Cara Hasilkan Uang dari Steam yang Diblokir Kominfo

Share this Post

steam
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Steam adalah platform yang banyak digunakan oleh gamers meski telah diblokir Kominfo. Bagaimana cara hasilkan uang dari Steam?

Belakangan ini, ada beberapa platform yang diblokir oleh Kominfo karena belum mendaftar PSE, salah satunya Steam. Pemblokiran ini menuai beragam reaksi dari masyarakat tertama gamers.

Menteri Kominfom Johnny G Plate mengungkapkan bahwa seluruh penyelenggara sistem elektronik privat, PSE, baik swasta maupun BUMN harus melakukan pendaftaran PSE untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan paling lambat 20 Juli ini.

Artinya, penyedia layanan berbasis internet dan elektronik yang belum mendaftar hingga batas waktu tersebut akan diblokir oleh Kominfo. Akibatnya, para pengguna tidak dapat mengakses layanan platform yang diblokir.

Baca Juga: 5 Ide Usaha Game Online Modal Kecil dan Tips Membangunnya

Pendaftaran PSE ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Steam adalah salah satu platform yang diblokir Kominfo dan menuai banyak komentar dari masyarakat. Sebab, ada banyak pengguna Steam atau gamers yang menghasilkan uang lewat platfotm tersebut.

Penasaran bagaimana cara hasilkan uang lewat Steam?

Cara Hasilkan Uang dari Steam

cara hasilkan uang dari steam
(Foto konsol game. Sumber: Unsplash.com)

Sebelum mencoba cara hasilkan yang dari Steam, sudahkah kamu memahami tentang platform yang satu ini?

Dilansir dari PC Games for Steam, Steam merupakan platform digital yang dibuat olehValve Corporation yang dijadikan sebagai distributor game PC. Klien Steam memungkinkan pengguna untuk menginstal game PC online langsung ke drive cloud setelah pembelian. 

Pengguna Steam dipersilakan untuk memposting ulasan mereka, mengunggah konten buatan sendiri, membeli DLC, dan banyak lagi.

Klien Steam memiliki beberapa fitur seperti opsi untuk membuat pembaruan otomatis ke game mereka, akses kedaftar teman, obrolan suara dalam game yang mirip dengan Xbox Live, dan kemampuan untuk berbagi game.

Steam pada dasarnya adalah toko video game online yang dibangun dengan tujuan memperbaiki pembaruan game yang dirilis Valve.

Caranya dengan menambahkan pembaruan yang akan mencegah crash yang disebabkan oleh terlalu banyak pemain online.

Kamu memiliki opsi untuk memberi hadiah atau memperdagangkan item koleksi game dalam komunitas Steam. 

Kamu juga dapat mengunggah kreasi sendiri termasuk karya seni, video, tangkapan layar, panduan, dan konten yang dapat diunduh sehingga orang lain juga dapat menikmatinya.

Lantas, bagaimana cara hasilkan uang dari Steam? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ini 7 Cara Memulai Usaha Rental PS, Cocok bagi Gamers!

1. Menjual Item di Inventory

Cara Hasilkan Uang dari Steam yang Diblokir Kominfo
(Foto game online. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Seperti disinggung sebelumnya, cara hasilkan uang dari Steam yang pertama dengan menjual item koleksimu. Ini merupakan cara yang paling mudah dan paling lazim untuk menghasilkan uang lewat Steam Market.

Beberapa game seperti Dota 2, Battleblock, PUBG, atau CS:GO mengizinkan pemainnya untuk melakukan jual-beli item melalui Steam Market. Kamu hanya perlu membuka Inventory, memilih item yang ingin dijual, menentukan harga, dan mulai jual.

Untuk diingat, Valve akan menarik sejumlah biaya pada setiap transaksi dari pembeli. Itulah mengapa harga beli bisa lebih tinggi daripada nominal yang kamu terima.

2. Trading Card

Cara hasilkan uang dari Steam selanjutnya adalah dengan menjual card atau Trading Card. Cara ini memungkinkanmu untuk membeli game dengan harga yang murah, kemudian menjual “Trading Card” dengan harga yang lebih mahal.

Selisih harganya adalah keuntungan yang kamu dapatkan, mirip seperti mekanisme jual beli saham. Setiap game yang kamu mainkan akan mengeluarkan beberapa kartu. Kamu dapat mengumpulkannya untuk memperoleh badge.

Namun, para pemain hanya bisa mengumpulkan setengah dari semua koleksi kartu. Artinya, para pemain hanya dapat memperoleh kartu lain dengan melakukan barter atau melakukan jual beli.

3. Investasi Item Game

Layaknya konsep ekonomi, semakin tinggi permintaan maka harga produk akan semakin naik. Kamu bisa menggunakan konsep ini sebagai cara hasilkan uang dari Steam.

Misalnya, beberapa Skin Dota 2 kemungkinan harganya akan naik dalam waktu tertentu. Apalagi jika Dota 2 baru saja merilis item baru, biasanya banyak pemain yang memburu item tersebut.

Cara lain adalah dengan menggunakan Community Market. Kamu bisa menjual item langka dengan harga yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Game Penghasil Uang dan Cara Jadi Gamers Profesional

4. Menangkan Turnamen

Cara Hasilkan Uang dari Steam yang Diblokir Kominfo
(Foto game online. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Cara hasilkan uang dari Steam yang paling menantang adalah dengan mengikuti dan memenangkan turnamen. Pastikan kamu memainkan game yang item-nya dapat diperjualbelikan.

Kemudian, ikutilah turnamen yang diadakan dalam game tersebut. Beberapa game memberikan hadiah unik dan langka yang bisa kamu menangkan. Hadiah item ini tentu memiliki harga jual yang tinggi.

Cara Menggunakan Steam

Cara Hasilkan Uang dari Steam yang Diblokir Kominfo
(Foto konsol game. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui beberapa cara hasilkan uang dari Steam, pastinya kamu semakin tertarik untuk menggunakan platform ini. Berikut ini beberapa cara menggunakan Steam, catat ya!

  1. Pastikan kamu sudah mempunyai aplikasi Steam Client.
  2. Masuk atau buat akun Steam.
  3. Klik menu Games.
  4. Kemudian pilih Activate a Product on Steam.
  5. Masukan Serial Key yang sudah didapatkan.
  6. Klik Continue.
  7. Ikuti langkah-langkah yang muncul pada layar.
  8. Selesaikan proses download game.
  9. Game yang sudah diunduh akan muncul di menu Library dan siap dimainkan.

Steam dapat dijalankan pada sistem operasi iOS, Android, Linux, dan MacOS. Steam juga dapat dimainkan pada konsol game, namun pastikan konsol tersebut sudah terpang OS Linux.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Website Penghasil Uang Paling Tepercaya

Nah, itulah penjelasan tentang cara hasilkan uang dari Steam yang baru-baru ini diblokir oleh Kominfo. Namun, kamu tak perlu khawatir dan perlu sedikit bersabar hingga proses pendaftaran PSE selesai dan Steam dapat digunakan lagi.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X