10 Skill Digital Marketing dan Cara Mempelajarinya, Simak yuk!

Share this Post

Table of Contents

Ketahui berbagai skill digital marketing dan cara mempelajarinya untuk meningkatkan penjualan bisnis, simak yuk!

Digital marketing adalah cara untuk mempromosikan produk atau layanan menggunakan teknologi digital.

Dalam era digital, banyak konsumen mencari produk atau layanan online, sehingga bisnis harus memiliki keahlian dalam digital marketing agar dapat mencapai target pasar dengan efektif.

Beberapa skill yang penting dalam digital marketing termasuk SEO, SEM, PPC, content marketing, social media marketing, email marketing, dan analitik web.

SEO adalah cara untuk memperbaiki peringkat website di mesin pencari seperti Google. SEM melibatkan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

PPC adalah jenis iklan berbayar di mana pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan mereka.

Ingin tahu lebih lanjut tentang skill digital marketing? Simak sampai selengkapnya, ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Content Placement dalam Digital Marketing

Penjelasan Tentang Digital Marketing

skill digital marketing
Foto: Platform Digital Marketing (freepik.com)

Melansir laman Marketo, pemasaran digital marketing mengacu pada iklan yang disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler.

Pemasaran digital marketing efektif untuk menawarkan produk atau layanan secara online. Hal ini karena pelanggan sangat bergantung pada sarana digital untuk meneliti produk.

Berdasarkan wawasan pemasaran Think with Google, diketahui bahwa sebanyak 48% konsumen memulai pertanyaan mereka di mesin pencari, sementara 33% lainnya melihat ke situs web merek dan 26% mencari dalam aplikasi seluler.

Maka dari itu, pemasaran digital marketing perlu kamu terapkan jika ingin toko onlinemu ramai pelanggan.

Tidak hanya menggunakan salah satu saluran digital untuk melakukan pemasaran online, kamu juga bisa memanfaatkannya sekaligus atau disebut sebagai omnichanel marketing agar hasilnya lebih maksimal.

Menurut sebuah laporan oleh Invesp, perusahaan dengan strategi keterlibatan pelanggan omnichannel yang kuat ini dapat mempertahankan rata-rata hingga 89% pelanggan mereka.

Hal ini bila dibandingkan dengan perusahaan dengan program omnichannel yang lemah dengan tingkat retensi hanya 33%.

Melalui pemasaran digital marketing, sebuah merek dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak calon pelanggan, hingga mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing, Wajib Tahu!

Skill Digital Marketing

Setelah memahami pentingnya digital marketing bagi bisnis, berikut beberapa keterampilan dasar yang sebaiknya kamu kuasai!

1. Analisis Data

software house
Foto: Skill Digital Marketing (freepik.com)

Skill digital marketing ini sangat penting karena memungkinkan kita untuk memahami perilaku konsumen dan pengunjung situs web.

Dalam analisis data, kita perlu mengumpulkan dan menganalisis data untuk memahami perilaku pengunjung situs web, seperti durasi kunjungan, laman yang paling sering dikunjungi, sumber trafik, dan sebagainya.

Keterampilan analisis data juga penting untuk memahami performa kampanye pemasaran online.

2. Penguasaan SEO

Keterampilan SEO adalah tentang mengoptimalkan situs web agar dapat ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari.

Ini melibatkan penggunaan kata kunci yang tepat, struktur situs yang baik, dan konten yang relevan.

Keterampilan SEO juga melibatkan pemahaman tentang algoritma mesin pencari dan cara mengoptimalkan situs web sesuai dengan aturan mesin pencari.

3. Memahami SEM

10 Skill Digital Marketing dan Cara Mempelajarinya, Simak yuk!
Foto: Keterampilan SEM (freepik.com)

Keterampilan SEM melibatkan mengelola kampanye iklan di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

Ini termasuk penggunaan kata kunci yang tepat, menentukan budget iklan yang tepat, dan memilih kata kunci yang tepat untuk ditargetkan.

4. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan skill digital marketing yang melibatkan manajemen akun media sosial dan membuat konten yang menarik, relevan, dan dapat meningkatkan engagement dengan pengguna.

Ini juga melibatkan pemahaman tentang algoritma media sosial dan cara mengoptimalkan konten agar tampil di atas feed pengguna.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing Agency dan 6 Cara Kerjanya dalam Bisnis

5. Email Marketing

10 Skill Digital Marketing dan Cara Mempelajarinya, Simak yuk!
Foto: Email Marketing (freepik.com)

Keterampilan ini melibatkan manajemen email dan mengirimkan email yang relevan dan menarik untuk menghasilkan konversi.

Hal ini melibatkan pemahaman tentang cara membuat email yang menarik, penggunaan autoresponder, dan cara menganalisis hasil kampanye email.

6. Content Marketing

Keterampilan content marketing melibatkan menciptakan konten yang menarik, informatif, dan relevan untuk menarik audiens.

Ini meliputi pemahaman tentang penggunaan kata kunci, struktur konten yang baik, dan cara mengoptimalkan konten agar mudah dibaca dan dimengerti oleh pengguna.

7. Web Design dan Development

10 Skill Digital Marketing dan Cara Mempelajarinya, Simak yuk!
Foto: Web Design (freepik.com)

Dalam beberapa kondisi, seorang digital marketer harus menguasai keterampilan dasar mengelola situs web yang menarik, responsif, dan mudah diakses oleh pengguna.

Ini termasuk penggunaan desain yang menarik, navigasi yang mudah, dan pengoptimalan kecepatan situs web.

8. Paid Advertising

Skill digital marketing ini melibatkan manajemen kampanye iklan online seperti iklan di Google AdWords, Facebook Ads, Instagram Ads, dan platform lainnya.

Ini termasuk pemahaman tentang penggunaan budget iklan, penargetan iklan yang tepat, dan membuat konten iklan yang menarik.

Baca Juga: Daftar Perusahaan Digital Marketing Terbaik di Indonesia

9. Copywriting

content editor
Foto: Editor Sedang Berpikir (freepik.com)

Keterampilan yang satu ini melibatkan kemampuan menulis konten yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran.

Termasuk pemahaman tentang kata-kata yang menarik perhatian, struktur konten yang baik, dan pemilihan kata yang tepat menarik audiens.

10. Video Marketing

Skill digital marketing lainnya adalah keterampilan video marketing yang melibatkan, menciptakan, dan mempromosikan konten video yang menarik dan informatif.

Ini meliputi pemahaman tentang cara membuat video yang menarik, pemilihan platform yang tepat untuk mempromosikan video, dan analisis hasil kampanye video.

Cara Mempelajari Skill Digital Marketing

bisnis kursus online
Foto: Kursus Online (freepik.com)

Berikut beberapa cara mempelajari skill digital marketing yang bisa kamu coba:

  1. Mengikuti kursus online: Ada banyak kursus online yang ditawarkan oleh universitas, institusi pendidikan, dan platform belajar daring. Kursus ini dapat membantu kamu mempelajari keterampilan digital marketing dari dasar hingga cukup mahir.
  2. Membaca buku dan blog tentang digital marketing: Banyak buku dan blog yang membahas topik digital marketing dengan rinci. Membaca buku atau blog dapat membantu memahami konsep-konsep dasar dan perkembangan terbaru dalam digital marketing.
  3. Praktek langsung: Setelah mempelajari keterampilan dasar digital marketing, kamu bisa mulai mencoba mempraktekkan langsung di website atau media sosial yang dimiliki. Cobalah untuk mencoba berbagai teknik dan strategi untuk melihat apa yang paling efektif untuk bisnis kamu.
  4. Bergabung dengan forum dan grup diskusi: Bergabung dengan forum dan grup diskusi online tentang digital marketing dapat membantu kamu belajar dari pengalaman dan pengetahuan orang lain.
  5. Mengikuti seminar dan konferensi: Seminar dan konferensi tentang digital marketing dapat membantu kamu mempelajari strategi dan teknik terbaru dalam bidang ini serta bertemu dengan profesional dan ahli digital marketing lainnya.
  6. Mengikuti sertifikasi: Ada banyak sertifikasi digital marketing yang dapat membantu kamu meningkatkan kredibilitas dan keahlian di bidang ini. Misalnya, Google Ads Certification atau Facebook Blueprint Certification.
  7. Mencari mentor: Mencari mentor yang berpengalaman di bidang digital marketing dapat membantu kamu mempelajari keterampilan dengan lebih cepat dan efektif. Mentor dapat memberikan wawasan dan masukan berharga yang sulit didapatkan dari sumber lain.

Baca Juga: Manfaatkan Marketing Tools, Jadi Alat Krusial untuk Campaign

Demikian penjelasan seputar skill digital marketing dan cara mempelajarinya. Dengan latihan yang konsisten, kamu dapat menjadi seorang digital marketer yang andal!