Irene Ursula, Founder Somethinc yang Giat Rilis Produk Baru!

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Somethinc merupakan brand kosmetik lokal yang makin disukai konsumen. Penasaran dengan cerita dibalik kesuksesannya?

Sudah jadi rahasia umum di antara kaum hawa, produk kosmetik dan kecantikan dalam negeri memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk impor.

Ditambah lagi, produk kosmetik dalam negeri dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dengan perempuan Indonesia.

Mulai dari warna, komposisi, hingga desain kemasan dibuat ala Indonesia banget, sehingga mudah diterima konsumen tanah air. Tak mengherankan jika pertumbuhan bisnis kosmetik dalam negeri begitu subur.

Salah satu brand kosmetik lokal yang belakangan ini sedang naik daun adalah Somethinc. Tak hanya hasil produknya yang bikin glowing, rupanya kesuksesan brand kecantikan yang satu ini juga semakin glowing.

Sejalan dengan popularitasnya yang kian naik, keuntungan yang diperoleh pun semakin besar. Ingin tahu seperti apa perjalanan bisnis brand yang satu ini? Simak sampai akhir ya!

Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis Gym? Pahami Dulu 7 Model Bisnisnya

Sosok Di Balik Berdirinya Somethinc

Irene Ursula
Foto: Irene Ursula (Instagram/renevalerie)

Pasar produk kecantikan dalam negeri memang terus berkembang.

Pasalnya, setiap tahun memang selalu terjadi perubahan style dan konsep kecantikan di masyarakat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor lahirnya brand kecantikan ini.

Adalah Irene Ursula, sosok pencetus lahirnya perusahaan kosmetik yang saat ini tengah naik daun. Irene merintis bisnis kecantikan ini dari nol dan menghadapi berbagai kegagalan.

Wanita cantik lulusan Akuntansi Fakultas Ekonomi ini memulai bisnisnya sejak tahun 2013.

Berbekal kesukaannya pada dunia kecantikan sejak masih SD, ia berhasil mendirikan platform e-commerce kecantikan BeautyHaul yang menjadi surganya produk kecantikan orang Indonesia.

Kemudian, Irene melihat tingginya antusias masyarakat dalam menggunakan produk kecantikan. Namun, ia menyadari bahwa terdapat kesenjangan pasar terhadap produk kecantikan yang biasanya dijual dengan harga lumayan.

Mulai dari situlah Irene memutuskan untuk membuat brand kosmetiknya sendiri yang tak kalah dari produk asing. Selain itu, produknya juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada berbagai jenis produk kecantikan yang perlahan dirilis oleh brand milik Irene ini, mulai dari pembersih wajah, serum, eye cream, essence, toner, dan pelembap. Menariknya, brand ini menggunakan bahan aktif berkualitas yang belum banyak dipakai di Indonesia.

Somethinc juga memberikan transparansi terhadap komposisi bahan aktif yang terkandung dalam produknya.

Dengan memberikan edukasi mengenai komposisi produknya, pelanggan jadi bisa menentukan sendiri produk mana yang paling cocok dengan kebutuhan kulitnya.

Tak hanya skincare, brand ini juga menghadirkan produk kosmetik inklusif untuk orang Indonesia. Produk cushion foundation keluarannya menuai banyak pujian, sebab pilihan warnanya cocok untuk kulit orang Indonesia.

Pastinya, semua produk tersebut sudah memiliki sertifikasi halal, non-comodogenic, hypoallergenic, dan tidak dites pada hewan.

Baca Juga: 13 Brand Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

Tantangan Merintis Brand Somethinc

Irene Ursula, Founder Somethinc yang Giat Rilis Produk Baru!
Foto: Bahan Aktif Somethinc (Instagram.com/somethincofficial)
shopee pilih lokal

Irene mengungkapkan, ada berbagai tantangan dan kegagalan yang sempat Ia hadapi saat merintis bisnisnya. Irene pernah tiga kali gagal saat mencoba membuat skincare lokal.

Ia terus belajar dan mencari tahu mengapa orang Indonesia sangat memuji brand luar negeri. Alasannya tentu karena belum ada brand lokal yang mempunyai standar setara brand luar negeri.

Maka dari itu, untuk menaikkan standar produk buatannya, Ia berusaha menemukan komposisi bahan terbaik. Ia sempat kesulitan mencari material tersebut, termasuk mendapat logo halal.

Dibutuhkan riset rata-rata selama satu tahun untuk mengeluarkan setiap produk terbarunya. Sebab, Irene memang ingin menciptakan transparansi terhadap bahan aktif yang Ia gunakan.

Harapannya tentu agar penggunanya mengetahui jenis produk mana yang benar-benar dibutuhkan untuk kulitnya. Awalnya, Irene menyiapkan modal sebesar Rp300 juta untuk merintis bisnis ini.

Kini, Somethinc telah memiliki banyak sekali produk kecantikan dan perawatan kulit. Produknya selalu bertambah sebab permintaan masyarakat pun selalu berubah. Kini, sudah lebih dari 150-an produknya yang terdaftar BPOM dan bersertifikasi halal.

Menariknya, saat pandemi hampir setiap bulan Irene selalu mengeluarkan produk baru. Pertanyaannya, apakah Ia tak takut produknya gagal terjual? Pasalnya, selama pandemi perekonomian masyarakat sangat terpukul.

Rupanya, yang terjadi justru sebaliknya. Menurut Irene seperti dikutip dari Fimela, selama pandemi justru orang-orang lebih rajin merawat diri dan mengeksplor kebutuhan skincare mereka.

Baca Juga: Ini Macam-Macam Konten YouTube yang Cocok untuk Bisnismu

Kesuksesan Somethinc yang Makin Glowing

Irene Ursula, Founder Somethinc yang Giat Rilis Produk Baru!
Foto: Kolaborasi Somethinc (Instagram.com/somethincofficial)
shopee pilih lokal

Diluncurkan pada 2019, Somethinc berfokus pada perawatan kulit yang terinspirasi dari perempuan milenial yang mencari produk bersertifikasi halal untuk gaya hidup mereka yang super aktif.

Hanya dalam waktu dua tahun, produk tersebut berhasil tumbuh pesat dan meraih Top 1 pangsa pasar Indonesia di platform digital Shopee sembilan kali berturut-turut sepanjang tahun 2021.

Produk kecantikan yang satu ini memiliki saluran distribusi yang sangat luas dan bisa ditemukan di banyak e-commerce. Setidaknya, terdapat ribuan toko kosmetik di 81 kota di Indonesia yang menjual produknya.

Dalam meraih suksesnya, Irene tentu tak bekerja sendiri. Kesuksesan Somethinc juga dipengaruhi oleh kinerja apik dari pada reseller. Berbagai bentuk kolaborasi sudah dilakukan bersama dengan mitra, termasuk reseller.

Menariknya, brand kosmetik ini juga menjaga hubungan yang mesra dengan para reseller, sehingga penjualan produk dapat terjaga. Mulai dari edukasi awal tentang produk, program pendampingan bisnis, hingga mengadakan berbagai acara gathering.

Baca Juga: 5 Aplikasi Dropship Terpercaya, Bisa Raup Keuntungan Besar!

Nah, itulah perjalanan bisnis brand Somethinc yang kini semakin dikenal oleh konsumen dalam negeri.

Saat ini, produk Somethinc pun tak hanya skincare lagi, namun juga merambat ke aneka produk makeup, lho.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X