Ini 3 Peluang Bisnis Petai Kupas, Biar Bau Tetap Dilirik Orang!

Share this Post

bisnis petai
Table of Contents

Bisnis petai punya peluang besar untuk datangkan cuan! Tidak hanya dijual mentah, tetapi juga olahannya juga banyak dicari orang. 

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar petai alias pete? Makanan berbau tajam tetapi bikin ketagihan?

Jika kamu penggemarnya, maka makanan berbau nan lezat itu bisa mendatangkan cuan, lho.

Makanan berwarna hijau tersebut banyak disukai. Bisa disantap langsung sebagai lalapan, digoreng, direbus, dijadikan campuran masakan, dan yang paling mantap adalah diolah bersama cabai dan teri atau udang.

Petani punya cara untuk menanam sampai memanen sayuran. Dikutip dari Chron, sayangnya banyak dari mereka tidak punya banyak waktu untuk memasarkannya ke pembeli potensial. 

Petani sayuran, termasuk petani petai, menyerahkan pemasaran ke penyalur atau pedagang buah. Demikian pula dengan petani sayuran lokal Indonesia. Petai adalah tanaman asli Indonesia yang punya banyak penggemar.

Penggemar petai bukan hanya dari lokal Indonesia. Makanan dengan rasa khas tersebut punya konsumen fanatik sampai ke luar negeri. 

Nah, ini adalah peluang untuk memulai bisnis petai. Dalam sebulan, pengekspor petai bisa mengirim lebih ratusan kilogram petai ke luar negeri. 

Belum termasuk olahan petai seperti sambal petai teri, sambal petai udang, sambal petai tauco, dan lain-lain.

Jika kamu tertarik, bisa memulai bisnis petai. Baik petai mentah ataupun olahan. Masing-masing tentu ada kekurangan dan kelebihan. 

Menjalankan bisnis petai tidak membutuhkan modal besar. Selain pemasaran yang andal, kamu harus punya resep sambal petai yang enak, sehingga laris di pasaran. 

Bisnis petai kupas juga menarik untuk dijalankan. Kamu bisa mencari petani petai dengan hasil terbaik, kemudian mengemas ulang petai yang sudah dikupas. Kamu bisa menjualnya mulai dari ukuran 100 gram sampai dengan 250 gram.

Baca juga: Bisnis Kue Tradisional, Ini Peluang dan Tips Menjalankannya

Peluang Bisnis Petai Kupas yang Menggiurkan

Bisnis petai
(Pedagang sedang mengupas petai. Sumber: Unsplash.com)

Sekarang ini, sebagian besar orang ingin praktis. Mereka membeli kebutuhan yang tidak perlu repot mengupas, memotong, menghaluskan, dan lain-lain. 

Termasuk sayur-sayuran. Jika kamu perhatikan, sekarang ini banyak penjual sayur yang menjual sayuran mentah per paket.

Misalnya paket sayur asem yang terdiri dari beberapa macam isian sayur asem dilengkapi dengan bumbunya. Orang tidak perlu repot memotong, mengupas, sehingga tidak perlu waktu banyak untuk memasak.

Mengapa tidak dengan petai? Petai kupas dalam kemasan atau packing yang menarik bisa lebih diminati pasar.

Orang tidak perlu repot mengupas dan bisa langsung mengolah petai menjadi masakan yang lezat. Apa betul bisnis petai kupas ini menggiurkan? Berikut alasan mengapa petai kupas bisa mendatangkan cuan.

1. Banyak Konsumen 

Ada banyak pecinta petai, tetapi sebagian besar enggan mengupas. Adanya petai kupas tentu membuat para penggemar petai senang.

Mereka tidak perlu menebak apakah petai yang mereka beli bagus atau tidak. Petai kupas sudah terlihat ukuran dan juga kesegarannya. 

Konsumen petai kupas bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Ada saja perantau asal Indonesia yang mencari petai kupas untuk dibawa atau dikirim ke tempat mereka bekerja.

Inilah alasan bisnis petai punya potensi emas. 

Baca juga: Mencicipi Gurihnya Keuntungan Usaha Seblak, Ini 7 Tipsnya

2. Buat Kemasan Menarik

Salah satu kendala para petani petai adalah daya tahan petai yang tidak bisa disimpan lama. Petai yang disimpan lama berpotensi tidak laku karena rasa dan kesegaran yang sudah berkurang. 

Itu sebabnya bisnis petai kupas bisa jadi alternatif. Kamu bisa mengemas petai dalam kemasan vakum. Selain lebih praktis juga membuat petai tahan lebih lama. 

Kamu bisa mengemas petai mulai 100 gram. Tentunya akan lebih praktis dan mudah dibawa. 

Petai kupas dengan beberapa kemasan bisa jadi pilihan untuk oleh-oleh. Konsumen juga punya pilihan untuk membeli petai kupas dalam berbagai ukuran. 

Kemasan vakum bisa jadi pilihan. Selain lebih “cantik”, juga bisa membuat petai lebih tahan lama. Nah, ini adalah inovasi bisnis petai yang bisa kamu adopsi.  

3. Pilih Jenis Petai Terbaik 

Bisnis petai kupasmu berpotensi mendatangkan cuan dengan memilih jenis petai terbaik. Salah satu jenis petai yang baik untuk dikemas ulang adalah petai padi. 

Petai padi memiliki kadar air rendah, sehingga tidak mudah menyusut jika digoreng. Selain itu, petai padi teksturnya kering dan lembut. Soal aroma, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, tidak menyengat seperti petai jenis lainnya. 

Bisnis petai kupas, selain memudahkan konsumen, juga membantu petani menghasilkan petai lebih banyak. Mereka tidak akan khawatir petai tidak bisa bertahan lama setelah dipetik. Kamu tertarik?

Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Rice Box, Ingin Mencobanya?

Olahan Petai Bisa Jadi Pilihan Bisnis Petai

Bisnis petai
(Foto petai. Sumber: Freepik.com)

Petai bukan hanya nikmat dimakan langsung, direbus, atau digoreng. Petai yang dicampur ke masakan juga jadi favorit. 

Sepertinya beragam masakan khas daerah di Indonesia menggunakan petai sebagai pelengkap rasa. 

Untuk bisnis petai, kamu bisa mengolahnya menjadi sambal petai dan dikemas menarik. Sambal petai bisa jadi pilihan untuk mengembangkan bisnis petai.

Salah satu favorit olahan petai adalah sambal. Rasa pedas cabai bercampur dengan petai tentu menggugah selera makan.

Nah, ada beberapa jenis olahan yang bikin bisnis petaimu melesat. Ini dia daftarnya.

1. Sambal Petai 

Bisnis petai
(Foto sambal. Sumber: Freepik.com)

Petai bisa diolah menjadi sambal petai. Sebagai tambahan kamu bisa menambahkan teri, udang, rebon, ikan asin, dan lain-lain. 

Kamu bisa mengemas sambal petai dalam jar atau botol plastik berukuran kecil dan memasarkannya secara online.

Agar lebih menarik, kamu bisa menjual sambal petai dengan berbagai level pedas, tambahan lauk, dan ukuran. Makin banyak pilihan, tentu pangsa pasarmu akan makin luas. Bisnis petai juga bisa berkembang pesat. 

Baca juga: Gurihnya Bisnis Kerupuk, Ini 6 Jenisnya yang Terlaris!

2. Aneka Masakan Petai 

Bisnis petai juga bisa diaplikasikan ke aneka masakan yang menggunakan petai. Misalnya terong balado petai, balado cumi petai, dan lain-lain. 

Kamu bisa mengolah petai menjadi beragam masakan, kemudian menjualnya secara online

Semisal, kamu membuka restoran online dengan menu beragam masakan petai. Orang akan mengenalmu sebagai restoran online petai, karena semua menu yang ada menggunakan petai.

3. Petai Mentah 

Kamu juga bisa menjual petai mentah yang masih fresh dari petani atau pengepul. Kamu bisa menjadi pemasok petai mentah ke produsen makanan atau penjual makanan matang.

Petai mentah juga punya potensi besar. Sebagai ide baru, kamu bisa menjual petai kupas untuk memulai bisnis petaimu.  

Baca juga: Ini 5 Ide Bisnis Sayuran Online, Simak Pula Tipsnya!

Nah, demikian ulasan singkat terkait dengan bisnis petai. Sekarang kamu sudah tahu bahwa petai bukan hanya enak dimakan, tetapi bisa jadi peluang usaha. 

Pilihan ada di tanganmu. Apakah kamu akan menjual petai mentah atau petai yang sudah diolah. Silahkan pertimbangkan keuntungan dan kelebihannya. 

Setelah mengetahui peluang bisnis petai kamu tertarik untuk memulai? Jika iya, mulailah dengan mencari petai dengan kualitas terbaik. 

Jangan lupa siapkan kemasan menarik dan marketing yang andal. Makin menarik kemasan dan marketing yang kamu lakukan, akan membuat bisnis petai kamu makin melejit.

Selamat mencoba peluang bisnis petai dan mendapatkan cuan besar!