8 Bisnis untuk Pelajar SMP, Modalnya Kecil Lho!

Share this Post

bisnis-untuk-pelajar-smp
Table of Contents

Adakah bisnis untuk pelajar SMP yang bisa dilakukan? Tentu saja, ada.

Bukanlah hal yang mustahil jika kamu bercita-cita memulai berbisnis atau menjadi entrepreneur dalam usia muda. 

Menjadi seorang entrepreneur tentu saja tidak mudah apalagi jika kamu memulai dari umur belia, dibutuhkan tekad serta kerja keras agar apa yang kamu lakukan menarik minat orang lain dan menjadi sukses.

Kamu juga dituntut untuk bisa membagi waktu agar kegiatan berbisnis mu ini tidak mengganggu waktu belajar.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Modal 100 Juta, Apa Saja?

Beragam Bisnis Untuk Pelajar SMP

bisnis untuk pelajar smp
(Foto bisnis untuk pelajar. Sumber: Unsplash.com)

Jika kamu sudah memantapkan diri menjadi seorang pebisnis di usia muda, berikut rekomendasi bisnis untuk pelajar SMP yang bisa kamu geluti di sela-sela waktu belajar dan bermain.

1. Content Creator

Bisnis untuk pelajar SMP yang paling digandrungi di zaman sekarang adalah menjadi seorang content creator atau pembuat konten.

Tidak hanya di Indonesia saja, melainkan belahan dunia lain sudah banyak bermunculan pembuat konten berusia muda.

Karena kemajuan zaman digital, banyak pelajar berlomba-lomba untuk menjadi seorang YouTuber atau TikToker yang memiliki jumlah viewers dan subscriber berangka ribuan, bahkan jutaan.

Kamu bisa memulai membuat video tentang dirimu atau hal apa yang kamu suka terlebih dahulu sebagai permulaan.

Bisa juga membuat video tentang hal yang sedang ramai dibicarakan agar traffic akun mu bisa naik dengan sangat cepat dalam waktu yang sebentar karena iklan akan mudah datang jika views, subscribers, dan traffic tinggi.

Bisnis untuk pelajar SMP ini bisa kamu lakukan karena memiliki jam kerja yang fleksibel sehingga tidak akan mengganggu sekolahmu atau waktu bermain bersama teman.

2. Bisnis Hobi

8 Bisnis untuk Pelajar SMP, Modalnya Kecil Lho!
(Foto bisnis ikan cupang berawal dari hobi. Sumber: Unsplash.com)

Bisnis untuk pelajar SMP selanjutnya adalah memulai dari hobi, kesukaan atau keahlian yang kamu punya. Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki pekerjaan berdasarkan hobi yang ia punya, sudah hobi tersalurkan lalu menghasilkan uang juga. Asiyk, kan?

Memulai bisnis dari hobi bisa menjadi hal yang bagus kamu lakukan karena kamu sudah punya modal awal berbisnis yakni mengerti celah atau dasar pengetahuan yang wajib dimiliki seorang pebisnis apalagi kamu adalah seorang pebisnis yang baru merintis.

Jika memiliki hobi memasak, kamu bisa memasarkan hasil masakan kamu sendiri. Kamu bisa mulai memasarkan makanan atau minuman ke teman sepermainan, tetangga rumah, atau langsung menitipkan ke kantin sekolah.

Untuk kamu yang hobi hal-hal berbau Korea Selatan, kamu bisa menjual photopack dari boyband atau girlband favoritmu.

Bisnis ini sedang digandrungi oleh para pelajar karena bisa menambah pundi-pundi uang dengan cepat. Namun, kamu harus berhati-hati karena sudah banyak penipuan terjadi.

3. Reseller atau Dropshipper

Menurut Bluecart, bisnis dropship adalah bisnis yang menjual produk yang bukan milik sendiri. Menjadi seorang reseller atau dropshipper bisa menjadi salah satu bisnis untuk pelajar SMP yang cocok untuk kamu.

Ini dikarenakan waktu yang fleksibel sehingga kamu bisa melakukan hal ini tanpa mengganggu waktu sekolah.

Langkah awal menjadi reseller atau dropshipper ialah mengetahui terlebih dahulu apa yang sedang tren di kalangan teman-teman atau sekolah, sehingga kamu tau barang apa yang paling banyak dicari.

Setelah itu, carilah toko terdekat atau toko online yang memang menyediakan jasa pekerjaan ini dan langsung kalian pasarkan ke teman di sekolah.

Selalu ingat bahwa reseller dan dropshipper memiliki satu perbedaan yang mencolok, yakni reseller tetap harus memasok barang dari distributor.

Sedangkan dropshipper tidak perlu memasok barang tersebut. Jadi, tentukan pilihan kamu terlebih dahulu agar tidak salah melangkah.

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Laba Bisnis dan Jenis-Jenisnya

4. Bisnis Paruh Waktu

usaha warung makan
(Foto warung makan yang ramai orang. Sumber: Pixabay.com)

Salah satu bisnis untuk pelajar SMP yang bisa kamu lakukan diwaktu senggang atau libur sekolah ialah bekerja paruh waktu. Kamu bisa mencari di sekitar rumah tentang usaha yang membutuhkan karyawan paruh waktu.

Usaha-usaha seperti laundry, fotocopy, warung kelontong, atau konter pulsa bisa saja membutuhkan karyawan tidak tetap yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah uang jajan dikala libur sekolah.

5. Membuka Les Privat

Jenis bisnis untuk pelajar SMP satu ini mewajibkan kamu untuk memiliki nilai tinggi atau memiliki teman yang pintar. Kamu bisa membuka les privat untuk pelajar SD atau teman sebaya mu.

Pelajaran yang bisa kamu ajarkan tidak terbatas pada pelajaran sekolah saja. Tidak ada salahnya kamu mengajarkan bahasa asing jika kamu memang benar-benar mampu, seperti bahasa Inggris.

Bisa juga kamu mengajarkan pengaplikasian komputer, ataupun bermain alat musik.

Bisnis untuk pelajar SMP ini tidak hanya akan menambah uang jajan kamu, tetapi juga kemahiran yang dimiliki akan semakin berkembang. Apalagi kalau tekun dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

6. Berbisnis Pulsa

handphone bekas
(Foto bisnis isi ulang pulsa. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Di zaman serba digital ini, pulsa dan kuota internet merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan bahkan untuk pelajar SMP sekali pun.

Nah, kamu dapat memanfaatkan celah ini untuk berjualan pulsa atau kuota internet karena pelanggannya terbilang banyak, mulai dari usia belia sampai usia tua.

Kamu harus memulai dengan mencari distributor yang berkualitas dan tepercaya sebagai permulaan. Lalu, menetapkan harga dengan mencari tahu terlebih dahulu harga kompetitor. Terakhir, mulai memasarkan kepada teman sebaya, orang sekitar, dan sosial media kamu.

7. Menjual Produk Bekas

Salah satu bisnis untuk pelajar SMP yang wajib kamu coba adalah menjual barang bekas alias memiliki thrift shop. Aktivitas thrifting sedang digandrungi anak-anak muda di beberapa kota di Indonesia.

Kamu bisa mulai mencari produk branded second terutama pakaian, celana, jaket, dan topi di beberapa pasar yang memang menjual barang-barang second.

Jangan lupa untuk lebih teliti dalam mencari dan membeli barang second karena bisa saja kamu malah membeli barang KW alias palsu.

8. Membuat Podcast

8 Bisnis untuk Pelajar SMP, Modalnya Kecil Lho!
(Foto mendengarkan podcast. Sumber: Unsplash.com)

Bisnis untuk pelajar SMP ini memang membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit, tetapi bisa jadi ini malah menjadi pekerjaan utama kamu kelak ketika dewasa.

Banyak orang yang sudah mencoba menjadi podcaster dan sukses. Jadi, apa salahnya jika kamu mencoba, kan?

Untuk membuat podcast, kamu bisa mengajak teman-teman untuk menjadi bintang tamu awal atau duet agar konten tidak terasa sepi.

Obrolan tentang kehidupan anak SMP atau mimpi saat dewasa nanti bisa menjadi topik utama podcast tersebut.

Apabila podcast kamu sudah bisa dibilang menjanjikan, bukan tidak mungkin banyak produk yang mau beriklan di sini.

Baca Juga: 4 Manfaat Classified Ads untuk Bisnis Kecil

Demikian rekomendasi bisnis untuk pelajar SMP yang bisa kamu lakukan diwaktu senggang atau libur sekolah agar kamu tetap dapat uang jajan.

Bisa jadi pekerjaan yang kamu pilih ini malah menjadi pekerjaan utama kamu nantinya.

Jadi, bijak dalam memilih agar tidak menyesal di kemudian hari dan jangan lupa untuk menanyakan dan meminta izin terlebih dahulu ke orangtua.