8 Manfaat Video Marketing untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Penjualan

Share this Post

video marketing
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Video marketing termasuk dalam jenis konten visual yang paling banyak digunakan untuk promosi usaha.

Jadi, punya website toko online yang keren dan pelayanan yang profesional saja sebenarnya masih belum cukup.

Nah, untuk menarik lebih banyak pelanggan, selain mengunggah foto yang menarik, promosi dengan menggunakan video bisa menjadi cara yang cukup efektif, lho.

Kalau kamu pernah lihat, beberapa Selebgram (seleb yang populer via Instagram) mendulang popularitas dari video-video singkat yang mereka buat.

Bayangkan saja, dengan durasi video yang hanya beberapa detik saja, para Selebgram ini mampu menarik hingga jutaan followers.

Kesuksesan mereka mem-branding diri lewat video ini tentu saja jadi ladang bisnis yang menjanjikan, tak terkecuali bagi para pemilik toko online.

Hal ini merupakan bukti bahwa video marketing memiliki kekuatan mempengaruhi orang lain, lebih dari foto.

Baca Juga: 10 Aplikasi Membuat Video di Youtube Terbaik, Gratis dan Praktis!

Manfaat Video Marketing untuk Usaha

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan video marketing untuk mempromosikan usaha.

Apa saja, ya? Simak selengkapnya.

1. Membangun Kredibilitas Usaha

video marketing
Foto: Freepik.com

Keuntungan video marketing pertama bagi sebuah bisnis, yakni bisa membangun kepercayaan atau kredibilitas.

Kamu pun bisa menciptakan branding bisnis melalui konten video sehingga lebih dipercaya oleh calon pelanggan.

Dengan video, kamu bisa memerlihatkan produk atau layanan secara lebih jelas sehingga pelanggan memiliki gambaran yang lebih nyata sebelum membuat keputusan pembelian.

Selain itu, konten pemasaran dalam bentuk video juga akan lebih mudah untuk menyentuh sisi emosi penontonnya.

Video marketing dinilai bisa menciptakan rasa pendekatan individual, itulah sebabnya 57% konsumen mengatakan bahwa video dapat membuat mereka lebih percaya diri untuk membeli barang secara online.

Baca Juga: 8 Contoh Konten Promosi untuk Toko Online Kamu

2. Meningkatkan Konversi

Penggunaan video marketing juga dapat meningkatkan konversi. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dikutip dari HubSpot.

Disebutkan bahwa, memasukkan video di halaman arahan (landing page) dapat meningkatkan konversi bisnis hingga 80%.

Mengutip laman dreamgrow, video marketing juga dapat mengarahkan pelanggan secara langsung ke penjualan.

Sebuah studi dari wyzowl bahkan menunjukkan bahwa sebanyak 74% audiens yang menonton video penjelasan tentang suatu produk atau layanan, akan segera membelinya.

3. Menciptakan Hubungan Pelanggan dengan Brand

Manfaat video marketing selanjutnya, yakni bisa menciptakan hubungan yang baik antara pelanggan dengan brand.

Jika kamu membuat konten video yang menarik dan berkualitas, audiens yang menontonnya pun akan tergerak untuk berinteraksi dengan brand kamu.

Bentuk interaksi yang terjadi dapat berupa like atau komentar. Keterlibatan pelanggan dengan brand ini sangat berarti karena menunjukkan adanya hubungan yang positif.

Selain menciptakan kedekatan antara pelanggan dengan brand, keterlibatan ini juga baik untuk membangun kepercayaan merek.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Konten Menarik untuk Bisnis Online

4. Mendorong Audiens Membagikan Konten

Pemasaran yang dilakukan menggunakan video juga dapat mendorong audiens yang menontonnya untuk membagikan konten kepada audiens lain.

Seperti yang kamu ketahui, era digital saat ini menyediakan ruang yang sangat luas untuk konten-konten yang viral.

Bisnis kamu pun berpotensi besar untuk mendapatkan perhatian audiens ini karena sebanyak 92% konsumen video seluler membagikan video yang mereka tonton dengan orang lain.

Dengan mendorong audiens untuk membagikan konten video kamu, produk dan merek kamu pun akan lebih banyak diketahui oleh orang.

Semakin banyak orang yang mengetahui bisnismu, maka akan semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan besar.

Namun, kamu perlu membuat video marketing yang unik dan menarik jika ingin mendorong pembagian konten antara audiens.

Cobalah untuk membuat konsep video yang berbeda dari video-video promosi lain yang telah ada sebelumnya.

Kamu juga mungkin bisa menggunakan influencer atau selebriti sebagai brand ambassador dalam pembuatan video marketing agar lebih banyak orang yang menontonnya.

5. Mesin Pencari Menyukai Konten Video

8 Manfaat Video Marketing untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Penjualan
Foto: Freepik.com
shopee pilih lokal

Perlu kamu ketahui bahwa, mesin pencari, seperti Google, lebih menyukai konten video.

Jika kamu ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencarian, maka buatlah konten video untuk keperluan pemasaran.

Buatlah video marketing dan tautkan pada situs web bisnis kamu sehingga mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.

Dengan konten video, pengunjung website kamu pun akan tingal lebih lama.

Hal ini dibuktikan oleh data dari Mist Media yang menyebutkan bahwa, rata-rata pengguna internet dapat menghabiskan 88% lebih banyak waktu di situs web yang berisi video.

Penelitian dari Forrester pun menyatakan bahwa, situs web yang menggunakan video secara efektif dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk menempati peringkat pertama di halaman pertama hasil Google sebanyak 53 kali.

Jadi, jika situs web kamu ingin memiliki peringkat yang bagus dalam mesin pencari, cobalah untuk menambahkan konten video di dalamnya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Optimasi SEO untuk Konten, Jangan Terlewat, Ya!

6. Memengaruhi Keputusan Pembelian

Konten pemasaran dalam bentuk video juga dapat memengaruhi keputusan pembelian, lho.

Tentu saja, ini merupakan manfaat yang positif karena bisa membantu kamu untuk meningkatkan penjualan sekaligus mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Menurut Forbes yang dikutip dari laman vidyard, sebanyak 90% pelanggan mengatakan bahwa video produk membantu mereka membuat keputusan pembelian.

Hal serupa juga ditunjukkan oleh data dari Animoto, di mana sebanyak 64% audiens mengatakan bahwa menonton video membuat mereka lebih cenderung untuk melakukan pembelian.

Tidak hanya membantu bisnis kamu kebanjiran pesanan, video marketing juga akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelanggan tentang penggunaan produk atau layanan.

7. Membuat Penjelasan Jauh Lebih Mudah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konten video yang digunakan untuk pemasaran sebuah brand akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang produk atau layanan.

Tidak hanya mengenai fitur, manfaat, atau keunggulannya, tetapi juga mengenai cara penggunaannya yang tepat.

Sebuah penelitian menemukan, sebanyak 98% pengguna mengatakan bahwa mereka telah menonton video penjelasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk atau layanan.

Itulah sebabnya, sebanyak 45% bisnis menggunakan video marketing yang berisi penjelasan produk atau layanan di beranda situs web mereka.

Hasilnya, 83% bisnis mengatakan bahwa video penjelasan yang ada di beranda situs web mereka efektif untuk menghasilkan penjualan dan membuat pelanggan lebih paham tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Cara Membuat Bumper Video di YouTube untuk Bisnis

8. Memaksimalkan Kinerja Email Marketing

Kamu juga bisa menggunakan konten video untuk memaksimalkan kinerja email marketing.

Meski sebagian besar pelanggan merasa terganggu dengan pemasaran yang dilakukan melalui email, tetapi saluran yang satu ini cukup efektif untuk mendorong penjualan.

Apabila foto dan tautan toko online yang digunakan dalam email marketing terlalu membosankan, kamu bisa menggunakan video.

Konten video bahkan dapat membantu mengurangi tingkat berhenti berlangganan oleh pengguna.

Menurut BrainShark, cukup meletakkan video di bagian subjek email dapat membantu mengurangi berhenti berlangganan sebesar 26 persen dan meningkatkan rasio klik-tayang sebesar 65 persen.

Itu dia manfaat dari konten video dalam strategi pemasaran. Sudahkah bisnis kamu menggunakannya?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X