Jual PC Game Online: 8 Tips dan Cara Memulainya

Share this Post

jual pc game online
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Tertarik menjalankan bisnis jual PC game online? Yuk, simak tips dan cara memulainya di sini. Ini agar kamu bisa menjalankan bisnisnya dengan lancar dan sukses!

Perkembangan teknologi seperti sekarang ini telah membuat banyak orang ingin merasakan manfaat langsung termasuk dalam mencari hiburan. Tidak sedikit orang kini berani menggelontorkan banyak uang untuk mendapatkan sarana hiburan yang menyenangkan.

Salah satu barang yang banyak dicari untuk memenuhi kebutuhan tersebut ialah personal computer (PC) game yang mampu memainkan banyak game dengan performa terbaik. Kondisi ini bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Cara yang bisa kamu coba dalam membaca peluang tersebut adalah dengan menjalankan bisnis jual PC game online. Bagaimana peluang bisnis dan tips yang bisa dicoba dalam bisnis jual PC game secara online?

Simak artikel di bawah ini supaya kamu dapat mengetahui lebih jauh peluang dan cara berbisnis jual PC game.

Baca Juga: Besarnya Peluang Bisnis Laptop Bekas dan Tips Memulainya

Peluang Bisnis Jual PC Game Online

jual pc game online
(Foto CPU. Sumber: Pixabay.com)

PC game merupakan barang mahal yang tentunya dapat dibeli dengan segmen tertentu. Kondisi ini tentunya menjadi peluang bisnis tersendiri yang dapat kamu manfaatkan.

Belum lagi bila kamu juga menjual alat-alat lain yang dapat menunjang aktivitas para gamers. Tentunya akan lebih banyak potensi keuntungan yang didapat.

Potensi keuntungan tersebut dapat kamu maksimalkan dengan memerhatikan cara menjualnya. Sekarang adalah era yang sangat praktis, termasuk dalam menjalankan bisnis.

Kamu harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada supaya bisnis jual PC game online yang kamu jalankan dapat berhasil.

Dilansir dari Currys, jual PC game online merupakan salah satu bisnis yang sangat mudah karena terjangkau untuk dijalankan.

Selain berjualan secara fisik, kamu dapat menjalankan bisnis jual PC game online. Perhatikan tempat atau metode penjualan online yang kamu sukai dan kuasai.

Bila menjalankan dengan online, kamu misalnya dapat mengandalkan marketplace, website, membuat toko online sendiri

Selain itu, kamu juga dapat menjual barang dengan menawarkannya secara langsung kepada teman-teman atau pengikut kamu di sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram atau TikTok.

Dalam menjalankan bisnisnya, kamu memilih beberapa cara di atas ataupun menjalankan semuanya.

Baca Juga: Mengenal Serangan Trojan dan Bagaimana Caranya Menyerang Komputer?

Cara Mulai dan Tips Bisnis Jual PC Game Online

jual pc game online
(Foto rakit PC. Sumber: Pixabay.com)
shopee pilih lokal

Untuk memulai bisnis jual PC game ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu pakai dalam memulai bisnis jual PC game online.

1. Pastikan Kualitas PC yang akan Dijual

Kamu harus bisa memastikan bahwa produk yang kamu jual dalam kondisi yang baik. Barang-barang gaming tersebut harus bisa sesuai dengan harapan mereka yang membelinya.

Jangan sampai nanti bisnis kamu mendapatkan ulasan yang negatif karena menjual produk yang berkualitas rendah. Menyeimbangkan kualitas dengan harga merupakan hal penting.

Karena selain kualitas, yang menjadi daya tarik para pelanggan adalah harga itu sendiri. Lantas seperti apa cara menetapkan harga yang sesuai dan pas?

2. Menetapkan Harga yang Sesuai

Agar bisnis jual PC game online kamu tidak merugi, kamu harus menetapkan harga jual yang juga memang diperhitungkan dengan modal yang kamu miliki.

Namun demikian, kamu juga tidak boleh memasang harga jual PC dan equipment terlalu tinggi. Hal tersebut akan berdampak buruk karena sangat mungkin pelanggan lari ke tempat lain yang lebih murah.

Di satu sisi kamu berusaha mempertahankan kualitas, namun di sisi lain kamu kehilangan pelanggan. Maka dari itu, menentukan prioritas merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Baca Juga: 4 Cara Hasilkan Uang dari Steam yang Diblokir Kominfo

3. Beritahukan Spesifikasi PC dan Equipmentnya

Supaya pelanggan dapat tertarik dengan penjualan kamu, jangan ragu untuk memberi tahu spesifikasi yang lengkap mengenai produk PC yang kamu jual. 

Hal ini dapat membuat pembeli semakin yakin membeli produk PC dan equipmentnya di tempat kamu.

Dalam memberi penjelasan kamu dapat menjelaskan apa adanya, supaya pelanggan kamu tidak akan kecewa nantinya. Apabila memang ada kekurangan dari barang tersebut kamu dapat memberitahunya.

Hal ini akan membuat pelanggan percaya bahwa bisnis PC online kamu jujur dan dapat dipercaya. Karena kejujuran dan kepercayaan merupakan hal utama yang wajib dijunjung tinggi oleh para pebisnis.

4. Berikan Kontak dan Informasi Bisnis yang Benar

Berikan kontak dan informasi bisnis yang jujur. Hal ini penting dalam bisnis jual PC game online karena menyangkut kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang kamu jual.

Dengan informasi dan kontak, kamu dapat meyakinkan pembeli agar tidak merasa ragu dan takut saat akan membeli PC secara online di tempat kamu.

Sebagai strategi marketing kamu juga bisa memberikan jasa konsultasi kepada setiap orang yang hendak merakit PC. Jika pun tidak membeli di toko PC yang kamu jalankan, setidaknya mereka mengetahui keberadaan bisnismu.

5. Promosikan PC Kamu

Promosi adalah bagian penting supaya banyak orang mengetahui produk PC kamu. Semakin banyak orang yang mengetahui bisnis jual PC game online kamu, semakin besar pula peluang terjadinya pembelian.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter hingga media sosial lainnya bisa kamu manfaatkan secara optimal

Tujuan dari melakukan promosi yaitu untuk membuat banyak orang kenal dan mengetahui bisnis yang kita jalankan.

Baca Juga: Tertarik Bisnis E-sport? Ini 6 Peluang Penghasil Cuannya

6. Beri Perhatian lebih Kepada Pelanggan

bisnis yang sedang naik daun
(Foto: orang main games. Sumber: Pexels.com)
shopee pilih lokal

Dalam menjalankan bisnis jual PC game online, kamu harus memberi perhatian yang lebih kepada pelanggan kamu. 

Meskipun kamu telah mendapatkan uang, kamu dapat memberi perhatian dengan melakukan kontrol kepada pelanggan, seperti bertanya tentang PC apakah sudah sampai atau belum, tentang kepuasan mereka terhadap PC, dan lain-lain.

Perhatian semacam ini akan menunjukkan bahwa bisnis kamu bertanggung jawab dan peduli. Pelanggan akan merasa puas terhadap pelayanan yang kamu berikan.

7. Pilih Jasa Pengiriman yang Terpercaya

Hal yang tidak kalah penting saat menjalankan bisnis jual PC game online, kamu harus dapat memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan dapat diandalkan. Pilihlah jasa pengiriman yang cepat, terpercaya dan melayani pelanggan dengan baik.

Hal ini penting untuk meminimalisir kekecewaan pelanggan akibat pengiriman yang lambat, tidak sampai tujuan atau barang PC yang rusak.

8. Berkomunikasi dengan Baik

Apabila kamu menjalankan bisnis jual PC game online, sangat mungkin kamu mendapatkan banyak pertanyaan dari calon pembeli. 

Pertanyaan tersebut beragam mulai dari produk PC yang dijual sampai ke pengiriman yang dilakukan.

Jadi, sebisa mungkin kamu dapat menjawab pertanyaan mereka dengan baik dan secepat mungkin. Selain itu, gunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dimengerti oleh pelanggan kamu. 

Komunikasi yang baik kepada pelanggan bisa meningkatkan kepercayaan mereka kepada bisnis jual PC game online yang kamu bangun.

Baca Juga: 5 Game Penghasil Uang dan Cara Jadi Gamers Profesional

Demikian, bisnis menjual PC game rupanya dapat memberi keuntungan yang besar apabila kamu bisa menjalaninya dengan benar. Semoga dengan membaca ini, kamu dapat terdorong menjalankan bisnis jual PC, ya!

Kamu tertarik untuk menjual PC game secara online? Kamu bisa menggunakan SIRCLO Store, karena SIRCLO Store memberikan kemudahan dalam pengelolaan penjualan melalui dashboard admin panel yang dimiliki SIRCLO Store. Hal tersebut dapat memudahkan pelanggan untuk belanja online di toko online yang kamu miliki!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X