Cara Cek Resi SiCepat Express Secara Real Time, Sudah Tahu?

Share this Post

Table of Contents

Ini dia cara cek resi SiCepat Express dan pilihan layanan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengirim barang.

Kini, ada banyak sekali pilihan ekspedisi yang bisa digunakan oleh para pebisnis untuk mengirim pesanan pelanggan. Salah satunya layanan dari SiCepat Express.

Sesuai dengan namanya, jasa pengiriman barang yang satu ini menjamin paket pelanggan tiba tepat waktu di alamat tujuan.

Selama proses mengelola pesanan, tidak jarang para pelanggan toko online kamu mengajukan berbagai pertanyaan tentang status barang mereka. Oleh karenanya, kamu perlu tahu cara cek resi SiCepat Express.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Agen SiCepat? Berikut Panduannya!

Layanan Pengiriman SiCepat Express

layanan sicepat express
Foto: Petugas SiCepat (sicepat-kediri.business.site)

Ada banyak sekali layanan dari ekspedisi SiCepat yang bisa kamu gunakan untuk keperluan mengirim barang, di antaranya:

1. SIUNTUNG

SIUNTUNG merupakan layanan pengiriman dari SiCepat Express yang menjanjikan proses kirim barang cepat dan murah dengan harga reguler.

Dengan layanan SIUNTUNG, pengiriman barang kamu akan dijamin tiba sampai tujuan dalam waktu 15 jam saja. Khususnya wilayah Jabodetabek dan Bandung.

2. BEST

Jenis layanan SiCepat Express selanjutnya adalah BEST (Besok Sampai Tujuan). Ini merupakan pengiriman barang dengan durasi cepat, sekitar satu hari saja dijamin akan sampai di alamat tujuan.

Layanan dengan estimasi pengiriman satu hari sampai ini bisa kamu nikmati ke seluruh kota besar di Indonesia.

3. HALU

Ada juga layanan pengiriman dari SiCepat Express yang bernama HALU. HALU (Harga Mulai Lima Ribu) adalah layanan pengiriman SiCepat Express dengan tarif ongkir mulai dari Rp5.000 saja.

Layanan pengiriman ini tersedia di berbagai platform e-commerce. Mulai dari Shopee, Bukalapak, hingga Tokopedia.

Kamu yang memiliki toko online di e-commerce, bisa memilih layanan pengiriman HALU dari SiCepat Express untuk mengelola pesanan dari pelanggan.

4. GOKIL

Layanan pengiriman dari SiCepat Express berikutnya ialah GOKIL (Cargo Kilat). Ini merupakan layanan pengiriman barang dalam jumlah banyak dan berukuran besar.

Dengan minimun charge 10 kg dan harga ongkir terjangkau. Kamu bisa menggunakan layanan tersebut untuk mengirim barang ke seluruh kota besar di Indonesia.  

5. H3LO

H3LO merupakan layanan pengiriman dari SiCepat dengan ongkos kirim barang yang lebih irit sehingga sangat terjangkau.

Dengan layanan H3LO, kamu cukup bayar 2kg untuk kiriman barang 3,3kg. Namun, layanan ini hanya berlaku di social commerce, drop paket di gerai SiCepat atau PUDO.

6. SICEPAT SYARIAH

Jenis layanan dari SiCepat yang bisa kamu gunakan untuk mengirim barang lainnya adalah SICEPAT SYARIAH.

Ini merupakan layanan pengiriman yang mengusung konsep sesuai syariat Islam. Lalu, setiap diskon ongkir SiCepat akan didonasikan sebesar 2,5% untuk sekolah dan pesantren di wilayah Cilacap dan Lombok. Dengan bekerja sama melalui Dompet Dhuafa.

Layanan ini bisa digunakan dalam transaksi non marketplace dan laporan pertanggungjawaban donasinya akan dikeluarkan selama 6 bulan kepada para donatur.

7. SICEPAT GO!

SICEPAT GO! adalah layanan dari SiCepat Express yang bisa kamu gunakan untuk pengiriman paket ke luar negeri.

Tidak hanya dapat digunakan untuk pengiriman ke benua Asia dan Australia, tetapi juga ke Eropa, Afrika, dan Amerika.

8. COD

COD (Cash on Delivery) merupakan layanan pengiriman yang bisa dilakukan dengan transaksi pembayaran di tempat.

Ini bisa jadi pilihan layanan pengiriman untuk kamu yang punya toko online di marketplace. Jadi, pelanggan yang tidak memiliki akses pembayaran online bisa tetap berbelanja di toko kamu dengan sistem pembayaran di tempat.

9. SICEPAT KLIK

SICEPAT KLIK merupakan layanan pendukung operasional SiCepat yang menggunakan WhatsApp bot.

Dengan SICEPAT KLIK, kamu bisa memeroleh informasi seputar biaya pengiriman, tracking pengiriman, produk PPOB, dan infromasi lainnya.

Kamu pun dapat menggunakan layanan ini selama 24 jam, tanpa perlu repot mengakses aplikasi. Cukup dengan ketik “SICEPAT” dan kirim ke WhatsApp 0813-1920-0030 atau dengan masuk ke halaman web bit.ly/SiCepatklik.

Jenis-Jenis Layanan Pengiriman SiCepat

Setiap layanan ini dirancang untuk memberikan solusi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan pengirim, baik itu untuk pengiriman sehari-hari, kebutuhan e-commerce, atau pengiriman kargo dalam jumlah besar.

Dengan berbagai opsi layanan, SiCepat Express berusaha untuk memenuhi kebutuhan pengiriman dengan cepat, andal, dan efisien. Yuk, simak bersama apa saja jenis layanan SiCepat yang membantu pelanggannya

  1. Regular Service: Layanan pengiriman reguler yang menawarkan pilihan waktu pengiriman yang lebih fleksibel dengan tarif yang lebih terjangkau. Cocok untuk pengiriman non-urgensi dengan estimasi waktu pengiriman standar.
  2. Same Day Service: Layanan pengiriman yang menjamin pengiriman paket pada hari yang sama saat pengiriman dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan. Ideal untuk pengiriman yang membutuhkan pengiriman segera dalam waktu yang sangat singkat.
  3. Next Day Service: Layanan pengiriman yang menjanjikan pengiriman paket keesokan harinya setelah pengiriman dilakukan. Menawarkan solusi cepat dengan biaya yang lebih rendah daripada layanan pengiriman sehari yang sama.
  4. Express Service: Layanan pengiriman cepat yang memprioritaskan paket untuk pengiriman secepat mungkin. Biasanya memberikan estimasi waktu pengiriman dalam hitungan jam dan cocok untuk pengiriman yang sangat mendesak.
  5. Economy Service: Layanan pengiriman ekonomis yang menawarkan biaya pengiriman yang lebih rendah dengan waktu pengiriman yang lebih lama. Cocok untuk pengiriman dengan anggaran terbatas dan tidak memiliki kebutuhan mendesak untuk pengiriman.
  6. Logistik E-commerce: Layanan khusus untuk pengiriman barang dari pengecer atau penjual online kepada konsumen mereka. Ini mencakup proses pengambilan, pengemasan, dan pengiriman paket secara efisien untuk memenuhi kebutuhan e-commerce.
  7. Pengiriman Kargo: Layanan pengiriman untuk pengiriman barang dalam jumlah besar atau ukuran besar. Biasanya digunakan untuk pengiriman bisnis dan industri yang memerlukan pengiriman dalam volume yang besar.

Baca Juga: Jam Kerja SiCepat: Kantor Pusat, Cabang, Agen, & Kurir

Cara Cek Resi SiCepat Express

cara cek resi sicepat express
Foto: Kemasan Barang Untuk Dikirim (unsplash.com)

Lantas, bagaimana cara cek resi SiCepat Express yang dapat dilakukan untuk mengetahui status pengiriman barang?

Ada beberapa cara cek resi SiCepat Express yang bisa kamu coba terapkan, di antaranya:

1. Cara Cek Resi SiCepat Express dengan Website

Bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan status pengiriman SiCepat, bisa coba cara cek resi SiCepat Express di website berikut ini:

  • Buka laman resmi SiCepat Express dengan klik tautan berikut.
  • Masukkan nomor resi yang terdapat pada informasi pengiriman barang ke dalam kolom Cek Resi.
  • Klik “Lacak”.
  • Cara cek resi SiCepat Express melalui website selesai. Kamu bisa lihat status pengiriman pada website SiCepat.

2. Cara Cek Resi SiCepat Express dengan Google

Kamu juga bisa, lho, melakukan pengecekan status pengiriman melalui halaman penelusuran Google dengan cara cek resi SiCepat Express di bawah ini:

  • Ketik “Cek Resi SiCepat Express” pada kolom pencarian Google.
  • Masukkan nomor resi pada kolom Cek Resi.
  • Klik “Lacak Paket”.
  • Cara cek resi SiCepat Express dengan Google selesai. Kini, status pengiriman kamu akan tersedia secara real time.

3. Cara Cek Resi SiCepat Express dengan Aplikasi

Apabila kamu ingin melakukan pengecekan status pengiriman barang dengan HP, bisa coba cara cek resi SiCepat Express dengan aplikasi berikut:

  • Unduh aplikasi SiCepat Express melalui perangkat pribadi kamu.
  • Buka aplikasi SiCepat Express.
  • Di halaman utama, akan ada kolom cek resi. Masukkan nomor resi pengiriman kamu pada kolom tersebut dan klik “Lacak Paket”.
  • Cara cek resi SiCepat Express menggunakan aplikasi selesai. Status pengiriman barang kamu pun akan muncul di layar.

Baca Juga: Tarif dan Cara Cek Ongkir Dakota Cargo, Penjual Wajib Tahu!

Istilah dalam Pengiriman SiCepat Express

istilah dalam status pengiriman barang
Foto: Label Pengiriman Dokumen (unsplash.com)

Setelah berhasil mengetahui cara cek resi SiCepat Express di atas, kamu akan disajikan beberapa status pengiriman barang yang ditandai dengan beberapa istilah.

Agar kamu tidak bingung dalam membaca status pengiriman barang, bisa coba mencari tahu arti dari setiap istilah pengiriman SiCepat Express berikut ini:

  • Manifested

Artinya, barang telah tiba di kantor pengiriman terdekat dan siap dikirim.

  • On Transit

Istilah ini berarti barang yang dikirim sedang dalam masa transit di kantor SiCepat kota lain, sebelum dikirim ke kota tujuan.

  • On Process

Istilah ini memiliki makna bahwa barang yang dikirim sedang dalam proses pengiriman menuju alamat tujuan.

  • Received on Destination

Barang yang dikirim telah sampai di kantor pusat SiCepat kota tujuan.

  • Delivered

Status pengiriman ini menandakan bahwa barang yang dikirim telah diterima di alamat tujuan.

  • Antar Ulang (AU)

Jika kamu menemukan status pengiriman ini, tandanya barang kamu tertunda pengantarannya oleh kurir sehingga perlu diantar ulang ke alamat tujuan.

  • Bad Adress (BA)

Artinya, barang yang dikirimkan memiliki informasi pengiriman yang kurang jelas dan tidak lengkap. Misalnya ada kesalahan pada penulisan nama penerima, alamat tujuan, nomor rumah, RT/RW, kecamatan, kode pos, atau lainnya.

Ketika hal ini terjadi, kurir biasanya akan mengembalikan barang ke agen SiCepat dan coba menghubungi nomor pengirim atau penerima untuk ditindaklanjuti.

  • Misroute

Itu artinya, barang yang kamu kirim melewati rute pengantaran yang salah. Kurir pun harus segera mencari rute pengiriman yang tepat untuk mencapai alamat tujuan.

  • Closed One Delivery Attempt (CODA)

Istilah Closed One Delivery Attempt artinya barang yang dikirim telah mencapai alamat tujuan, akan tetapi data penerimanya tidak sesuai. Hal ini bisa terjadi karena adanya kesalahan alamat atau kendala lainnya.

  • UNPI (Un Pick)

Itu artinya, paket yang dikirimkan tidak dijemput oleh kurir yang bertugas sehingga pengantaran tertunda.

  • Out Branch

Out branch berarti paket telah keluar dari gudang SiCepat sehingga siap untuk masuk ke proses pengiriman selanjutnya.

  • Out Hub

Out hub adalah status pengiriman yang menggambarkan bahwa paket sudah keluar dari hub SiCepat Express dan segera menuju lokasi gerai sesuai alamat tujuan.

  • COD Out of Coverage

Istilah ini artinya proses pembayaran di tempat (COD) tidak dapat dilakukan karena alamat tujuan yang di luar jangkauan.

  • Return to Warehouse

Return to warehouse memiliki arti bahwa paket yang dikirim harus dikembalikan ke warehouse. Hal ini bisa terjadi ketika kurir tidak menemukan alamat atau mungkin sudah melewati waktu operasional.

  • Broken

Ini merupakan status pengiriman barang yang menunjukkan bahwa paket dalam kondisi rusak pada saat kurir mengirimkan ke alamat tujuan.

  • Criss Cross (CC)

Criss Cross artinya ada kesalahan pada proses input alamat pengiriman akibat kesalahan dari pihak SiCepat Express.

  • Cnee Unknown

Status pengiriman barang ini menggambarkan adanya kesalahan nama penerima atau penerima sudah tidak lagi tinggal di alamat tujuan.

Hal ini dapat terjadi karena kesalahan nama penerima dan penulisan alamat tujuan sehingga pihak kurir atau agen akan menghubungi nomor telepon di paket untuk proses pengantaran yang sesuai.

  • Not Home (NTH)

Artinya, barang sudah diantar oleh kurir ke alamat tujuan. Namun, tidak ada satu pun orang di alamat tujuan yang menerima barang.

Baca Juga: Resi adalah Tanda Terima yang Krusial pada Jasa Ekspedisi, Apa Fungsinya?

Itu dia cara cek resi SiCepat Express yang bisa kamu coba lakukan. Semoga bisa membantu kamu yang ingin mengetahui status pengiriman barang secara real time.