Apa Itu Brand Management? Simak Manfaatnya Bagi Bisnis

Share this Post

brand management
Table of Contents

Brand management menjadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan dalam pemasaran. Dengan begitu, hasil pemasaran bisa lebih maksimal bagi bisnis kamu.

Dikutip dari laman Indeed, brand management adalah serangkaian teknik dan strategi yang digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan nilai yang dirasakan dari suatu merek, produk atau layanan, dan kesadaran merek di antara target audiens.

Adanya brand management bisa membantu bisnis kamu untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Bisnis juga bisa menjadi lebih unggul dalam persaingan pasar.

Selain itu, manajemen merek yang baik dapat meningkatkan citra merek yang positif dan membangun hubungan yang langgeng dengan konsumen.

Yuk, pahami lebih lanjut tentang apa itu brand management dalam artikel berikut. Para pebisnis wajib tahu!

Baca Juga: Cara Ampuh Membangun Brand Loyalty, Penting Lho!

Prinsip dalam Brand Management

prinsip brand management
(Foto proses desain identitas merek. Sumber: Pexels.com)

Ada beberapa prinsip dalam manajemen merek yang perlu brand perhatikan. Ini dia prinsip brand management yang efektif untuk meningkatkan citra merek dan pendapatan usaha:

1. Brand Awareness

Salah satu prinsip manajemen merek yang penting untuk diperhatikan adalah kesadaran merek (brand awareness).

Kesadaran merek adalah pengetahuan yang dimiliki masyarakat umum dan target audiens tentang bisnis, produk, dan layanan bisnis kamu.

Manfaat brand awareness, yakni bisa meningkatkan kepercayaan merek, loyalitas pelanggan, hingga pendapatan bisnis secara keseluruhan.

2. Brand Experience

Prinsip lainnya dalam sebuah manajemen merek, yakni brand experience atau pengalaman merek.

Dilansir laman Sprinklr, pengalaman merek dapat didefinisikan sebagai pengalaman nyata dan emosional yang dimiliki pelanggan saat berinteraksi dengan merek.

Pengalaman merek dan kualitas produk atau layanan menjadi salah satu aspek penting yang banyak dipertimbangkan oleh pelanggan sebelum mereka membuat keputusan pembelian.  

3. Brand Equity

Brand equity merupakan prinsip manajemen merek lainnya yang perlu kamu ketahui.

Brand equity atau ekuitas merek adalah bagaimana pelanggan memandang, menilai, dan mengasosiasikan merek kamu.

Dengan brand equity yang positif, kamu bisa meningkatkan pendapatan bisnis secara signifikan.

Ekuitas merek ini bisa tumbuh dari campaign yang menciptakan brand awareness dan penyebaran nilai-nilai produk sekaligus layanan sehingga meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Dengan memanfaatkan kekuatan branding ini, kamu dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan pengeluaran yang lebih sedikit baik untuk produksi maupun pemasaran.

Misalnya, merek dengan ekuitas merek yang kuat dapat menetapkan harga jual yang lebih tinggi. Pelanggan yang percaya pada nilai-nilai perusahaan dan kualitas produknya cenderung membayar lebih untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 13 Brand Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

4. Brand Loyalty

Brand loyalty atau loyalitas merek mengacu pada seberapa sering pelanggan atau pengikut berinteraksi dengan merek kamu dan berapa banyak pembelian yang mereka lakukan.

Keterlibatan pelanggan terhadap merek kamu ini bisa membangun hubungan yang lebih baik antara target audiens dengan brand.

Pelanggan yang puas dengan kualitas produk maupun layanan kamu juga bisa membuat mereka kembali lagi untuk melakukan pembelian. Jadi, kamu bisa mendapatkan loyalitas pelanggan dengan lebih mudah.

5. Brand Affinity

Brand affinity termasuk dalam prinsip brand management yang mengacu pada campuran faktor emosional dan rasional terlibat dalam keputusan pembelian pelanggan.

Faktor emosional dalam afinitas merek adalah perasaan yang dimiliki pelanggan ketika nilai-nilai pribadi mereka selaras dengan nilai-nilai bisnis kamu.

Nilai-nilai yang selaras antara pelanggan dengan merek sepeti ini dapat membangun hubungan yang lebih baik sekaligus menghasilkan retensi yang lebih tinggi.

6. Brand Recognition

Brand recognition atau pengenalan merek mengacu pada seberapa baik pelanggan dapat mengidentifikasi perusahaan kamu tanpa melihat nama merek.

Dalam hal ini, bisa mencakup logo, kemasan, tagline, atau sejumlah indikator lainnya.

Ketika pelanggan dapat mengenali merek kamu dengan baik melalui beberapa indikator tersebut, bisnismu pun akan jauh lebih unggul daripada kompetitor.

Hal ini juga bisa menarik pelanggan untuk lebih memilih merek kamu dibandingkan dengan pesaing.

7. Brand Reputation

Brand reputation atau reputasi merek adalah bagaimana target audiens melihat kualitas, nilai, dan status merek kamu.

Ada banyak hal yang bisa memengaruhi reputasi sebuah merek. Misalnya faktor internal yang mencakup layanan pelanggan dan kualitas produk. Bisa juga dari faktor eksternal, seperti penyebutan di media atau ulasan pelanggan.

Dengan reputasi merek yang baik, kamu akan lebih mudah dalam menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

Hal ini karena brand reputation sering kali menjadi kesan pertama pelanggan terhadap bisnis kamu. Jadi, membangun reputasi merek yang kuat merupakan faktor besar dalam mendatangkan pelanggan potensial.

Baca Juga: Tingkatkan Brand Recognition agar Lebih Terkenal, Ini 7 Strateginya!

Manfaat Brand Management untuk Bisnis

manfaat brand management
(Foto proses desain untuk branding. Sumber: Pexels.com)

Lantas, apa saja manfaat dari manajemen merek bagi sebuah bisnis? Berikut manfaat brand management yang perlu kamu ketahui:

1. Menciptakan Kesadaran Merek

Manfaat brand management pertama untuk bisnis kamu, yakni bisa menciptakan kesadaran merek yang lebih baik di mata pelanggan.

Kesadaran merek atau brand awareness sangat penting bagi sebuah bisnis agar pelanggan mengenali dan mengingat suatu merek saat membuat keputusan pembelian.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat logo merek yang jelas sehingga mudah untuk diingat oleh pelanggan.

Brand management yang efektif dapat menciptakan dan mempertahankan kesadaran merek. Kamu pun bisa meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk mempertimbangkan merek kamu terlebih dahulu saat mereka membuat opsi pembelian.

2. Menumbuhkan Konsistensi Merek

Strategi brand management yang efektif juga bisa membantu bisnis kamu dalam menumbuhkan konsistensi merek.

Jadi, merek kamu bisa konsisten dalam seluruh upaya pemasaran, periklanan, dan pengembangannya.

Konsistensi merek ini memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis. Sebab, konsistensi memungkinkan perusahaan membuat pilihan yang selaras dengan nilai, identitas, dan misi kamu.

Merek yang mampu menjaga konsistensinya juga bisa menyesuaikan teknik pemasarannya dengan lebih baik. Pada akhirnya, hal tersebut bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Brand Experience Adalah? Ini Definisi dan Tips yang Dibutuhkan

3. Membangun Identitas Merek

Manfaat strategi brand management selanjutnya, yakni bisa membantu kamu dalam membangun identitas merek yang baik di mata pelanggan.

Identitas merek yang dibangun secara positif bisa meninggalkan kesan baik di benak pelanggan. Mereka pun bisa menemukan dan mengingat merek kamu dengan mudah.

Sementara bagi perusahaan, identitas merek ini penting untuk membantu kamu dalam membuat keputusan yang tepat tentang produk, prospektif, serta arah umum rencana bisnismu ke depannya.

4. Meningkatkan Kredibilitas Merek

Penerapan strategi brand management yang efektif juga bisa membantu kamu dalam meningkatkan kredibilitas merek.

Hal ini karena mempromosikan citra merek yang positif di mata pelanggan bisa membantu perusahaan dalam menciptakan kepercayaan pasar.

Kredibilitas sangat penting bagi sebuah bisnis untuk membangun dan mempertahankan loyalitas dan pengakuan pelanggan.

Dengan kepercayaan yang baik, pelanggan pun tak akan ragu untuk lebih memilih merek kamu dibandingkan pesaing saat mereka membuat keputusan pembelian.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Branding Identity dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Itu dia penjelasan seputar brand management yang perlu kamu pahami. Semoga kamu bisa membuat strategi manajemen merek yang efektif bagi bisnis, ya.