10 Tips Agar Tetap Semangat Jualan dan Bekerja

Share this Post

semangat jualan
Table of Contents

Dalam bekerja dan menjalankan bisnis, memang harus diiringi doa dan motivasi yang kuat. Berikut beberapa tips meningkatkan semangat jualan!

Pernahkah kamu merasa jenuh dalam menjalankan bisnis online atau kehilangan semangat ketika bisnis kamu sedang mengalami masa sulit?

Meraih kesuksesan bisnis memang tidak semudah membaca cerita sukses orang lain. Ini karena nyatanya tidak semua bisnis mencapai kesuksesan melalui jalan yang mulus dan dalam waktu singkat.

Baca Juga: 40+ Quotes Bisnis untuk Meningkatkan Motivasi Usaha

Jangan biarkan berbagai rintangan membuat kamu patah semangat, karena akan lebih mudah mencapai tujuan dan meraih kesuksesan kalau kamu tetap termotivasi.

Menurut The Strategic Journal of Business and Change Management, motivasi karyawan sangat penting untuk pertumbuhan organisasi perusahaan. Peran manajer atau pemimpin sangat penting dalam menentukan cara memotivasi karyawan agar dapan meningkatkan kinerja.

Hal tersebut juga berlaku untuk para pengusaha yang sedang menjalankan bisnis bersama. Motivasi tentu sangat penting untuk menjaga semangat jualan.

Yuk, ikuti tips dibawah ini untuk mengisi ulang semangat jualan kamu dan membangun kembali kesempatan untuk meraih target bisnis yang ingin kamu capai.

Tips Ampuh Meningkatkan Semangat Jualan

semangat jualan
(Foto semangat bekerja. Sumber: Freepik.com)

Agar semangat jualan dan bekerja tetap terjaga dan terus meningkat, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Temukan Inspirasi Baru dari Orang Lain

Agar kamu tidak terus tenggelam dalam kejenuhan, coba luangkan waktu untuk aktif bergabung dengan komunitas bisnis. Selain untuk networking, kamu juga bisa bertemu dengan banyak orang baru dan saling berbagi pengalaman bisnis.

Pasti ada banyak orang yang pernah mengalami masalah seperti yang kamu alami dan setelah berjuang mengatasi rintangan akhirnya mereka berhasil meraih kesuksesan.

Coba perhatikan hal-hal yang mendorong mereka untuk terus berusaha dan lakukan untuk menghadapi berbagai rintangan bisnis yang pernah dialami.

Selain akan membantu memotivasi diri sendiri, kamu juga akan mendapatkan banyak inspirasi dan ide segar untuk mengembangkan bisnis online.

2. Selalu Berpikir Positif

Saat kamu menemui hambatan dalam menjalankan bisnis, lebih baik buang jauh pikiran negatif dan fokus pada hal yang bisa kamu perbaiki.

Bila hambatan yang kamu alami terjadi karena rutinitas bisnis yang mulai membosankan, coba ubah cara kamu menjalankannya.

Evaluasi semua aktivitas bisnis yang biasa kamu jalankan setiap hari. Lalu, pikirkan cara kreatif untuk melakukannya dengan lebih efektif dan efisien supaya kamu bisa keluar dari kebosanan dan kembali semangat.

Baca Juga: 40 Marketing Quotes yang Bisa Jadi Ide Pemasaran Bisnismu

3. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

10 Tips Agar Tetap Semangat Jualan dan Bekerja
(Foto semangat bekerja. Sumber: Freepik.com)

Apa kamu sering terlalu sibuk mengurus bisnis online hingga tidak punya waktu untuk diri sendiri?

Penting sekali meluangkan waktu untuk memperhatikan hal sederhana seperti makan teratur, minum banyak air putih, serta olahraga ringan setiap hari, untuk menjaga tubuh kamu tetap fit dan membantu kamu tetap fokus.

Selain itu, jangan remehkan pentingnya waktu tidur dan istirahat yang cukup. Daripada begadang untuk mengurusi masalah pekerjaan yang belum selesai, lebih baik segera tidur setelah merasa lelah.

Semua tugas dan urusan pasti bisa kamu selesaikan dengan lebih mudah di pagi hari, setelah beristirahat dan tidur dengan nyenyak.

4. Berikan Reward Pada Diri Sendiri

Berikan apresiasi atas kerja keras yang sudah kamu lakukan untuk kemajuan bisnis, baik untuk pencapaian goal tertentu atau setelah melalui proses tertentu.

Sama seperti bisnis, kamu juga harus bisa menghargai berbagai proses dan pencapaian kecil yang sudah dilakukan untuk sampai pada goal bisnis jangka panjang yang lebih besar.

Inspirasi tidak akan datang dengan sendirinya, jadi luangkan waktu untuk bertukar pikiran dengan orang lain, tanyakan pendapat customer mengenai toko online kamu, dan juga banyak membaca.

Dengan begitu, pikiran kamu akan selalu dipenuhi hal kreatif dan ide baru yang bisa membuat kamu termotivasi dan selalu semangat.

5. Sediakan Waktu untuk Healing

Dalam berbisnis, bekerja keras tentu jadi kunci keberhasilan. Menjaga semangat jualan yang tinggi tentu akan berjalan lurus dengan produktivitasmu. Namun, bukan berarti kamu jadi melupakan kebutuhan liburan, ya!

Satu kali setiap minggu atau setiap bulan, agendakanlah liburan untuk dirimu sendiri. Misalnya, menonton film di bioskop, pergi bersepeda, bersantai di taman, atau liburan ke luar kota.

Mengambil waktu untuk healing bisa mencegah terjadinya burnout akibat lelah bekerja.

Baca Juga: Apa Itu OKR? Ini Fungsinya dalam Mencapai Tujuan Perusahaan

6. Jaga Hubungan Sosial dengan Orang Lain

10 Tips Agar Tetap Semangat Jualan dan Bekerja
(Foto hangout with friends. Sumber: Freepik.com)

Meskipun semangat jualan itu penting, kamu juga perlu menjaga hubungan sosial yang baik. Jagalah komunikasimu dengan teman-temanmu.

Sediakanlah waktu untuk mengobrol dan berinteraksi dengan mereka setiap harinya seusai urusan bisnis. Berinteraksi dengan orang lain bisa memberikan kesenangan dan hiburan.

Sebab, pastinya akan ada saja hal-hal lucu dan cerita menarik yang kamu dengar dari teman-temanmu.

7. Mengatur Pola Tidur

Tentunya kamu sudah tahu kapan waktu tidur yang ideal untukmu. Umumnya, waktu tidur yang cukup sekitar 8 jam. Namun tentu dapat berbeda setiap orangnya.

Yang jelas, memiliki waktu tidur yang cukup bisa membuatmu merasa fit dan siap untuk beraktivitas di hari itu. Artinya, semangat jualanmu juga akan terjaga setiap harinya.

8. Tandai Setiap Pencapaian

Sebagai pebisnis, tentu kamu memiliki target jangka panjang dan jangka pendek. Sobalah untuk menandai setiap target yang sudah tercapai, kemudian ingat-ingat kembali kerja keras yang kamu lakukan.

Ingat-ingatlah setiap hambatan yang kamu temui selama ini, dan cara kamu melaluinya. Mengingat hal tersebut bisa membantumu merasa lebih baik dan semangat menjalani bisnis.

Baca Juga: 50+ Kata-kata Motivasi Kerja yang Bisa Bangkitkan Semangat

9. Susun Jadwal Harian

10 Tips Agar Tetap Semangat Jualan dan Bekerja
(Foto jadwal harian. Sumber: Freepik.com)

Untuk menjaga semangat jualan, kamu juga perlu memiliki jadwal harian. Buatlah jadwal kegiatanmu mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Dengan memiliki jadwal harian, kamu akan termotivasi untuk lebih disiplin dan menyelesaikan setiap pekerjaan dengan tepat waktu.

10. Selalu Bersyukur

Tips terakhir untuk menjaga semangat jualan adalah dengan bersyukur. Cobalah lihat apa yang sudah kamu miliki hari ini.

Syukuri semua keberhasilanmu dan kerja keras selama ini. Sejatinya, kamu adalah pemenang yang berhasil mengalahkan rasa takut dan ragu dalam berbisnis. Apapun yang kamu sudah lalui merupakan hal yang besar dan patut dibanggakan.

Selain perlu menjaga semangat jualan, kamu juga wajib mengetahui tantangan bisnis saat ini agar siap menghadapinya.

Maka dari itu, jangan lupa menonton video berikut ya!

Itulah beberapa tips untuk menjaga semangat jualan dan bekerja. Yuk, iringi usahamu dengan motivasi yang tinggi!