8 Cara Memulai Bisnis Keramik dan Ketahui Peluangnya

Share this Post

bisnis keramik
Table of Contents

Bisnis keramik merupakan salah satu peluang usaha yang bisa kamu ambil.

Untuk memulai bisnis ini pun sebenarnya tidak telalu sulit, kamu bahkan tidak memerlukan toko atau kantor yang besar. Ini karena kamu dapat mengembangkannya di rumah.

Dengan demikian, bisnis keramik adalah peluang yang cukup menjanjikan untuk meraih pendapatan tambahan.

Baca Juga: Mau Bisnis Tanpa Modal? Intip 7 Ide yang Bisa Kamu Coba!

Peluang Bisnis Keramik

bisnis keramik
Foto: Pixabay.com

Pernak-pernik yang menarik dari keramik banyak diminati oleh masyarakat. Pada masa ini, saja bentuk dari keramik kian inovatif.

Selain itu, fungsi dari keramik pun semakin berkambang tidak seperti di masa lalu. Tidak heran bisnis keramik mulai banyak muncul sebagai peluang.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini dari rumah, itu merupakan hal yang baik. Kamu bisa manfaatkan garasi rumah yang kamu miliki.

Dengan cara tersebut, kamu telah menghemat biaya kareta tidak perlu menyediakan anggaran untuk sewa tempat dan juga transportasi.

Dalam bisnis keramik, keuntungan yang bisa kamu dapat bisa sampai ratusan juta per bulan. Sangat menggiurkan bukan?

Bila ulet dengan bisnis ini, kamu bisa saja menembus pangsa pasar luar negeri dan meraup keuntungan yang lebih besar lagi.

Kamu juga berpeluang untuk dapat memberdayakan orang-orang di sekitar kamu dalam bisnis. Hal ini tentunya baik karena kamu telah membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Baca Juga: Ide Bisnis Digital yang Cocok untuk Gen Z 

Cara Memulai Bisnis Keramik

bisnis keramik
Foto: Pixabay.com

Memulai bisnis ini sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kamu bisa menjalaninya dengan cara-cara yang tepat. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis ini.

1. Mengetahui Kebutuhan Pasar

Kamu harus melakukan survei pasar supaya dapat mengetahui banyak infomrasi mengenai apa yang dicari dan dibutuhkan oleh pasar.

Melalui survei pasar, mungkin saja kamu akan mengetahui tren yang sedang berkembang. Selain itu, kamu nantinya bisa merencanakan apa yang akan disediakan untuk memenuhi kebutuhan pasar tadi.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Apabila garasi rumah kamu terletak di tempat yang strategis tentu hal tersebut sudah sangat menguntungkan bagi bisnis yang akan kamu jalankan.

Apabila tidak, sebaiknya kamu mencari lokasi yang strategis. Hal ini diperlukan untuk bisa dekat dengan target pasar yang kamu tuju.

Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi bisnis kamu adalah tempat yang mudah diakses oleh banyak orang.

3. Buat Daftar Harga

Sebelum benar-benar menjalankan bisnis, buatlah daftar harga bisnis keramik yang akan kamu jalankan.

Tentukanlah harga keramik dengan harga yang terjangkau supaya banyak orang bisa melirik bisnis kamu. Namun tidak hanya murah, kamu harus memastikan kualitas dari keramik juga baik.

4. Lakukan Promosi

Promosi bisnis keramik kini bisa kamu lakukan dengan banyak cara, baik secara online maupun offline.

Untuk cara online, kamu bisa membuat akun di banyak sosial media dan marketplace. Gunakan semua akun media sosial dan marketplace untuk menginformasikan produk keramik dengan promosi yang akan kamu berikan.

Untuk cara offline, kamu bisa melakukan promo-promo menarik kepada orang sekitar atau pun dengan jangkauan yang lebih luas.

5. Layanan

Karena bisnis keramik sudah relatif cukup banyak kamu harus bisa memberi pelayanan yang maksimal. Pelayanan adalah salah satu kunci untuk tetap bisa memikat pelanggan.

Jadi, berikanlah pelayanan yang ramah dan membuat pelanggan kamu nyaman. Hal ini supaya kamu bisa tetap bersaing dengan para kompetitor.

6. Pasokan

Siapkan pasokan selengkap mungkin supaya pelanggan memiliki pilihan yang banyak dan beragam.

Untuk memudahkan bisnis keramik kamu, buatlah katalog. Katalog ini nantinya akan memudahkan pelanggan dalam memahami kebutuhan mereka.

7. Pencatatan yang baik dan teratur

Dalam menjalankan suatu bisnis, kamu harus melakukan pencatatan dengan rapi dan teratur.

Catat semua arus keuangan dan barang yang masuk maupun keluar. Dengan melakukan pencatatan yang tertib seperti ini kamu bisa lebih paham dengan kondisi bisnis keramik.

8. Tidak perlu buru-buru mencari untung

Kamu harus bisa menikmati proses dari bisnis yang kamu jalankan. Ini penting dalam sebuah bisnis.

Tentu, kamu pasti mengharapkan sebuah keuntungan. Namun, jangan pula terburu-buru hingga ingin mendapatkan keuntungan yang besar sejak awal.

Tidak ada salahnya pendapatan yang kamu dapat di awal terus digunakan untuk bisa mengembangkan bisnis kamu.

Saran dari situs Ceramic Art Network, saat menjalankan bisnis ini yang penting adalah berjejaring dan meluaskan relasi terutama kepada para seniman dan pengrajin keramik

Lalu, ide bisnis keramik seperti apa yang bisa kamu kembangkan atau mulai? Yuk, simak beberapa model bisnis yang bisa kamu rintis.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis dari Nol, Yuk Coba Sekarang!

Bisnis Keramik Hias

8 Cara Memulai Bisnis Keramik dan Ketahui Peluangnya
Foto: Pixabay.com

Keramik hias adalah sesuatu yang bisa kamu temukan di banyak tempat. Kamu bisa menemuinya, seperti di restoran, kafe, atau toko-toko dengan desain interior yang estetis.

Selain itu, keramik hias juga bisa jadi telah menjadi bagian dari gaya hidup yang menampilkan artistik.

Tidak hanya untuk keperluan desain, keramik hias bisa membuat kesan elegan di meja makan. Sudah banyak kini tersedia peralatan makanan atau tableware dengan material dari keramik atau kayu. Mulai dari cangkir, piring, dan teko bisa jadi jenis keramik yan bisa dibuat.

Keberadaanya ini telah membuat keramik memiliki daya tarik tersendiri, mulai bagi yang hanya sekedar hobi, atau bahkan bagi pelaku bisnis.

Sebagi peluang bisnis, bisnis keramik hias juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Banyak konsumen yang sangat mencari keramik-kermaik hias, baik buatan tangan atau brand lokal.

Permintaan semacam ini meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Keramik hias sudah memliki tepat dan pasar sendiri di tengah-tengah masyarakat.

Bisnis ini keramik hias dapat kamu kembangkan dengan terus fokus dan mau memberikan yang terbaik baik konsumen. Kamu juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar.

Hal ini baik untuk kemajuan bisnis kamu sekaligus masyarakat di sekitar kamu karena telah tebuka suatu lapangan pekerjaan baru.

Bisnis Keramik Kayu

8 Cara Memulai Bisnis Keramik dan Ketahui Peluangnya
Foto: Pixabay.com

Selain keramik hias, bisnis keramik yang sedang berkambang sekarang ini adalah jenis keramik motif kayu. Bisnis keramik motif kayu berkembang seiring dengan berkembangnya konsep desain interior dan eksterior rumah.

Keramik motif kayu kini sudah banyak digunakan untuk banyak elemen bangunan, mulai dari lantai, dinding dan elemen lainnya.

Permintaan jenis atau motif keramik pun sebenarnya terus berkembang tidak hanya berhenti pada motif kayu. Bisnis keramik terus berinovasi menyesuaikan permintaan pasar dengan mengahdirkan motif lain, seperi batu alam dan rotan.

Untuk keramik motif kayu, ada beberapa alasan mengapa konsumen mencarinya. Keramik atau lantai kayu bisa memberikan kesan hangat, terlebih dengan pola serat kayu yang ditampilkan dan warna-warna yang digunakan.

Pada keramik motif kayu tidak perlu dikhatirkan mengenai masalah apabila sering terkena air. Seperti keramik pada umumnya, keramik dengan pola serat kayu tetap mudah dibersihkan oleh penggunanya.

Jadi jangan ragu untuk memulai bisnis keramik motif kayu. Bisnis ini bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin mempecantik bangunan atau rumahnya.

Baca Juga: 8 Tips Usaha untuk Pemula agar Bisnismu Sukses

Demikian artikel mengenai peluang bisnis keramik dan model usaha yang bisa kamu kembangkan ke depannya. Semoga artikel ini memotivasi kamu untuk memulai bisnis ini, ya!