7 Keuntungan Jual Desain Online, Ini Tips Memulainya!

Share this Post

jual desain online
Table of Contents

Jual desain online merupakan salah satu bisnis potensial di era digital saat ini. Seperti apa tips dan cara memulainya? Yuk, simak di sini.

Dengan menjadi desainer grafis, kamu dapat melakukan kegiatan jual desain online yang sekarang ini cukup menguntungkan.

Mulai dari pemasaran dan periklanan, penerbitan, hingga komunikasi digital semuanya membutuhkan desain. Pada titik ini, juga kenapa desain sangat dibutuhkan di dunia bisnis, terutama usaha online saat ini.

Oleh karena itu jual desain online dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Asalkan kamu punya skill desain grafis dan perangkat yang mendukung, kamu dapat memulai bisnis ini.

Lantas seperti apa tips menjalankan usaha satu ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 4 Strategi Bisnis Jasa Desain Grafis yang Bisa Kamu Ikuti

Tips Usaha Jual Desain Secara Online

jual desain online
(Foto sedang menggambar. Sumber: Unsplash.com)

Ada beberapa peluang bisnis dari jual desain secara online yang bisa kamu manfaatkan. 

Dilansir dari laman Architectural Digest, jika menjalankan bisnis ini dengan baik, kamu bisa mengembangkannya hingga membuat sebuah perusahaan desain sendiri.  

Berikut ini beberapa tips supaya kamu mendapat keuntungan dari jual desain secara online:

1. Menjadi Kontributor di Website Microstock

Menjadi contributor di Microstock berpeluang mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Microstock merupakan bisnis jual-beli foto, vector, dan video dengan sistem free royalty.

Artinya, pembeli hanya perlu membayar sekali agar bebas menggunakan vector, image, dan video yang dibeli dari kamu.

Namun, jangan khawatir. Walaupun membayar sekali, kamu tetap dapat menjual desain online berkali-kali pada buyer yang lainnya. Kamu dapat menjual karya desain, seperti vector, foto, dan video dengan mudah.

Beberapa situs Microstock yang telah populer. Misalnya, Shutterstock, Fotolia, Istockphoto, dan 123RF

2. Menjadi Freelance Designer di Situs-Situs Online

Tips jual desain online lain adalah dengan menawarkan jasa desain di berbagai situs-situs freelance terkemuka. Sebagai freelancer nantinya kamu dapat melihat budget project serta briefing yang diberikan.

Oleh karena itu, penting untuk kamu memiliki portofolio yang bagus. Sebab, klien akan memilih desainer biasanya berdasarkan portofolio yang pernah dibuat seorang desainer.

Beberapa situs freelancer yang telah tepercaya dan terkenal adalah Upwork, Sribulancer,dan Fiverr. 

Baca juga: 7 Contoh Desain Toko Online yang Bisa Jadi Inspirasi

Keuntungan Jual Desain Online

jual desain online
(Foto membuat konsep. Sumber: Unsplash.com)

Jual desain online merupakan pekerjaan yang relatif mudah berkembang. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari desain yang bisa kamu dapatkan.

Berikut keuntungan dari jual desain secara online yang bisa kamu peroleh:

1. Tidak Memerlukan Modal Besar

Modal utama dari jual desain secara online adalah skill. Kamu juga sebenarnya tidak memerlukan peralatan yang banyak, cukup komputer atau laptop dan software desain.

Jadi, untuk memulai jual desain secara online, kamu dapat melakukannya sendiri.

2. Potensi Keuntungan Besar

Jual desain online merupakan kegiatan yang memiliki fleksibilitas dalam menentukan margin keuntungan. Kamu dapat menentukan margin keuntungan salah satunya dengan mempertimbangkan segmen pasar.

Misanya, untuk segmen pasar UMKM, kamu tidak perlu mengambil margin besar. Untuk target pasar perusahaan yang memiliki anggaran yang cukup besar, kamu bisa menentukan keuntungan lebih besar.

Namun perlu diingat, standar servis yang harus diberikan juga terbilang tinggi dibandingkan segmen yang lain.

3. Segmen Pasar Luas

Instansi, perusahaan dan pelaku usaha bahkan masyarakat umum kini membutuhkan aset-aset digital, seperti logo hingga konten digital. Oleh karena itu, kegiatan jual desain online sebenarnya memiliki segmen pasar yang cukup luas.

Tentunya, ragam segmen pasar yang membutuhkan desain memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda.

4. Potensi Repeat Order Terbilang Tinggi

Orang-orang yang mencari desain online biasanya bisa sangat selektif dalam memilih desainer. Mereka akan mempertimbangkan salah satunya kualitas desain.

Hal yang menjadi menarik adalah apabila mereka menemukan partner yang cocok, hubungan bisnis yang terjalin pun bisa menjadi bersifat jangka panjang. Nantinya tiap membutuhkan jasa desain grafis, mereka akan kembali ke desainer grafis yang sama.

5. Bekerja di Mana Saja

Untuk jual desain secara online, kamu dapat bekerja di mana saja karena hal yang terpenting adalah pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Jadi, pada dasarnya kamu tidak memiliki jam kerja dan bisa menjadikan tempat di mana pun sebagai tempat kerja.

6. Marketing Relatif Mudah

Untuk memasarkan bisnis jual desain online, kamu bisa memasarkannya di website portofolio, media sosial atau email marketing.

Ada baiknya kamu punya website bisnis pribadi yang dapat membuat calon klien lebih yakin pada kredibilitas bisnis desain kamu.

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan target pasar apabila sedang memasarkan bisnis kamu. Beda target pasar tentunya beda juga pendekatannya. Ketahuilah di mana target pasar kamu berada dan bagaimana cara menarik perhatian mereka.

7. Dapat Bekerja Sendiri

Tidak seperti bisnis lain yang biasanya membutuhkan peran beberapa orang untuk menjalankannya. Jual desain online adalah usaha yang tergolong bisa dikerjakan sendirian.

Kamu dapat menggarap semuanya sendirian di awal usaha. Apabila kemudian sudah mendapatkan penghasilan yang stabil dan terlalu banyak pekerjaan untuk dikerjakan seorang diri, baru kamu bisa mulai membangun tim sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 19 Rekomendasi Website Gambar yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Mulai Jual Desain Online

7 Keuntungan Jual Desain Online, Ini Tips Memulainya!
(Foto sedang edit. Sumber: Unsplash.com)

Cara untuk memulai jual desain online sebenarnya terbilang sederhana. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk bisnis desain online:

1. Membangun Portofolio

Membuat portofolio secara online akan membuat orang semakin yakin dengan kualitas jual desain yang kamu kerjakan. Dengan demikian semakin besar pula peluang untuk mendatangkan keuntungan.

Kamu dapat membangun portofolio, baik di media sosial, blog, ataupun website freelancer online di internet. 

2. Lakukan Indirect Marketing

Dengan indirect marketing kamu dapat menarik calon pelanggan dengan fokus membuat konten dan sesuatu yang kira-kira dapat menarik bagi mereka.

Dengan cara ini, kamu telah membuat audiens atau pelanggan terdorong untuk mengenal bisnis jual desain online kamu.

Selain indirect marketing, kamu juga bisa menjalankan model marketing lainnya sambil berjalan dan belajar mengembangkan bisnis online yang tengah kamu tekuni ini.

3. Mengikuti Komunitas Bisnis Desain Online

Ada banyak komunitas desain yang kamu bisa ikut bergabung di dalamnya. Sebagian besar terdapat di media sosial seperti Facebook.

Kamu dapat bergabung ke komunitas bisnis desain online agar mendapatkan informasi terkini seputar bisnis desain online.

Selain itu, kamu dapat menambah relasi dan berdiskusi banyak dengan mereka yang telah lebih berpengalaman dalam dunia bisnis desain online.

Baca Juga: Manfaat Desain Kemasan yang Menarik Beserta Tips Membuatnya

Itulah tadi artikel mengenai jual desain online yang rupanya memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan. Selain mudah, pekerjaan ini rupanya cocok untuk kamu yang memiliki skill tinggi dalam desain.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis jual desain online, kamu bisa mencoba SIRCLO Store yang menyediakan jasa pembuatan website untuk toko online bagi desain online yang kamu jalankan. SIRCLO Store menawarkan harga mulai Rp0 tanpa batas waktu penggunaan.

Selain itu, tersedia juga berbagai template menarik dengan desain responsif dan terintegrasi dengan berbagai sistem pembayaran. Yuk, langsung coba SIRCLO Store!