5 Tips Memulai Bisnis Ikan Hias dari Rumah, Cepat Untung!

Share this Post

Bisnis Ikan Hias
Table of Contents

Apakah kamu punya hobi memelihara ikan hias? Peluang bisnis ikan hias di masa pandemi ini memang semakin bersemi.

Seperti yang kamu ketahui, kondisi pandemi ini membatasi berbagai kegiatan yang biasanya kita lakukan di luar rumah. Mulai dari bekerja, belajar, hingga hiburan dan wisata.

Jadi, tak aneh jika selama di rumah, kamu mudah merasa bosan dan stres. Kebutuhan dasar untuk menenangkan dan menghibur diri juga mengalami pergeseran.

Hal tersebut mendorong lahirnya hobi-hobi baru yang bisa dikerjakan dari rumah. Beberapa hobi yang sedang naik daun di antaranya ialah berkebun dan memelihara hewan seperti ikan hias.

Di antara banyak pilihan hewan peliharaan, memelihara ikan hias memang bisa dibilang cukup mudah dan menyenangkan. Biaya perawatannya pun cukup murah dan tidak membutuhkan banyak ruang.

Tak mengherankan hobi yang satu ini kian banyak disukai oleh masyarakat selama pandemi. Hal tersebut menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis ikan hias ini juga cukup mudah untuk dikerjakan.

Lantas bagaimana peluang bisnisnya? Bagaimana cara memulai bisnis ikan hias? Yuk, simak penjelasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Tips Mengembangkan Bisnis Hewan Peliharaan yang Sustainable

Peluang Bisnis Ikan Hias

bisnis ikan hias
Foto: Peluang Bisnis Ikan Hias (pexels.com)

Bisnis ikan hias sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebelum pandemi. Bisnis yang satu ini termasuk kebal pandemi, karena mampu bertahan bahkan makin bersemi selama pandemi.

Banyak orang yang berusaha memenuhi keinginannya untuk rekreasi, hiburan, dan menyalurkan hobinya meskipun dikerjakan dari rumah.

Alhasil, berbagai hobi baru pun bermunculan dan ternyata dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Salah satunya adalah memelihara ikan hias. Memeilihara ikan hias merupakan hobi yang mudah untuk dijalani, sebab tidak membutuhkan banyak ruang dan biaya perawatan yang murah.

Tak hanya itu, pasar ikan hias juga tidak hanya berpotensi di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Kementerian Kelautan dan Perikanan bahkan menargetkan penjualan ikan hias ke lima negara utama, yaitu Cina, Amerika Serikat, Rusia, Kanada, dan Singapura.

Untuk mempercepat pengembangan industri ikan hias secara nasional, KKP bahkan telah menyiapkan road map dan strategi pengembangan.

Mulai dari peningkatan produksi dan mutu, perdagangan dan promosi, konservasi spesies dan habitat ikan endemik, keterpaduan data, serta edukasi publik.

Selain mendapat dukungan pemerintah, bisnis ikan hias juga mudah untuk dijalani. Bisnis yang satu ini membutuhkan modal yang terbilang ringan dan bisa dikerjakan dari rumah.

Kamu juga bisa memasarkan ikan hiasmu dengan bantuan media sosial. Untuk urusan penjualan, bahkan kamu pun bisa menjual ikan hias melalui e-commerce.

Berbagai kemudahan dan peluang tersebut tentunya sangat menjanjikan untuk kamu coba.

Baca Juga: 7 Tips Bisnis Hewan Kurban, Manfaatkan Momen Idul Adha!

Manfaat Memelihara Ikan Hias

bisnis ikan hias
Foto: Manfaat Ikan Hias (pexels.com)

Selain memiliki peluang bisnis yang menjanjikan, memelihara ikan hias juga memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat memelihara ikan hias yang perlu kamu ketahui:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut Public Library of Science, kehadiran aquarium ikan hias di rumah bisa membantu mengurangi tekanan darah, terutama pada lansia.

Aquarium berisi ikan hidup dapat membantu menurunkan tekanan darah lebih baik ketimbang aquarium tanpa ikan hidup.

Semakin banyak jenis ikan dalam aquarium, semakin baik juga manfaatnya. Kamu bisa merasa lebih tenang karena membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung yang signifikan.

2. Memberikan Rasa Rileks bagi Pasien

Menurut American Journal of Clinical Hypnosis, meletakkan aquarium ikan di ruang tunggu klinik dokter gigi ternyata membantu memberikan rasa rileks kepada pasian.

Bahkan, sebagian besar pasien hanya membutuhkan sedikit obat penghilang rasa sakit setelah melihat aquarium.

Maka dari itu, tak jarang banyak klinik atau praktek dokter yang menyimpan aquarium di area ruang tunggu.

3. Mengurangi Stres

Mengelola stres sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental dan pikiran. Sayangnya, selama pandemi berbagai hobi yang biasa kita lakukan di luar rumah jadi terbatas.

Untuk itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres adalah dengan mengamati aquarium dan ikan hias.

Warna-warna ikan hias dengan tata letak aquarium yang indah bisa membuatmu merasa bahagia. Hal tersebut bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stres.

Baca Juga: Tertarik Bisnis Cacing Tanah? Begini Cara Budidaya yang Tepat

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketika sedang stres, tak sedikit orang yang menjadi susah tidur. Hal ini bisa muncul karena ada banyak pikiran yang mengganggu. Akibatnya bisa buruk bagi kesehatanmu.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melihat aquarium ikan hias bisa membantu mengurangi stres dan memberikan ketenangan.

Hal tersebut bisa membantumu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Meningkatkan Fokus

Kehadiran aquarium bisa membantu mengurangi stres, menenangkan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi.

Memandangi aquarium ikan hias memiliki efek terapeutik, yaitu mengembalikan konsentrasi untuk fokus terhadap pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: 3 Peluang Usaha Jual Kucing Online yang Benar

Tips dan Cara Memulai Bisnis Ikan Hias

bisnis ikan hias
Foto: Cara Memulai Bisnis Ikan Hias (pexels.com)

Memulai bisnis ikan hias memang gampang-gampang susah. Sebab, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memulainya.

Apa saja tips dan langkah memulai usahanya? Catat penjelasan berikut, ya!

1. Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Tips pertama sebelum memulai bisnis ikan hias yaitu mencari informasi selengkap mungkin.

Kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui jenis ikan hias apa yang paling disukai, siapa target pasarnya, di mana menjualnya, dan bagaimana cara menjualnya.

Kamu perlu mengenali siapa target pasarmu, termasuk latar belakang ekonomi dan sosialnya. Sebab, beberapa jenis ikan hias dibanderol dengan harga murah hingga mahal. Jadi, kamu perlu menyesuaikan dengan pasarmu.

2. Tentukan Jenis Ikan Hias

Setelah mengetahui target pasar dan jenis ikan hias yang digemari, kamu bisa mulai menentukan jenis ikan hias apa yang akan kamu jual. Apakah ikan hias air tawar, air asin, atau keduanya?

Menentukan jenis ikan hias sangatlah penting, sebab setiap jenis ikan sangat mungkin membutuhkan perawatan khusus.

Kamu juga perlu mencari tahu jenis makanannya, karakteristik ikan, dan cara pengembangbiakannya.

Jika kamu baru memulai, kamu bisa fokus pada satu atau beberapa jenis ikan saja. Jangan terlalu banyak, sebab kamu harus betul-betul memahami cara memeliharanya.

3. Siapkan Tempat dan Peralatan

Setelah menentukan jenis ikan hias, selanjutnya kamu perlu menyiapkan tempat dan peralatan.

Beberapa peralatan atau perlengkapan yang kamu butuhkan ialah aerator, akuarium, tanaman air, pakan ikan, jaring, obat ikan, dan sebagainya.

Penggunaan perlengkapan tersebut perlu disesuaikan dengan sifat dan jenis ikan. Sebab, ada beberapa ikan yang bisa hidup berdampingan dalam satu aquarium, ada juga jenis ikan yang harus dipisah dalam wadah solitaire.

Selain itu, kamu juga perlu menyusun setiap aquarium dengan rapih agar terlihat semakin cantik dan menarik.

Baca Juga: Bisnis Ikan Koi: Peluang Bisnis dan Tips Memulainya

4.  Jual Produk Lain

Meskipun bisnis ikan hias, bukan berarti kamu hanya menjual ikan hias saja. Kamu juga bisa menjual hewan air lain seperti udang hias, lobster air tawar, kepiting hias, dan perlengkapan aquarium lainnya.

Kamu juga bisa menjualnya dalam satu paket bundling yang berisi semua atribut ikan hias dan aquarium.

5. Jual Secara Online

Tips terakhir adalah dengan berjualan ikan hias secara online. Kamu bisa memanfaatkan beberapa media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook untuk mempromosikan tokomu.

Selain itu, jangan lupa juga manfaatkan platform e-commerce untuk menjual ikan hiasmu, ya!

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai peluang bisnis ikan hias yang bisa kamu coba. Bagaimana, menarik bukan?