2 Cara Belanja di TikTok Shop, Nggak Perlu Keluar Aplikasi!

Share this Post

cara belanja di tiktok shop
Table of Contents

Belanja online kini makin mudah lewat TikTok Shop. Ingin tahu cara belanja di TikTok Shop agar gratis ongkir? Simak sampai akhir ya!

Melansir dari Search Engine Journal, TikTok merupakan aplikasi media sosial nomor satu yang paling banyak diunduh pada Q1 tahun 2022.

Platform ini sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Meskipun dimulai sebagai aplikasi musik yang mendorong orang untuk bernyanyi dengan lagu favorit, sekarang ada berbagai macam konten yang menampilkan lebih banyak video asli dari pengguna.

Aplikasi media sosial seperti TikTok memungkinkan bisnis untuk berinteraksi lebih banyak dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan brand awareness serta loyalitas pelanggan.

Tak hanya sebagai media untuk promosi, TikTok juga menjelma menjadi aplikasi serbaguna yang menggabungkan konsep entertain dan shopping.

Selain menjelajahi ribuan konten, kamu juga bisa berbelanja berbagai produk langsung dari platform ini.

Artinya, semua bisnis kini bisa mempromosikan produk sambil berjualan. Para pengguna pun jadi bisa melihat ulasan produk langsung sambil berbelanja.

Baca Juga: 2 Cara Melihat TikTok Insight Untuk Meningkatkan Bisnismu

Cara Belanja di TikTok Shop

Cara Belanja di TikTok Shop
(Foto cara belanja di TikTok Shop. Sumber: Freepik.com)

Pernahkah kamu mencari tau, mengapa TikTok begitu populer? Menurut beberapa penelitian, milenial memiliki rentang perhatian sekitar 12 detik dan Gen Z sekitar 8 detik, sehingga fenomena video pendek di TikTok cenderung lebih disukai.

Saat kamu membuka aplikasi, hal pertama yang kamu lihat adalah halaman FYP yang mempromosikan video yang kemungkinan besar sesuai dengan minatmu dan menarik perhatian.

Termasuk video dari akun baru setiap harinya, baik itu video informatif, humor, hingga promosi produk.

TikTok Shop adalah cara mudah bagi pengguna untuk membeli produk yang mereka lihat di TikTok tanpa harus meninggalkan aplikasi.

TikTok memudahkan penjual online dengan mempromosikan produk dan layanan yang dapat dibeli konsumen langsung di platform mereka.

Pasalnya, banyak influencer yang mempromosikan suatu produk dan membagikan link affiliate untuk berbelanja di aplikasi lain. Kehadiran TikTok Shop seolah menjadi jalan pintas bagi keduanya.

Para influencer ini tetap bisa menjajal bisnis affiliate tanpa harus mengarahkan penonton untuk membuka aplikasi lain. Semuanya bisa dilakukan dalam satu platform.

Baca Juga: 5 Cara Jualan di TikTok Shop, Bisa Sambil Buat Konten!

1. Cara Belanja di TikTok Shop

  1. Buka aplikasi TikTok dan login ke akun TikTok-mu.
  2. Kunjungi akun toko resmi dari produk yang ingin kamu beli.
  3. Setelah menemukan toko yang diinginkan, klik ikon “Shop” berupa gambar tas yang muncul di halaman “Profil” kamu.
  4. Ketika kamu mengklik ikon tersebut, kamu akan melihat etalase produk dari toko yang bersangkutan. Kamu bisa memilih barang apa yang ingin kamu beli.
  5. Jika sudah menentukkan barang yang ingin dibeli, klik tombol “Buy Now” yang ada di pojok kanan bawah.
  6. Pada halaman “Order Summary”, isi alamat lengkap kamu. Cek lagi barang yang ingin kamu checkout seperti jumlah item, warna, ukuran, dsb. Kamu dapat memberi catatan mengenai barang yang ingin kamu beli (opsional), serta memilih metode pembayaran.
  7. Ada tujuh pilihan metode pembayaran yang tersedia di TikTok Shop yang bisa kamu pilih, yaitu menggunakan OVO, GoPay, Transfer Bank, Dana, Credit Card, Pembayaran melalui Indomaret, dan Alfamart.

Baca Juga: Cara Live Streaming TikTok, Bisa Tingkatkan Penjualan!

2. Cara Belanja di TikTok

Sebagian toko online dan influencer memanfaatkan fitur live streaming sebagai ajang promosi sekaligus menjual produk mereka. Berikut cara belanja di TikTok saat live streaming:

  1. Buka siaran live streaming yang kamu mau.
  2. Produk yang dijual saat live streaming biasanya ditampilkan melalui jendela kecil yang ada di pojok kanan bawah halaman TikTok.
  3. Setelah kamu menemukan produk yang disukai saat menonton live streaming, kamu dapat langsung mengklik tombol “Buy” untuk melakukan pembelian, kemudian pilih “Buy Now”.
  4. Sama seperti cara sebelumnya, kamu perlu mengisi alamat lengkap berikut detail order barang yang diinginkan.
  5. Setelah melalui semua tahapan pembelian dan pembayaran, kamu tinggal menunggu barang yang kamu pesan di antar ke tempatmu.

Baca Juga: Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Seller dan Kreator

Cara Belanja di TikTok Shop Dengan Gratis Ongkir

2 Cara Belanja di TikTok Shop, Nggak Perlu Keluar Aplikasi!
(Foto cara belanja di TikTok Shop. Sumber: Freepik.com)

Cara mendapatkan gratis ongkir di TikTok Shop sebenarnya sangat mudah. Menghimpun dari berbagai sumber, diskon gratis ongkir bisa diakses oleh semua pengguna di area Pulau Jawa dan Bali dengan minimum pembelian Rp30.000,-.

Hanya saja, fitur tersebut tak bisa dinikmati oleh semua pengguna TikTok karena hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang berdomisili di wilayah Jawa dan Bali saja.

Dengan catatan, ongkos kirimnya tidak mahal. Jika biaya pengirimannya besar, kamu tetap harus membayar ongkos kirim yang sudah dipotong oleh voucher ongkir.

Lantas, apakah kupon gratis ongkir juga bisa digunakan oleh pengguna yang berdomisili di luar Jawa-Bali?  Jawabannya iya.

Pengguna TikTok Shop di luar Jawa-Bali tetap bisa mendapatkan vocher gratis ongkir yang dibagikan oleh penjual saat promo dan melalui akun yang sedang live streaming.

Untuk menemukan toko yang sedang membagikan kupon gratis ongkir juga sangat mudah. Kamu hanya tinggal membuka kolom pencarian dan masukan keyword “gratis ongkir”.

TikTok bakal menampilkan semua video produk yang menyediakan kupon gratis ongkir.

Nah, itulah penjelasan tentang cara belanja di TikTok Shop dan cara mendapatkan kupon gratis ongkirnya.