Tips Menjalankan Bisnis Daging Online Agar Laku dan Sukses

Share this Post

bisnis daging
Table of Contents

Bisnis daging merupakan salah satu bisnis yang bisa kamu coba jalankan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi setiap bulannya. Pasalnya, daging merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

Termasuk masyarakat Indonesia, yang mempunyai sejarah panjang kuliner yang menggunakan daging sebagai bahan olahan utama. Baik itu daging ayam, sapi dan, jenis daging lainnya.

Hal ini menjadikan bisnis daging sebagai salah satu bisnis potensial yang bisa kamu jalankan. Namun, apakah kamu masih ragu untuk menjalankan bisnis daging olahan? Simak ulasan berikut!

Baca Juga: 7 Strategi Penetapan Harga Jual Produk untuk Bisnismu

Seberapa Menjanjikan Bisnis Daging?

bisnis daging
(Foto daging sapi. Sumber: Unsplash.com)

Dilansir dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, menjalankan bisnis daging olahan merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan daging merupakan bahan pokok makanan masyarakat Indonesia.

Masih berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, saat ini terdapat daging sapi yang siap jual.

Sekitar 3000 kilogram daging sapi akan dijual ke pabrik dan warga dengan harga yang beragam, sesuai dengan patokan harga yang telah ditentukan.

Bukan hanya untuk mendukung industri, bisnis daging sangat potensial karena dibutuhkan setiap rumah tangga, baik di desa maupun kota.

Berdasarkan informasi tersebut, kamu tentu bisa menakar seberapa menjanjikannya daging sapi untuk dijadikan bisnis.

Untuk semakin meningkatkan pergerakan bisnis daging ayam atau sapi, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia juga dalam setiap tahunnya rutin mengadakan kegiatan, salah satunya kegiatan Bazzar.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan potensi bisnis daging ayam dan sapi, juga menjaga pasokan daging yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat Indonesia.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Modal 100 Juta, Apa Saja?

Tips Menjalankan Bisnis Daging secara Online

Tips Menjalankan Bisnis Daging Online Agar Laku dan Sukses
(Foto daging sapi. Sumber: Unsplash.com)

Selain kamu bisa menjalankan bisnis daging sapi secara langsung, seperti dengan membuka toko dan juga mencoba berbagai model bisnis lainnya.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, kamu bisa menggunakan model bisnis online.

Bisnis daging online terbukti menjanjikan untuk dijalankan. Pasalnya, saat ini hampir setiap aspek bisnis bisa dijalankan secara online.

Namun, untuk menjalankan bisnis daging sapi secara online, kamu harus cermat dan mengetahui beberapa tips.

Berikut ini adakah tips yang bisa kamu terapkan untuk menjalankan bisnis dagign secara online:

1. Pilih Daging Berkualitas

Dalam menjalankan bisnis daging online, hal yang pertama harus kamu perhatikan adalah pemilihan daging berkualitas.

Karena jika bisnis dijalankan secara online, para calon pembeli tidak bisa cek terlebih dahulu daging yang akan dibeli.

Mereka sepenuhnya percaya dengan kualitas daging yang ditawarkan. Maka dari itu, agar tidak merusak kepercayaan mereka, kamu harus memastikan daging yang kamu jual sudah terjamin kualitasnya.

Pastikan juga kualitas daging yang kamu jual telah sesuai dengan standar kesehatan yang ditentukan dan strandar kesehatan yang berlaku.

2. Pastikan Tidak Ada Patogen dalam Daging

Ini juga berkaitan dengan kualitas daging, karena bisnis daging online adalah bisnis kepercayaan maka dari itu memastikan kepercayaan pembeli merupakan kunci.

Kamu harus memastikan patogen dalam daging telah hilang. Patogen sendiri merupakan mikroorganisme parasit yang terdapat dalam daging hewan. Patogen ini dapat menimbulkan penyakit jika dikonsumsi.

Oleh karena itu, kamu sebagai penjual harus benar-benar memastikan patogen dalam daging telah menghilang dan aman dikonsumsi oleh para pembeli.

Untuk menghilangkan patogen, kamu bisa mencuci bersih daging, lalu merebusnya menggunakan air mendidih agar patogen hilang sempurna.

Proses pengemasan pun harus sangat terjamin, contohnya dengan menggunakan plastik dan gabus yang bersih dan terhindar dari bakteri.

Baca Juga: Ide Bisnis Digital yang Cocok untuk Gen Z

3. Perhatikan Kebersihan Alat Mengolah Daging

Tips dalam menjalankan bisnis daging secara online satu ini juga masih terkait dengan kepercayaan pelanggan, yaitu dengan memperhatikan dan menjaga kebersihaan alat-alat mengolah daging.

Kualitas dan kebersihaan daging akan bergantung dengan kebersihaan alat-alat mengolah daging yang digunakan. Semakin bersih alat mengolah daging, maka semakin terjaga kualitas daging yang kamu jual.

4. Edukasi Konsumen Terkait Menjual Daging secara Online

Karena bisnis daging secara online sangat mengandalkan kepercayaan pelanggan. Kamu bisa memberikan edukasi kepada konsumen atau pelanggan tentang daging yang kamu jual.

Kamu bisa memberikan materi tentang cara pengolahan, pengemasan dan bagaimana kamu menjaga kualitas daging yang kamu jual.

Dengan demikan, kamu bisa memperkuat kepercayaan pembeli untuk selalu membeli daging di bisnis yang kamu jalankan.

5. Pilih Pemasok Daging yang Baik dan Jujur

Ini merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis daging, yaitu dengan memilih pemasok daging yang baik dan jujur. Tujuannya hanya satu, untuk mendapatkan daging yang berkualitas.

Kamu harus pastikan pemasok yang kamu pilih merupakan pemasok dengan rekam jejak yang baik dan kejujurannya yang terjaga.

Ini penting untuk dipastikan, karena akan berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan.

6. Mengurus Izin dan Sertifikat Halal

Dalam berbisnis, apalagi dalam berbisnis makanan, izin merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan.

Karenanya sebelum memulai bisnis daging, jangan lupa untuk mengurus izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyertakan sertifikan halal dari kementrian agama. Dengan begitu, konsumen yang membeli dagingmu akan merasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Mindset Bisnis, Yuk Terapkan!

Manfaat Berbisnis secara Online

bisnis daging
(Foto daging segar. Sumber: Unsplash.com)

Setelah kamu mengetahui beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan usaha daging secara online.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan bisnis secara online.

Berikut ini beberapa manfaat yang dimaksud:

  • Kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar, bahkan modal yang kamu butuhkan sangat kecil. Pasalnya dengan menjalankan bisnis online kamu bisa memangkas berbagai pengeluaran. Salah satunya pengeluaran sewa tempat yang merupakan modal terbesar dalam menjalankan bisnis.
  • Informasi terkait produk (dalam hal ini daging) bisa tersebar dengan cepat. Karena media sosial dapat menyebarkan infromasi dengan sangat cepat.
  • Salah satu manfaat yang nyata adalah jangkauan bisnis yang lebih luas akan bisa kamu dapatkan. Karena masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih cepat, maka jangkauan untuk bisnis pun bisa lebih luas. Faktor utamanya adalah pemanfaat media sosial yang dilakukan secara online.
  • Manfaat selanjutnya adalah kamu bisa membangun citra bisnis yang lebih baik lagi. Karena saat ini, anggapan masyarakat terhadap bisnis online telah meningkat dan citra bisnis yang kamu jalankan secara online juga akan ikut meningkat.
  • Sistem pembayaran yang lebih praktis, karena dilakukan secara online. Kamu bisa menerapkan sistem pembayaran yang mudah dan sangat terjamin keamanannya.

Pada dasarnya setiap media yang digunakan untuk menjalankan bisnis bisa sangat memberikan manfaat, salah satunya adalah manfaat keuntungan.

Namun, seberapa besar kita bisa memanfaatkan media bisnis untuk mendatangkan keuntungan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Menguntungkan Menjelang Tahun Baru

Itulan penjelasan terkait bisnis daging dengan disertai penjelasan terkait potensi daging dijadikan sebagai bisnis dan bagaimana bisnis online bisa diterapkan untuk menjual daging.

Semoga penjelasan ini bisa memberikan motivasi dan dorongan bagi kamu untuk yakin dalam menjalankan bisnis dalam berjualan daging!