10 Cara Meningkatkan Interpersonal Skill agar Bisnis Sukses

Share this Post

cara meningkatkan interpersonal skill
Table of Contents

Untuk meningkatkan karier, kamu harus tahu cara meningkatkan interpersonal skill. Jika kamu pemilik bisnis, memiliki karyawan dengan interpersonal skill yang baik juga merupakan suatu keuntungan tersendiri.

Namun, apa itu interpersonal skill? Mengutip dari Investopedia, interpersonal skill atau keterampilan interpersonal adalah perilaku dan taktik yang digunakan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif. 

Setiap orang menggunakan keterampilan interpersonal sepanjang waktu ketika berhadapan dengan orang lain, baik itu di tempat kerja, situasi sosial, maupun keluarga.

Dalam dunia bisnis, istilah ini umumnya mengacu pada kemampuan seorang karyawan untuk bekerja sama dengan baik dengan orang lain. 

Keterampilan interpersonal berkisar dari cara berkomunikasi dan mendengarkan hingga sikap dan perilaku.

Baca juga: 7 Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill, Karyawan Wajib Punya!

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

cara meningkatkan interpersonal skill
(Interaksi rekan kerja. Sumber: Freepik.com)

Keterampilan interpersonal terkadang disebut juga keterampilan kerja. Kata “employability” merupakan kata kunci tentang pentingnya keterampilan ini. 

Keterampilan ini sangat penting, sehingga perusahaan yang sedang melakukan perekrutan, tidak ingin mempekerjakan kandidat tanpa interpersonal skill.

Banyak karier membutuhkan interaksi yang konsisten dengan orang lain. Hal ini berlaku bahkan untuk pekerjaan yang tampaknya cocok untuk introvert dan gaya kerja mandiri. 

Misalnya, meskipun kamu seorang web developer, penulis, atau akuntan, kamu tetap harus dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim.

Bahkan, jika kamu unggul dalam aspek teknis pekerjaan, pemberi kerja tidak akan mau mempekerjakanmu jika tampaknya kamu sulit untuk diajak bekerja sama.

Oleh karena itu, cara meningkatkan interpersonal skill penting bagi kamu yang ingin meningkatkan karier, atau pemilik bisnis yang ingin karyawannya lebih komunikatif.

Berikut sejumlah cara meningkatkan interpersonal skill yang dapat kamu terapkan. Baik diterapkan untuk bisnismu atau untuk meningkatkan karier personalmu.

1. Menerapkan Budaya Kerja Positif 

Cara meningkatkan interpersonal skill yang pertama yaitu menerapkan budaya kerja positif. 

Bagi pemilik bisnis, penting untuk mempromosikan lingkungan kerja yang positif bagi karyawan. Lingkungan kerja yang positif melalui kerja sama kedua belah pihak, membuat karyawan bahagia. 

Karyawan adalah bagian besar dari budaya. Oleh karena itu, bekerjalah dengan ide dan visi yang mereka miliki untuk menciptakan budaya perusahaan yang unik. 

Sertakan karyawan dalam berbagai pertemuan dan tampung pendapat mereka tentang cara-cara untuk meningkatkan budaya kerja.

2. Membangun Kegiatan Tim

Cara meningkatkan interpersonal skill selanjutnya ialah dengan kegiatan membangun tim untuk membantu karyawan, baik yang baru maupun yang sudah mapan. 

Duduk bersama sebagai sebuah tim untuk mempelajari minat yang sama dan kegiatan bertukar pikiran, penting untuk dilakukan dan dapat dinikmati semua anggota tim. 

Kegiatan dapat berupa makan siang bersama hingga outing bersama untuk membangun kekompakan.

Kegiatan ini akan membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan karyawan dan membantu menciptakan budaya tim lebih baik.

Baca juga: Suka Menyendiri? Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dengan Gaji Tinggi

3. Banyak Mendengarkan

cara meningkatkan interpersonal skill
(Mendengarkan penjelasan rekan kerja. Sumber: Freepik.com)

Bagian dari cara meningkatkan interpersonal skill, yakni melibatkan kegiatan mendengarkan secara aktif. 

Selain mempertahankan kontak mata dan menanggapi dengan persetujuan, mendengarkan secara aktif termasuk menggunakan kata-katamu sendiri dan tidak menyela atau memaksakan solusi sendiri. 

Pendengar yang sukses ikut tumbuh ketika mereka berinteraksi dalam percakapan. Kunci lain untuk mendengarkan secara aktif, yaitu tetap berpikiran terbuka. 

4. Bertindak sebagai Moderator

Cara meningkatkan interpersonal skill untuk bisnis lainnya yaitu bertindak sebagai moderator dan membantu menyelesaikan perselisihan di antara rekan kerja. 

Sebagai manajer atau pemilik bisnis, menjadi tugasmu untuk membantu menyelesaikan perselisihan di tim yang berdampak pada pekerjaan sehari-hari. 

Saat memoderasi, usahakan untuk menunjukkan bahwa posisimu netral dan hendak menengahi perselisihan.

Pastikan untuk mengulangi poin yang dibuat melalui diskusi, sehingga kedua belah pihak dapat mendengar fakta dari pihak ketiga yang netral. 

Jenis pertemuan ini juga membantu karyawan melatih keterampilan diskusi mereka dengan menjadi pendengar aktif dan penanggap yang sopan.

Baca juga: Apa Itu Web Developer? Simak Keterampilan yang Perlu Dimiliki

5. Hormati Semua Rekan Kerja

Aspek penting lainnya dalam menerapkan cara meningkatkan interpersonal skill, baik sebagai karyawan maupun manajer, yaitu menghormati semua rekan kerja. 

Kenali rekan kerja lebih baik dengan makan siang bersama atau undang mereka ke sesi diskusi. Dengan menjadi lebih inklusif, tentu akan menghilangkan ketegangan dalam tim dan membantu rekan kerja untuk lebih mengenal satu sama lain. 

Cobalah pula untuk tidak sekadar berkomunikasi dengan rekan setim. Kamu bisa memulai perbincangan dengan karyawan di luar tim yang tidak kamu kenal. 

Ini dapat membantu menciptakan ikatan baru bagi karyawan. Budaya perusahaan tumbuh ketika karyawan mencari karyawan lain untuk mencari jawaban atau pelatihan keterampilan baru.

6. Belajar Memberi Pujian atau Penghargaan

cara meningkatkan interpersonal skill
(Tepuk tangan ketika rapat. Sumber: Freepik.com)

Mengutip dari Vantage Circle, jika kamu seorang manajer atau atasan, kamu dapat menunjukkan penghargaan kepada karyawan Anda dalam tiga cara berbeda.

Pertama, ketika karyawan melakukan sesuatu yang sangat baik, kamu harus memuji mereka dan menyoroti kekuatan mereka.

Kedua, hargai jika tim lain membantumu atau tim kamu. Tindakan seperti itu tidak boleh dianggap remeh. Ceritakan hal ini kepada tim kamu sebagai contoh untuk diikuti juga.

Ketiga, hargai ide-ide kreatif dan umpan balik atau kritik yang kamu terima. 

Kepercayaan diri, rasa terima kasih, dan pengakuan sangat penting untuk pertumbuhan pribadi, karena semua ini dapat meningkatkan kemampuan bekerja. 

Banyak karyawan yang ingin mendengar pujian dari atasan dan anggota tim mereka. Jadi, jangan menahan diri untuk berkomunikasi secara efektif. Hargai karyawan secara tepat, sistematis, dan berdasarkan nilai. 

Biarkan mereka tahu bahwa kamu melihat dan menghargai dedikasi mereka. Sebagai imbalannya, mereka akan berterima kasih dan bekerja lebih keras untuk mencapai kesuksesan perusahaan.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Burnout Akibat Pekerjaan Menumpuk

7. Menunjukkan Minat

Cara meningkatkan interpersonal skill lainnya, yaitu dengan menunjukkan minat terhadap cerita atau masalah rekan kerja. 

Semisal ada rekan kerja yang sedang mengalami kesulitan atau masalah dalam pekerjaan. Cobalah untuk mendengarnya dan tunjukkan minat penuh terhadapnya.

Jika kamu seorang atasan, tanyakan terlebih dahulu bagaimana perasaan mereka saat ini ketimbang langsung mulai mengomelinya.

Bicara tentang hobi, film, atau minat mereka. Selalu perhatikan dan tunjukkan minatmu pada kekhawatiran mereka. 

Setelah itu, baru beri nasihat yang sesuai. Ini adalah praktik yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan karyawan.

8. Pilih Bahasa dengan Hati-Hati untuk Diucapkan

Perhatikan bahasa yang kamu pilih saat berinteraksi dengan orang yang berbeda. Ini merupakan cara meningkatkan interpersonal skill lainnya.

Caramu berkomunikasi dengan supervisor, misalnya, mungkin berbeda dengan caramu berkomunikasi dengan seorang teman. 

Pikirkan tentang faktor-faktor seperti nada dan penggunaan bahasa gaul ketika merenungkan penggunaan bahasamu sebagai keterampilan interpersonal.

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan yang Efektif

9. Lakukan Negosiasi secara Efektif

cara meningkatkan interpersonal skill
(Negosiasi bisnis. Sumber: Freepik.com)

Memahami bagaimana menegosiasikan perbedaan antarindividu dapat menjadi cara meningkatkan interpersonal skill yang penting. 

Kamu dapat menyelesaikan potensi ketidaksepakatan dengan orang lain menggunakan bahasa yang dipilih dengan cermat. 

Kamu mungkin juga dapat membantu orang lain menyelesaikan konflik dengan menggunakan strategi negosiasi. 

Dengan demikian, kamu menjadi lebih sadar akan kemampuan dan tantanganmu sendiri sebagai komunikator.

10. Perlihatkan Empati

Menunjukkan empati dan pengertian adalah cara meningkatkan interpersonal skill lain yang baik. 

Cobalah untuk menunjukkan gestur yang menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan apa yang disampaikan rekan kerja dan pahami perspektif mereka.

Dengan melakukan ini, kamu dapat membangun interaksi yang lebih menyenangkan dan produktif.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil?

Itulah sejumlah cara meningkatkan interpersonal skill. Baik kamu seorang karyawan, manajer, atau pemilik bisnis, penting untuk memiliki interpersonal skill yang baik. Semoga informasi ini bermanfaat!