10 Ide Bisnis Modal 50 Ribu yang Cepat Laku

Share this Post

modal 50 ribu
Table of Contents

Beberapa ide bisnis modal 50 ribu ini bisa jadi sumber pemasukan tambahan. Menariknya, beberapa bisnis ini bisa dikerjakan dari rumah, lho.

Apa yang bisa dilakukan dengan uang Rp 50 ribu? Yap, kamu bisa membeli dua porsi ayam geprek lengkap dengan es teh. Namun, tahukah kamu bahwa uang Rp 50 ribu juga bisa digunakan untuk memulai bisnis?

Jutaan orang tidak menyadari, ada banyak peluang bisnis modal 50 ribu yang bisa dikerjakan. Beberapa di antaranya bahkan tidak membutuhkan biaya sama sekali, sebab pada dasarnya setiap orang bisa menawarkan jasanya.

Ditambah lagi, saat ini ada banyak platform yang membantu mempertemukan calon klien dengan para freelancer yang menawarkan jasanya. Artinya, bisnis saat ini tak melulu menjual produk fisik.

Produk digital dan jasa pun bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika digeluti secara konsisten. Ingin tahu apa saja bisnis modal 50 ribu yang bisa dijajal? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Modal 100 Ribu, Ada yang Nyaris Tanpa Modal!

Ide Bisnis Modal 50 Ribu

bisnis modal 50 ribu
(Foto ide bisnis modal 50 ribu. Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa ide bisnis modal 50 ribu yang bisa kamu coba.

1. Jasa Personal Assistant

Ide bisnis pertama dibuka dari bisnis jasa asisten pribadi. Jasa asisten pribadi ini masih dibutuhkan oleh banyak orang, terutama pebisnis, petinggi perusahaan, maupun individu lain.

Sebagai asisten pribadi, pekerjaan yang kamu lakukan di antaranya membantu membuat jadwal harian klien, mengatur pekerjaan klien, menyiapkan keperluan administrasi, hingga membantu memesan tiket dan akomodasi.

Menariknya, jasa asisten pribadi ini bisa ditawarkan dan dikerjakan secara virtual. Artinya, kamu tak mesti bertatap muka langsung. Ada beberapa platform yang bisa kamu jajal untuk menawarkan jasamu, salah satunya Sribulancer dan Fiverr.

2. Jual Beli Barang Bekas

Bisnis modal 50 ribu berikutnya adalah jual beli barang bekas. Beberapa barang bekas yang tak terpakai di rumah ternyata masih memiliki nilai jika dijual kembali. Apalagi jika barang tersebut termasuk barang antik.

Menurut Farmantiques, barang antik adalah barang yang harus berusia minimal 100 tahun. Artinya, pada tanggal postingan ini, barang antik dibuat pada atau sebelum Maret 1922.

Penjualan barang bekas ini bisa dilakukan secara langsung kepada toko, kolektor, maupun masyarakat luas baik secara offline maupun online.

Kamu bisa menawarkan barang bekasmu ke toko barang loak, misalnya Pasar Loak di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Jika menggunakan sistem titip-jual, kamu perlu mencari toko barang bekas yang menyediakan jasa ini. sistem titip-jual artinya kamu akan mendapat komisi dari penjualan barang bekasmu.

Baca Juga: Mau Jadi Jutawan? Coba 15 Ide Bisnis Modal 250 Ribu yuk!

3. Jasa Fotografer

10 Ide Bisnis Modal 50 Ribu yang Cepat Laku
(Foto jasa fotografer. Sumber: Freepik.com)

Apakah kamu memiliki hobi fotografi dan mempunyai kamera sendiri? Jika iya, mengapa tidak mencoba menawarkan jasa sebagai fotografer?

Saat ini jasa fotografer masih sangat dibutuhkan. Apalagi saat musim wisuda, banyak lulusan baru yang membutuhkan jasamu untuk mengabadikan momen penting mereka.

Tak hanya itu, jasa fotografe juga dibutuhkan untuk acara lain seperti acara tunangan, acara kantor, bahkan acara ulang tahun anak. Memiliki hobi yang menghasilkan uang tentu sangat menyenangkan.

4. Jasa Tulis Artikel

Hampir serupa dengan jasa ketik, jasa tulis artikel membutuhkan skill mengetik dan perangkat komputer. Bedanya, kamu perlu menulis artikel dengan tema tertentu sesuai permintaan klien.

Terkadang, kamu juga membutuhkan pemahaman tentang SEO, CMS, Google Analytics, Google Trends, dan tools lainnya. Saat ini, ada banyak lowongan pekerjaan menjadi penulis artikel lepas atau freelance.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Modal 500 Ribu yang Paling Menguntungkan

5. Usaha Jahit Rumahan

Ide usaha selanjutnya adalah jahit rumahan. Membuka usaha jahit tidak harus memiliki mesin jahit. Kamu bisa menggunakan jarum dan benang serta keterampilan menjahit.

Usaha ini sangat potensial untuk dijalani. Meskipun sepele, nyatanya tidak banyak orang yang suka menjahit.

Sebab, kegiatan ini butuh kesabaran dan memakan banyak waktu. Kamu bisa menawarkan jasa jahit kepada tetangga, teman sekolah, atau teman kantormu.

6. Social Media Management (SMM)

10 Ide Bisnis Modal 50 Ribu yang Cepat Laku
(Foto social media manager. Sumber: Freepik.com)

Menurut Emplifi, SMM adalah proses menganalisis audiens media sosial dan mengembangkan strategi yang sesuai untuk membuat dan mendistribusikan konten, memantau percakapan, bekerja sama dengan influencer, menyediakan layanan konsumen, serta mengukur kinerja media sosial dan ROI.

Bisnis SMM adalah bisnis yang mengandalkan keterampilan menggunakan media sosial.

Nantinya, kamu akan menjual jasa untuk merencanakan dan membuat konten, mengatur jadwal unggahan, menganalisis hashtag dan performa konten, serta meningkatkan performa media sosial.

Baca Juga: Kena PHK? Ini 15 Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Bisa Dicoba!

7. Editor Video TikTok

Sebagai media sosial terpopuler, ada banyak kreator yang menggunakan TikTok untuk membagikan konten baru setiap harinya.

Peluang bisnis modal 50 ribu ini bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa edit video TikTok. Sebagai tools pendukung, kamu bisa menyewa akun premium aplikasi edit video dengan harga yang sangat terjangkau.

Dengan hanya bermodalkan ponsel, kamu bisa menjadi spesialis editor video TikTok dan meraup cuan dengan bekerja sama dengan para konten kreator.

8. Membuat Kerajinan Tangan

Ide bisnis modal 50 ribu berikutnya adalah membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan botol kemasan plastik untuk membuat vas bunga dan tempat pensil.

Tak hanya itu, jika kamu suka membuat gambar, kamu juga bisa membuat lukisan mozaik menggunakan cangkang telur, glitter, dan kacang-kacangan. Dengan memanfaatkan manik-manik bekas, kamu juga bisa membuat aneka gelang tangan yang cantik.

9. Jasa Pembuatan CV dan Resume

10 Ide Bisnis Modal 50 Ribu yang Cepat Laku
(Foto jasa pembuatan CV. Sumber: Freepik.com)

Jika kamu merupakan seorang karyawan yang terbiasa dengan desain, administrasi, atau human resources, kamu bisa membuka jasa pembuatan CV dan resume.

Pasalnya, banyak jobseeker yang kebingungan membuat CV dan surat lamaran yang benar. Banyak yang bingung menerapkan teknik ATS dalam membuat CV. Peluang ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk menjadi konsultan sekaligus jasa membuat CV para pencari kerja ini.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Setelah PHK, Nggak Butuh Modal Besar!

10. Menjadi Pemandu Wisata

Bisnis jasa lain yang jarang dilirik namun memiliki pasarnya sendiri adalah menjadi pemandu wisata. Jika kamu hobi jalan-jalan dan memiliki pengetahuan yang luas tentang suatu tempat, kamu bisa menawarkan jasamu.

Misalnya, menjadi pemandu wisata sejarah di Kota Tua Jakarta atau menjadi pemandu wisata trekking di kawasan Bogor. Kamu bisa menawarkan jasamu di aplikasi online seperti Tiket.com, Traveloka, dan TimeGap.

Itulah beberapa ide bisnis modal 50 ribu yang bisa kamu coba. Yuk, tambah pemasukanmu dengan bisnis minim modal tersebut!