Cara Membuat Website Gratis dan Pilihan Platformnya

Share this Post

cara membuat website gratis
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Apakah bisnis kamu sudah memiliki situs web resmi? Jika belum, kamu bisa coba beberapa cara membuat website gratis di bawah ini.

Situs web memiliki peran yang penting untuk bisnis, lho. Ini bisa menjadi identitas bisnis kamu sehingga lebih profesional dan kredibel.

Dengan website, kamu juga bisa mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan. Jadi, calon pelanggan bisa melakukan order secara lebih mudah.

Saat ini, ada banyak sekali platform yang bisa kamu pilih untuk membuat website bisnis. Apa saja? Berikut daftarnya yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Cara Cek Traffic Website Gratis, Yuk Analisis Kinerja Bisnismu!

Cara Membuat Website Gratis di Berbagai Platform

cara membuat website gratis
Foto: Blogger (Pixabay.com)

Kamu bisa memilih salah satu platform di bawah ini untuk membuat website gratis.

Namun sebelum menentukan platform yang paling cocok, simak dahulu cara membuat website gratis dan cari tahu kelebihan maupun kekurangannya.

1. Wix

Salah satu platform yang bisa kamu pilih untuk membuat situs web bisnis secara gratis yaitu Wix.

Dengan Wix, kamu dapat membuat website secara cepat dan mudah meski tidak memiliki pengetahuan coding sama sekali.

Wix bisa membantu kamu membuat situs web hanya dengan fitur drag-and-drop. Jadi, fitur ini memungkinkan kamu untuk memindahkan posisi komponen iklan situs web, seperti gambar dan teks, serta elemen website lainnya.

Kamu pun bisa membuat desain website yang sesuai kebutuhan menggunakan beragam pilihan template di dalamnya.

Fitur Wix tersebut membuat kamu jauh lebih mudah untuk menyesuaikan halaman web tanpa perlu coding.

Dilansir Hubspot, Wix bahkan dapat mengusulkan desain untuk situs web kamu menggunakan perangkat lunak Artificial Design Intelligence (ADI), seperti Editor X.

Selain itu, Wix memiliki SEO tools optimization yang bisa dikustomisasi secara gratis sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

2. Weebly

Cara membuat website gratis lainnya bisa kamu lakukan menggunakan platform Weebly. Weebly adalah pembuat situs web yang menawarkan layanan mirip seperti Wix, dengan versi gratis tanpa domain khusus.

Dikutip dari laman Forbes, Weebly menggunakan editor terstruktur sehingga memungkinkan kamu untuk mengatur halaman web berdasarkan kolom dan baris.

Platform ini sangat cocok bagi para pebisnis pemula karena dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan kamu dalam membuat website.

Dengan fitur drag-and-drop, CMS yang bisa diintegrasikan, dan SSL certificate gratis untuk menjamin keamanan situs, kamu dapat memiliki situs web khusus bisnis keren.

Tidak hanya itu, Weebly menawarkan storage web sebesar 500MB secara gratis tanpa batas halaman, penambahan beragam fitur dengan layanan add-on dari pihak ketiga, serta SEO tools yang dapat diedit untuk semua halaman.

3. WordPress

Ada lagi layanan pembuat website yang bisa kamu gunakan untuk mendukung keperluan bisnis yaitu WordPress.

Cara membuat website gratis dengan WordPress pun tidak sulit, lho. Oleh karena itu, ada banyak sekali brand yang menggunakan WordPress untuk membuat website.

WordPress memang merupakan pembuat situs web gratis paling populer di dunia. Dengan WordPress, kamu bisa membuat website menggunakanWordPress.org atau WordPress.com.

Melalui WordPress.org, kamu perlu mengunduh perangkat lunak sumber terbuka WordPress sehingga dapat membuat dan menyesuaikan situs web dengan kebutuhan.

Selain itu, kamu perlu menyiapkan nama domain dan hosting sebelum membuat situs web. Bahkan, kamu juga perlu mempelajari cara memelihara dan menjaga keamanan situs web sendiri.

Namun dengan WordPress.com, kamu bisa membuat situs web gratis yang dihosting sepenuhnya oleh Automattic menggunakan kerangka kerja WordPress.

Jadi, proses pembuatan situs web bisa berjalan lancar dan lebih ramah pengguna.

Meskipun jauh lebih mudah digunakan oleh pemula, akan tetapi WordPress.com juga memiliki kekurangan.

Pada versi gratisnya, kamu tidak bisa menyesuaikan plugin, dan nama domain yang tersedia cenderung terbatas.

Tetap saja, WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu kamu dalam membuat website.

Apalagi, ada berbagai pilihan tema dan plugin yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, ramah untuk pengguna seluler, hosting dan keamanan situs web terjamin, dan sangat fleksibel.

Baca Juga: Cara Melakukan WhatsApp Cloning Langsung Di HP Dan Aplikasi

4. Mozello

Cara membuat website gratis selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan Mozello.

Meski mungkin tidak seterkenal layanan pembuat situs web lainnya, akan tetapi Mozello juga memiliki keunggulan dibanding kompetitornya.

Ini merupakan layanan pembuat website gratis dalam berbagai bahasa satu-satunya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan layanan pembuat situs web lainnya, kamu tidak dapat memiliki website multibahasa.

Jadi, Mozello bisa menjadi solusi yang tepat jika kamu merintis bisnis skala internasional sehingga semua pelanggan di seluruh dunia bisa mengetahui lebih lanjut tentang brand milikmu.

Mozello memiliki fitur blog, toko online, dan SEO tools yang mumpuni untuk mendukung situs web bisnis kamu berjalan dengan baik.

5. SIRCLO

cara membuat website gratis dan platformnya
Foto: Contoh CMS (Pixabay.com)
shopee pilih lokal

Jika kamu sedang mencari cara membuat website gratis untuk bisnis, mungkin bisa coba layanan dari SIRCLO Store. Ini bisa menjadi layanan yang tepat jika brand kamu ingin go online.

Melalui layanan SIRCLO Store, kamu bisa memiliki situs web untuk bisnis dengan tampilan yang responsif. Jadi, bisa diakses melalui perangkat apapun baik itu smartphone, laptop, komputer, hingga tablet.

SIRCLO Store menyediakan berbagai pilihan template yang menarik sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan branding bisnis.

Tampilan situs web bisnis kamu pun tetap profesional.

Semua proses mengelola situs web pun bisa dilakukan dengan mudah berkat layanan yang ditawarkan oleh SIRCLO Store. Mulai dari upload produk, mengatur tampilan website, hingga kelola pesanan pelanggan.

SIRCLO Store bahkan dilengkapi dengan fitur pengelola diskon sehingga kamu bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan ke toko online.

SIRCLO Store juga memiliki fitur iklan yang bisa kamu atur di dashboard website agar produkmu lebih banyak dikenal orang.

Menariknya, SIRCLO Store memiliki fitur SIRCLO Payments yang memungkinkan kamu untuk menyediakan berbagai metode pembayaran bagi pelanggan.

Mulai dari Virtual Account, e-wallet, QRIS, hingga pembayaran lewat minimarket.

Proses kelola pesanan pun jauh lebih mudah karena sistem bisa membantu kamu untuk mencari informasi biaya pengiriman, karena semuanya sudah terhitung secara otomatis.

Apabila kamu mengaktifkan fitur Resi Otomatis, proses pengiriman pesanan kepada pelanggan pun jauh lebih praktis.

6. Blogger

Layanan penyedia situs web gratis lainnya adalah Blogger. Nama platform yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu, bukan?

Blogger merupakan platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat situs web.

Dengan Blogger, kamu bisa membuat website sesuai kebutuhan secara lebih mudah berkat tampilannya yang user-friendly.

Pilihan template atau tema website-nya pun cukup beragam sehingga kamu bisa memilih desain situs web yang paling sesuai dengan branding tokomu.

Dengan layanan gratis, kamu akan mendapatkan nama domain berakhiran .blogspot. Namun, juga bisa dikustomisasi dengan cara berlangganan layanan premium.

Tidak hanya untuk keperluan promosi dan identitas bisnis, Blogger juga bisa kamu manfaatkan sebagai penghasil uang. Dengan cara memasang Google AdSense untuk beriklan.

Baca Juga: 5 Kelebihan Aplikasi E-Wallet, Transaksi Aman Dan Praktis!

7. Webnode

Cara membuat website gratis selanjutnya ialah dengan Webnode.

Bagi kamu yang belum tahu, Webnode merupakan layanan pembuat situs web gratis, mudah digunakan, dan bisa digunakan untuk membuat website dengan berbagai bahasa (multibahasa).

Dengan Webnode, kamu bisa membuat blog untuk keperluan promosi bisnis. Bisa juga menggunakannya untuk membuat toko online.

Tampilannya yang mobile user-friendly mmebuat Webnode banyak dipilih oleh para pebisnis profesional. Baik mereka yang baru memulai usaha maupun bisnis skala besar.

Selain itu, Webnode memungkinkan kamu untuk membuat formulir kontak sehingga bisa membangun database pelanggan potensial, dapat diintegrasikan dengan Google Maps sehingga memudahkan audiens menemukan lokasi bisnis, serta SEO tools yang lengkap dan berkinerja baik.

8. Jimdo

Ada juga Jimdo, yang bisa kamu gunakan untuk membuat situs web dengan gratis. Ini merupakan layanan pembuat website yang memiliki waktu muat halaman tercepat.

Selain itu, Jimdo memiliki beragam pilihan template yang responsif sehingga tampilan website kamu bisa diakses melalui berbagai perangkat.

Dengan Jimdo, kamu bisa membuat situs web untuk bisnis sehingga brand terlihat lebih kredibel di mata pelanggan.

Jimdo menyediakan ruang penyimpanan sebesar 500, dan memiliki enkripsi HTTPS/SSL, yang berarti informasi pengunjung akan tetap aman selama mengkesplor website kamu.

Bahkan, kamu dapat mengintegrasikan situs web dari Jimdo secara mulus dengan akun media sosial milik bisnismu.

Jimdo juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk perusahaan internasional karena memungkinkan kamu membuat situs web yang dioptimalkan bagi pengguna seluler dalam lebih dari sembilan pilihan bahasa.

9. Squarespace

Squarespace merupakan salah satu layanan pembuat situs web gratis yang bisa kamu coba gunakan untuk keperluan bisnis.

Dengan Squarespace, kamu dapat membuat website yang memiliki desain menarik, profesional, dan responsif.

Kamu bisa memiliki situs web dengan desain yang sesuai kebutuhan berkat fitur drag-and-drop. Fitur tersebut dapat memudahkan kamu untuk menyesuaikan template desain situs web meski tanpa keterampilan coding sekali pun.

Squarespace sangat cocok bagi kamu yang baru memulai bisnis sehingga visibilitas merek secara online terbangun dengan baik. Pengelolaan toko online pun dapat dilakukan jauh lebih praktis.

Ini bisa menjadi platform yang tepat guna membantu kamu berbisnis online. Pasalnya, Squarespace memiliki berbagai fitur pendukung untuk memaksimalkan kinerja e-commerce.

Baca Juga: Apa Saja Contoh Perusahaan Jasa? Berikut Pengertian Dan Jenisnya

10. GoDaddy

platform pembuat website
Foto: Tampilan Website (Pixabay.com)
shopee pilih lokal

Cara membuat website gratis lainnya yaitu dengan menggunakan layanan dari GoDaddy.

Layanan ini menawarkan alat pembuat situs web lengkap untuk pemula dan pemilik usaha kecil yang telah membeli hosting dan domain.

Dengan GoDaddy, kamu bisa membangun situs web fungsional, dengan editor drag-and-drop, template sederhana dan bersih, sertifikat SSL yang terjamin aman, dan dukungan tools untuk media sosial.

Semua keperluan bisnis online akan kamu dapatkan dengan mudah melalui layanan yang ditawarkan oleh GoDaddy.

Selain itu, GoDaddy bisa membantu kamu untuk memiliki situs web yang responsif dan ramah bagi pengguna seluler.

Bahkan, kecepatan waktu muat halamannya sangat tinggi sehingga tidak akan membuat pengguna kecewa saat mengakses website.

Itu dia beberapa cara membuat website gratis yang bisa kamu lakukan dengan berbagai pilihan platform. Manakah cara membuat website gratis yang akan kamu pilih untuk mendukung branding bisnismu?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X