Perjalanan Bisnis Esteh Indonesia, Sukses Dirikan 700 Gerai di Indonesia

Share this Post

esteh indonesia
Table of Contents

Esteh Indonesia merupakan salah satu bisnis minuman kekinian yang cukup populer di Indonesia.

Bisnis franchise tersebut sukses memperluas pasar ke berbagai penjuru, bahkan menunjuk artis kenamaan Tanah Air Nagita Slavina sebagai CEO.

Sosok di balik suksesnya bisnis Esteh Indonesia adalah Haidar Wurjanto. Pemuda asal Bogor tersebut merupakan pendiri sekaligus CEO sebelum penunjukkan Nagita Slavina sebagai CEO pada Juli 2022 lalu.

Meski hanya menjual es teh, Haidar berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah. Kini, ia pun bisa membuka lebih dari 700 gerai di seluruh Indonesia.

Kesuksesan tersebut tentu saja tidak diperoleh secara instan, ada proses hingga jatuh bangun yang harus dilalui. Lantas, seperti apa perjalanan bisnis Esteh Indonesia? Simak selengkapnya.

Baca Juga: Ide Bisnis Teh dan 7 Tips Memulainya, Coba Yuk!

Sosok Di Balik Esteh Indonesia

pendiri esteh indonesia
(Foto Haidar Wujanto sosok pendiri Esteh Indonesia. Sumber: Instagram.com/haidharwurjanto)

Jauh sebelum sukses dengan bisnis es teh, Haidar sudah mulai berbisnis sejak di bangku SMA. Haidar pernah berjualan pulsa, aksesoris BlackBerry (BB), masakan Jepang, hingga nasi goreng gerobak pernah dijalaninya hingga lulus kuliah.

Perjalanan berbisnisnya ini tentu saja tidak berlangsung mulus. Namun, dapat dijadikan sebagai ajang pembelajaran bagi Haidar Wurjanto dalam merintis usaha.

Tidak semua usahanya berjalan lancar, ia juga berulang kali merasakan kegagalan. Meski begitu, Haidar tak pantang menyerah dan terus mencari ide usaha lainnya.

Hingga kini, ia telah sukses memegang beberapa bisnis yang bergerak di bidang F&B, seperti Momo Milk, Foresthree Coffee, Cakekinian, dan Esteh Indonesia.

Baca Juga: Ingin Merintis Bisnis Boba? Ini 8 Cara Memulainya

Bermula dari Sebuah Booth Pameran

perjalanan bisnis esteh indonesia
(Foto booth esteh Indonesia. Sumber: Instagram.com/esteh.indonesia)

Sebelum sesukses sekarang, bisnis Esteh Indonesia milik Haidar bermula dari sebuah pameran pada tahun 2018 di Kemang Village, Jakarta.

Awalnya, Haidar menyewa sebuah booth kecil saat mengawali bisnisnya. Saat itu, modal usahanya hanya sebesar Rp5 juta yang dipinjam Haidar dari sang orangtua.

Ketika merintis bisnis Esteh Indonesia, Haidar dibantu oleh rekan-rekannya, yakni Edwin, Dhiya, dan Aussie.

Tak disangka, usaha es teh yang mungkin dianggap sepele oleh orang lain bisa membawa keuntungan besar untuk Haidar dan teman-teman bisnisnya. Acara tersebut sukses membuat mereka meraih keuntungan sebesar Rp12 juta.

Keberhasilan dari acara itu membuat Haidar dan kawannya berinisiatif untuk mengembangkan bisnis es teh. Dengan mencoba peluang lain melalui keikusertaan mereka di berbagai event organizer yang berbeda.

Baca Juga: Peluang Bisnis Kedai Teh dan 5 Tips Memulainya

Strategi Bisnis Es Teh Indonesia

strategi bisnis es teh indonesia
(Foto outlet Es Teh Indonesia. Sumber: Instagram.com/esteh.indonesia)

Nah, untuk mencapai kesuksesannya seperti saat ini, tentu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat.

Berikut beberapa strategi bisnis Es Teh Indonesia yang pada akhirnya sukses menjadi salah satu merek minuman kekinian ternama:

1. Menggunakan Media Sosial Marketing

Salah satu strategi bisnis es teh kekinian yang efektif membawanya hingga sesukses sekarang ialah memanfaatkan media sosial untuk keperluan marketing.

Kekuatan media sosial di era digital seperti saat ini memang tidaklah main-main. Selain sebagai sarana komunikasi, media edukasi, dan hiburan, media sosial juga memiliki potensi yang baik untuk mengembangkan bisnis.

Pada saat itu, Es Teh Indonesia pernah membuat video singkat yang menceritakan tentang bisnisnya. Video tersebut dibagikan melalui platform TikTok dan ternyata tidak disangka, penontonnya mencapai lebih dari 3,2 juta orang.

Melalui konten di media sosial itu, bisnis Es Teh Indonesia pun semakin banyak dikenal orang. Terutama di kalangan anak-anak muda yang senang menggunakan media sosial untuk aktivitas sehari-hari.

Kesuksesan strategi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial ini pun terus dipertahankan oleh bisnis es teh.

Kini, akun media sosial milik bisnis es teh di TikTok telah memiliki ratusan ribu pengikut dengan tingkat engagement yang tinggi. Konten-konten yang disajikan pun cukup variatif.

Ketika strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan media sosial terus dioptimasi, kamu bisa meningkatkan brand awareness, menciptakan branding, menjalin hubungan yang lebih dekat dengan target pasar, hingga menambah penjualan.

Baca Juga: 13 Minuman Khas Indonesia untuk Ide Jualan, Berani Coba?

2. Berinovasi dengan Menu yang Variatif

Strategi bisnis lainnya yang dijalankan oleh Es Teh Indonesia sehingga bisa sesukses sekarang ialah dengan menghadirkan beragam menu variatif.

Awalnya, masyarakat pada umumnya mungkin hanya mengenal minuman teh dalam bentuk hidangan hangat dan dingin.

Namun bisnis es teh yang satu ini menyajikan menu minuman yang amat beragam. Hingga saat ini, ada 22 menu dari Es Teh Indonesia yang bisa dinikmati oleh pelanggan.

Mulai dari cokolateh, esteh susu nusaberry, esteh susu nusantara, esteh lemonade berry, esteh mango greentea, chizu red velvet, chizu avocado, chizu taro, esteh original, esteh hijau original, esteh melati, esteh red velvet, esteh avocado, thai tea, esteh lemon, esteh leci, esteh taro, brown sugar, sea salt cookies and cream, milo, esteh matcha, dan esteh sea salt strawberry matcha.

Tidak hanya menghadikan beragam menu dari es teh, bisnis minuman kekininan ini juga menyediakan beragam variasi topping yang bisa dipilih pelanggan sebagai tambahan pada minumannya.

Terdapat additional topping berupa cincau, krim sea salt, krim keju, hingga pudding susu yang bisa menambah keseruan pelanggan saat mengonsumsi minuman es teh.

Menariknya lagi, pelanggan bisa menentukan tingkat kemanisan minuman dengan sugar level zero, less, dan normal. Pelanggan juga dapat memilih ice level dari tingkat normal ice atau less ice untuk minuman yang dibelinya.

Dalam hal ini, pelanggan bisa memilih ukuran minuman mereka dari gelas berukuran sedang hingga besar.

Untuk harganya sendiri, berkisar antara Rp6.000-Rp25.000 tergantung varian rasa dan ukuran minuman.

Baca Juga: Manisnya Bisnis Street Boba, Ini Rahasia Suksesnya!

3. Bangun Outlet dan Menyediakan Layanan Pesan Antar

Perjalanan Bisnis Esteh Indonesia, Sukses Dirikan 700 Gerai di Indonesia
(Foto minuman Es Teh Indonesia. Sumber: Instagram.com/esteh.indonesia)

Selain mendirikan outlet di tempat-tempat yang strategis, Es Teh Indonesia juga menyediakan layanan pesan antar melalui beragam aplikasi kuliner online.

Sebut saja menggunakan fitur Gofood dari Gojek, Grabfood milik Grab, dan juga Shopee Food dari Shopee.

Berbagai aplikasi pesan antar online tersebut sangat memudahkan pelanggan untuk membeli minuman dari Es Teh Indonesia.

Mereka tidak perlu datang ke outlet karena pemesanan bisa dilakukan dengan praktis melalui smartphone hanya dalam beberapa klik.

Apalagi, biasanya aplikasi kuliner online ini menawarkan berbagai promosi menarik seperti potongan harga atau gratis biaya antar sehingga semakin menguntungkan pelanggan saat berbelanja.

Baca Juga: 10 Aneka Minuman Segar untuk Usaha, Yuk Coba!

4. Memperluas Bisnis dengan Jaringan Franchise

franchise esteh indonesia
(Foto franchise Esteh Indonesia. Sumber: Instagram.com/esteh.indonesia)

Strategi bisnis lainnya yang dilakukan oleh Es Teh Indonesia untuk mengembangkan usahanya ialah dengan membuka kesempatan franchise kepada siapa pun yang tertarik bergabung sebagai mitra.

Bisnis franchise banyak dipilih para pengusaha pemula karena lebih mudah untuk dijalankan dibanding dengan harus memulai usaha dari awal.

Kepopuleran Es Teh Indonesia pun telah sukses menciptakan basis pelanggan yang besar di masyarakat. Oleh karena itu, pemilik franchise es teh bisa mendapatkan pelanggan dengan lebih mudah.

Melalui bisnis frachise ini, kamu juga akan memeroleh bimbingan langsung dari tim es teh yang profesional. Produknya pun terjamin berkualitas.

Jadi, kamu yang bergabung sebagai mitra melalui pembelian franchise akan berpotensi untuk meraup banyak keuntungan.

Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung sebagai mitra bisnis melalui kepemilikan franchise ini, perlu mengetahui syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

Dalam hal ini, kamu perlu menyiapkan lokasi usaha yang strategis, menyesuaikan desain interior sesuai branding es teh, menyiapkan dana sekitar Rp120 juta, dan memenuhi syarat/ketentuan lain dari pihak manajemen.

Bisnis minuman kekinian yang memiliki 22 varian rasa dengan topping yang berbeda dan memiliki harga cukup terjangkau, membuat Esteh Indonesia banyak diminati.

Perkembangan bisnisnya pun kian pesat dengan jumlah penghasilan tinggi. Hingga pernah mencapai Rp150 juta per bulan.

Kesuksesan tersebut pun membuat Haidar memutuskan untuk membangun kemitraan melalui franchise.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka franchise Esteh Indonesia, bisa bergabung sebagai mitra bisnis. Dengan modal Rp130-150 juta.

Nominal tersebut sudah mencakup lisensi dan berbagai kebutuhan untuk membuka gerai Esteh Indonesia. Namun, belum termasuk biaya gerai.

Jadi, kamu perlu menyiapkan uang tambahan sekitar Rp100 juta untuk menyewa tempat sekaligus renovasi agar sesuai dengan desain Esteh Indonesia.

Sampai dengan saat ini, Esteh Indonesia telah memiliki lebih dari 700 cabang di berbagai wilayah Tanah Air.

Dengan rata-rata penjualan mencapai 600 cup per hari. Hingga tak heran apabila omzetnya bisa mencapai Rp50 miliar per bulan dari seluruh cabang yang ada di Indonesia.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang franchise es teh, kamu bisa menghubungi kontak tim marketing di nomor 0812 7731 744. Bisa juga menghubungi melalui email di estehindonesia.id@gmail.com atau franchise@estehindonesia.com.

Nantinya, calon mitra akan dipersilahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, penandatanganan kontrak, survey, dan melakukan pembayaran.

Lalu, pihak es teh akan mengirimkan beragam kebutuhan untuk operasional, melakukan training karyawan, dan persiapan opening outlet Es Teh Indonesia.

Hingga September 2022, Es Teh Indonesia pun telah berhasil memiliki 945 gerai di beragam wilayah Indonesia. Dengan 68% atau 643 gerai di Pulau Jawa dan sisanya sebanyak 32% atau 302 gerai ada di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: 15 Contoh Iklan Minuman Kreatif yang Bisa Kamu Coba

5. Libatkan Artis untuk Meningkatkan Penjualan

nagita slavina jadi ceo esteh
(Foto Haidar Wurjanto dan Nagita Slavina. Sumber: Instagram.com/esteh.indonesia)

Teknik pemasaran berikutnya yang dilakukan oleh Es Teh Indonesia hingga namanya sebesar sekarang yaitu dengan melibatkan artis guna meningkatkan penjualan.

Dalam hal ini, bisnis es teh memilih istri dari Raffi Ahmad yaitu Nagita Slavina sebagai CEO. Kabar itu disampaikan Es Teh Indonesia melalui akun Instagram bisnisnya pada 14 Juli 2022.

“Yes! Esteh Indonesia jadi BUMN (Badan Usaha Milik Nagita) ✨

Euphoria CEO baru Esteh Indonesia yaitu Ibu Nagita Slavina yang sebelumnya dinaungi oleh Bapak Haidhar Wurjanto ini disambut dengan happy oleh para manajemen dan seluruh tim.

Mohon support dan doanya yang terbaik dan harapan yang tinggi untuk Esteh Indonesia berkembang lebih hebat ya! Finally karyawan Esteh Indonesia SAH jadi PNS gais, Pegawai Nagita Slavina ❤️

Semangat maju, pantang menyerah💪 Esteh adalah KITA,” tulis akun Instagram milik es teh dalam caption berisi foto Nagita Slavina dan Haidhar Wurjanto.

Berita penunjukkan Nagita Slavina sebagai CEO es teh tentu menciptakan antusiasme yang besar di kalangan pelanggan.

Diketahui, bisnis es teh mengalami kenaikan omzet sejak kabar pergantian CEO diturunkan.

Sebelumnya, Es Teh Indonesia juga pernah menunjuk penyanyi Brisia Jodie sebagai komisaris.

Keterlibatan para publik figur ini pun sukses membuat bisnis es teh lebih banyak dikenal dan penjualannya terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Itu dia kisah sukses bisnis minuman dari teh kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun usaha. Semoga bermanfaat!