Intip 5 Software Inventory Gratis yang Bisa Kamu Coba!

Share this Post

software inventory gratis
Table of Contents

Kamu berjualan pada lebih dari satu platform? Atau gudang penyimpanan produkmu masih berantakan? Kamu bisa mencoba software inventory gratis untuk mengelolanya.

Kegunaan utama software ini, yaitu dapat memberi tahu kamu kapan saja tentang apa yang terjadi pada stok.

Software manajemen inventaris sangat penting untuk operasi bisnis sehari-hari, terutama bagi pelaku retail yang punya banyak jenis persediaan barang. 

Oleh karena itu, penting untuk memilih software inventory gratis andal, efektif, dan memiliki fitur yang kamu butuhkan.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai apa itu software manajemen inventaris dan apa saja rekomendasi software inventory gratis.

Baca Juga: Jenis-Jenis Persediaan di Gudang untuk Menunjang Bisnis

Pengertian Software Inventory

software inventory gratis
(Software manajemen inventaris. Sumber: Freepik.com)

Sebelum mencari tahu apa saja software inventory gratis yang bagus, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu pengertiannya.

Mengutip dari Business News Daily, software inventory adalah alat yang mengotomatiskan aspek inventaris dan manajemen gudang. 

Alat ini dapat menyederhanakan tugas yang diperlukan untuk melacak inventaris secara efektif, mengelola pemesanan ulang, dan memperbarui data akuntansi.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana cara kerja software manajemen inventaris ini?

Saat ini, sebagian besar platform manajemen inventaris, termasuk software inventory gratis, sudah berbasis cloud

Platform berbasis cloud inilah yang direkomendasikan oleh sebagian besar pakar. Software berbasis cloud tidak mengharuskanmu untuk memelihara server atau mengupah staf IT. 

Kamu juga tidak wajib membuat rencana keamanan siber untuk server bisnismu. Sebaliknya, software berbasis cloud dikelola oleh perusahaan software

Jadi, penting untuk memilih vendor yang mempertahankan standar layanan tinggi. Perangkat berbasis cloud umumnya menawarkan skema langganan bulanan. 

Ketika memilih mitra vendor yang bagus, bisnismu dapat secara signifikan berkurang beban pengelolaan perangkat lunaknya.

Berbagai software berbasis cloud, banyak yang dari luar negeri. Kisaran harganya pun ada di angka US$100 untuk sistem sederhana. Harga paling mahal bisa mencapai US$3.000.

Meski tampak memberatkan, jangan khawatir. Setiap perusahaan penyedia jasa ini menyiapkan paket software inventory gratis untuk kamu coba.

Biasanya versi gratis ini hanya berlaku beberapa 1-2 minggu saja, karena dimaksudkan sebagai trial. Jika menurutmu software ini bermanfaat, kamu bisa melanjutkan dengan versi berbayar.

Namun ada juga platform yang menawarkan paket gratis tanpa diberi tenggat waktu. Meski memang fiturnya cukup terbatas.

Baca Juga: Microstock Bisa Menghasilkan Uang, Ini Tips Melakukannya

Rekomendasi Software Inventory Gratis

kartu stok
(Ilustrasi kegiatan di gudang. Sumber: Freepik.com)

Software manajemen inventaris mencakup fitur yang mendukung pelacakan barang saat masuk dan keluar dari etalase dan tempat penyimpanan. Ini merupakan proses yang dikenal sebagai kontrol inventaris. 

Software ini menyertakan fitur yang dapat membantumu mempertahankan jumlah stok yang tepat setiap saat. 

Selain itu, alat ini menyertakan integrasi yang dapat melacak pesanan secara real time dan memperbarui perangkat lunak akuntansimu secara otomatis.

Oleh karena itu, pastikan software inventory gratis yang kamu pilih memiliki semua fitur penting ini.

Jika kamu masih bingung hendak memilih yang mana, berikut ini ada sejumlah rekomendasi software inventory gratis yang bisa kamu coba.

1. Zoho Inventory

Rekomendasi software inventory gratis yang pertama, ada Zoho Inventory. Untuk paket gratisnya, Zoho Inventory memberi banyak fitur yang mempermudah pengelolaan inventaris. 

Mulai dari memberikan peringatan stok rendah, opsi kitting dan bundling, serta beberapa integrasi ke platform e-commerce.

Ada juga fitur aplikasi customer relation management (CRM) dan gateway pembayaran. 

Zoho adalah software inventory gratis berperingkat teratas untuk semua bisnis kecil. Aplikasi selulernya juga menjadikannya pilihan terbaik bagi pengusaha yang melakukan pekerjaan mereka di mana saja.

Sayangnya, paket gratis Zoho memiliki beberapa batasan. Misalnya, pesanan penjualan bulanan yang dibatasi, label pengiriman, dan pelacakan pengiriman.

Selain itu, tidak ada pelacakan real time dan multilokasi. Namun, secara keseluruhan Zoho menawarkan nilai yang luar biasa untuk paket yang berbayar.

2. Square

Rekomendasi software inventory gratis lainnya, ada Square. Software ini terkenal karena kemampuan point of sales-nya atau POS untuk retail dan restoran. 

Ini merupakan sistem POS gratis yang cukup terkemuka. Namun, untuk setiap akun POS, kamu bisa mendapatkan akses ke semua alat manajemen inventaris Square yang sepenuhnya gratis untuk satu lokasi. 

Square menawarkan fitur yang membantu penjualan di dalam toko, integrasi e-commerce, POS, mobile, dan sebagainya.

Dengan mempertimbangkan semua fitur yang dilengkapi Square, ini adalah solusi lengkap terbaik bagi pelaku retail yang ingin mengelola inventaris secara gratis. 

Apalagi Square dapat digunakan untuk di dalam toko dan online. Alat ini juga dapat diakses melalui ponsel.

Satu kelemahan Square, yaitu kurangnya kemampuan kitting, manajemen inventaris multilokasi, dan pelacakan penjualan.

Selain itu, layanan pelanggannya terbatas. Adapun pelaporan, manajemen vendor, dan pesanan pembelian hanya bisa didapat di versi berbayar.

Namun Square memiliki aplikasi seluler yang luar biasa. Kamu dapat melakukan penjualan dan memindai barang serta melakukan penghitungan inventaris.

Baca Juga: Apa itu Stock Opname? Simak Pengertian, Cara, dan Manfaatnya di Sini!

3. SalesBinder

Perangkat SalesBinder menjadi rekomendasi software inventory gratis selanjutnya. SalesBinder menawarkan fitur luar biasa yang berfungsi di lebih dari 130 negara dan beragam mata uang. 

Interface SalesBinder intuitif dan mencakup banyak ruang untuk penyesuaian. Jadi, kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan, di mana pun kamu berada.

Paket gratis SalesBinder memang tidak mengizinkan integrasi. Namun, alat ini memiliki fitur yang kuat untuk merekam dan melacak inventaris, serta fitur penjualan dan CRM yang kuat. 

Paket gratisnya juga membatasi catatan bulanan, yang dihitung sebagai barang inventaris, akun, atau pesanan.

Di sisi lain, paket berbayar SalesBinder yang paling murah mulai dari US$9 per bulan.

Ini menjadikan SalesBinder pilihan yang bagus untuk bisnis kecil dengan pelanggan dan inventaris terbatas atau bagi pebisnis yang baru memulai.

4. Stockpile

Stockpile adalah software inventory gratis yang benar-benar gratis. Artinya, Stockpile sama sekali tidak memiliki paket berbayar.

Ini adalah sistem inventaris murni, tidak terikat dengan industri apa pun.

Oleh karena itu, perangkat lunak ini direkomendasikan untuk bisnis dengan banyak inventaris sederhana yang tidak memerlukan penanganan lain. 

Namun, jika kamu membutuhkan kitting atau bundling, pertimbangkan untuk menggunakan Zoho Inventory.

Meskipun Stockpile memungkinkan produk, pengguna, lokasi, dan fitur lainnya tanpa batas, fungsi sebenarnya terbatas pada manajemen inventaris yang sangat sederhana. 

Kamu tidak dapat memprogram variasi, membuat pesanan pembelian, atau membuat bundel. Fungsi utama Stockpile hanya melacak barang di beberapa lokasi. 

Jika kamu mencari opsi yang lebih banyak fitur, pertimbangkan SalesBinder. Kelemahan Stockpile lainnya, yaitu customer support yang cukup terbatas.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Terbaik, No. 5 Patut Dicoba!

5. SIRCLO Store

Intip 5 Software Inventory Gratis yang Bisa Kamu Coba!
(SIRCLO Store. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Rekomendasi software inventory gratis yang terakhir, ada SIRCLO Store. Dengan fitur integrasi marketplace, SIRCLO Store memungkinkanmu mengatur stok produk.

Kamu dapat menyinkronkan informasi semua produk di berbagai marketplace yang kamu pakai untuk berjualan. 

Setiap pembaruan terkait ketersediaan produk akan tersinkronisasi secara otomatis di channel e-commerce, marketplace, situs web, hingga chat commerce.

Jadi, kamu tak perlu ada kesalahan informasi stok produk kepada pelanggan. Adapun marketplace yang terintegrasi dengan SIRCLO Store cukup banyak.

Ada Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, Elevenia, ZILINGO, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengintegrasikan semua atau beberapa yang memang kamu gunakan saja.

Tak hanya mengelola ketersediaan stok, SIRCLO Store juga dapat mengelola pesanan dan nomor resi dalam satu tempat.

Semua pesanan masuk dari platform penjualan yang kamu pakai, akan muncul dalam satu sistem di SIRCLO Store.

Ini dapat memudahkanmu memantau pesanan tanpa perlu mengecek satu per satu platform.

Kamu juga bisa membuat nota pesanan dan nomor resi secara otomatis. Jadi, kamu bisa memproses pesanan lebih mudah dengan fitur resi otomatis yang diberikan SIRCLO Store ini.

Fitur penting lainnya dari SIRCLO Store, yaitu adanya dasbor data dan laporan transaksi. Jika ingin menyusunnya sebagai laporan, kamu dapat mengunduhnya dalam format XLSX.

Soal harga, SIRCLO Store memang memiliki paket berbayar. Mulai dari paket basic dengan harga Rp275.000 per bulan, hingga paket profesional Rp1.650.000 per bulan.

Namun kamu dapat menggunakan sejumlah fitur SIRCLO Store dengan gratis tanpa batas waktu penggunaan.

Paket yang satu ini cocok bagi kamu yang masih pemula dalam bisnis atau bagi UMKM yang ingin memulai langkah baru dalam berjualan secara online.

Baca Juga: Ini 6 Contoh Bisnis SaaS, Salah Satunya SIRCLO

Itulah sejumlah rekomendasi software inventory gratis yang dapat kamu coba untuk bisnismu. Jadi, yang mana pilihanmu?