Manisnya Bisnis Street Boba, Ini Rahasia Suksesnya!

Share this Post

street boba
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Siapa yang tak tau Street Boba? Minuman manis nan menyegarkan ini menjadi kesukaan banyak orang. Apa rahasia suksesnya?

Pertumbuhan bisnis di Indonesia memang semakin pesat. Dalam beberapa tahun ke belakang, memang yang paling terlihat adalah pertumbuhan bisnis coffee shop.

Namun, sadarkah kamu bahwa disamping gemerlap bisnis kopi, ada bisnis minuman lain yang juga naik daun?

Yup, minuman boba. Sama viralnya dengan kafe kekinian, minuman boba ini juga disukai banyak kalangan.

Menariknya, kebanyakan gerai boba menggunakan konsep grab and go, artinya tidak menyediakan meja dan kursi. Kalaupun ada, jumlahnya sangat terbatas.

Baca Juga: Kisah Sukses Fore Coffee, Coffee Shop Kekinian Ala Milenial

Cobalah amati, ada banyak sekali brand minuman boba maupun yang dikelola independen yang hanya membuka lapak kecil di sebuah ruko atau di depan mini market.

Mengapa demikian? Artinya, usaha minuman boba cenderung menjual rasa manis dan menyegarkan untuk pelanggan. Hal inilah yang membuat harga boba juga lebih terjangkau.

Salah satu merek minuman boba terkenal adalah Street Boba yang mempunyai puluhan cabang. Apa rahasia suksesnya?

Manisnya Bisnis Street Boba

@streetboba

Get All Your Favorites Menu On #streetboba 🥰

♬ Boba – Eleanor Kingston

Berbicara tentang boba, kurang lengkap rasanya jika tidak mengulik asal usul boba itu sendiri.

Melansir dari All Recipes, debut boba pertama kali adalah di Taiwan pada tahun 1980-an. Kemudian, perusahaan bubble tea mulai muncul di Amerika Serikat tahun 90-an. Hingga saat ini, setiap daerah pasti terdapat penjual minuman boba.

Sebenarnya, bagaimana bola-bola kenyal ini dibuat? Boba dibuat dari pati tapioka atau pati singkong. Bola-bola kecil ini direbus dalam sirup gula merah agar rasanya tidak hambar dan memberikan warna hitam gelap.

Boba paling sering dipadukan untuk aneka minuman, seperti susu, kopi, dan teh. Namun, dalam perkembangan bisnis boba juga dipadukan bersama es krim, smoothies, slushies, yogurt, bahkan ramen!

Di Indonesia, boba lebih populer dipadukan bersama dengan minuman manis dan dingin. Street Boba adalah brand minuman yang terkenal di Indonesia. Minuman boba ini didirikan oleh Jovi Adhiguna, seorang influencer, model, sekaligus pegiat fashion.

Hingga kini, Street Boba sudah memiliki puluhan outlet yang terbilang sangat sukses. Ia mendirikan Street Boba bersama artis Ririn Ekawati. Menariknya, Street Boba juga berkolaborasi dengan artis dan influencer seperti Fuji An.

Baca Juga: Kunci Sukses Kopi Konnichiwa, Kopi Ala Jepang Favorit Milenial!

Rahasia Sukses Street Boba

street boba
(Foto jenis minuman Street Boba. Sumber: Instagram.com/streetboba)
shopee pilih lokal

Di balik keberhasilannya, setiap bisnis tentu memiliki rahasia sukses yang dapat menginspirasi orang lain. Apa saja kunci sukses Street Boba?

1. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Jovi Adhiguna merupakan seorang influencer, content creator, dan pegiat fashion yang aktif di media sosial.

Hidup dalam dunia yang membuat namanya besar dan menghasilkan banyak uang tak membuatnya berpuas diri. Kebanyakan orang akan merintis usaha yang sejalan dengan latar belakangnya.

Berbeda dengan Jovi, Ia tak lantas mendirikan bisnis fashion. Justru Ia memilih terjun ke bisnis kuliner. Ia keluard dari zona nyaman dan mencoba bidang usaha yang baru. Siapa sangka, bisnis Street Boba ternyata sangat disukai masyarakat.

Hingga kini, jumlah gerainya terus bertambah dan semakin terkenal. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai pebisnis, tak peduli apa pun latar belakangmu. Kamu selalu bisa melirik peluang bisnis meskipun berada di luar zona nyaman.

2. Menonjolkan Keunikan Bisnis

Manisnya Bisnis Street Boba, Ini Rahasia Suksesnya!
(Foto minuman Street Boba. Sumber: Instagram.com/streetboba)
shopee pilih lokal

Minuman boba sebenarnya sudah sangat biasa dan memiliki banyak sekali kompetitor. Namun, yang menjadikan Street Boba berbeda adalah berani menonjolkan keunikannya.

Street Boba mengusung konsep Japanese pop culture dengan dominasi warna biru, kuning, dan merah. Tema bisnisnya ini terlihat begitu ceria dan seolah mewakili cita rasa manis dari boba itu sendiri.

Apalagi sudah jadi rahasia umum bahwa hal-hal bergaya Jepang memang banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini semakin mendorong antusias masyarakat dalam mencoba minuman boba yang satu ini.

Selain mengejar cita rasa manis dari minumannya, banyak orang membeli Street Boba juga karna tertarik dengan desain kemasan dan interior gerainya yang Instagrammable. Hal ini menjadi pembeda dengan brand lain.

Baca Juga: Kisah Sukses Dear Butter, Croffle Lezat yang Lagi Hits!

3. Free Marketing!

Siapa bilang promosi harus selalu mahal? Faktanya, ada sebuah teknik marketing tanpa biaya alias gratis dan efektif meningkatkan penjualan. Istilah ini dikenal juga sebagai free marketing.

Teknik pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, dan “Let the internet do the marketing”.

Caranya adalah dengan membiarkan pelanggan secara sukarela membuat konten tenttang Street Boba di berbagai media sosial.

Untuk menggerakkan pelanggan tentu ada hal-hal yang harus kamu persiapkan. Sama seperti Street Boba yang mengusung tema ala Jepang, interior yang menarik, dan desain kemasan boba yang bagus untuk diunggah di media sosial.

4. Melibatkan Pelanggan

Jovi Adhiguna menganggap keberadaan pelanggan sangatlah penting untuk kelangsungan usaha. Tanpa adanya pelanggan, Street Boba tak mungkin bisa sesukses sekarang.

Contohnya adalah ketika Street Boba akan melakukan ekspansi dengan membuka gerai baru. Terlebih dahulu minuman boba ini mengadakan polling di media sosial.

Cara ini efektif meningkatkan engagement pelanggan dan membuat pelanggan merasa aspirasinya didengar dengan baik.

Selain itu, cara ini sekaligus memberikan clue atas pembukaan gerai baru. Artinya, kamu jadi bisa menarik rasa penasaran pelanggan.

Baca Juga: 8 Toko Online Artis Dengan Brand Tekenal, Sudah Tahu?

5. Berkolaborasi dengan Influencer

Manisnya Bisnis Street Boba, Ini Rahasia Suksesnya!
(Foto Fuji An. Sumber: Instagram.com/streetboba)
shopee pilih lokal

Rahasia sukses lainnya adalah berkolaborasi dengan influencer. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Street Boba juga berkolaborasi dengan Fuji An dan menggunakan tagline Fujilicious.

Berkolaborasi dengan influencer tentunya dapat meningkatkan penjualan. Terlebih lagi jika kamu memilih influencer yang tepat.

Street Boba memahami bahwa target pasarnya adalah anak muda yang suka minuman manis. Mereka percaya bahwa minuman manis bisa meningkatkan mood.

Alhasil, Jovi pun berkolaborasi dengan Fuji yang juga merupakan anak muda yang punya banyak pengikut dan penggemar dari rata-rata usia yang sama.

Cara Franchise Street Boba

Manisnya Bisnis Street Boba, Ini Rahasia Suksesnya!
(Foto Street Boba menu. Sumber: Instagram.com/streetboba)
shopee pilih lokal

Bisnis minuman boba ini ternyata tak dijalankan sendiri. Brand yang satu ini juga membuka peluang untuk masyarakat yang ingin mencoba franchise-nya. Bagaimana cara daftarnya?

Melansir dari Proposal Franchise Opportunity, berikut ini harga franchise yang dapat menjadi acuan bagi kamu yang tertarik mencobanya.

  • Biaya kemitraan: Rp200.000.000.-
  • Perlengkapan awal: Rp 50.000.000.-
  • Stok awal: Rp 70.000.000.-
  • Estimasi Nett Profit: Rp78.000.000.-
  • Estimasi BEP: 4 sampai 5 Bulan.

Dengan modal tersebut, kamu bisa mendapat beberapa layanan dan fasilitas berikut:

  • Media promosi yang meliputi katalog menu, banner, dan flyer.
  • Standar desain gerai Street Boba.
  • Sistem kasir POS selama 1 tahun.
  • Pelatihan dan buku SOP.

Nah, itulah perjalanan bisnis dan cara franchise Street Boba, minuman manis idola semua orang!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X