Contoh Kata-kata Jualan Online di WA Untuk Pemasaran

Share this Post

kata kata jualan online di wa
Table of Contents

WhatsApp merupakan media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berjualan online. Yuk, cari referensi kata-kata jualan online di WA berikut ini.

Di era serba digital seperti saat ini, eksistensi WhatsApp sebagai media sosial juga dimanfaatkan sebagai salah satu sarana pemasaran online.

Hal ini karena jumlah pengguna WA sekarang terus bertambah banyak. Jadi, media sosial ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memperluas jangkauan pelanggan.

Apalagi kini, sebagian besar masyarakat lebih menyukai transaksi digital sehingga pemasaran yang dilakukan melalui WhatsApp menarik untuk kamu coba.

Baca Juga: 10 Manfaat WhatsApp Marketing untuk Bisnis, Kamu Sudah Pakai?

Contoh Kata-Kata Jualan Online di WA

contoh kata-kata jualan online di WA
(Foto tampilan chat WhatsApp. Sumber: Pixabay.com)

Salah satu strategi pemasaran produk atau layanan secara online melalui WA, bisa kamu lakukan dengan menggunakan pemilihan kata yang tepat selama berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Dengan begitu, target audiens bisa lebih tertarik dan merasa yakin untuk melakukan pembelian. Penggunaan kata-kata jualan online di WA yang efektif juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Lantas, seperti apa kata-kata jualan online di WA yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan keuntungan bisnis? Berikut contoh kata-kata jualan online di WA yang bisa digunakan sebagai referensimu.

1. Sesuaikan dengan Target Audiens

Dalam membuat konten penawaran bisnis online di WhatsApp, pastikan kamu menyesuaikan tata bahasa yang digunakan dengan target audiens.

Tentukan dahulu dengan siapa kamu akan berbicara sehingga kata-kata jualan online di Wa yang kamu sampaikan bisa lebih mudah dimengerti oleh mereka.

Misalnya jika target audiens bisnis online kamu merupakan anak remaja berusia muda, gunakanlah kata sapaan yang lebih santai dan cobalah pakai kata-kata kekinian

2. Deskripsikan Produk dengan Jelas

Kata-kata jualan online di WA juga bisa kamu sampaikan dengan mendeskripsikan produk atau layanan sejelas mungkin. Jadi, target audiens bisnismu bisa langsung paham dengan hal yang kamu tawarkan.

Deskripsi produk yang dimaksud dapat meliputi nama barang, nama merek, ukuran, warna, model, dan informasi penting terkait produk lainnya.

Lebih bagus lagi, jika kamu turut menyebutkan cara penggunaan hingga tips perawatannya sebagai bentuk edukasi pada pelanggan. Jadi, mereka akan semakin yakin untuk membelinya.

3. Tunjukkan Keunggulan Produk

contoh kata-kata jualan di WA untuk online shop
(Foto ilustrasi logo WhatsApp. Sumber: Unsplash.com)

Jangan ragu untuk menonjolkan keunggulan produk atau layanan yang kamu tawarkan kepada target audiens. Justru, inilah saat yang tepat untuk memikat hati pelanggan sehingga mereka mau melakukan pembelian.

Gunakanlah kata-kata jualan online di WA yang berfokus pada keunggulan produk. Misalnya fitur atau manfaatnya yang berbeda dan lebih baik daripada produk serupa di pasaran.

Dengan begitu, calon pelanggan akan semakin yakin untuk melakukan pembelian karena mereka merasa bahwa produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar bagus dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Kelebihan WhatsApp Business API Sebagai Chat Commerce

4. Sentuh Sisi Emosional Pelanggan

Kata-kata jualan online di WA juga sebaiknya mampu menyentuh sisi emosional pelanggan untuk mendorong mereka melakukan pembelian.

Dalam hal ini, kamu perlu menunjukkan empati sehingga permasalahan pelanggan yang dihadapi merasa diperhatikan. Lalu, tawarkanlah produk atau layanan kamu sebagai solusinya.

Dengan ajakan yang tepat dan sepersuasif mungkin, pelanggan pasti akan tertarik untuk mencoba produk atau layananmu.

Jadi, coba pelajari dahulu permasalahan yang dihadapi mereka barulah tawarkan bantuan atau solusi melalui produk jualanmu.

5. Ciptakan Rasa Urgensi

contoh kata-kata jualan di wa untuk pemasaran
(Foto logo WhatsApp. Sumber: Unsplash.com)

Menciptakan rasa urgensi dalam benak pelanggan bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan bisnismu meningkat.

Rasa urgensi ini dapat dibentuk dari penggunakan kata-kata jualan online di WA yang tepat. Misalnya dengan memberikan informasi flash sale dengan rentang waktu tertentu.

Bisa juga coba memberikan potongan harga spesial apabila target audiens bisnis kamu mau berbelanja saat itu juga.

Buatlah penawaran menarik yang tidak boleh dilewatkan oleh pelanggan. Jadi, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang besar.

6. Bersikap Ramah dan Sopan

Dalam memilih kata-kata jualan online di WA sebagai strategi promosi, pastikan untuk bersikap ramah dan sopan. Jangan sampai pelanggan memiliki kesan yang buruk terhadap toko online kamu, ya.

Jadi, gunakanlah kalimat yang baik, sehingga mencerminkan penjual online yang ramah dan sopan kepada pelanggan. Buat mereka merasa dihargai oleh bisnis kamu sehingga tercipta hubungan yang positif dan kedekatan antara penjual dengan pembeli.

Dengan pendekatan yang positif, kamu akan lebih mudah untuk menarik hati pelanggan. Pada akhirnya, mereka bisa menjadi pelanggan toko online kamu.

Baca Juga: Cara Jualan Online Mudah Melalui Chat Commerce WhatsApp Business

7. Beri Penawaran Menarik

contoh kata-kata jualan online di WA untuk tingkatkan penjualan
(Foto pengguna ponsel. Sumber: Pexels.com)

Mempromosikan barang atau jasa membutuhkan strategi yang tepat. Salah satunya dengan memberikan penawaran yang menarik agar pelanggan mau melakukan pembelian.

Ada banyak sekali contoh penawaran menarik yang bisa kamu coba berikan pada calon pelanggan. Mulai dari potongan harga khusus, promo cashback, gratis ongkir, memberikan hadiah gratis, dan masih banyak lagi.

Semakin menguntungkan penawaran yang kamu berikan, akan makin mudah bagimu untuk mendatangkan pelanggan ke toko online.

8. Gunakan Kata-kata Ekslusif

Dalam membuat kata-kata jualan online di WA, cobalah untuk menggunakan kata yang menunjukkan eksklusivitas.

Contohnya, dengan memberitahukan pelanggan bahwa produk yang kamu tawarkan merupakan barang baru diluncurkan sehingga belum banyak orang yang memilikinya.

Bisa juga dengan membuat penawaran yang berisi produk limited edition. Jadi, pelanggan tidak akan menemukan produk serupa di toko online lain, selain toko kamu.

Umumnya, cara seperti ini cukup efektif untuk menarik pelanggan dalam melakukan pembelian. Jadi, pintarlah dalam memilih kata-kata untuk keperluan promosi toko online.

9. Perkuat dengan Bukti Berupa Testimoni

Kata-kata jualan online di WA yang kamu gunakan juga harus disertai dengan bukti, berupa testimoni dari pelanggan yang sudah ada. Hal ini terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu.

Testimoni positif biasa dipandang sebagai rekomendasi sesama pelanggan. Jadi, biasanya akan lebih dipercaya oleh pelanggan baru dibandingkan dengan konten penawaran buatan brand itu sendiri.

Apalagi di era serba online seperti sekarang, sebagian besar calon pelanggan terbiasa untuk mencari ulasan produk atau jasa terlebih dahulu sebelum mereka menggunakannya.

Untuk bisa menampilkan testimoni yang bagus, kamu perlu mengumpulkan pendapat dan pengalaman pelanggan saat ini. Kemudian, gunakanlah testimoni tersebut untuk keperluan pemasaran.

Selain bisa meningkatkan penjualan, penggunaan testimoni untuk promosi bisnis online juga lebih hemat biaya, lho. Sebab, kamu tidak perlu repot lagi membuat iklan karena cara ini lebih ampuh untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Chatbot WhatsApp, Mudah Kok!

10. Buat Pelanggan Merasa Nyaman dan Aman

contoh kata-kata jualan di WA untuk promosi
(Foto ilustrasi WhatsApp untuk jualan online. Sumber: Unsplash.com)

Pastikan kata-kata jualan online di WA yang kamu pakai tidak membuat calon pelanggan kabur. Hindari untuk menakut-nakuti atau bahkan memaksa mereka melakukan pembelian.

Sebaiknya, buatlah target audiens kamu merasa nyaman dan aman saat berkomunikasi secara online di WhatsApp. Bersikaplah ramah, sopan, dan perlakukan mereka dengan baik juga penuh hormat.

Bagaimana pun, pelanggan adalah raja sehingga sudah sepatutnya kamu bisa memberikan pelayanan terbaik.

Latih juga admin online shop yang bertugas di toko kamu untuk bersikap baik dengan pelanggan baru maupun pelanggan yang sudah ada. Jangan sampai mereka kecewa karena pelayanan yang diberikan.

Sebagus apapun kualitas produkmu, pasti akan tetap memberikan kesan tidak baik di benak pelanggan apabila pelayanannya buruk.

Itu dia contoh kata-kata jualan online di WA yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mempromosikan produk atau jasa. Sudahkah kamu memanfaatkan WhatsApp secara optimal untuk keperluan bisnis?