2 Cara Mudah Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Share this Post

membatalkan pesanan di tiktok shop
Table of Contents

Apakah bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop? Berikut penjelasan lengkap dan panduannya, simak ya!

Layaknya berbelanja di marketplace lain, tentu kamu bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop. Hal ini merupakan hal lumrah saat berbelanja online.

Pasalnya, sangat mungkin bagi para pembeli untuk berubah pikiran, salah membeli produk, maupun stok produk yang ternyata sudah habis namun belum di-update oleh penjual.

Jika hal-hal tersebut terjadi, kamu memiliki opsi untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop. Namun sayangnya, belum banyak orang yang memahami cara mengajukan pembatalan pesanan.

Pasalnya, TikTok Shop sendiri merupakan fitur yang masih sangat baru jika dibandingkan dengan marketplace lain. Artinya, belum banyak orang yang terbiasa menggunakan platform ini.

Tak sedikit pengguna yang merasa kebingungan menggunakan TikTok Shop, mulai dari cara mendaftar sebagai penjual, cara membeli barang, cara mendapatkan gratis ongkir, hingga membatalkan pesanan.

Nah, dalam pembahasan kali ini, kamu dapat mengetahui panduan membatalkan pesanan di TikTok Shope dengan mudah. Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 2 Cara Belanja di TikTok Shop, Nggak Perlu Keluar Aplikasi!

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

membatalkan pesanan di tiktok shop
(Foto pembeli membatalkan pesanan di TikTok Shop. Sumber: Freepik.com)

Ada dua cara membatalkan pesanan di TikTok, yaitu pesanan yang belum dibayar atau COD, serta pesanan yang sudah dibayar. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar atau COD

Jika kamu terlanjur memesan suatu produk yang belum dibayar atau memilih metode pembayaran COD, berikut langkah-langkah membatalkan pesanan yang bisa kamu ikuti:

  • Buka aplikasi TikTok 
  • Masuk ke laman Profil
  • Klik ikon garis tiga yang ada di sisi kanan 
  • Klik tombol ‘Orders’ di menu ‘settings and Privacy’
  • Klik produk yang ingin kamu batalkan di tab ‘All’
  • Klik ‘Cancel’ di menu ‘Awaiting payment’
  • Setelah itu, isi alasan pembatalan pesanan di kolom ‘Tell us why you canceled’
  • Klik ‘Submit’
  • Jika pengajuan pembatalan berhasil, akan muncul notifikasi pembatalan pesanan.

2. Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar

Sebagian pembeli pernah mengalami kejadian ini. Terkadang, kita lupa membaca detail produk dan langsung membayar pesanan. Padahal, produk yang kita beli tidak sesuai dengan keinginan kita.

Jika sudah terlanjur membayar pesanan, kamu tetap bisa kok membatalkan pesanan tersebut. Pertama, kamu bisa menghubungi penjual untuk menyampaikan keinginan dan alasanmu membatalkan pesanan.

Pasalnya, TikTok memang tidak menyediakan fitur untuk mengonfirmasi penjual jika ingin membatalkan pesanan. Maka dari itu, kamu perlu melakukannya secara manual melalui fitur chat.

Setelah disetujui oleh penjual, masuk ke langkah berikutnya. Kedua, kamu bisa mengajukan pembatalan pesanan dengan menghubungi customer service. Kamu bisa mengirimkan permintaan pembatalan pesanan dan menuliskan alasannya.

Jika alasan tersebut dapat diterima, pihak TikTok Shop akan membantu membatalkan pesanan yang kamu ajukan.

Baca Juga: 5 Cara Jualan di TikTok Shop, Bisa Sambil Buat Konten!

Cara Menghindari Kesalahan Saat Belanja Online

2 Cara Mudah Membatalkan Pesanan di TikTok Shop
Foto kesalahan belanja online. Sumber: Freepik.com)

Menurut Purewow, salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pembeli adalah lupa memerhatikan kebijakan pembatalan dan pengembalian barang.

Hal ini baru menjadi masalah ketika pembeli menyadari bahwa Ia salah memilih barang, dan ingin membatalkan pesanan.

Untuk menghindari kesalahan saat belanja online, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Berikut penjelasannya!

1. Baca Deskripsi Produk

Salah satu kesalahan terbesar saat belanja online adalah kebiasaan malas membaca deskripsi. Padahal, deskripsi produk dibuat untuk memberikan informasi kepada pembeli mengenai detail produk yang akan dibeli.

Deskripsi produk memuat detail ukuran dan varian produk, fungsi, fitur, cara penggunaan, cara perawatan, kebijakan pengiriman, dan kebijakan pembatalan.

Banyak pembeli yang menyalahkan penjual dan memberikan ulasan buruk, padahal sebenarnya semua informasi sudah ditulis dalam kolom deskripsi. Hal ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana.

2. Baca Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan bisa menjadi bukti kualitas produk yang dijual. Para pelanggan yang sudah membeli produk tersebut tentu sudah melihat dan merasakan langsung produknya.

Artinya, ulasan pelanggan merupakan sumber informasi penting untuk memastikan keaslian dan kualitas suatu produk. Biasanya, kolom ulasan ini juga terdapat gambar atau video asli produk yang menggambarkan wujud rill-nya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menambahkan Link di Bio TikTok? Simak Selengkapnya

3. Perhatikan Kebijakan Pengiriman

2 Cara Mudah Membatalkan Pesanan di TikTok Shop
Foto kurir pengiriman barang. Sumber: Freepik.com)

Sebagian toko mengatur jam pengiriman harian. Misalnya, batas pesanan masuk adalah pukul 14.00 jika ingin dikirim di hari yang sama. Artinya, kamu tak boleh memaksakan pengiriman produk jika sudah melebih jamnya.

Pasalnya, kebanyakan toko sudah mengatur waktu pick up dengan kurir tertentu. Selain itu, sebagian toko juga ada yang meniadakan pengiriman pada hari minggu dan tanggal merah.

4. Jangan Ragu Bertanya Kepada Penjual

Jika ada informasi produk yang kurang lengkap atau kamu ingin memastikan stoknya, kamu bisa bertanya kepada penjual lewat fitur chat.

Komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli amat penting demi teciptanya iklim jual beli yang kondusif dan saling menguntungkan. Banyak kesalahan pembelian terjadi karena kurangnya komunikasi yang baik antara kedua pihak.

Baca Juga: 9 Influencer TikTok yang Bisa Bantu Promosikan Bisnismu

5. Utamakan Fungsi, Bukan Gengsi

Tips terakhir untuk menghindari kesalahan saat belanja online adalah mengutamakan fungsi, bukan gengsi. Pasalnya, banyak pembeli yang membeli produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Alhasil, tak sedikit uang yang terbuang dengan tujuan gengsi. Padahal, tujuan utama berbelanja adalah memenuhi kebutuhan harian. Artinya, kesalahan fundamental seperti ini sebaiknya dikurangi.

Itulah beberapa cara membatalkan pesanan di TikTok Shop dan tips menghindari kesalahan saat belanja online.