9 Usaha Sampingan Guru Honorer, Bantu Tambah Penghasilan

Share this Post

usaha sampingan guru honorer
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Beberapa orang memilih untuk menjalani usaha sampingan guru honorer sehingga bisa menambah penghasilan.

Mengandalkan gaji pokok sebagai guru honorer biasanya tidaklah cukup.

Gaji menjadi salah satu permasalahan yang banyak dihadapi oleh guru honorer. Besaran upahnya relatif kecil dan sistem penggajiannya biasa dirapel.

Maka dari itu, guru honorer perlu pintar memutar otak untuk mencari sumber pemasukan lain. Misalnya, dengan mencoba usaha sampingan.

Bagi kamu yang berprofesi menjadi tenaga pendidik dan ingin menambah pendapatan, bisa coba menjalani usaha sampingan guru honorer di sela-sela waktu mengajar.

Baca Juga: Kamu Freelancer Online? Ini 12 Website untuk Kelola Bisnis

Ide Usaha Sampingan Guru Honorer

Lantas, apa saja ide usaha sampingan guru honorer yang bisa menjadi sumber pendapatan tambahan?

Berikut daftar usaha sampingan guru honorer yang bisa kamu coba:

1. Freelancer

usaha sampingan guru honorer
Foto: Tutor Online (Pexels.com)

Salah satu ide usaha sampingan guru honorer yang bisa kamu coba ialah menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Kini, sudah ada banyak platform freelancer yang dapat kamu akses secara online. Dalam platform tersebut, kamu bisa menemukan berbagai lowongan untuk pekerja lepas.

Mulai dari penulis artikel, penulis buku, penerjemah bahasa asing, desainer grafis, video editor, dan lain-lain. Pilihlah profesi yang memang kamu kuasai.

Ini bisa menjadi pekerjaan sampingan yang tak terlalu menyita waktu. Sebab, pengerjaannya cenderung fleksibel. Upah yang diberikan pun cukup kompetitif.

2. Guru Les Privat

Menjadi guru les privat merupakan ide usaha sampingan yang umumnya dilakukan oleh guru honorer maupun guru yang berstatus PNS.

Biasanya, banyak orang tua peserta didik yang meminta pengajar anaknya untuk memberikan les tambahan. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mencari penghasilan tambahan.

Tanpa perlu repot mempromosikan diri atau mendaftar ke instansi lain, kamu sudah bisa mendapatkan peserta les privat dari sekolah tempatmu mengajar.

Menjadi guru les privat sama seperti pekerjaanmu sehari-hari.

Kamu hanya perlu mengajar peserta didik secara lebih mendalam tentang materi-materi yang belum mereka pahami. Dengan jumlah peserta didik yang lebih terbatas, tetapi durasinya intens.

3. Toko Online

Usaha sampingan lainnya yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang tambahan sebagai guru honorer adalah bisnis online.

Seperti yang kamu ketahui, tren belanja online di masyarakat sangatlah pesat. Hal ini mendorong pertumbuhan e-commerce maupun marketplace di Indonesia secara signifikan.

Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menambah pendapatan. Terlebih, berbisnis online saat ini sangat mudah untuk dilakukan.

Hanya perlu memilih platform untuk berjualan online dan kamu sudah bisa mulai berdagang. Bahkan, ada beberapa bisnis online yang bisa kamu lakukan tanpa modal.

Misalnya, dengan menjadi reseller atau dropshipper. Dalam hal ini, kamu perlu mencari pemasok barang untuk dijual kembali.

Kemudian, coba mempromosikannya di toko online milik kamu. Ketika ada pelanggan yang melakukan pembelian, kamu hanya perlu meneruskan pesanan kepada supplier.

Nantinya, merekalah yang akan mengurus semua pesanan dari pengemasan hingga pengiriman atas nama online shop kamu.

4. Jual Pulsa dan Kuota

ide usaha sampingan guru honorer
Foto: Pebisnis Online (Pexels.com)
shopee pilih lokal

Jual pulsa dan kuota bisa menjadi ide usaha sampingan guru honorer berikutnya untuk kamu coba. Usaha produk digital seperti ini banyak diminati, lho.

Selagi masyarakat menggunakan smartphone, permintaan akan pulsa elektrik atau kuota internet akan terus dicari.

Maka dari itu, tak ada salahnya bagi kamu untuk coba menjadi agen pulsa dan kuota.

Untuk berjualan pulsa dan kuota kamu juga tak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Kamu pun dapat memulai usaha ini dari rumah.

Kuncinya, terletak pada pemilihan provider yang menyediakan layanan jual beli pulsa dan kuota. Pilihlah penyedia pulsa dan kuota yang terpercaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Ketika usaha pulsa kamu semakin berkembang, cobalah untuk memperluas bisnis dengan menjadi agen PPOB. Jadi, kamu bisa membantu pelanggan untuk membayar berbagai tagihan secara online.

Misalnya, pembayaran belanja online, tagihan listrik dan air, top up e-wallet, dan lain-lain yang berkenaan dengan produk digital.

Baca Juga: 10 Macam Pekerjaan Sampingan, Tambah Penghasilanmu!

5. Usaha Camilan

Makanan ringan termasuk dalam salah satu jenis usaha kuliner yang banyak diminati. Camilan seperti ini cocok untuk disantap kala luang sebagai teman hiburan bersama minuman favorit.

Kamu yang sedang mencari ide usaha sampingan guru honorer, bisa mencoba peruntungan dengan membuka bisnis makanan ringan.

Dengan modal kecil pun, kamu bisa menjual berbagai camilan. Cobalah pasarkan dahulu di area sekolah, mulai dari rekan-rekan guru dan dititipkan ke kantin.

Untuk berjualan makanan ringan, kamu bisa coba memproduksinya sendiri. Namun, diperlukan waktu dan tenaga yang cukup untuk membeli bahan baku hingga mengolahnya menjadi makanan siap santap.

Apabila kamu tak terlalu mahir memasak, bisa menjadi reseller saja. Coba beli makanan ringan secara grosir ke supplier besar untuk dijual kembali.

6. Blogger

Bagi kamu yang seorang akademisi, bisa coba peluang menjadi blogger untuk menghasilkan uang.

Ide usaha sampingan guru honorer yang satu ini bisa dijalankan secara fleksibel. Hanya perlu laptop dan kuota internet untuk memulainya.

Ada banyak platform yang menyediakan layanan pembuatan blog. Misalnya WordPress dan Blogger. Kamu bisa mendesain tampilan blog sesuai keinginan.

Untuk isinya, kamu bisa menulis artikel dalam berbagai tema sesuai minat dan bakatmu. Salah satu yang paling mudah ialah membagikan materi pembelajaran.

Agar blog kamu bisa menghasilkan uang, dibutuhkan konsistensi dalam pengelolaannya. Tulis dan terbitkanlah konten secara rutin.

Jangan lupa gunakan teknik SEO untuk meningkatkan traffic.

Biasanya, blog dapat menghasilkan uang dari penayangan iklan. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Google AdSense.

7. Kerajinan Tangan

ide usaha sampingan guru honorer
Foto: DIY Lilin (Pexels.com)
shopee pilih lokal

Kerajinan tangan juga bisa menjadi ide jualan untuk kamu coba. Jika ditekuni, keuntungannya lumayan, lho.

Sebagai guru honorer yang memiliki waktu luang di luar waktu mengajar, bisa coba memanfaatkan kreativitas untuk menghasilkan produk yang bernilai jual.

Misalnya, membuat kerajinan tangan berupa bunga dekoratif berbahan sabun, konektor masker yang kekinian, masker kain, bros cantik, boneka dari kain perca, dan lain-lain.

Maksimalkanlah kreativitas kamu untuk membuat produk yang memiliki nilai estetika sekaligus fungsional.

Dalam hal ini, kamu bisa coba memasarkannya di sekolah. Bisa juga dijual secara online melalui media sosial atau marketplace.

Selain itu, kamu mungkin bisa menawarkan jasa pembuatan souvenir pernikahan dalam jumlah pesanan tertentu.

8. Jual Foto Online

Apakah kamu hobi fotografi? Bagi kamu yang mahir memotret bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan tambahan. Bagaimana caranya?

Kamu bisa menjual gambar-gambar hasil fotografi kamu secara online. Saat ini, sudah ada banyak platform jualan foto online.

Misalnya, iStockphoto, Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, dan masih banyak lagi.

Setiap situs web untuk jualan online tersebut tentu memiliki syarat dan kebijakannya masing-masing. Jadi, pahami dahulu bagaimana sistemnya sebelum memilih platform jualan foto online.

Jenis foto yang dijual bisa sangat beragam. Mulai dari foto makanan, manusia, pemandangan alam, traveling, dan lain-lain.

Baca Juga: 17 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula, Bisa Tambah Pemasukan!

9. Content Creator

Ide usaha sampingan guru honorer lainnya yang bisa kamu coba, yakni menjadi content creator.

Dalam hal ini, kamu dapat menjadi YouTuber yang memiliki channel pembelajaran layaknya tutor online.

Bisa juga memanfaatkan platform media sosial lain, seperti Instagram atau TikTok.

Kini, cukup banyak guru yang ‘melek’ teknologi dan memanfaatkan media sosial untuk membagikan materi ke peserta didiknya secara online.

Dari YouTube, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Sementara jika memanfaatkan media sosial lain, seperti TikTok kamu bisa menghasilkan uang dengan cara live streaming.

Itu dia beberapa ide usaha sampingan guru honorer yang dapat dijadikan sumber pendapatan tambahan. Kamu mau coba usaha sampingan guru honorer yang mana, nih?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X