Cara Jualan di Akulaku, Mudah dan Menguntungkan

Share this Post

Table of Contents

Jika kamu tertarik memanfaatkannya untuk bisnis, yuk cari tahu cara jualan di Akulaku.

Pernahkah kamu mendengar platform bernama Akulaku?

Akulaku merupakan platform e-commerce sekaligus penyedia kredit di Asia Tenggara. Selain beroperasi di Indonesia, Akulaku juga hadir di Filipina dan Malaysia.

Dengan Akulaku, pengguna bisa berbelanja menggunakan fitur Buy Now Pay Later dan produk pinjaman tunai. Jadi, produk yang dibeli dapat dibayar dengan cara diangsur atau cicilan.

Tenor yang diberlakukan Akulaku cukup panjang dan fleksibel, mulai dari 15 bulan. Ini bisa dijadikan solusi bagi konsumen yang membutuhkan produk tetapi belum memiliki uang yang cukup.

Mereka pun bisa tetap membeli dan membayarnya secara bertahap hingga lunas.

Baca Juga: 5 Manfaat Iklan Online bagi Pemasaran Produk

Cara Jualan di Akulaku

cara jualan di akulaku
Foto: Ilustrasi Operasional Bisnis Online (freepik.com)

Tidak hanya memiliki banyak pengguna, e-commerce Akulaku juga sudah memiliki banyak merchant yang dapat dipilih sesuai kebutuhan konsumen.

Terbukti sudah ada lebih dari 90.000 merchant yang memiliki toko online di Akulaku. Bagi kamu yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, juga bisa bergabung menjadi seller di Akulaku.

Cara jualan di Akulaku pun sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini cara jualan di Akulaku yang bisa kamu coba sehingga memiliki toko online di e-commerce Akulaku.

1. Pilih Jenis Merchant

Sebelum membuka toko online di Akulaku, kamu perlu memilih jenis merchant. Ada dua jenis merchant Akulaku yang bisa kamu pilih, yakni:

  • Toko Biasa

Toko biasa adalah merchant milik perorangan yang berjualan di Akulaku. Ini merupakan jenis merchant yang sama seperti pemilik toko online lainnya di platform e-commerce.

  • Official Store

Sementara itu, official store adalah toko resmi yang memiliki otorisasi dari merek aslinya. Biasanya, merchant ini dimiliki oleh merek-merek ternama skala besar. Misalnya Samsung, HP, Vivo, Philips, Asus, Huawei, dan masih banyak lagi.

2. Syarat Daftar Merchant Akulaku

Untuk dapat berjualan di Akulaku, tentu saja ada syarat pendaftaran yang harus kamu penuhi. Berikut syarat daftar merchant Akulaku yang juga termasuk dalam salah satu cara jualan di Akulaku.

  • Calon penjual merupakan Warna Negara Indonesia.
  • Calon penjual memiliki NIK atau nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Calon penjual memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Calon penjual harus memiliki nomor rekening bank.
  • Memiliki alamat email dan nomor HP yang aktif.
  • Menyediakan foto KTP untuk keperluan verifikasi.
  • Menyiapkan nama toko sebagai identitas merchant.

Baca Juga: Tren Belanja Online di Indonesia Sepanjang Tahun 2022

3. Cara Jualan di Akulaku

Apabila semua persyaratan yang diminta sudah lengkap, berikut ini cara jualan di Akulaku yang dapat kamu coba:

  • Buka browser dan masuk ke laman Seller Center Akulaku melalui link berikut ini.
  • Klik menu “Daftar Sekarang” untuk mendaftar sebagai merchant dan berjualan online di Akulaku.
  • Pilih negara asal, yakni Indonesia dan klik “Konfirmasi”.
  • Lalu pilih jenis toko sesuai bidang usaha yang kamu jalankan. Nantinya, kamu akan diberikan tiga pilihan yakni Merchant Perusahaan Lokal, Merchant Perorangan Lokal, dan Merchant Antar Negara.
  • Masukkan informasi pendaftaran yang diminta, mulai dari nama lengkap, nomor HP, kode verifikasi, email, dan kata sandi.
  • Baca secara seksama dan setujui perjanjian merchant platform pihak Akulaku, dan klik “Daftar”.
  • Usai pendaftaran selesai dilakukan, jangan lupa untuk melengkapi data penjualan. Mulai dari informasi dasar, informasi pengiriman produk, informasi identitas, NPWP/SIUP, dan informasi platform lainnya yang dibutuhkan.
  • Apabila semua informasi yang diminta sudah kamu lengkapi, kamu pun telah resmi menjadi merchant Akulaku.
  • Cara jualan di Akulaku selesai dilakukan dan kamu bisa langsung mulai berjualan.

Keuntungan Buka Toko Online di Akulaku

keuntungan jualan di akulaku
Foto: Ilustrasi Kesuksesan Bisnis Online (freepik.com)

Usai selesai melakukan pendaftaran dengan menggunakan cara jualan di Akulaku berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu juga perlu mengetahui keuntungan apa saja yang akan didapatkan.

Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa kamu nikmati jika membuka toko online dan terdaftar sebagai merchant resmi Akulaku:

1. Dukungan Dana Iklan

Setelah membuka toko atau merchant di Akulaku, kamu bisa mendapatkan traffic gratis berkat dukungan dana iklan yang diberikan.

Jadi, akan semakin banyak orang yang mengetahui toko online kamu di Akulaku. Itu artinya, semakin besar peluang kamu untuk meraup lebih banyak keuntungan.

2. Layanan Inkubasi Spesial

Terdapat manajer inkubasi yang akan membantu pemilik merchant untuk mengembangkan toko online-nya ke arah lebih baik lagi.

Jadi, kamu bisa menghasilkan lebih banyak penjualan yang pada akhirnya menciptakan keuntungan semakin besar.

Baca Juga: Awas! Ini 3 Risiko Pinjaman Online Jika Gagal Bayar

3. Sumber Eksposur Promo

Tidak hanya sampai di situ, Akulaku juga menyediakan berbagai jenis promosi yang dapat membantu toko online kamu menghasilkan lebih banyak eksposur.

Ketika ada banyak orang yang mengetahui toko online kamu, jumlah penjualan bisa meningkat dan keuntungannya pun bertambah.

4. Gratis Komisi Merek untuk Periode Pertama

Keuntungan lain dari berjualan di Akulaku yakni adanya komisi merek yang diberikan gratis untuk periode pertama.

Jadi, toko online kamu bisa berjualan gratis selama 3 bulan pertama usai pendaftaran. Tanpa adanya biaya komisi yang diberlakukan ini, bisa membuat keuntungan kamu semakin besar.

Pasti akan sangat cocok untuk para pebisnis online yang baru memulai usaha.

Namun untuk menikmati keuntungan ini, kamu sebagai penjual harus melakukan pengajuan terlebih dahulu kepada pihak Akulaku.

Apabila disetujui, kamu pun akan mendapatkan gratis komisi selama 3 bulan pertama operasional toko online di platform Akulaku.

Baca Juga: Catat! Ini Cara Aman Pakai Paylater Untuk Berbagai Kebutuhan

5. Subsidi Promo untuk Merchant Berkualitas

Akulaku juga menyediakan beragam promo khusus merchant sehingga toko online milikkamu bisa menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Dengan memberikan berbagai promo menarik, tentunya akan ada banyak pelanggan yang tergiur untuk berbelanja di toko online kamu.

Sebab, promosi yang diberikan membuat proses belanja pelanggan menjadi lebih menguntungkan. Jadi, jangan sia-siakan penawaran dari Akulaku yang satu ini, ya.

6. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Dengan bergabung sebagai merchant Akulaku, bisnis online kamu akan menjangkau pasar yang lebih luas.

Hal ini karena Akulaku memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Menurut laman resminya, ada lebih dari 1,1 miliar pengguna yang menggunakan Akulaku. Dengan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 5 juta orang.

Kamu pun bisa menghasilkan lebih banyak penjualan dengan basis pelangan yang sangat besar ini, bukan?

Oleh sebab itu, pastikan kamu mengelola toko online dengan optimal.

Mulai dari mengunggah foto produk yang menarik, membuat deskripsi sejelas mungkin, dan menawarkan beragam promo menarik untuk memikat pelanggan sehingga mau berbelanja.

Baca Juga: Arti WTS WTB WTT dalam Transaksi Online, Sudah Tahu?

Itu dia cara jualan di Akulaku serta keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pemilik toko online. Semoga bisnis online kamu bisa menghasilkan keuntungan maksimal, ya!