8 Rekomendasi Novel Tentang Bisnis Untuk Meningkatkan Motivasi

Share this Post

Table of Contents

Motivasi bisnis tidak hanya didapatkan melalui seminar saja, namun dengan membaca novel tentang bisnis kamu bisa memompa motivasi bisnismu!

Terdapat beberapa novel tentang bisnis yang bisa kamu baca. Selain untuk memberikan gambaran tentang kondisi bisnis secara imajinatif, juga ada beberapa kondisi dalam novel yang mungkin relate dengan kiamu sebagai pebisnis.

Novel juga merupakan salah satu bacaan yang bisa kamu jadikan media untuk menambah wawasan. Terutama jika ada novel yang menceritakan tentang tokoh bisnis.

Dari novel tersebut, sebagai pebisnis kita bisa membaca bagaimana seorang tokoh bisnis tersebut bisa mencapai kesuksesan dan mengatasi setiap masalah yang dihadapi.

Dilansir dari Natfluence, membaca novel bisnis akan sangat layak dan dapat meningkatkan potensi kesuksesan. Ini karena kebiasaan membaca bisa memberikan kebiasaan baik yang akan bermanfaat bagi kamu sebagai seorang pebisnis.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Inspiratif, Wajib Punya!

Rekomendasi Novel Tentang Bisnis

novel tentang bisnis
Foto: Pria sedang Membaca (pixabay.com)

Lantas apa saja rekomendasi novel tentang bisnis yang bisa jadi bacaan kita? Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi yang bisa kamu baca. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. The 4-Hours Workweek – Timothy Ferriss

Novel pertama yang bisa jadi bacaan kamu adalah novel yang ditulis oleh Timothy Ferriss. Novel tentang bisnis yang berjudul The 4-Hours Workweek ini merupakan bacaan wajib bagi para pebisnis.

Novel ini merupakan salah satu buku best seller di Amerika Serikat. Novel ini akan menceritakan kehidupan Timothy Ferriss tentang penghasilan awalnya yang hanya sekitar USD40.000 dalam satu tahun dengan jam kerja 80 jam setiap minggunya.

Dengan tekad dan kerja keras, Timothy mendapatkan jumlah yang sama hanya dengan waktu satu bulan saja. Itu pun dengan jam kerja hanya 4 jam setiap harinya.

Banyak kritikus yang menyampaikan bahwa buku ini dapat mengubah siapa pun yang membacanya dan akan meninggalkan pekerjaannya untuk memulai bisnisnya.

Hanya butuh waktu 48 jam, pembaca akan mengambil keputusan. Bayangkan, betapa kuatnya pesan yang terdapat novel ini.

2. The Monk and The Riddle – Randy Komisar

The Monk and The Riddle adalah novel tentang bisnis selanjutnya yang bisa kamu baca. Dalam novel ini, akan dibahas betapa pentingnya memulai bisnis dan bagaimana menyeimbangkan bisnis dengan kehidupan pebisnis itu sendiri.

Buku ini akan memberikan ketenangan bagi pebisnis yang seringkali diterpa angin cobaan yang membuat pikiran dan hati gelisah. Randy Komisar mengajak setiap pebisnis untuk menyeimbangkan kehidupan dengan bisnis itu sendiri.

Tujuannya agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar sekaligus memiliki kehidupan yang lancar. Betul sekali, buku ini menawarkan keseimbangan hidup bagi setiap pebisnis.

Baca Juga: Peluang Bisnis Jual Buku Online dan Cara Memulainya

3. What Great Brands Do – Denise Lee Yohn

What Great Brands Do merupakan rekomendasi novel tentang bisnis selanjutnya. Novel ini ditulis oleh seorang yang berpengaruh dalam dunia bisnis dengan spesialisasi branding, yaitu Denise Lee Yon.

Denise menghabiskan waktunya sebagai seorang konsultan dalam merek dan branding. Dia pernah bekerja di konsultan Frito-Lay dan Sony.

Dalam novel ini, Denise menyampaikan bahwa terdapat setidaknya tujuh prinsip utama yang harus dilakukan saat menciptakan merek dan melakukan branding.

Salah satu contoh perusahaan yang berhasil dalam segi branding  dan memiliki merek yang kuat adalah Apple. Denise mencontohkan bahwa Apple merupakan perusahaan yang kuat dan patut dijadikan contoh.

Bahkan, melalui buku ini, Denise menjanjikan pembacanya dapat membuat sebuah merek atau brand sekuat Apple.

4. Lead with A Story – Paul Smith

Lead with A Story merupakan rekomendasi novel tentang bisnis selanjutnya. Novel ini ditulis oleh Paul Smith. Secara sederhana, Paul ingin menunjukan bahwa cerita sangat mempengaruhi apapun. Termasuk dalam menjalankan bisnis.

Paul akan menuntun kita sebagai pebisnis untuk dapat menyusun cerita yang dapat membuat sebuah produk memiliki nilai yang kuat.

Menurut Paul, proporsi nilai, materi pemasaran hingga hal-hal yang berkaitan dengan pelanggan perlu dimasukkan dalam komposisi cerita. Tanpa cerita yang baik, sebuah bisnis hanya akan menghasilkan nilai ekonomi tanpa nilai lainnya.

Sebuah cerita memiliki nilai yang sangat tinggi, dan dapat mengubah sebuah bisnis dan dapat membuat sebuah produk menjadi begitu dekat dengan pelanggannya.

5. Don’t Make Me Think – Steve Krug

Jarang novel tentang bisnis yang berbicara spesifik tentang manfaat dan fungsi desain bagi perkembangan bisnis. Terutama di era digital yang banyak pengusaha membagun toko online.

Dalam novel ini, Steve Krug sebagai penulis ingin menyampaikan bahwa desain merupakan hal penting, terutama desain toko online. Ini karena pelanggan kamu yang belanja online akan ikut memperhatikan desain toko online yang kamu miliki.

Kendati merupakan hal yang sederhana, desain toko online merupakan sesuatu

Baca Juga: 40+ Quotes Bisnis untuk Meningkatkan Motivasi Usaha

6. Jab, Jab, Jab, Right Hook – Gary Vaynerchuk

Novel ini bisa jadi rekomendasi kamu, terutama di tengah era digital dan media sosial saat ini. Membaca novel tentang bisnis satu ini sangat wajib kamu lakukan.

Pasalnya, dari novel berjudul Jab, Jab, Jab, Right Hook karya Gary Vaynerchuk ini, kamu akan mengetahui betapa media sosial dan internet merupakan sebuah senjata ampuh untuk menjalankan bisnis.

Dalam novel ini juga, kamu akan belajar bagaimana memanfaatkan media sosial dengan membuat perencanaan dan strategi yang tepat.

Meskipun kamu telah menyadari bahwa media sosial merupakan media yang baik untuk bisnis, namun dengan membaca novel ini kamu bisa mengoptimalkan cara memanfaatkannya serta dapat melengkapi pemahaman kamu.

7. The Referral Engine – John Jantsch

Rekomendasi selanjutnya terkait novel yang bisa dibaca oleh pebisnis adalah The Referral Engine. Buku ini ditulis oleh John Jantsch, seorang konsultan marketing dari Duct Tape Marketing.

Melalui bukunya, John menawarkan teknik pemasaran yang efektif. Teknik pemasaran yang dimulai dengan premis bahwa setiap pelanggan akan lebih percaya orang yang dikenalnya daripada mempercayai perusahaan itu sendiri.

Maka dari itu, menurut John, marketing dari mulut ke mulut akan selalu relevan hingga saat ini. Kedati telah ada digital marketing sekali pun.

Justru dengan adanya digital marketing, bisa menciptakan sebuah teknik marketing yang menarik dan ampuh bagi pelanggan itu sendiri. Bagi kamu yang seorang pebisnis online, sangat disarankan membaca buah karya John Jantsch satu ini.

8. Optimize – Lee Odden

Rekomendasi novel terakhir berjudul Optimize yang ditulis oleh Lee Odden. Secara garis besar, novel ini berbicara tentang metode optimalisasi tingkat konversi.

Lee Odden sebagai penulis akan menuntun pebisnis yang membaca karyanya tentang bagaimana membuat konten yang efektif dan menarik dengan tujuan untuk menarik pelanggan.

Bukan hanya itu, Lee Odden juga akan membuat kamu sebagai pebisnis dapat melibatkan pelanggan dalam setiap produk yang kamu keluarkan. Penasar dengan gagasannya? Kamu bisa langsung membaca buku ini!

Baca Juga: 50+ Kata-kata Motivasi Kerja yang Bisa Bangkitkan Semangat

Nah, itulah rekomendasi bacaan novel tentang bisnis yang bisa kamu baca agar dapat meningkatkan motivasi bisnis dan membuat kamu semakin semangat untuk menjalankan bisnis!