Aplikasi untuk Pengusaha agar Bisnis Bisa Dikelola dengan Mudah

Share this Post

Aplikasi-Untuk-Bisnis-Online
Table of Contents

Apakah kamu sudah punya aplikasi untuk pengusaha yang bisa membantumu dalam mengelola bisnis?

Beberapa aplikasi untuk pengusaha berikut ini ternyata akan sangat berguna bagi para pebisnis dalam menjalankan operasionalnya.

Bagi kamu yang belum tahu, aplikasi apa saja yang berguna untuk pengusaha, bisa cek daftarnya dalam artikel berikut ini!

Baca Juga: Jenis-Jenis Sistem Bisnis untuk Bantu Kamu Kelola Usaha

Daftar Aplikasi untuk Pengusaha

daftar aplikasi untuk pengusaha
(Foto laptop. Sumber: Unsplash.com)

Seperti yang kamu ketahui, menjadi seorang pengusaha bukanlah pekerjaan mudah. Ada banyak proses yang perlu dilakukan untuk menuju kesuksesan.

Namun kini, setiap pekerjaan yang dilakukan pengusaha bisa menjadi lebih efisien berkat bantuan teknologi berupa aplikasi.

Lantas, aplikasi apa saja yang bisa membantu tugas-tugas pengusaha dalam menjalankan bisnisnya? Berikut daftarnya yang perlu kamu tahu:

1. Aplikasi Chatting

Aplikasi chatting termasuk dalam daftar aplikasi yang penting untuk para pengusaha.

Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan kamu sebagai pebisnis untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi, proses operasional usaha menjadi lebih efisien.

Sebagai pengusaha, tentu saja kamu akan berhubungan dengan banyak orang. Mulai dari sesame tim di kantor, mitra bisnis, hingga pelanggan.

Oleh karenanya, keberadaan aplikasi chatting ini sangat penting untuk memudahkan kamu berkomunikasi selama kepentingan bisnis.

Salah satu aplikasi chatting yang banyak dipilih pengusaha untuk menunjang bisnisnya, yakni WhatsApp.

Aplikasi perpesanan instan ini memang memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk keperluan komunikasi.

Dalam hal ini, kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp for Business yang memang diperuntukan bagi keperluan usaha.

2. Aplikasi Banking

aplikasi untuk pengusaha - aplikasi perbankan
(Foto aplikasi perbankan. Sumber: Unsplash.com)

Aplikasi untuk pengusaha selanjutnya, yakni aplikasi banking untuk membantu kamu memproses semua transaksi jual beli.

Aplikasi banking yang dapat diunduh pada gadget ini bisa membuat kinerja bisnis kamu lebih efisien.

Sebab, kamu tak perlu repot lagi untuk pergi ke ATM atau bahkan ke bank karena semuanya sudah bisa dilakukan melalui aplikasi.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk mentransfer uang kepada pihak vendor. Kamu juga bisa menerima pembayaran secara real-time dari para pelanggan berkat aplikasi perbankan.

Semua catatan transaksi yang dilakukan dengan aplikasi perbankan juga sudah tersimpan secara otomatis. Jadi, kamu dapat membuat pembukuan keuangan dengan lebih cepat dan akurat.

Setiap aktivitas keuangan pun dapat dilakukan hanya dalam beberapa klik. Mulai dari mengecek saldo di rekening, transfer, cek mutasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 10 Aplikasi Reseller Tanpa Modal yang Bikin Jualan Lancar

3. Aplikasi Keuangan dan Akuntansi

Aplikasi untuk pengusaha yang satu ini wajib dimiliki oleh setiap pebisnis. Sebab, kegunaannya sangat penting bagi operasional bisnis.

Aplikasi keuangan dan akuntansi akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan usaha. Jadi, financial management perusahaan jauh lebih praktis.

Kini, ada banyak sekali aplikasi keuangan dan akuntansi yang dapat kamu pilih untuk membantu pengelolaan uang perusahaan. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Melalui aplikasi ini, pencatatan keuangan usaha menjadi lebih terarah. Kamu pun dapat mengetahui dari mana pemasukan dan ke mana saja pengeluaran bisnis yang dijalankan.

Aplikasi keuangan dan akuntansi juga bisa membantu kamu untuk membuat laporan keuangan bisnis secara lebih efisien.

4. Aplikasi Catatan

aplikasi untuk pengusaha - aplikasi catatan
(Foto aplikasi catatan. Sumber: Unsplash.com)

Aplikasi untuk pengusaha lain yang tak kalah penting kamu miliki, yakni aplikasi pencatatan atau biasa disebut dengan notes.

Aplikasi catatan ini akan membantu kamu dalam mengelola bisnis karena semua hal penting bisa disimpan dengan lebih rapi.

Seorang pebisnis biasanya akan disibukkan oleh banyak hal. Jadi, aplikasi catatan sangat dibutuhkan untuk menulis dan menyimpan ide atau daftar tugas sehingga lebih terarah.

Dengan begitu, kamu bisa menjalani semua tugas secara tepat waktu tanpa ada yang terlewat.

Selain itu, sudah ada banyak aplikasi catatan yang juga dapat dibagikan ke pengguna lain sehingga kamu bisa berkolaborasi dengan tim.

Baca Juga: 4 Aplikasi Chat untuk Jualan, User WhatsApp Capai 2 Miliar!

5. Aplikasi Media Sosial

Aplikasi untuk pengusaha selanjutnya yang perlu kamu miliki untuk menunjang operasional bisnis, yaitu media sosial.

Aplikasi media sosial ini bisa kamu gunakan untuk berhubungan dengan pelanggan maupun mitra usaha sehingga menciptakan hubungan bisnis yang lebih profesional.

Ada banyak aplikasi media sosial yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan media sosial yang memang digunakan oleh target pasar bisnismu.

Untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan para pelanggan, buat dan unggahlah konten-konten menarik melalui media sosial.

Ajak para pengguna yang menjadi target pasar kamu untuk terlibat aktif agar hubungan brand dan pelanggan menjadi lebih dekat.

Media sosial tidak hanya digunakan untuk promosi, tetapi juga dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sebab, pelanggan bisa membuat pengaduan ketika ada masalah dan kamu dapat segera menanganinya seefektif mungkin agar mereka lebih puas.

Selain itu, media sosial bisa kamu gunakan untuk memberikan edukasi bagi pelanggan. Misalnya melalui konten tips pemakaian atau penyimpanan produk.

6. Aplikasi Toko Online

daftar aplikasi untuk pengusaha - aplikasi toko online
(Foto aplikasi toko online. Sumber: Unsplash.com)

Aplikasi untuk pengusaha lainnya yang juga wajib kamu miliki, yakni aplikasi toko online.

Berkembang pesatnya tren belanja online di masyarakat mendorong para brand untuk memperluas pasar secara digital.

Oleh karenanya, aplikasi toko online perlu kamu unduh untuk menunjang operasional bisnis secara digital.

Ada banyak aplikasi toko online yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan. Salah satunya aplikasi dari SIRCLO Store yang dapat diunduh melalui Google Play.

SIRCLO Store dapat membantu kamu untuk membuat situs web jualan online dengan desain yang menarik dan profesional.

Kamu juga bisa mengelola toko online di WhatsApp melalui fitur Chat Commerce yang tersedia. Selain itu, kamu dapat mengintegrasikan berbagai marketplace dalam satu dashboard.

Jadi, semua aktivitas bisnis online bisa dilakukan jauh lebih mudah hanya dalam beberapa klik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik

Itu dia daftar aplikasi untuk pengusaha yang wajib dimiliki agar bisnis bisa dikelola dengan lebih efisien. Sudahkah kamu menggunakannya?