13 Fitur Baru WhatsApp yang Berguna, Sudah Tahu?

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Tak lagi sekadar aplikasi pesan teks, berbagai fitur baru WhatsApp yang akan dibahas kali ini cukup menarik, lho.

Meskipun WhatsApp memiliki hampir 3 miliar pengguna, pendapatan dari platform ini tidak sebesar yang mungkin kamu perkirakan bagi Meta. 

Berbeda dengan Instagram yang mendapatkan pendapatan dari iklan, WhatsApp hanya menyumbang sebagian kecil dari total pendapatan Meta. Namun, Meta memiliki rencana untuk mengubah situasi ini.

Meta ingin meningkatkan pendapatan dengan memperkenalkan bisnis ke WhatsApp Business, dan upaya keras telah dilakukan oleh Meta untuk mewujudkannya. 

Tahun 2023 menjadi bukti nyata dari komitmen ini, dengan banyak fitur baru yang diperkenalkan WhatsApp. Yuk simak pembahasannya!

Baca Juga: 12 Tips Foto Produk Makanan Ala Fotografer Profesional

Berbagai Fitur Baru WhatsApp

Ada beberapa fitur baru yang dikeluarkan WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, yaitu:

1. Fitur Status Suara

fitur baru whatsapp voice status
Foto: Fitur Voice Status WhatsApp (about.fb.com)

Menurut laman Indian Express, fitur voice status atau status suara WhatsApp merupakan inovasi terbaru yang mempermudah kamu dalam berbagi pemikiran dengan teman, tanpa harus repot mengetik. 

Dengan adanya fitur ini, kamu dapat merekam pesan suara dan mempostingnya di status kamu, memberikan sentuhan personal dan ekspresif dalam berkomunikasi.

Proses pembuatan pesan suara di status sangat sederhana. Pertama, buka tab Status di aplikasi WhatsApp. 

Setelah itu, ketuk ikon pensil yang menandakan kamu ingin membuat status baru. Selanjutnya, tekan dan tahan ikon mikrofon untuk merekam pesan suara kamu. 

Ketika kamu selesai merekam, kamu dapat melepaskan ikon mikrofon dan pesan suara tersebut akan secara otomatis diposting di status kamu.

Penting untuk dicatat bahwa pesan suara yang kamu bagikan melalui fitur status akan bertahan selama 24 jam, mirip dengan konsep Instagram Stories. 

Hal ini memberikan kesempatan bagi teman-teman kamu untuk mendengarkan pemikiran atau cerita kamu dalam jangka waktu tertentu.

Fitur status suara ini tidak hanya memberikan keleluasaan dalam ekspresi diri, tetapi juga menambah dimensi baru dalam pengalaman berkomunikasi di WhatsApp. 

Dengan kemudahan penggunaan dan daya tariknya, fitur ini diharapkan dapat memperkaya interaksi sosial kamu melalui platform pesan instan yang sangat populer ini.

2. Pinned Chat

Seringkali, di tengah padatnya aktivitas obrolan di WhatsApp, kita bisa kehilangan jejak dari percakapan yang dianggap penting. 

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ada fitur baru WhatsApp berupa pinned chat yang mempermudah kamu mengakses hingga tiga obrolan terpenting di bagian atas daftar pesan.

Dengan fitur ini, kamu dapat menyematkan percakapan yang dianggap krusial agar selalu mudah dijangkau. 

Caranya sangat sederhana, cukup ketuk dan tahan percakapan yang ingin kamu pin di perangkat Android kamu. 

Setelah itu, pilih opsi “Sematkan obrolan” untuk menyematkannya. Bagi pengguna iOS, kamu dapat mencapai hal serupa dengan menggeser percakapan ke arah kanan.

Dengan adanya fitur ini, tidak hanya memudahkan dalam menemukan obrolan terpenting. Melainkan juga memberikan fleksibilitas ekstra dalam mengatur prioritas pesan kamu. 

Kamu dapat dengan mudah menyematkan dan melepaskan percakapan sesuai kebutuhan, menjadikan pengalaman menggunakan WhatsApp lebih teratur dan efisien.

Jadi, tidak lagi kehilangan jejak percakapan penting, sekarang kamu dapat dengan mudah menyematkannya di bagian atas daftar pesan, memastikan akses cepat dan efisien ke informasi yang kamu anggap paling vital.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Ukuran Foto, Bisa Dari HP, PC, Dan Online

3. Edit Chat

fitur baru whatsapp edit chat
Foto: Fitur Edit Chat WhatsApp (about.fb.com)
shopee pilih lokal

Kesalahan dalam pengetikan atau kelupaan saat mengirim pesan di WhatsApp adalah hal yang umum terjadi. 

Untuk mengatasi situasi tersebut, fitur baru WhatsApp berupa edit pesan bisa jadi sangat berguna. 

Dengan fitur ini, kamu memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan pada pesan yang sudah kamu kirimkan dalam waktu 15 menit setelah pengirimannya.

Fitur edit pesan ini menjadi solusi efektif ketika kamu menyadari ada kesalahan ketik, lupa menambahkan informasi penting, atau bahkan mengirim pesan ke kontak yang tidak seharusnya menerimanya. 

Proses pengeditan sangatlah sederhana. kamu hanya perlu menekan dan menahan pesan yang ingin diubah, lalu pilih opsi “Edit” dari menu yang muncul.

Dengan adanya fitur ini, WhatsApp memberikan fleksibilitas kepada penggunanya untuk mengoreksi pesan mereka dengan mudah dan cepat. 

Penting untuk diingat bahwa batas waktu 15 menit memberikan cukup waktu untuk melakukan koreksi tanpa mengurangi integritas atau keaslian pesan yang telah dikirim. 

Fitur edit pesan ini menjadi tambahan yang berharga dalam meningkatkan pengalaman berkomunikasi melalui platform pesan instan ini.

4. Mode Pendamping

Jika kamu memiliki lebih dari satu ponsel dan ingin menjaga keterhubungan dengan obrolan di WhatsApp tanpa batasan, kamu bisa manfaatkan fitur baru WhatsApp yang disebut mode pendamping.

Fitur ini memungkinkan kamu mengintegrasikan akun WhatsApp yang sudah ada ke ponsel tambahan. Jadi, kamu dapat mengakses dan berpartisipasi dalam obrolan dari kedua perangkat secara bersamaan.

Contohnya, jika kamu memiliki ponsel Android dan iPhone, Mode Pendamping memungkinkan kamu untuk menghubungkan keduanya tanpa masalah. 

Dengan demikian, kamu dapat menggunakan WhatsApp dengan mudah dan efisien di kedua perangkat tersebut. 

Proses penggunaan Mode Pendamping juga cukup sederhana. Cukup buka aplikasi WhatsApp di ponsel kedua, pilih opsi “Atau tautkan perangkat ini ke akun yang ada,” dan lakukan pemindaian kode QR yang muncul.

Dengan adanya Mode Pendamping, pengguna dapat menjalankan WhatsApp pada berbagai perangkat dengan lebih fleksibel, memastikan kenyamanan dalam berkomunikasi tanpa kehilangan jejak percakapan. 

Fitur ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam akses, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna WhatsApp dengan mendukung konektivitas lintas perangkat.

5. Kunci Chat

fitur baru whatsapp kunci chat
Foto: Fitur Kunci Chat WhatsApp (about.fb.com)
shopee pilih lokal

Melindungi privasi dalam obrolan WhatsApp kini semakin mudah dengan hadirnya fitur terbaru, yaitu Kunci Percakapan. 

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengamankan chat yang dianggap terlalu pribadi dengan menggunakan kata sandi. Jadi, chat tersebut tetap terjaga kerahasiaannya dan tersembunyi dari pandangan chat WhatsApp yang lain.

Proses pengamanan chat ini sederhana, di mana hanya kamu yang dapat membukanya dengan metode autentikasi ponsel, seperti penggunaan kode sandi, identifikasi wajah, atau sidik jari. 

Dengan demikian, level keamanan yang tinggi dapat dijaga, memastikan bahwa hanya pemilik akun yang dapat mengakses obrolan yang terkunci. 

Obrolan yang telah diamankan dengan kunci akan dipindahkan ke dalam folder terpisah yang disebut “Chat yang Dikunci”.

Notifikasi pesan baru dalam chat yang dikunci juga dirancang agar tetap privasi. 

Ketika ada pesan masuk, notifikasi hanya akan menampilkan “WhatsApp: 1 pesan baru” tanpa menyertakan nama atau pratinjau pesan, guna menjaga kerahasiaan konten pesan tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur Kunci Chat, kamu dapat membuka info obrolan dan memilih opsi “Kunci Chat”. 

Dengan adanya fitur baru WhatsApp ini, keamanan dan privasi penggunanya terjaga. Ini memberikan kontrol lebih dalam menjaga kerahasiaan percakapan yang dianggap sensitif.

Baca Juga: 14 Fitur Baru Instagram Yang Mungkin Berguna Bagi Bisnis

6. Kirim Gambar Berkualitas Tinggi

Semua orang tahu bahwa WhatsApp biasanya menyusutkan resolusi foto dan video kamu. Ini membuatnya terlihat seperti diabadikan dengan perangkat yang memiliki kualitas rendah. 

Situasi ini kini dapat diubah dengan adanya opsi baru, yaitu “kualitas HD,” yang memungkinkan kamu untuk berbagi media tanpa mengurangi kualitas pikselnya.

Untuk mengirim media dalam kualitas HD, kamu hanya perlu mencari ikon HD di bagian atas ketika kamu hendak mengirim foto atau video. 

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa mengirim media dalam kualitas HD dapat mengonsumsi lebih banyak data dan ruang penyimpanan dibandingkan dengan pengiriman media pada umumnya.

7. Silent Panggilan dari Nomor Tak Dikenal

Jika kamu merasa jengkel karena sering menerima panggilan tak terduga dari orang asing, sekarang kamu dapat memanfaatkan fitur baru WhatsApp ini. 

Kini, kamu memiliki opsi untuk memblokir atau membuat panggilan dari nomor tak dikenal menjadi senyap dengan mengatur privasi kamu.

Nomor tak dikenal merujuk pada seseorang yang tidak termasuk dalam daftar kontak kamu atau belum pernah mengirimkan pesan sebelumnya. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Pengaturan, pilih opsi Privasi, lalu arahkan ke bagian Panggilan dan aktifkan opsi Senyapkan Panggilan Tidak Dikenal. 

Meskipun panggilan tak dikenal tersebut masih akan tercatat sebagai panggilan tidak terjawab dalam log panggilan kamu. Namun ponsel kamu tidak akan berdering atau bergetar saat mereka mencoba menelepon.

8. Channel WhatsApp

13 Fitur Baru WhatsApp yang Berguna, Sudah Tahu?
Foto: Channel WhatsApp (about.fb.com)
shopee pilih lokal

Channel WhatsApp merupakan salah satu fitur terbaru yang ditambahkan dalam aplikasi perpesanan milik Meta. 

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengikuti postingan dan pembaruan terbaru dari pembuat konten media sosial favorit, selebritas, dan organisasi mengenai berbagai topik dan bidang. 

Akses ke saluran ini dapat ditemukan melalui tab Pembaruan di bagian bawah ponsel kamu.

Tidak peduli apakah kamu memiliki minat dalam olahraga, musik, mode, atau politik, di Saluran WhatsApp kamu akan menemukan konten yang sesuai dengan minat kamu. 

Fitur ini memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan pemilik saluran melalui opsi seperti menyukai, memberikan komentar, atau berbagi postingan yang mereka bagikan.

9. Desain Antarmuka Baru

Proses pengembangan pada tata letak baru WhatsApp telah melibatkan uji coba untuk aplikasi Android. Di mana desain tersebut telah mengalami penyesuaian agar lebih sejajar dengan tampilan yang umumnya ditemui pada versi iOS. 

Perubahan signifikan yang mencolok adalah adanya penempatan bilah navigasi di bagian bawah, menambahkan keserupaan antara kedua versi tersebut. 

Setelah melewati masa uji coba, kini tata letak baru ini telah diresmikan dan tersedia untuk digunakan oleh seluruh pengguna WhatsApp.

Meskipun demikian, WhatsApp terus berkomitmen untuk merancang ulang antarmuka pengguna (user interface/UI) aplikasinya. 

Menurut laporan yang datang dari WABetaInfo, perubahan besar lainnya dalam UI sedang dalam tahap pengembangan dan diharapkan akan diperkenalkan dalam waktu dekat. 

Perombakan ini diprediksi akan menggabungkan beberapa elemen dari Desain Material 3. Termasuk penerapan tema dengan dominasi warna putih yang bersih dan modern.

Dengan perubahan ini, WhatsApp terus berusaha memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.

Tidak hanya dari segi fungsionalitas tetapi juga dari segi tampilan yang lebih menarik dan konsisten dengan tren desain terkini. 

Ini mencerminkan upaya konstan aplikasi tersebut untuk menjaga kekinian dan responsif terhadap kebutuhan serta preferensi pengguna.

Baca Juga: 10 Cara Melatih Manajemen Waktu Yang Baik, Coba Yuk!

10. Gunakan Satu Akun di Hingga 4 Ponsel

Menurut laman Zawya, Mark Zuckerberg, sebagai pimpinan Meta, mengumumkan perkembangan baru dalam layanan WhatsApp yang dinanti-nantikan. 

Kini, pengguna WhatsApp memiliki kemampuan untuk menggunakan satu akun pada hingga empat ponsel secara simultan.

Pengumuman ini dinyatakan secara langsung melalui postingan yang menyatakan, “Mulai hari ini, kamu dapat masuk ke akun WhatsApp yang sama pada empat ponsel berbeda.”

Meskipun fitur multi-perangkat telah ada sebelumnya, tapi sebagian besar dapat diakses melalui browser, komputer, atau tablet. 

Dengan pengumuman terbaru ini, pengguna sekarang diberikan fleksibilitas untuk mengakses satu akun WhatsApp pada beberapa ponsel sekaligus. 

Ini membuka peluang baru bagi pengalaman pengguna yang lebih serbaguna. Terutama bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis.

Keunggulan dari fitur ini menjadi terlihat bagi mereka yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan telepon terpisah untuk situasi rumah, kantor, atau bisnis. 

Dengan satu akun WhatsApp yang dapat terhubung ke empat ponsel, pengguna dapat dengan mudah mengintegrasikan pesan, panggilan, dan berbagi media tanpa batasan. 

Ini menciptakan konektivitas yang lebih lancar antara berbagai aspek kehidupan mereka.

11. Mengatur Siapa yang Dapat Melihat Keadaan Online

Sebagai pengguna WhatsApp, kamu kini memiliki kendali penuh untuk menetapkan siapa saja yang dapat melihat status keberadaan online kamu. 

Fitur baru WhatsApp ini memberikan fleksibilitas dan privasi yang lebih besar. Memungkinkan kamu untuk secara selektif memilih kontak yang dapat melihat informasi kapan kamu sedang online.

Jika ada beberapa kontak atau bahkan sebagian besar kontak yang ingin kamu jaga privasinya terkait keberadaan online kamu, kamu dapat melakukan langkah-langkah untuk memblokir mereka. 

Dengan melakukan pemblokiran, kontak tersebut tidak akan dapat melihat indikator ‘online’ yang biasanya muncul di obrolan. Ini memberikan kamu kendali penuh terhadap informasi ini.

Fitur ini dapat sangat bermanfaat dalam situasi di mana kamu ingin tetap terhubung dengan sebagian kontak. Namun tetap menjaga privasi dan memberikan kebebasan untuk memilih dengan siapa kamu berbagi informasi tersebut. 

Inisiatif ini mencerminkan upaya WhatsApp untuk memberikan pengguna kekuatan lebih dalam mengontrol pengalaman dan keamanan digital mereka.

12. Menyimpan Pesan yang Terhapus

13 Fitur Baru WhatsApp yang Berguna, Sudah Tahu?
Foto: Fitur Keep in Chat WhatsApp (about.fb.com)
shopee pilih lokal

Fitur baru WhatsApp yang bernama Keep in Chat ini memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menyimpan pesan penting yang mungkin terhapus.

Namun, jika penerima berniat menyimpan pesan tersebut, pengirim akan menerima notifikasi. 

Dalam notifikasi tersebut, pengirim memiliki hak untuk menolak keputusan tersebut, sehingga kontrol atas pesan tetap berada di tangan pengirim.

Pesan yang telah ‘disimpan’ akan ditampilkan dalam daftar terpisah yang disebut ‘Pesan yang Disimpan’ dan akan muncul di info chat.

13. Keluar dari Grup Tanpa Ketahuan

Fitur baru WhatsApp yang inovatif ini seperti berusaha memberikan pengguna solusi yang lebih tenang dan tidak mencolok saat mereka memilih untuk keluar dari suatu grup chat. 

Tujuan dari fitur ini adalah untuk memberikan pengguna kenyamanan dan privasi tanpa menarik perhatian anggota lainnya.

Sebelumnya, ketika seseorang memutuskan untuk keluar dari grup chat WhatsApp, notifikasi pemberitahuan akan secara otomatis dikirimkan kepada semua anggota grup. Memberi tahu bahwa seseorang telah meninggalkan grup tersebut. 

Dengan pembaruan privasi terbaru, tata letak ini berubah. Kini, notifikasi hanya akan diterima oleh admin grup, sementara anggota lainnya akan tetap tidak menyadari adanya perubahan tersebut.

Hal ini menciptakan pengalaman keluar dari grup yang lebih bersifat pribadi dan santai. 

Pembaruan ini sangat berguna untuk situasi di mana seseorang ingin meninggalkan suatu grup tanpa menarik perhatian berlebihan atau memberikan penjelasan kepada seluruh anggota. 

Fitur ini mencerminkan upaya WhatsApp untuk terus memperbaiki dan mengakomodasi kebutuhan privasi serta preferensi penggunanya.

Itulah beberapa fitur baru WhatsApp yang bisa kamu manfaatkan dengan optimal untuk mendukung bisnis, ataupun keperluan pribadi. Selamat mencoba!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X