10 Ide Bisnis Musim Liburan yang Bisa Dijalankan Dari Rumah

Share this Post

bisnis musim liburan
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Musim liburan tiba, ada beberapa ide bisnis musim liburan yang bisa kamu coba untuk memperoleh pemasukan tambahan. Berikut daftarnya!

Saat musim liburan, sedikitnya terjadi pergeseran perilaku konsumen. Permintaan pasar terhadap produk-produk hiburan dan rekreasi mungkin akan mengalami peningkatan.

Sebaliknya, kebutuhan akan barang-barang tertentu mungkin saja akan menurun. Pasalnya, banyak orang yang akan memusatkan perhatiannya untuk memenuhi kesenangannya saat liburan.

Melihat kondisi tersebut, ada beberapa ide bisnis musim liburan yang bisa kamu coba. Meskipun bersifat musiman, ide bisnis tersebut cukup menjanjikan.

Dilansir dari Inc, sebagian besar bisnis mengalami beberapa kali pasang surut dan kasus fluktuasi. Bisnis musiman adalah istilah yang mengacu pada fluktuasi bisnis yang sesuai dengan perubahan musim.

Istilah musim ini bisa diartikan dalam arti perubahan cuaca, momentum liburan, atau acara-acara khusus seperti lebaran dan tahun baru.

Nah, berikut ini beberapa ide bisnis musim liburan yang bisa kamu coba, simak daftarnya, ya!

Baca Juga: Intip Modal Usaha Dekorasi Lamaran, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Ide Bisnis Musim Liburan yang Menjanjikan

10 Ide Bisnis Musim Liburan yang Bisa Dijalankan Dari Rumah
(Foto perlengkapan piknik. Sumber: Freepik.com)

Mulai dari membuka kelas memasak sampai usaha sewa perlengkapan piknik, berikut ide bisnis musim liburan yang bisa kamu coba!

1. Membuka Kelas Memasak

Libur telah tiba! Bagi sebagian orang, musim liburan tak hanya bisa diisi dengan kegiatan rekreasi dan wisata. Ada beberapa orang dengan hobi tertentu yang bisa dilakukan dari rumah.

Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Jika kamu punya bakat memasak, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka kelas memasak.

Pasalnya, tak sedikit orang yang memiliki hobi yang satu ini dan kerap kali mengisi waktu luangnya dengan mencoba menu-menu baru.

Saat musim liburan, membuka kelas memasak memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Menariknya lagi, kelas memasak ini bisa dilakukan secara virtual.

Kelas memasak tak hanya bisa dilakukan untuk orang dewasa, namun juga untuk anak-anak.

2. Menjual Kerajinan Tangan

Ide bisnis musim liburan yang kedua adalah menjual kerajinan tangan. Selama musim liburan, tentunya kamu memiliki waktu lebih untuk membuat berbagai produk kreatif.

Menariknya lagi, peminat produk kerajinan tangan juga cukup tinggi. Pasalnya selain ramah lingkungan, barang-barang kerajinan tangan memiliki nilai seni tinggi.

Ada beberapa produk kerajinan yang bisa kamu buat, seperti kerajinan tangan dari tanah liat, lipatan kertas, anyaman, produk berbahan kayu, akrilik, hingga produk daur ulang.

Menariknya lagi, kamu juga bisa membuka kelas khusus untuk membuat kerajinan tangan dengan sasaran anak-anak hingga dewasa.

Baca Juga: 8 Tips Jual Lampu Hias Online, Unik untuk Dekorasi Rumah

3. Jual Perlengkapan Rumah

10 Ide Bisnis Musim Liburan yang Bisa Dijalankan Dari Rumah
(Foto dekorasi rumah. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Pada hari-hari biasa, hanya sedikit orang yang memiliki waktu untuk menghias dan mendekorasi rumahnya. Nah, saat musim liburan tiba, kegiatan mendekorasi rumah merupakan salah satu agenda yang rutin dilakukan.

Sebagian orang merasa senang mendekorasi rumah atau kamarnya dengan menambahkan aksesoris baru.

Memanfaatkan kondisi tersebut, kamu bisa menjual aneka aksesoris rumah dan kamar. Misalnya, menjual vas bunga sintetis, taplak meja, wallpaper, lampu warna-warni, atau karpet.

Peluang bisnis ini juga cukup potensial meskipun dijalankan di luar musim liburan, lho.

4. Jual Perlengkapan Sekolah

Musim liburan selalu bertepatan dengan waktu liburan sekolah. Pada momentum ini, banyak orang yang mencari dan membeli perlengkapan sekolah baru, seperti seragam sekolah, tas, sepatu, dan alat tulis.

Jika diperhatikan, toko seragam dan alat tulis selalu dipenuhi pembeli saat momen-momen ini.

Artinya, bisnis perlengkapan sekolah merupakan salah satu bisnis musim liburan yang potensial. Untungnya lagi, perlengkapan sekolah tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah dari supplier untuk dijual kembali.

Baca Juga: Dapat Cuan Besar dari Bisnis Dekorasi Pernikahan, Ini 6 Cara Memulainya! 

5. Jasa Fotografer

Ide bisnis musim liburan berikutnya adalah membuka jasa fotografer. Jika kamu memiliki kamera, kamu bisa menggunakannya untuk membuka jasa fotografer.

Saat musim liburan, banyak orang ingin menghabiskan momen kebersamaan dengan keluarga atau sahabatnya. Termasuk mengabadikan momen terbaik yang jarang terjadi.

Jasa fotografer akan semakin menguntungkan jika kamu menawarkan jasa ini ke para pelancong yang sedang atau akan berkunjung ke destinasi wisata tertentu.

Kamu bisa memulainya dari objek wisata yang ada di sekitarmu. Jangan ragu untuk menawarkan jasamu secara langsung kepada pengunjung yang datang, ya!

6. Event Organizer

10 Ide Bisnis Musim Liburan yang Bisa Dijalankan Dari Rumah
(Foto acara pernikahan. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Musim liburan tak hanya diisi dengan kegiatan rekreasi dan wisata. Tak sedikit juga masyarakat yang memanfaatkan momentum ini untuk melangsungkan acara pernikahan, seperti yang dilakukan oleh Kaesang dan Erina.

Artinya, selama musim liburan, permintaan akan penyelenggaraan acara tertentu akan meningkat.

Salah satu bisnis musim liburan yang bisa kamu coba adalah dengan menawarkan jasa event organizer. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk membantu klien menyiapkan acara mereka.

7. Usaha Dekorasi Lamaran

Selain menawarkan jasa sebagai event organizer, kamu juga bisa membuka usaha dekorasi lamaran. Jika diperhatikan, ada banyak orang di sekitarmu yang melangsungkan acara lamaran atau tunangan saat akhir tahun.

Peluang usaha dekorasi lamaran menjadi ide bisnis baru yang patut dicoba. Kamu bisa menyewakan berbagai perlengkapan dekorasi lamaran mulai dari backdrop, hiasanya dinding, kursi dan meja lamaran, dan sebagainya.

8. Jasa Pemandu Wisata

Setiap orang bisa menjadi pemandu wisata, meski secara teknis seorang pemandu wisata memang perlu memiliki sertifikasi kompetensi.

Namun, dalam skala lokal, kamu tetap bisa menawarkan jasa sebagai pemandu wisata. Hal terpenting yang perlu kamu miliki adalah kemampuan komunikasi yang baik, berpenampilan menarik, serta memiliki sikap dan pengetahuan yang baik.

Jika di dekat tempat tinggalmu terdapat destinasi wisata, kamu dapat menawarkan jasa pemandu wisata lokal khusus pengunjung destinasi tersebut.

Sebagai pemandu wisata, kamu juga perlu memperkaya wawasan soal akomodasi, transportasi, dan informasi lain di daerahmu.

Baca Juga: 9 Ide Bisnis Natal Rumahan yang Hasilkan Banyak Keuntungan

9. Sewa Perlengkapan Kemah

10 Ide Bisnis Musim Liburan yang Bisa Dijalankan Dari Rumah
(Foto kegiatan berkemah. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Saat musim liburan, tak sedikit orang yang memiliki kegiatan berkemah bersama keluarga dan sahabatnya.

Kegiatan berkemah memang memiliki pengalaman yang unik dan menyenangkan. Saat berkemah, kamu dapat membangun hubungan yang lebih erat bersama orang lain sambil menikmati suasana alami.

Sayangnya, tak semua orang memiliki perlengkapan berkemah. Jika kamu memiliki hobi naik gunung dan mempunyai perlengkapan kemah seperti tenda, matras, dan sleeping bag, mengapa tidak menyewakannya kepada orang lain?

Bisnis sewa perlengkapan kemah ini biasanya ramai diminati di dekat lokasi perkemahan.

10. Sewa Perlengkapan Piknik

Ide bisnis musim liburan yang terakhir adalah menyewakan perlengkapan piknik. Beberapa lokasi wisata seperti Hutan Kota, taman kota, kebun binatang, atau kebun raya sering dijadikan sebagai lokasi piknik yang estetis.

Nah, kamu bisa menyewakan perlengkapan piknik seperti tikar, kerancang makanan, perlengkapan makan dari kayu, dan aksesoris lain.

Usaha ini juga bisa dibarengi dengan jasa fotografer, lho!

Itulah deretan ide bisnis musim liburan yang bisa kamu coba. Semoga berhasil, ya!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X