10 Manfaat CSR bagi Perusahaan, Bisa Tingkatkan Reputasi Brand!

Share this Post

manfaat csr bagi perusahaan
Table of Contents

Corporate Social Responsibility atau CSR sebuah perusahaan harus dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Sebaliknya, manfaat CSR bagi perusahaan pun besar.

Mengutip dari Business News Daily, CSR adalah jenis regulasi mandiri bisnis dengan tujuan akuntabilitas sosial dan membuat dampak positif pada masyarakat. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk melaksanakan CSR, yakni menjadi ramah lingkungan dan berkontribusi kembali kepada masyarakat. 

Tidak hanya ke pihak eksternal, kegiatan ini juga harus terasa pada internal perusahaan. Misalnya, dengan mempromosikan kesetaraan, keragaman, dan inklusi di tempat kerja,  memperlakukan karyawan dengan hormat, serta memastikan keputusan bisnis etis.

CSR berkembang dari pilihan sukarela masing-masing perusahaan menjadi peraturan wajib di tingkat regional, nasional, dan internasional. 

Namun, banyak perusahaan memilih untuk melampaui persyaratan hukum dan menanamkan gagasan “berbuat baik” ke dalam model bisnis mereka.

Tidak ada satu cara umum perusahaan dalam melakukan program ini. Namun agar dianggap autentik, praktiknya perlu diintegrasikan ke dalam budaya dan operasi bisnis. 

Makin tingginya kesadaran sosial, karyawan dan pelanggan mengutamakan bekerja serta membelanjakan uang mereka untuk bisnis yang memprioritaskan kegiatan ini Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui manfaat CSR bagi perusahaan.

Baca juga: 7 Contoh Program CSR dan Model Kerjanya

Manfaat CSR bagi Perusahaan

Manfaat CSR bagi perusahaan
(Foto: menanam bibit pohon baru. Sumber: Freepik.com)

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu tentu sudah tahu apa itu CSR. Hal selanjutnya yang perlu kamu tahu, yaitu apa saja manfaat CSR bagi perusahaan.

Apalagi jika kamu seorang pebisnis yang sedang mempertimbangkan untuk membentuk divisi atau tim khusus pelaksana program ini.

Berikut ini daftar sejumlah manfaat CSR bagi perusahaan bila kamu melaksanakannya dengan serius.

1. Peningkatan Kepuasan Karyawan

Manfaat CSR bagi perusahaan yang pertama, yaitu kepuasan karyawan meningkat. Karyawan yang puas, cenderung berkinerja lebih baik.

Cara perusahaan memperlakukan komunitas yang dibina, menunjukkan banyak hal tentang bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya. 

Orang-orang yang merasa dihormati dan didukung dalam pekerjaan mereka, sering kali lebih produktif dan puas di tempat kerja. 

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk jadi sukarelawan, terutama selama jam kerja, menciptakan rasa kebersamaan serta hubungan dengan komunitas sekitar. 

Karyawan akan mendapatkan motivasi dan kebanggaan dalam pekerjaan mereka melalui peluang pengembangan pribadi ini.

Menurut Fronetics, perusahaan dengan karyawan yang sangat terlibat pada kegiatan perusahaan, membuat profitabilitas bisnis 21% lebih baik.

2. Peningkatan Citra Publik

Pada era digital saat ini, perusahaan yang menunjukkan tanggung jawab sosial mendapatkan eksposur dan pujian atas keterlibatan mereka. Ini merupakan salah satu manfaat CSR bagi perusahaan.

Reputasi merek kamu dapat memperoleh manfaat dari perbuatan baik di komunitas dan masyarakat pada umumnya. 

Konsumen tentunya merasa senang ketika membeli produk dan layanan dari perusahaan yang membantu komunitas mereka.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memublikasikan inisiatif program sosial di perusahaanmu dan menyebarkan berita tentang keterlibatan komunitas yang kamu bina. 

Laporkan berbagai kegiatan ini melalui media sosial, siaran pers, dan bentuk penyiaran lainnya. 

Memberi tahu publik tentang perbuatan baik perusahaan, dapat berhasil meningkatkan citra publik merekmu.

Baca juga: 7 Prinsip Lean Manufacturing yang Utamakan Efisiensi Bisnis

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat CSR bagi perusahaan lainnya, yaitu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Merek yang dikenal karena nilai sosial dan komitmennya membina komunitas, dapat mendorong pembelian dari konsumen.

Pelanggan cenderung setia kepada merekmu jika nilai-nilai perusahaanmu selaras dengan nilai-nilai pribadi mereka. 

Terlebih lagi, kaum milenial merupakan pasar terbesar saat ini. Kaum milenial lebih suka berbisnis dengan perusahaan dan merek dengan pesan sosial, metode produksi berkelanjutan, dan standar bisnis yang etis. 

Program tersebut bekerja untuk menunjukkan nilai perusahaanmu dan menunjukkan bahwa kerja tim serta keterlibatan masyarakat adalah nilai-nilai intimu.

4. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat CSR bagi perusahaan
(Foto pekerja sukarela membersihkan lingkungan. Sumber: Freepik.com)

Manfaat CSR bagi perusahaan selanjutnya, yakni dapat meningkatkan kreativitas karyawanmu. 

Bagaimana caranya? Inisiatifnya mendorong karyawan untuk mencoba hal-hal baru dan mendapatkan energi kembali ketika balik ke pekerjaan semula mereka.

Melalui keterlibatan sosial ini, karyawan akan merasa diberdayakan untuk mulai berkontribusi pada gambaran yang lebih besar. 

Mereka mungkin datang dengan ide-ide baru tentang produk, proses internal, atau inovasi solusi pemecahan masalah baru. 

Ketika kamu menunjukkan nilai dan semangat perusahaan melalui kegiatan CSR, karyawan akan merasa terdorong untuk mengembangkan cara baru.

Baca juga: Apa Itu Lean Startup? Berikut Manfaat dan Langkah-langkahnya

5. Percepatan Pertumbuhan Modal

Kamu dapat mempercepat pertumbuhan modal jika melakukan kegiatan tersebut. Ini merupakan manfaat CSR bagi perusahaan yang selanjutnya.

Jika kamu meningkatkan merek, reputasi, mendapatkan kepercayaan publik, dan menginspirasi loyalitas pelanggan, ini dapat berdampak positif pada laba.

Memposisikan diri sebagai “bagian dari tim” dapat memberimu kesempatan untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih luas. Kamu pun dapat memberi harga produk dan layanan dengan kesadaran sosial penuh.

6. Competitive Advantage yang Mendalam

competitive advantage adalah
Foto: Freepik.com

Memiliki competitive advantage merupakan manfaat CSR bagi perusahaan pula. Mempertahankan reputasi sebagai organisasi yang memberi kepada masyarakat dan sadar sosial, bukanlah pendekatan yang dilakukan setiap bisnis.

Ketika mengadopsi strateginya, kamu membedakan bisnismu dari bisnis yang hanya memikirkan tentang uang dan profit saja. 

Dengan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari masyarakat, kamu dapat memosisikan dirimu sebagai opsi pilihan di pasar mana pun.

Baca juga: Competitive Advantage Adalah Aspek yang Membuat Bisnis Unggul

7. Meningkatkan Retensi Karyawan

Karyawan menemukan kepuasan dalam bekerja untuk perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial. Artinya berbagai upaya CSR yang kamu lakukan akan membuat mereka cenderung tidak berhenti. 

Ini merupakan manfaat CSR bagi perusahaan lainnya. Kamu dapat meningkatkan retensi karyawan karena adanya rasa bangga karyawan.

Saat ini, cenderung sulit untuk melakukan retensi karyawan terhadap generasi baru. Perusahaan yang menolak untuk mengatasi masalahnya dapat berdampak buruk pada kemampuan perusahaan untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

8. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Manfaat CSR bagi perusahaan
(Foto meeting untuk melakukan CSR. Sumber: Freepik.com)

Selain meningkatkan retensi karyawan, manfaat CSR bagi perusahaan juga dapat meningkatkan keterlibatan karyawan.

Motivasimu untuk membuat perbedaan dalam masyarakat, dapat memotivasi karyawanmu untuk lebih terlibat dalam pekerjaan mereka. 

Praktik CSR berkaitan secara langsung dengan peningkatan kinerja dan produktivitas kerja di antara karyawan. 

Karena menguatnya tingkat retensi dan keterlibatan karyawan ini, perusahaan juga mendapat manfaat dari pengurangan biaya.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Social Media Engagement

9. Membangun Hubungan dengan Semua yang Terlibat

Upaya CSR yang kuat akan membantu kamu menjalin hubungan yang dapat bermanfaat bagi semua orang yang terlibat.

Mulai dari karyawan yang melakukan kegiatan CSR, komunitas yang dibina, hingga konsumen yang turut terlibat dalam kegiatan.

Manfaat CSR bagi perusahaan mungkin lebih besar dari yang kamu harapkan. Perusahaan yang melakukan CSR merupakan sesuatu yang jadi perhatian konsumen. 

Konsumen bersedia membayar lebih untuk suatu produk atau layanan jika perusahaan tersebut memprioritaskan keberlanjutan.

10. Keberlanjutan yang Lebih Besar

Menghancurkan lingkungan pada akhirnya akan berdampak negatif pada operasi bisnismu. 

Jadi, CSR yang fokus melestarikan lingkungan, merupakan gerakan nyata yang masuk akal. Namun, itu juga masuk akal secara ekonomi.

Transisi ke opsi berkelanjutan, dapat menghabiskan biaya awal yang besar. Namun, sistem berkelanjutan cenderung lebih murah untuk dioperasikan dalam jangka panjang. 

Karena bahan bakar dan energi fosil lainnya pasti jadi lebih mahal, perusahaan yang beralih dari teknologi mahal terlebih dahulu akan melihat keuntungan finansial terbesar.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Hewan Peliharaan yang Sustainable

Itulah sejumlah manfaat CSR bagi perusahaan. Para pemilik bisnis perlu mempertimbangkan untuk fokus melaksanakan CSR yang berdampak baik terhadap citra perusahaan.