5 Perbedaan OneDrive dan Google Drive, Pilih Mana?

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Sama-sama berfungsi untuk menyimpan data dan mengaksesnya secara real time, apa saja perbedaan OneDrive dan Google Drive?

Dahulu sebelum ramainya penggunaan internet, orang-orang menyimpan tumpukan berkas pentingnya dalam koper atau lemari brankas. Mulai dari akta rumah, surat tanah, sampai dokumen bisnis lainnya.

Sayangnya, menyimpan dokumen dalam bentuk fisik memang cukup berisiko. Dokumen-dokumen tersebut bisa saja rusak, basah, atau bahkan dimakan rayap. Terutama bagi bisnis yang tentunya memiliki banyak berkas penting.

Sejalan dengan itu, digitalisasi pun akhirnya hadir dan masuk sampai ke ranah bisnis. Perkembangan teknologi internet menghadirkan sistem penyimpanan data yang jauh lebih aman.

Adalah OneDrive dan Google Drive, dua platform penyimpanan data berbasis cloud yang memungkinkanmu menyimpan semua jenis data dengan aman. Menariknya, kamu bisa mengakses folder datamu dari perangkat mana pun, kapan pun, dan dimana pun.

Artinya, kamu tak perlu repot-repot membawa berkas kesana-kemari. Semua data yang kamu butuhkan bisa kamu akses dengan menggunakan username dan password. lantas, apa perbedaan OneDrive dan Google Drive?

Baca Juga: Aplikasi untuk Pengusaha agar Bisnis Bisa Dikelola dengan Mudah

Perbedaan OneDrive dan Google Drive

Perbedaan OneDrive dan Google Drive
Foto: Perbedaan OneDrive dan Google Drive (Freepik.com)

Baik OneDrive maupun Google Drive, banyak orang yang menyukai keduanya sebagai platform penyimpanan data terbaik. Keduanya menggunakan cloud storage untuk menyimpan data pengguna.

Menurut IBM, cloud storage memungkinkanmu menyimpan data dan file di luar situs yang kamu akses baik melalui internet maupun koneksi jaringan pribadi. Data yang kamu transfer di luar situs untuk penyimpanan menjadi tanggung jawab penyedia cloud pihak ketiga. 

Nantinya, semua berkas baik dokumen, foto, video, dan bentuk media lain akan disimpan di penyimpanan virtual atau cloud yang dihosting oleh pihak kedua. OneDrive dan Google Drive adalah pihak ketiga yang melakukan hosting.

Artinya, datamu tidak akan disimpan di memori komputer yang rentan diretas dan terserang malware. Layanan cloud menawarkan beberapa kelebihan, mulai dari biaya yang lebih rendah, kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan adanya fitur backup data.

Selain itu, penyimpanan berbasis cloud juga lebih aman dan bisa diakses secara real time, sebab menggunakan jaringan internet yang bisa dibuka dari jarak jauh.

Jika kapasitas penyimpananmu hampir penuh, kamu bisa meningkatkan kapasitas memorinya dengan melakuka upgrade kepada pihak penyedia. Jika OneDrive dan Google Drive sama-sama aman, lantas apa perbedaan keduanya?

Baca Juga: 15 Aplikasi Keuangan Pribadi untuk Bantu Kelola Finansialmu!

1. Ruang Penyimpanan

5 Perbedaan OneDrive dan Google Drive, Pilih Mana?
Foto: Perbedaan OneDrive dan Google Drive (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Perbedaan OneDrive dan Google Drive yang pertama adalah kapasitas penyimpanannya. OneDrive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis bagi pengguna barunya hingga 5GB, yang bisa di-upgrade hingga 6TB.

Sementara itu, Google Drive memberikan ruang penyimpanan gratis hingga 15GB. Ruang penyimpanan tersebut bisa ditingkatkan hingga 2TB.

2. Biaya Langganan

Baik OneDrive maupun Google Drive, keduanya sama-sama menyediakan fitur berbayar atau langganan yang menawarkan berbagai keunggulan. Berikut rincian biaya berlangganan dari OneDrive.

  • OneDrive Standalone berkapasitas 100GB dengan biaya berlangganan Rp 31 ribu rupiah per bulan.
  • Microsoft 365 Personal menawarkan ruang penyimpanan berkapasitas 1TB dan akses gratis ke Microsoft Outlook, Word, Excel dan PowerPoint dengan fee per tahun sebesar Rp 879,999.
  • Microsoft 365 Family yang dapat diakses hingga 6 akun Microsoft berkapasitas hingga 6 TB, dengan biaya langganan sebesar Rp 1,199,999 per tahun.

Adapun biaya berlangganan Google Drive, yaitu:

  • Kapasitas 100GB dengan biaya langganan sebesar Rp 26,900 per bulan, atau Rp 269,000 per tahun.
  • Kapasitas 200GB dengan biaya langganan sebesar Rp 43 ribu per bulan, atau sekitar Rp 430 ribu per tahunnya.
  • Kapasitas 2TB dengan biaya langganan sebesar Rp 135 ribu per bulan, atau Rp 1,350,000 per tahun.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Aplikasi Gudang, Atur Barang Jadi Mudah!

3. Tingkat Keamanan

Perbedaan OneDrive dan Google selanjutnya adalah fitur keamanan. Tingkat keamanan yang tinggi dapat mengurangi kemungkinan kebocoran data dan peretasan akun. Tentu saja, tidak ada layanan cloud yang dapat menjamin 100% data pribadi aman.

Perbedaan OneDrive dan Google Drive, keduanya memiliki pengaturan enkripsi data untuk melindungi keamanan data dengan lebih baik, keduanya memiliki autentikasi untuk keamanan akun. Tetapi OneDrive sedikit lebih berhati-hati dalam hal fitur keamanan.

OneDrive menambahkan fitur keamanan ganda dengan adanya Personal Vault. Terdapat lapisan otentifikasi di setiap file, seperti PIN, sidik jari, pemindai wajah, dan kode keamanan yang akan dikirim via SMS atau email.

4. Kecepatan Data

5 Perbedaan OneDrive dan Google Drive, Pilih Mana?
Foto: Cloud Storage (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Perbedaan OneDrive dan Google Drive berikutnya adalah soal kecepatan transfer data. OneDrive memiliki kemampuan sinkronisasi file yang lebih cepat. Namun, Google Drive bisa mencari file dengan lebih efisien.

OneDrive menggunakan teknologi yang disebut “block-level copying,” yang pada dasarnya memungkinkannya untuk mengidentifikasi apa yang telah diubah sejak sinkronisasi terakhir. Akibatnya, sinkronisasi otomatis berjalan lebih cepat dan lancar.

Namun, dalam hal pencarian file, Google Drive jelas lebih cepat dan lebih intuitif. Google adalah yang pertama dan utama sebagai mesin pencari, jadi tidak mengherankan bahwa pencarian file-nya lebih maju daripada OneDrive. 

Hasil pencarian bisa terisi secara otomatis saat kamu mengetik, sehingga lebih mudah untuk mengakses file yang kamu cari. Kamu juga dapat menggunakan operator boolean seperti “dan,” “atau,” “dari,” dan fungsi pencarian lain yang biasa kamu gunakan untuk pencarian.

5. Integrasi Dengan Platform Lain

Perbedaan OneDrive dan Google Drive yang terakhir adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan platform lain. Google memiliki kemampuan integrasi yang lebih baik dibandingkan OneDrive.

Kedua platform terintegrasi dengan baik pada tools mereka sendiri. OneDrive berfungsi dengan program Microsoft, dan Google Drive terintegrasi dengan Google Workspace. 

Tetapim Google juga memiliki seluruh pasar aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu integrasikan seperti Slack, DocuSign, Lucidchart, dan ratusan program yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Integrasi OneDrive jauh lebih terbatas. Ia bekerja dengan beberapa platform populer seperti Trello, Zoom, Salesforce, dan DocuSign. Tetapi sebagian besar integrasi OneDrive ditujukan untuk pengguna dan urusan B2B perusahaan.   

Baca Juga: Daftar Aplikasi Bisnis untuk Kelola Usahamu, Sudah Coba?

Itulah perbedaan OneDrive dan Google Drive yang telah kamu ketahui. Keduanya sama-sama memiliki fitur unggulan dan efektivitasnya masing-masing. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhanmu.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X