Ini 5 Kelebihan Bing Search Engine yang Perlu Diketahui

Share this Post

bing search engine
Table of Contents

Search engine atau mesin pencari itu tidak hanya Google, lho. Ada banyak mesin pencari lain, salah satunya Bing Search Engine.

Mesin pencari yang saat ini sudah menjadi top of mind bagi kebanyakan orang, memang Google. Banyak yang masih percaya bahwa Google sulit untuk digulingkan.

Namun Bing Search Engine bisa dianggap sebagai kompetitor yang cukup mengancam. Fungsionalitas yang ditawar Bing tidak kalah jika dibandingkan dengan Google.

Kualitas pencarian di Bing, hasilnya bisa dikatakan sebanding, bahkan dalam beberapa kasus bisa lebih baik dari hasil pencarian Google.

Nah, seperti apa sih Bing Search Engine itu? Apa saja fitur-fiturnya dan kelebihannya dibanding Google? Yuk, kita simak ulasannya di sini.

Baca Juga: 7 Macam-macam Search Engine, Tak Hanya Google, Lho!

Fitur-Fitur Bing Search Engine

bing search engine
(Homepage Bing search engine. Sumber: Bing)

Ternyata, Bing Search Engine punya sejumlah fitur menarik yang enggak bisa kamu dapatkan di mesin pencari lain. Apa saja sih fitur-fitur tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Bing Homepage

Sama seperti mesin pencari lainnya, Bing tentunya punya homepage atau laman beranda juga. Namun laman beranda Bing ternyata cukup menarik, lho.

Mengutip dari Bing, kamu bisa mendapat inspirasi harian di homepage dengan gambar baru yang indah setiap hari, hotspot informasi yang tertanam dalam gambar, pencarian populer, dan tautan ke video, berita, belanja, perjalanan, gambar, hiburan, hingga peta. 

Selain itu, homepage Bing terkadang menampilkan video kaya HTML5 sebagai pengganti gambar harian.

2. Bing Travel

Bing Search Engine
(Fitur Bing Travel. Sumber: Bing)

Pada fitur Bing Search Engine yang satu ini, kamu bisa mendapatkan prediksi harga tiket pesawat, lho. Pasti ini fitur menarik bagi kamu yang suka jalan-jalan.

Kamu bakal mengetahui apakah tarif sedang naik atau turun. Selain itu, kamu bisa menentukan apakah harus membeli sekarang atau menunggu.

3. Bing Music

Kamu tertarik dengan band atau sedang kepo dengan musisi baru? Bing Music ternyata menyatukan semua informasi yang kamu butuhkan di satu tempat. 

Mulai dari video, album, jadwal pertunjukan, biografi, dan bahkan kemampuan untuk mendengarkan atau membeli lagu dari Zune, Amazon MP3, atau iTunes.

4. Bing Events: FanSnap

Untuk fitur yang satu ini, Bing bekerja sama dengan FanSnap. Melalui fitur yang satu ini, kamu dapat menemukan dan membandingkan tiket acara dari situs tiket terkemuka. 

Kamu juga dapat melihat bagaimana pemandangan dari kursi pilihanmu dan dengan cepat menemukan harga terbaik.

5. Bing Local: Tombol Tindakan

Jika kamu sedang mencari bisnis lokal, misalnya restoran, toko bangunan, atau toko spesialis lainnya, Bing Search Engine akan mempermudah pencariannmu.

Selain informasi bisnis lokal, kamu bisa dengan mudah menemukan ulasan pelanggan, menu (jika kamu mencari restoran), petunjuk arah, bahkan panorama interior dan tampilan luar bangunan jika tersedia.

Baca Juga: Begini 5 Cara Meningkatkan Bisnis di Search Engine

6. Bing Video

Bing Search Engine
(Fitur Bing Video. Sumber: Bing)

Fitur menarik lainnya datang dari Bing Video yang membuatmu bisa melihat pratinjau isi video sebelum benar-benar mengekliknya untuk menonton.

Thumbnail video terkadang suka menipu. Oleh karena itu, Bing memiliki smart motion preview

Kamu dapat mengarahkan kursor ke video dan langsung menonton pratinjau tanpa harus membuka situs.

7. Mall Maps

Pada Bing Maps, kamu bisa mendapatkan fitur Mall Maps. Peta ini memungkinkanmu untuk melihat masing-masing toko, tata letak, tempat parkir, ATM, pintu masuk, dan sebagainya. 

Namun sayangnya peta ini saat ini baru tersedia untuk sekitar 700 mal di AS, Prancis, Jerman, dan Inggris.

8. Bing Shopping

Pada fitur Bing Shopping, kamu bisa menemukan ratusan ribu penawaran produk yang kamu butuhkan dari seluruh situs web yang ada.

Mulai dari penawaran terpopuler hingga penawaran harian di 12 kota. Semua ini bisa kamu dapatkan di satu lokasi yang nyaman.

9. Airport Maps

Fitur Airport Maps pada Bing Search Engine dapat memberi semua yang kamu butuhkan untuk menavigasi perjalanan. 

Mulai dari informasi tentang tempat parkir, lokasi loket tiket, terminal dan gerbang, klaim bagasi, penukaran mata uang, dan banyak lagi. 

Peta ini juga menampilkan direktori maskapai, kafe, dan restoran yang dapat diurutkan. Namun sayangnya, saat ini baru terdapat peta bandara untuk sekitar 50 bandara yang kebanyakan ada di Amerika Serikat.

10. Bing Everywhere: Bing di Xbox, Bing untuk Seluler dan Bing untuk iPad

Bing diciptakan agar tersedia dengan cara yang nyaman dan intuitif sambil memanfaatkan kemampuan di berbagai perangkat. 

Misalnya, kamu bisa menemukan fitur pencarian suara Bing di Xbox atau penggunaan fitur Local Scout di Windows Phone. 

Kamu juga bisa melakukan pencarian menggunakan kamera ponsel dengan Bing Vision dan pencarian kontekstual melalui fitur Lasso di Bing untuk aplikasi iPad.

Baca Juga: 5 Fungsi Google My Business dan Cara Menggunakannya

5 Kelebihan Bing Search Engine Dibanding Google

Bing Search Engine
(Search engine. Sumber: Freepik.com)

Jika kamu ingin menggunakan mesin pencari alternatif selain Google, Bing Search Engine bisa jadi pilihan yang tepat.

Sebagai kompetitor terdekat Google, ternyata Bing punya sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan Google. Apa saja itu?

1. Pencarian Gambar

Salah satu keunggulan Bing Search Engine yang paling terkenal, yaitu pencarian gambar. Bing menawarkan gambar yang lebih tajam dan berkualitas tinggi di laman hasil. 

Selain itu, mesin pencari ini juga yang pertama memperkenalkan “infinite scroll” agar kamu tak perlu mengeklik lagi untuk pindah halaman. 

Mengutip dari Search Engine Watch, langkah cerdas ini diikuti oleh Google, sehingga Bing tidak lagi memiliki keunggulan di sini.

Namun, Bing tetap mempertahankan keunggulan dalam hal filter. Tidak seperti di Google, kamu dapat mencari tata letak gambar yang berbeda. 

Google umumnya memiliki sebagian besar opsi filter yang sama dengan Bing, meski kamu harus menggali lebih dalam untuk menemukannya.

2. Pencarian Video

Kita semua tahu bahwa Google memiliki YouTube. Logikanya, agak mustahil bila pencarian video di Bing bisa lebih unggul dari Google. 

Namun Bing Search Engine memang memiliki keunggulan pada tampilan laman hasil pencarian. 

Di Bing, video disajikan sebagai kotak thumbnail, jadi pengguna dapat menonton video bahkan tanpa meninggalkan laman hasil pencarian.

Baca Juga: Manfaatkan Google Maps Marketing, Begini Cara Buat Iklannya

3. Barang Gratisan

Orang Indonesia paling senang nih, dengar yang gratisan. Apalagi Bing menawarkan barang gratisan untuk menggunakan Bing. 

Sama seperti kartu membership di swalayan, Bing menawarkan skema hadiah dengan menggunakan sistem poin.

Sistem poin ini disebut Microsoft Rewards yang akan memberimu poin setiap kali kamu melakukan pencarian. 

Poin-poin ini dapat ditukarkan untuk berbagai gerai. Kabar baiknya lagi, Microsoft Rewards juga sudah support di Indonesia.

4. Integrasi Media Sosial

Kelebihan lain dari Bing Search Engine, yaitu kamu bisa mengintegrasikan media sosial dengan laman pencarian. 

Bing bisa melakukan ini, semua berkat kesepakatan antara perusahaan induk Microsoft dengan Facebook dan Twitter. 

Dengan lebih banyak akses ke data media sosial, hasil Bing menampilkan berita yang sedang tren dari media sosial di hasil pencarian berita.

5. Tampilan Keseluruhan

UI/UX itu penting, dan bisa dibilang Bing unggul dalam hal ini. Meskipun hasil pencarian utama terlihat sangat mirip dengan Google, jenis pencarian lain seperti berita, Bing cenderung jauh lebih baik.

Integrasi media sosial seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, ikut berperan penting di sini. Output-nya, hasil pencarian Bing terlihat lebih rapi dan lebih bersih. 

Ini mungkin perbedaan kecil dan poin yang relatif kecil dalam skema teknis pencarian yang lebih besar. 

Namun pengalaman pengguna atau user experience merupakan hal penting dan penampilan pasti memainkan peran besar dalam hal ini.

Baca Juga: Ini 6 Contoh Bisnis SaaS, Salah Satunya SIRCLO

Itu dia seluk beluk mengenai Bing Search Engine. Ini bisa jadi mesin pencari alternatif terbaik jika kamu bosan menggunakan Google.

Meski memang kelemahannya, belum semua fitur mendukung untuk pengguna Indonesia, seperti fitur-fitur terkait peta.