10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Bisa Panen Cuan!

Share this Post

cara mendapatkan uang dari instagram
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Dalam era digital ini, ada beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram yang terbukti efektif.

Saat ini, media sosial telah menjadi platform yang kuat untuk menghasilkan uang, tak terkecuali Instagram.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram telah menjadi lahan subur bagi para pengguna untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan penghasilan.

Salah satu cara yang paling populer dan efektif untuk menghasilkan uang dari Instagram adalah melalui kolaborasi dengan merek atau perusahaan.

Dengan menjadi influencer atau content creator yang berpengaruh di platform ini, kamu dapat menarik perhatian merek-merek untuk bekerja sama dalam kampanye pemasaran atau promosi produk mereka.

Selain kolaborasi dengan merek, menjual produk atau layanan secara langsung juga menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Selain itu, monetisasi konten juga menjadi pilihan yang semakin populer di Instagram. Melalui fitur seperti Instagram Ads atau IGTV Ads, pengguna dapat menghasilkan uang dari konten yang mereka bagikan.

Ingin tahu cara mendapatkan uang dari Instagram selengkapnya? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 9 Cara Mendapat Ribuan Like Instagram Untuk Akun Bisnis

Keuntungan Monetisasi Instagram

cara mendapatkan uang dari instagram
Foto: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram (Freepik.com)

Ada sejumlah fakta sekaligus keuntungan yang kamu dapatkan jika memonetisasi Instagram, yakni:

1. Jangkauan Audiens yang Luas

Instagram merupakan platform dengan jangkauan global yang luas, menjangkau lebih dari 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia (Hootsuite).

Fakta menarik lainnya adalah 63% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka menemukan produk dan layanan baru melalui platform ini, seperti yang dilaporkan oleh Sprout Social pada tahun yang sama.

2. Target Audiens yang Tepat

Instagram menawarkan opsi penargetan yang canggih berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya, memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens yang tepat dengan iklan mereka.

Fakta yang menarik adalah 81% pengguna Instagram mengatakan mereka cenderung membeli dari brand yang menargetkan iklan dengan tepat, seperti yang diungkapkan oleh Social Media Examiner.

3. Biaya Iklan yang Fleksibel

Instagram menawarkan berbagai format iklan dengan biaya yang bervariasi, memberikan fleksibilitas kepada bisnis untuk memilih format yang sesuai dengan anggaran.

Dengan Instagram Ads Manager, bisnis dapat menentukan anggaran iklan dan melacak performanya dengan mudah.

Ini memberikan kontrol penuh kepada bisnis atas pengeluaran iklan dan memungkinkan pengoptimalan anggaran untuk hasil yang optimal.

4. Kemudahan dalam Beriklan

Instagram Ads Manager dirancang untuk kemudahan penggunaan dan navigasi, memungkinkan bisnis untuk membuat dan mengelola iklan sendiri tanpa memerlukan bantuan profesional.

Instagram juga menyediakan berbagai panduan dan tutorial untuk membantu bisnis memasang iklan. Hal ini memperkuat kesan bahwa memasarkan bisnis di Instagram tidaklah rumit.

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Bisnis Yang Menarik, Yuk Simak!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Bisa Panen Cuan!
Foto: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui berbagai keuntungan monetisasi Instagram, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba!

1. Menjadi Influencer atau Selebgram

Menjadi seorang influencer atau selebgram membutuhkan dedikasi untuk membangun pengikut yang setia melalui konten yang menarik dan konsisten.

Dengan memiliki basis pengikut yang besar, kamu dapat menjalin kerjasama dengan berbagai merek untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Biasanya, kamu akan mendapatkan bayaran per posting, story, atau video yang kamu bagikan kepada audiensmu.

Kolaborasi dengan merek dapat memberikan penghasilan yang signifikan tergantung pada seberapa besar pengaruh dan keterlibatanmu di platform ini.

2. Content Creator

Sebagai seorang content creator, kamu harus fokus pada pembuatan konten yang kreatif dan informatif seperti tips, tutorial, atau review.

Dengan memproduksi konten berkualitas, kamu dapat menjalin kerjasama dengan brand untuk konten bersponsor.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, affiliate marketing, atau bahkan donasi dari pengikutmu yang mendukung konten yang kamu buat.

3. Product Reviewer

Sebagai seorang reviewer produk, kamu perlu memberikan ulasan yang objektif dan informatif tentang produk yang kamu sukai. Melalui kerjasama dengan brand, kamu dapat membayar untuk melakukan review produk mereka.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan produk gratis dan komisi dari penjualan jika ulasanmu membantu meningkatkan penjualan produk tersebut.

4. Menjual Produk di Instagram

Buka toko online di Instagram menggunakan fitur Instagram Shop. Kamu bisa menjual produk buatan sendiri atau produk dari supplier.

Dengan memanfaatkan Instagram sebagai platform penjualan, kamu dapat menghasilkan uang dari penjualan langsung maupun melalui iklan yang kamu pasang.

5. Membuka Paid Promote

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Bisa Panen Cuan!
Foto: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Kamu dapat menawarkan jasa promosi akun atau produk kepada brand dengan membuat konten menarik untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Kamu akan mendapatkan bayaran per posting, story, atau video yang kamu buat untuk promosi tersebut.

Baca Juga: TikTok Vs Instagram, Mana Yang Menguntungkan Bisnismu?

6. Menawarkan Jasa Admin Instagram

Buka jasa kelola akun Instagram untuk bisnis atau influencer lainnya. Tugasmu akan mencakup pembuatan konten, jadwal posting, dan tanggapi komentar pengikut.

Kamu dapat menetapkan tarif berdasarkan bayaran bulanan atau per proyek yang kamu kerjakan.

7. Menjual Barang Preloved

Manfaatkan Instagram untuk menjual barang-barang preloved seperti pakaian, sepatu, aksesoris, dan barang lainnya yang tidak terpakai lagi.

Dengan membuat foto dan deskripsi menarik, kamu dapat menarik pembeli dan menghasilkan uang dari penjualan barang bekas tersebut.

8. Membuka Jasa Titip (Jastip)

Tawarkan jasa pembelian barang dari luar negeri kepada pengikutmu. Carilah pembeli dan buka pre-order untuk barang-barang yang diminati.

Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga dan biaya jastip yang kamu tetapkan.

9. Instagram Badges

Dapatkan penghasilan dari pengikut yang memberikan “badges” saat kamu melakukan live streaming.

Badges dapat dibeli oleh pengikut dengan harga tertentu, dan semakin banyak badges yang diberikan, semakin besar penghasilan yang kamu dapatkan.

10. Monetisasi Video

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Bisa Panen Cuan!
Foto: Cara Mendapatkan Uang dari Instagram (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Bergabunglah dengan program Instagram Reels Play Bonus dan buatlah video Reels yang menarik dan trending.

Kamu dapat menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di videomu, memanfaatkan popularitas dan keterlibatan pengikutmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari platform ini.

Baca Juga: Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru Dan Tips Optimasinya

Demikian cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba. Dengan memanfaatkan platform ini, kamu dapat membuka akses menuju sumber cuan yang lebih banyak!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X