9 Cara Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Minimal

Share this Post

Cara Mendapatkan Passive Income
Table of Contents

Banyak orang mencari cara mendapatkan passive income dengan instan. Passive income telah menjadi salah satu tujuan finansial yang banyak dikejar oleh banyak orang.

Passive income adalah sumber pendapatan yang diperoleh tanpa harus aktif terlibat dalam aktivitas harian atau bekerja secara konvensional.

Dengan memiliki passive income, seseorang dapat mencapai kebebasan finansial yang memungkinkan mereka untuk menikmati hidup dengan lebih leluasa, tanpa perlu terus-menerus bekerja.

Namun, cara mendapatkan passive income bukanlah hal yang mudah dan memerlukan strategi serta upaya yang tepat.

Salah satu cara mendapatkan passive income adalah dengan berinvestasi dalam aset-aset yang menghasilkan penghasilan secara teratur, seperti saham, obligasi, atau real estate.

Dengan menginvestasikan uang dengan bijak, kamu dapat meraih dividen, bunga, atau pendapatan sewa yang akan terus mengalir tanpa harus aktif terlibat dalam pengelolaannya.

Ingin tahu cara mendapatkan passive income lainnya? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: Mengenal SBN (Surat Berharga Negara) Dan Cara Investasinya

Cara Mendapatkan Passive Income Paling Menguntungkan

cara mendapatkan passive income
Foto: Cara Mendapatkan Passive Income (freepik.com)

Melansir dari Investopedia, passive income adalah pendapatan yang diterima tanpa perlu aktif terlibat dalam kegiatan sehari-hari, seperti bekerja atau membuka usaha.

Berikut kumpulan cara mendapatkan passive income yang bisa kamu coba!

1. Investasi Saham

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan passive income adalah dengan berinvestasi di pasar saham.

Ini dilakukan dengan membeli saham perusahaan yang membayar dividen kepada pemegang saham. Dividen adalah sebagian kecil dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sebagai bentuk pembayaran reguler.

Semakin banyak saham yang kamu miliki, semakin besar pula pendapatan pasif yang akan kamu terima dari dividen ini.

2. Investasi Reksa Dana

Cara mendapatkan passive income lainnya adalah dengan reksa dana. Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari pemodal, kemudian dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dana yang terkumpul dibagi menjadi unit penyertaan reksa dana yang dijual kepada investor.

Dengan berinvestasi di reksa dana, investor tidak perlu memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam menganalisis dan memilih instrumen investasi, karena semua sudah dilakukan oleh manajer investasi.

3. Investasi Obligasi

9 Cara Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Minimal
Foto: Ilustrasi Investasi (freepik.com)

Investasi obligasi adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan passive income.

Obligasi adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh entitas seperti pemerintah (obligasi pemerintah) atau perusahaan (obligasi korporasi) sebagai cara untuk meminjam uang dari investor.

Ketika kamu membeli obligasi, pada dasarnya kamu memberikan pinjaman uang kepada penerbit obligasi dalam pertukaran untuk pembayaran bunga secara berkala dan pengembalian dana pada tanggal jatuh tempo.

4. Investasi Properti

Menyewakan properti seperti rumah, apartemen, atau real estate merupakan cara mendapatkan passive income.

Kamu akan menerima pendapatan bulanan, tahunan, atau harian dari penyewa yang dapat digunakan untuk membiayai properti dan menghasilkan keuntungan tambahan.

Menariknya, kamu bisa mendaftarkan properti yang kamu miliki ke jaringan hotel besar seperti RedDoorz atau OYO, dan mengiklankannya di platform mereka.

Selain itu, perlu diketahui bahwa nilai properti akan terus naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjual properti yang kamu miliki ketika harganya sudah naik.

5. Mengikuti Program Affiliate

Mengikuti program afiliasi merupakan salah satu cara mendapatkan pendapatan passive income melalui internet. Dalam program afiliasi, kamu akan bekerja sama dengan brand atau platform untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens kamu.

Kamu akan mendapatkan link produk yang dapat melacak penjualan atau tindakan yang dilakukan oleh pengguna yang mengklik tautan tersebut.

Ketika ada penjualan, kamu akan menerima komisi atau pembayaran. Keuntungan utama dari program afiliasi adalah kamu dapat memanfaatkan audiens atau konten yang sudah kamu miliki, seperti blog, situs web, atau media sosial.

Baca Juga: Peran Manajer Investasi Beserta Tugas Dan Kewajibannya

6. Menjual Karya Digital

9 Cara Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Minimal
Foto: Aplikasi Desain (freepik.com)

Menghasilkan passive income melalui penjualan karya digital merupakan salah satu cara yang menarik dan populer dalam dunia kreatif. Karya digital dapat mencakup berbagai jenis konten, seperti template desain grafis, musik, foto, video, atau bahkan aplikasi perangkat lunak.

Prosesnya dimulai dengan menciptakan karya digital yang berkualitas dan relevan dengan pasar atau audiens tertentu.

Setelah karya digital siap, kamu dapat menjualnya melalui platform online seperti toko aplikasi, e-commerce, atau situs web.

Keuntungan utama dari model bisnis ini adalah setelah karya digital diterbitkan dan tersedia untuk dijual, kamu dapat terus menghasilkan pendapatan tanpa harus terlibat secara aktif dalam penjualannya.

7. Menerbitkan eBook atau Video Tutor Online

Membuat eBook atau video tutor online adalah strategi yang efektif untuk menghasilkan pendapatan pasif melalui pengetahuan atau keahlian yang kamu miliki.

Dalam membuat eBook, kamu dapat mengemas pengetahuanmu tentang topik tertentu dalam format tulisan yang mudah dipahami oleh audiens. Begitu eBook selesai dan dipublikasikan, kamu dapat menjualnya secara berulang tanpa perlu interaksi langsung dengan pembeli.

Sementara itu, kursus online memungkinkanmu untuk mentransfer pengetahuan atau keterampilan melalui video, modul, dan materi pendukung lainnya.

8. Pinjaman Peer-to-Peer

Cara mendapatkan passive income berikutnya adalah melalui pinjaman peer-to-peer. Cara kerjanya adalah dengan menginvestasikan dana kamu kepada individu atau bisnis melalui platform P2P.

Dalam model ini, kamu bertindak sebagai pemberi pinjaman yang meminjamkan uang kepada peminjam melalui platform online. Melalui cara ini, kamu akan mendapatkan pemasukan dari bunga pinjaman yang wajib dibayar oleh penerima pinjaman.

9. Royalti dari Hak Cipta

Menerima royalti dari hak cipta merupakan cara lain yang efektif untuk mendapatkan pendapatan pasif bagi pencipta karya seni, seperti penulis, musisi, seniman, atau pembuat konten digital.

Royalti adalah pembayaran reguler yang diberikan kepada pemilik hak cipta untuk penggunaan karya mereka oleh pihak lain. Misalnya, ketika lagu ciptaan seseorang dinyanyikan oleh musisi lain, maka pencipta lagu berhak mendapatkan royalti.

Baca Juga: Margin Of Safety Adalah Prinsip Yang Digunakan Dalam Investasi Dan Akuntansi

Demikian kumpulan cara mendapatkan passive income yang paling menguntungkan. Adakah cara lain yang pernah kamu coba?