Peluang Bisnis Bendera Merah Putih saat HUT RI, Ini 15 Tipsnya

Share this Post

bendera merah putih
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Salah satu ide usaha yang bisa kamu coba untuk memanfaatkan perayaan kemerdekaan Indonesia ialah bisnis bendera merah putih.

Sebab, akan ada banyak masyarakat yang mencari bendera merah putih untuk dikibarkan sebagai bentuk nasionalisme dan untuk menyemarakkan HUT RI.

Bagi kamu yang memiliki keterampilan menjahit, bisa coba memproduksi bendera merah putih untuk dijual.

Bila ditekuni dengan baik, bisnis bendera negara ini dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Terutama pada waktu menjelang hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus.

Sebelum mulai usaha bendera merah putih, mari simak peluang bisnisnya terlebih dahulu melalui artikel berikut.

Baca Juga: Prospek Bisnis Kembang Api, Bisnis Musiman yang Banyak Cuan!

Peluang Bisnis Bendera Merah Putih

peluang bisnis bendera merah putih
(Foto bendera merah putih. Sumber: Unsplash.com)

Usaha bendera merah putih memiliki target pasar yang sangat luas. Baik itu instansi pemerintahan hingga di tingkat rumah tangga dalam lingkungan masyarakat sekitar.

Hal ini karena pemerintah memiliki kebijakan yang mengharuskan masyarakat untuk memasang bendera Indonesia sepanjang bulan Agustus.

Jadi, akan ada banyak orang mencari bendera yang menjadi identitas negara ini setiap tahunnya.

Meski termasuk dalam bisnis musiman, tetapi target pasarnya yang luas bisa membantu kamu dalam menghasilkan banyak keuntungan.

Kamu pun tidak perlu khawatir kehilangan keuntungan karena banyak pelanggan yang mencari bendera Indonesia setiap tahunnya.

Selain itu, stok produk bendera yang tak terjual habis bisa tetap disimpan untuk dijual pada momen HUT RI tahun berikutnya.

Asalkan disimpan dengan baik, kualitas produk akan tetap terjaga.

Bendera Indonesia juga bisa dijual satuan maupun dalam jumlah partai dengan minimal pemesanan tertentu.

Kembali lagi kepada strategi pemasaran yang kamu terapkan. Jika eksekusinya tepat, kamu pun akan lebih mudah menjangkau pelanggan potensial.

Baca Juga: 10 Usaha Musiman di Bulan Puasa yang Pasti Laris!

Cara Memulai Bisnis Bendera Merah Putih

Lantas, bagaimana cara memulai usaha bendera negara Indonesia berwarna merah dan putih ini?

Berikut tipsnya yang dapat kamu coba:

1. Riset Pasar

cara memulai bisnis bendera merah putih
(Foto pedagang bendera merah putih keliling. Sumber: FajarSumbar.com)
shopee pilih lokal

Sebelum bisnis bendera merah putih Indonesia, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi industri yang sebenarnya.

Selain itu, riset pasar dapat membantu kamu untuk mengetahui seberapa besar peluang keuntungan yang akan didapatkan. Jadi, penetapan target penjualan yang dibuat akan lebih masuk akal.

Riset pasar juga bisa membantu kamu dalam mencari tahu produk apa yang paling diminati oleh calon pelanggan.

Dengan memasarkan produk yang sesuai kebutuhan mereka, kamu pun bisa memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapat keuntungan maksimal.

Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan riset pasar, ya. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan setiap pebisnis sebelum membangun usahanya.

2. Perhatikan Tren yang Ada

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan sebelum usaha bendera Indonesia, yaitu memerhatikan tren pasar.

Misalnya, dengan mencari tahu produk apa saja yang banyak dicari oleh pelanggan. Biasanya, produk dengan permintaan tinggi seperti ini akan lebih mudah untuk dipasarkan.

Besarnya tigkat permintaan pasar juga bisa membantu kamu dalam mencapai keuntungan yang maksimal.

Maka dari itu, kamu perlu jeli dalam mengamati kondisi pasar sehingga dapat mengetahui produk apa saja yang sedang tren di industri.

Untuk mengetahui tren produk apa saja yang banyak dicari, kamu bisa coba riset pasar langsung. Dengan bertanya pada penjual serupa atau wawancara pelanggan.

Bisa juga dengan mencari informasi produk terlaris di internet, seperti mesin pencarian hingga marketplace.

Baca Juga: Bisnis Aksesoris Pria, Begini Tips dan Cara Memulainya

3. Siapkan Modal

Untuk memulai bisnis apapun, termasuk usaha bendera Indonesia di momen perayaan HUT RI, kamu pasti akan membutuhkan modal.

Oleh karenanya, pastikan untuk menyiapkan modal yang cukup, ya. Bagi kamu yang baru memulai, mungkin bisa menyiapkan modal kecil terlebih dahulu.

Dengan modal kecil, kamu juga dapat berjualan bendera. Misalnya, bendera Indonesia dalam bentuk plastik berukuran kecil yang biasa digunakan untuk keperluan dekorasi.

Nah, seiring bertumbuhnya usaha, kamu bisa menggunakan modal yang lebih besar sehingga bisnis semakin baik ke depannya.

Misalnya, dengan mulai berjualan bendera dari berbagai material dan bermacam-macam ukuran.

4. Tentukan Cara Berjualan

Hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan sebelum berbisnis bendera RI, yaitu menentukan cara berjualan.

Dalam hal ini, kamu perlu memikirkan bagaimana cara berjualan yang tepat. Baik itu coba memproduksi bendera sendiri atau mencari supplier untuk bantu memasok barang.

Jika kamu memutuskan untuk memproduksi bendera sendiri, pastikan menggunakan bahan dan ukuran yang tepat.

Mengingat bendera merupakan identitas negara yang cukup sakral sehingga proses pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sementara itu, jika kamu ingin berjualan sebagai reseller atau dropshipper, pastikan untuk bekerja sama dengan supplier tepercaya.

Pilihlah supplier yang menjual produk berkualitas sehingga kamu tak akan mengecewakan pelanggan. Perhatikan juga cara pelayanan supplier tersebut sebelum menandatangani kontrak untuk kerja sama.

Sebaiknya, pilih supplier yang memiliki pelayanan baik dan tepat waktu. Jangan sampai memilih supplier yang tak profesional karena hal ini bisa saja menimbulkan masalah pada operasional usahamu.

Baca Juga: 8 Contoh Promo Valentine untuk Tingkatkan Penjualan

5. Perhatikan Kualitas Produk

Baik memproduksi bendera sendiri atau pun mendapatkannya dari supplier, pastikan kamu memerhatikan kualitasnya.

Tawarkanlah bendera Indonesia yang terbuat dari material berkualitas agar penggunaannya lebih tahan lama. Dengan warna yang pekat sehingga tak mudah luntur dan jahitan rapi.

Bendera yang berkualitas pasti akan lebih disukai oleh pelanggan. Jadi, mereka mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih memuaskan.

Ketika pelanggan puas, mereka bisa saja merekomendasikannya pada pelanggan lain. Kamu pun akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru, sekaligus memiliki pelanggan loyal.

6. Miliki Pengetahuan Produk yang Baik

harga bendera merah putih
(Foto bendera merah dan putih. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, kamu perlu memiliki pengetahuan produk yang baik. Hal ini juga diperlukan saat berbisnis bendera RI.

Pastikan kamu mengetahui ukuran bendera Indonesia yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurut Pasal 4 Ayat 1 UU Nomor 24 tahun 2009 disebutkan bahwa, bendera negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua pertiga) dari panjang.

Bagian atas bendera berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama.

Sebagai informasi, berikut ketentuan ukuran bendera RI yang perlu kamu ketahui:

  • Istana Negara: 200 cm x 300 cm
  • Lapangan umum: 120 cm x 180 cm
  • Di dalam ruangan: 100 cm x 150 cm
  • Mobil presiden dan wakil presiden: 36 cm x 54 cm
  • Mobil pejabat negara: 30 cm x 45 cm
  • Kendaraan umum: 20 cm x 30 cm
  • Kapal: 100 cm x 150 cm
  • Kereta api: 100 cm x 150 cm
  • Pesawat: 30 cm x 45 cm
  • Meja: 10 cm x 45 cm

Jangan sampai memberikan informasi yang keliru pada pelanggan. Jadi, pastikan kamu memiliki product knowledge yang baik sehingga pelanggan bisa mendapatkan bendera Indonesia sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Manfaat Desain Kemasan yang Menarik Beserta Tips Membuatnya

7. Tetapkan Harga Jual Kompetitif

Dalam berjualan bendera merah putih, pastikan kamu menetapkan harga yang bersaing.

Karena usaha ini termasuk dalam bisnis musiman, maka akan ada banyak kompetitor yang juga berjualan bendera di momen kemerdekaan RI.

Nah, salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan, yaitu dengan menentukan harga jual kompetitif.

Untuk menentukan harga jual yang bersaing, kamu bisa melakukan riset pasar. Jadi, dapat mengetahui kisaran harga yang pas dan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih pantas.

Selain itu, kamu dapat menentukan harga jual berdasarkan kemampuan dari target pasar.

Pastikan untuk tidak menjual produk dengan harga yang terlalu tinggi karena bisa merusak harga pasar. Jangan juga menjual produk terlalu rendah yang bisa merugikan.

8. Pilih Lokasi Usaha

Aspek penting lainnya yang perlu kamu perhatikan sebelum berbisnis, yaitu memilih lokasi usaha.

Umumnya, bisnis bendera merah putih dilakukan secara offline. Dengan membuka toko fisik atau menggelar lapak di lokasi-lokasi yang strategis.

Misalnya, di pinggir jalan ramai lalu lalang masyarakat sehingga toko kamu lebih mudah ditemukan, di area terbuka yang banyak dikunjungi, seperti lapangan, terminal, stasiun, hingga pasar tradisional.

Semakin strategis lokasi usaha yang kamu pilih, akan semakin mudah juga bagi kamu untuk bertemu dengan pelanggan potensial.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier? Simak 8 Tipsnya

9. Promosikan Secara Online

Meski bendera merah putih yang kamu jual secara offline, tetapi bisa juga memanfaatkan internet untuk promosinya.

Misalnya, dengan membuat akun khusus bisnis di media sosial. Jadi, toko kamu terlihat lebih profesional dan jangkauan pasarnya akan semakin luas.

Cara promosi yang dilakukan melalui internet ini pun dinilai lebih hemat biaya, tetapi bisa memiliki hasil optimal jika dijalani dengan baik.

Ada banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk keperluan promosi bisnis. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, TikTok, dan lainnya.

Manfaatkanlah setiap fitur yang ada di masing-masing media sosial sehingga konten promosi kamu lebih menarik.

10. Layani Pelanggan Sebaik Mungkin

Selain menyediakan produk yang berkualitas, pelayanan pelanggan dengan cara terbaik juga bisa menjadi poin plus bagi bisnismu, lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan ResearchGate pun mengungkapkan bahwa, kualitas layanan yang tinggi merupakan salah satu elemen kunci untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Oleh sebab itu, cobalah untuk melayani pelanggan sebaik mungkin. Dengan selalu bersikap ramah dan sopan kepada setiap pelanggan.

Jawablah setiap pertanyaan yang mungkin mereka ajukan sebaik mungkin. Jadikan pengalaman belanja mereka terasa menyenangkan.

Apabila ada kendala, tanggapilah segera dan tawarkan solusinya. Jadi, mereka merasa dihargai dan terbantu dengan pelayanan yang diberikan.

Baca Juga: 8 Tips Customer Service untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

11. Jual Bendera Online

Peluang Bisnis Bendera Merah Putih saat HUT RI, Ini 15 Tipsnya
(Foto bendera Indonesia. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Tidak hanya berjualan secara offline, kamu juga bisa menjalani bisnis bendera merah putih online.

Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai marketplace yang ada dan mulai membuat toko online untuk memasarkan bendera.

Dengan marketplace, kamu bisa berjualan online secara lebih mudah. Sebab, basis pelanggannya yang besar bisa membantu kamu menjangkau pelanggan potensial dengan lebih cepat.

Proses transaksinya juga cenderung praktis. Maka tak heran apabila banyak pelanggan yang lebih memilih untuk berbelanja online.

Ini bisa menjadi cara berjualan bendera yang dapat kamu coba sehingga keuntungan bisnis pun meningkat.

12. Perhatikan Kemasan Produk

Baik itu berjualan bendera merah putih secara online maupun offline, pastikan kamu memerhatikan kemasan produk yang akan diberikan pada pelanggan.

Gunakanlah kemasan yang bisa melindungi produk dengan baik. Jadi, kualitas produk tetap terjaga.

Selain itu, kamu juga dapat memertimbangkan penggunaan kemasan menarik. Kemasan produk yang unik bisa membantu pelanggan dalam membuat keputusan pembelian.

Semakin menarik kemasannya, maka akan semakin mudah bagimu untuk memikat pelanggan sehingga mereka mau berbelanja.

Melansir Open Business Council, pemilihan kemasan produk merupakan bagian penting dari proses pemasaran.

Dengan kemasan yang menarik, produk kamu akan terlihat lebih menonjol daripada kompetitor sehingga bisa meningkatkan pendapatan.

Dalam hal ini, kamu mungkin bisa membuat kemasan produk yang mencirikan HUT RI. Dengan menggunakan pilihan kemasan yang bernuansa merah putih.

Bisa juga dengan membuat kemasan yang memiliki ilustrasi khas Nusantara. Berupa batik atau motif kain tradisional, simbol garuda, serta ilustrasi icon-icon dari berbagai daerah.

Baca Juga: 6 Cara Pengolahan Daging Sapi untuk Dijual, Tetap Segar!

13. Pilih Jasa Kirim Tepercaya

Ketika kamu memilih untuk berjualan bendera merah putih secara online, pastikan kamu juga memerhatikan jasa kirim yang digunakan.

Sebaiknya, pilih jasa pengiriman yang tepercaya sehingga pesanan pelanggan bisa sampai tepat waktu.

Selain itu, pihak ekspedisi yang bertanggungjawab juga dapat melindungi keamanan produk yang kamu kirim pada pelanggan.

Jangan sampai kamu memilih jasa kirim yang salah dan membuat pelanggan kecewa, ya.

Kamu juga bisa menyediakan berbagai jasa kirim. Cara seperti ini bisa memberikan kebebasan pada pelanggan untuk memilih mana jasa kirim yang paling sesuai kebutuhan mereka.

Sebab, setiap ekspedisi memiliki tarif pengiriman yang berbeda tergantung pada masing-masing kebijakan.

14. Jual Barang Dekoratif Lainnya

Selain bisnis bendera merah putih, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan bisnis dengan berjualan barang dekoratif khas HUT RI lainnya.

Misalnya, menjual bendera merah putih dengan berbagai material, baik itu berbahan kain anti luntur atau pun plastik.

Bisa juga menawarkan sablon umbul umbul bertema kemerdekaan Indonesia, pita merah dan putih untuk hiasan, dan lain-lain.

Biasanya, barang-barang dekorasi seperti ini banyak dicari untuk keperluan menghias rumah atau lingkungan sekitar yang dijadikan tempat perlombaan HUT RI.

Baca Juga: Dapat Cuan Besar dari Bisnis Dekorasi Pernikahan, Ini 6 Cara Memulainya! 

15. Jangan Ragu Beri Promo

Dalam bisnis bendera merah putih, jangan lupa untuk memberikan promo spesial sehingga kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Misalnya, dengan memberikan potongan harga sebesar angka HUT RI, seperti diskon 17%, potongan harga Rp17.000 di pembelian produk kedua, dan lain-lain.

Strategi seperti ini cukup efektif dalam meningkatkan penjualan, lho.

Cara tersebut pun bisa diterapkan dalam bisnis online maupun offline.

Namun, jangan lupa untuk selalu menghitung keuntungan sebelum mengadakan promosi besar-besaran. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena salah membuat strategi promosi.

Itu dia peluang bisnis bendera merah putih beserta cara memulainya.

Yuk, manfaatkan euforia hari kemerdekaan Indonesia dengan bisnis bendera merah putih yang bisa hasilkan keuntungan maksimal!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X