9 Ide Bisnis Natal Rumahan yang Hasilkan Banyak Keuntungan

Share this Post

bisnis natal rumahan
Table of Contents

Ada banyak momen penting yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun bisnis. Misalnya, mencari peluang bisnis natal rumahan menjelang perayaan Hari Raya umat Kristen.

Meskipun bisnis natal rumahan cenderung masuk ke dalam jenis usaha musiman, akan tetapi peluang keuntungannya cukup menjanjikan, lho.

Apalagi bisnis natal rumahan biasanya tidak harus memerlukan modal yang besar. Asalkan kamu mau memanfaatkan kesempatan, cuan akan datang.

Jadi, mungkin akan cocok untuk kamu jadikan pekerjaan sampingan sehingga dapat menambah pendapatan.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Trending Tahun 2022 yang Bisa Hasilkan Cuan!

Ide Bisnis Natal Rumahan

dekorasi natal
(Foto dekorasi natal. Sumber: Unsplash.com)

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan momen natal untuk mencari keuntungan, bisa coba beberapa ide bisnis natal rumahan di bawah ini.

1. Hampers Natal

Salah satu ide bisnis natal rumahan yang bisa kamu coba ialah membangun usaha hampers natal.

Menjelang natal, biasanya akan ada banyak orang yang mencari hampers untuk dibagikan kepada kerabat dekat dan orang-orang tersayang.

Ini merupakan ide bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. Sebab, kamu hanya perlu mengerjakan pesanan hampers dari pelanggan yang serius membeli. Jadi, tidak perlu melakukan stok barang berlebih.

Ide hampers natal yang bisa dijadikan peluang usaha amat beragam. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan target pasar. Misalnya hampers natal berisi produk kecantikan untuk target audiens perempuan, hampers dekorasi rumah tangga untuk pelanggan yang sudah menikah, dan lainnya.

Pastikan hampers natal yang kamu buat dibungkus dengan menarik sehingga bisa mendatangkan banyak pelanggan. Sesuai temanya, pastikan hampers dihias menggunakan dekorasi khas natal.

Sediakan juga pilihan kartu ucapan menarik yang bisa dikirimkan pelanggan kepada penerima hampers natal.

2. Kue Kering

Ide bisnis natal rumahan berikutnya ialah mencoba usaha kue kering. Biasanya, penjual kue kering akan banjir oderan selama momen penting seperti perayaan natal.

Bagi kamu yang hobi baking, mungkin bisa coba bisnis kue kering ini untuk menghasilkan keuntungan selama natal.

Kue kering yang banyak diburu tentunya meliputi kue khas natal. Misalnya kue jahe, sugar icing cookies, butter cookies, kaastangel, speculaas, vanillekipferl, dan lainnya.

Kamu bisa coba menjual aneka jenis kue kering khas natal ini secara satuan. Bisa juga memberikan penawaran menarik melalui paket bundling.

Sediakanlah kue kering berdekorasi natal sehingga lebih menarik. Selain itu, kamu dapat menggunakan kemasan yang unik untuk meningkatkan nilai jual.

Jadi, kue kering yang kamu tawarkan bisa menjadi pilihan hidangan nikmat sekaligus dekoratif untuk menghias meja makan lebih menarik.

3. Dekorasi Natal

Perayaan natal juga identik dengan pesta, lho. Sebab, umat yang merayakannya akan menghabiskan banyak waktu dengan keluarga, kerabat, dan orang-orang tersayang.

Nah, dekorasi natal ini bisa menjadi spot menarik yang turut memeriahkan momen natal. Tak jarang, dekorasi natal dijadikan tempat untuk berswafoto sehingga perayaan natalnya semakin terasa.

Untuk dapat memiliki spot dekorasi natal yang menarik, umat yang merayakan membutuhkan berbagai pernak-pernik khas natal.

Kamu pun bisa coba memanfaatkan peluang ini sebagai ide natal. Jadi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menjual dekorasi natal.

Kini, penjualan dekorasi natal pun bisa kamu lakukan dengan lebih mudah melalui toko online.

Selain menjual perlengkapannya, kamu yang memiliki keterampilan mendekor pun bisa coba menawarkan jasa dekorasi natal.

Baca Juga: 10 Bahan Pengawet Makanan yang Aman Digunakan Oleh Bisnis

4. Kartu Ucapan

bisnis natal rumahan - kartu ucapan
(Foto kartu ucapan natal. Sumber: Unsplash.com)

Ide usaha natal rumahan lainnya yang juga berpotensi menghasilkan keuntungan besar, yaitu bisnis kartu ucapan.

Kartu ucapan menjadi hal yang penting dan banyak dicari selama perayaan natal. Sebab, bisa dikirimkan kepada orang yang merayakan sehingga lebih menikmati momen natal penuh suka cita.

Kartu ucapan biasa dikirim bersamaan dengan kado natal atau hampers natal. Jadi, peluang keberhasilannya cukup tinggi, lho.

Pastikan kartu ucapan kamu memiliki desain yang menarik, khas momen natal sehingga banyak dilirik pelanggan.

Kerahkanlah seluruh kreativitas kamu untuk membuat kartu ucapan natal yang berbeda daripada yang lain. Semakin unik dan menarik desainnya, pasti akan semakin banyak pelanggan yang ingin membelinya.

5. Catering

Bisnis catering juga bisa menjadi ide usaha natal rumahan yang patut untuk kamu coba, lho. Bahkan, peluang keuntungannya cukup menjanjikan.

Tradisi kumpul bersama keluarga selama perayaan natal membuat banyak orang perlu menyiapkan beraneka ragam makanan. Nah, pesan layanan catering biasa menjadi pilihan praktis.

Kamu yang membuka bisnis catering pun dijamin akan banjir pesanan selama momen perayaan natal ini. Apalagi, jika kamu mampu menyajikan menu khas natal.

Bagi kamu yang baru memulai bisnis catering, mungkin bisa mulai mempromosikannya kepada orang-orang terdekat dahulu.

Manfaatkanlah juga media sosial untuk mempromosikan bisnis catering kamu. Bagikan semua foto maupun video makanan yang kamu jual untuk menarik lebih banyak pelanggan.

6. DIY Pernak-pernik Natal

Kamu punya keterampilan untuk membuat kerajinan tangan? Menjual hasil DIY mnungkin bisa jadi salah satu ide bisnis natal rumahan.

Dalam hal ini, produk DIY yang kamu hasilkan bisa berupa pernak-pernik natal unik dan menarik. Misalnya DIY pohon natal mini, Christmas wreath, kartu ucapan, dan lainnya.

Pernak-pernik natal pasti akan banyak dicari untuk memeriahkan momen Hari Raya Kristen ini. Terutama untuk diberikan pada orang-orang terdekat sehingga terasa lebih bermakna.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Kerajinan Tangan, Berani Coba Buat?

7. Jual Terompet dan Kembang Api

Ide bisnis natal rumahan lainnya yang patut untuk kamu coba yaitu berjualan terompet dan juga kembang api.

Biasanya, terompet dan kembang api banyak dicari untuk membuat perayaan natal semakin meriah.

Kamu pun bisa coba menjualnya mulai dari rumah. Modalnya juga tidak terlalu besar, dan produk seperti ini masih bisa kamu tawarkan hingga perayaan pergantian tahun tiba.

Jadi, dijamin akan sangat menguntungkan!

8. Bisnis Mainan Anak

ide bisnis natal rumahan - mainan anak
(Foto anak membuka kado natal. Sumber: Unsplash.com)

Mainan anak bisa jadi salah satu ide bisnis natal rumahan yang dapat kamu coba. Pasalnya, mainan anak cukup banyak dicari sebagai ide kado natal.

Coba tawarkan berbagai mainan anak dari beragam usia dan gender sehingga pelanggan bisa menemukan produk yang paling sesuai kebutuhan mereka.

Lebih menarik lagi, jika kamu bisa menyediakan jasa bungkus kado untuk mainan anak yang dibeli pelanggan.

9. Jasa Fotografi

Kamu memiliki keterampilan di bidang fotografi? Jika iya, menyediakan jasa fotografi selama natal mungkin bisa dicoba.

Selama perayaan natal, ada banyak momen berharga yang ingin diabadikan. Oleh karena itu, menjadi fotografer bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan.

Cobalah tawarkan paket fotografi menarik agar ada banyak orang yang mau menggunakan jasamu.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Bunga Hias yang Kian Bersemi, Coba Yuk!

Itu dia beberapa ide bisnis natal rumahan yang bisa kamu coba. Semoga bisa kamu jadikan inspirasi untuk menghasilkan keuntungan selama perayaan Hari Raya Natal, ya.