan bisnis, terutama dalam menjalankan bisnis coworking space. Kamu memerlukan tim yang dapat mengembangkan dan mewujudkan visi dan misi yang kamu miliki.

Memilih orang-orang yang ideal untuk menjalankan coworking space adalah kunci kesuksesan. Beberapa orang yang harus kamu rekrut, seperti coworking software, manager operasional, tim marketing, dan juga public relation.

Sebagai tim awal, para profesional dan ahli tersebut sangat cocok dan ideal untuk menjalankan sebuah bisnis yang bergerak di bidang coworking space.

Baca Juga: Gurihnya Cuan Usaha Nasi Kuning, Ini Dia 5 Tips Bisnisnya!

Nah, itulah tadi beberapa tips bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis coworking space. Jangan lupa pahami juga peluang bisnis ini agar kamu bisa mencapai kesuksesan menjalankannya.