7 Cara Memulai Bisnis Coklat dan Peluangnya

Share this Post

Table of Contents

Bisnis coklat dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cocok, bahkan bila dilakukan oleh para pemula sekali pun.

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, coklat lebih mudah dibuat dan juga dijual. Selain itu, permintaan untuk makanan manis ini juga tidak pernah sepi

Hampir semua kalangan masyarakat menyukai coklat. Baik yang tua, dewasa, remaja bahkan anak-anak dapat menikmatinya.

Oleh sebab itu, bisnis coklat sangat berpotensi dalam mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: 10 Aneka Minuman Segar untuk Usaha, Yuk Coba!

Peluang Bisnis Coklat

bisnis coklat
Foto: Peluang Bisnis Coklat (pixabay.com)

Coklat adalah makanan yang banyak digemari. Selain itu, sebagai peluang bisnis, coklat cocok untuk kamu yang selalu ingin berkreasi.

Coklat dapat dikreasikan agar lebih menarik. Bisnis coklat nantinya apabila sudah berkembang dapat memberikan keuntungan per bulannya.

Dilansir dari Truic, bisnis coklat bisa memberikan keuntungan karena banyak orang yang menyukai coklat dengan berbagai varian yang tersedia.

Pada momen-momen tertentu, angka permintaan coklat bahkan bisa meningkat tajam. Misalnya, menyambut beberapa hari-hari besar. Biasanya, coklat menjadi makanan yang dipilih untuk disajikan ke tamu-tamu yang hadir.

Pada saat hari jadi atau hari kasih sayang (valentine), coklat menjadi pilihan untuk merayakannya. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan besarnya minat pada coklat dengan menjalankan bisnis coklat. Kamu dapat melakukan bisnisnya secara daring atau online.

Sekarang ini, untuk berbisnis kamu dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang terjadi. Dari rumah saja, kamu dapat memanfaatkan marketplace atau media sosial untuk memperkenalkan produk kreasi coklat kamu.

Jangkauan bisnis coklat online bisa saja menjangkau sampai ke seluruh daerah di Indonesia bahkan dunia. Oleh sebab itu, bisnis online juga dapat membuat kamu mendapat relasi yang sebanyak-banyaknya selain lebih mudah mendapatkan pembeli.

Bisnis coklat online ini terbilang memiliki prospek yang bagus jika kamu jeli melihat peluangnya. Kamu harus maksimal mempersiapkan semuanya.

Dalam bisnis coklat online, berjalan kamu harus memerhatikan distribusinya nanti. Dalam menyimpan coklat, kamu harus memahami ini makanan yang mudah meleleh apabila terkena panas atau terkena cahaya matahari.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah rasa dari coklat. Kamu harus memastikannya lebih enak dibanding produk lainnya.

Pastikan ada keunggulan yang tidak dimiliki produk lain. Tidak dapat dipungkiri, rasa selalu menjadi bagian paling penting bagi seseorang untuk membeli produk kamu.

Baca Juga: Intip 3 Tips Bisnis Kue Kering yang Bisa Jadi Uang!

Cara Memulai Bisnis Coklat

bisnis coklat
Foto: Cara Memulai Bisnis Coklat (pixabay.com)

Ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan dalam mendirikan sebuah bisnis coklat. Beberapa hal di bawah ini bisa kamu perhatikan dan terapkan.

1. Buat Olahan Coklat yang Unik

Dalam memulai bisnis coklat, tidak hanya citra rasa saja yang perlu kamu perhatikan. Namun juga, memerlukan kreativitas. Ini perlu untuk bisa lebih menarik perhatian konsumen.

Ragam rasa unik di dalam coklat yang dijual misalnya adalah seperti coklat dengan rasa pedas, coklat dodol, dan lainnya.

Walaupun terkesan unik atau bahkan aneh, beberapa varian rasa tersebut nyatanya mendorong rasa penasaran konsumen.

Kamu dapat memberi nilai lebih dari coklat yang akan kamu jual. Produk kamu dapat dibuat tetap memerhatikan manfaat kesehatan, seperti sebagai anti oksidan atau untuk jantung sehat.

Kamu juga dapat membuat kreasi bentuk yang unik dari coklat yang kamu buat. Buatlah kemasan kamu supaya dapat tampil lebih menarik.

Setelah menentukan coklat dibuat dan dikreasikan, kamu dapat coklat melakukan uji coklat yang dibuat untuk memastikan kualitasnya sudah baik atau belum.

Kamu dapat meminta kepada teman atau saudara untuk mencicipi coklat yang dibuat untuk mendapatkan saran soal segi kelayakan.

2. Persiapkan Semua dengan Matang

Kamu bisa mempersiapkan coklat yang enak. Selain itu, peralatan-peralatan untuk pengolahan juga harus disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Untuk peralatan kamu dapat membelinya atau cukup meminjam. Jadi memang dibutuhkan perencanaan yang baik untuk memulai bisnis coklat.

Jangan lupa untuk menghitung biaya yang akan dipakai. Ini nantinya akan memudahkan pengelolaan semua kebutuhan yang diperlukan untuk memulai bisnis coklat.

3. Perhatikan Pengolahan Coklat

Coklat dihasilkan dari biji kakao yang sebelum diolah memiliki rasa pahit. Sebelum dibentuk menjadi bar atau batang, biji kakao harus difermentasi terlebih dahulu kemudian dikeringkan dan disortir manual dengan tangan.

Selanjutnya biji dipilah berdasarkan berat dan jenisnya. Biji kakao kemudian harus dipanggang terlebih dahulu sampai terasa aromanya. Kulit kakao akan terlepas dengan sendirinya setelah dipanggang.

Setelah itu, lakukan grinding atau penggilingan sampai cair dan kental. Coklat kental berupa pasta tersebut nantinya dapat ditambah susu dan gula untuk menambah rasa.

Setelah menjadi pasta yang agak manis, lanjutkan ke proses conching dan tempering. Pada tahap akhir ini, coklat dapat dibentuk menjadi cocoa butter, cocoa powder dan dark chocolate yang bisa dicetak ke dalam bentuk bar atau batangan.

Baca Juga: 8 Langkah Bisnis Cake and Bakery Berjalan Lancar

4. Uji Coklat yang Kamu Buat

Setelah melakukan pengolalahan coklat dan mempersiapkannya dengan matang. Kamu bisa melakukan uji coba apakah coklat yang kamu buat sudah layak dijual atau belum.

Jangan segan untuk meminta saran kepada teman atau saudara untuk mencicipi coklat. Mintalah pendapat jujur mereka dari coklat yang kamu buat. Saran tersebut akan menjadi penting untuk evaluasi dan perkembangan bisnis coklat kamu kedepannya.

5. Jual Coklat Gerai Makanan atau Kantin Terdekat

Di samping kamu melakukan bisnis coklat online, kamu dapat menjual coklat buatanmu dengan cara menitipkannya ke gerai-gerai makanan terdekat.

Sebelumnya, amati produk yang sama dengan coklat yang kamu buat atau tidak. Selain itu, perhatikan bagaimana mereka mengemas dan menjual produknya.

Nantinya, hal tersebut dapat menjadi inspirasi buat kamu, bahkan kamu bisa memodifikasi agar sesuai dengan produk kamu.

6. Coklat untuk Acara-acara Tertentu

Kamu juga dapat memanfaatkan peluang bisnis coklat online dengan menjual coklatmu kepada teman-teman atau saudara yang mengadakan acara dengan undangan orang banyak.

Jangan ragu untuk menawarkan coklat buatanmu. Peluang ini dapat berpotensi membuat kamu mendapatkan relasi jika produk kamu disukai oleh orang yang datang ke acara itu. Selain itu, secara tidak langsung kamu juga telah memasarkan produk buatanmu.

7. Manfaatkan Kegiatan Bertema Coklat

Bisnis coklat mengharuskan kamu memperdalam kemampuan dalam membuat coklat. Oleh sebab itu, kamu dapat mengikuti sebuah kursus atau berbagai jenis pameran yang bisa mendongkrak pengetahuan dan penjualan produk coklat yang dibuat.

Ini penting untuk terus meluaskan pengetahuan kamu mengenai coklat. Dalam berbisnis, kamu harus terus belajar dan jangan cepat merasa puas diri

Sedangkan untuk pameran-pameran coklat akan memberi keuntungan ekonomis untuk bisnis coklat kamu.

Apabila dibandingkan dengan iklan produk yang berbayar, biaya untuk mengikuti pameran terbilang jauh lebih kecil. Namun demikian, melalui pameran kamu telah melakukan pemasaran.

Bagi mereka yang menyukai produkmu, bukan tidak mungkin mereka nantinya akan menjadi calon konsumen coklat kamu. Jadi, jangan ragu ikuti pameran coklat bila ada.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Kopi Susu Kekinian, Apa Saja Itu?

Demikian informasi mengenai bisnis coklat dan peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Rupanya bisnis coklat, baik yang dilakukan secara konvensional maupun online, harus memerhatikan banyak hal untuk kelancaran bisnis.